Pulau Leebong Permata Belitung nan Memesona

22.50
LEEBONG ISLAND - LIFE AT EASE WITH AMAZING NATURE

Surga tersembunyi, tidak salah bila Pulau Leebong dijuluki demikian. Nusa elok ini menyimpan banyak keindahan yang memanjakan mata, sekaligus membahagiakan rasa. Dikelilingi pantai berpasir putih yang bersih, juga hutan bakau dengan air laut nan jernih. Di daratan pulaunya yang masih terjaga keasliannya, flora dan fauna hidup dengan sentosa. 

surga tersembunyi belitung
Leebong Island, Belitung

Berbeda dari kebanyakan pulau di Belitung yang dikelilingi hamparan batu raksasa, Pulau Leebong menawarkan keindahan yang berbeda, namun tak kalah istimewa. Suasana sunyi yang melingkupinya, menjadikan Pulau Leebong sebagai tempat yang tepat untuk Anda yang ingin meninggalkan sejenak hiruk pikuk ibukota. Sebuah tempat nyaman dan romantis di tepian laut, jawaban sempurna bagi para perindu ketenangan.

Pulau Leebong telah dilengkapi dengan resort, restoran, convenience store, tempat bilas & ganti baju, toilet, hingga musala. Berbagai fasilitas untuk kegiatan petualangan pulau pun telah tersedia. Anda dapat menikmatinya hanya dalam one day trip atau berhari-hari dengan menginap di villa-villa terbaiknya.  

liburan pulau belitung
Liburan di Pulau Leebong

Pulau Cantik Seluas 37 Hektar

Untuk mengunjungi Pulau Leebong, Anda harus ke Belitung terlebih dahulu. Belitung dapat dicapai dari Jakarta dengan pesawat Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda, dan Citilink. Waktu terbang sekitar 45 menit. Dari bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Anda dapat menyewa mobil ke Pelabuhan Tanjung Ru di Kecamatan Badau, Belitung Selatan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dari pelabuhan Tanjung Ru tinggal naik perahu cepat sekitar 15 menit ke Pulau Leebong. Jika Anda memesan paket tour, mobil dan perahu sudah disiapkan, Anda tinggal menunggu untuk dijemput dan diantar.

Saat ini, Xpressair mulai melayani penerbangan langsung dari Bandung ke Tanjung Pandan PP. Sedangkan Sriwijaya Air melayani penerbangan internasional Tanjung Pandan ke Malaysia PP. Kabar yang sangat baik buat para pelancong yang ingin menikmati keindahan Belitung. 

Pelabuhan Tanjung Ru

Naik perahu motor menyeberang ke Pulau Leebong

Pulau Leebong sangat dekat. Baru sebentar duduk di kursi kapal, sudah terlihat lanskap bentangan pantai berpasir putih Pulau Leebong berpadu dengan warna hijau rimbunan bakau, langsung mencumbu laut. Sebuah dermaga kayu panjang dengan rumah pohon ditepinya menyambut di pangkal dermaga. Rumah pohon tersebut selain digunakan sebagai menara pantau, bisa juga digunakan sebagai tempat duduk sore sembari memandangi laut dan menyeruput kopi hitam.

Dari dermaga Anda bisa langsung melihat para pengunjung sibuk dengan kesenangan masing-masing. Ada yang menaiki kano, bermain paddle board, berayun di hammock warna warni yang letaknya di tengah laut saat air pasang, bersepeda, atau sekedar mengawasi anak-anak yang bermain. Bermain di laut sekitar Pulau Leebong bisa dibilang cukup aman, karena Pulau Leebong dikelilingi oleh laut dangkal, sehingga ombak adalah hal langka yang dapat terjadi. 


Dermaga di Pulau Leebong

Pantai Pasir Putih nan Luas

Pulau Leebong dianugerahi pantai yang indah bernama Pantai Chicas. Sebuah pantai berpasir putih yang luas dengan tiga buah gazebo beratap warna merah, biru, dan kuning. Dinamakan demikian karena di sekitar pantai ini Anda bisa melihat tanaman sikas yang tumbuh dengan subur.

Pantai Chicas memiliki karakter pasang dan surut. Surut di pagi hari sampai sore, sehingga muncul hamparan pasir putih yang bersih dan sangat luas. Anda bisa menikmati pantainya dengan berjalan kaki atau pun bersepeda tanpa basah. Saat pasang di malam hari tangga gazebo terendam air laut. Suasana sepi yang senantiasa melingkupi pulau, membuat siapa pun yang berada di Pantai Chicas bagai memiliki pantai pribadi. Tidak ada seliweran orang yang akan mengganggu ketenangan. Di saat langit cerah atau pun hujan, Pantai Chicas tetap menyenangkan untuk dinikmati seharian. 

pantai pulau leebong
Pantai Chicas

pulau pasir timbul belitung
Pantai Chicas Pulau Leebong
Pantai Chicas Pulau Leebong

Pulau Pasir Burung

Liburan di Pulau Leebong bukan hanya bisa keliling pulau, berenang atau main pasir di pantainya saja, Anda juga dapat mengunjungi Pulau Pasir Burung yang letaknya hanya sekitar 10-15 menit dengan menggunakan perahu motor. Pulau yang hanya muncul saat air surut ini berpenduduk burung camar dan merupakan habitatnya bintang laut. Keberadaan burung-burung camar inilah yang membuat pulau ini dinamakan Pulau Pasir Burung.

Hal unik dari pulau ini adalah pasirnya on off terendam air laut, banyak sarang kepiting kecil di sana sehingga pasir terlihat penuh dengan lubang-lubang kecil. Anda akan sangat menikmati rasa saat telapak kaki menyusuri pulau, pasir lembut yang bersih dari pecahan karang dan kulit kerang membuat Anda tidak khawatir untuk bertelanjang kaki. 

Liburan seru di Pulau Pasir Burung

Pulau Pasir Timbul

Pulau Pasir Burung terkenal dengan warna pasirnya yang putih dan tekstur pasirnya yang sehalus tepung. Main air dan pasir sangat menyenangkan. Walaupun kecil dan hanya ada saat air laut surut, pulau pasir ini memiliki pesona yang tak kalah menakjubkan. Ombak di Pulau Pasir Burung kecil sehingga aman digunakan baik itu bagi orang dewasa atau anak-anak bermain. Selain itu, ombak yang tenang juga memungkinkan untuk berenang, bermain paddle board dan snorkeling.

Pulau ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti tempat ganti baju, dan ornamen-ornamen menarik yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto seperti dermaga, gazebo, hammock, atau ayunan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Pasir Timbul adalah saat siang hari. Selain karena langit cerah dan bagus untuk memotret, saat sore hari pulau ini perlahan tenggelam karena air laut yang mulai pasang. 

Cocok buat liburan romantis

Seru bersama keluarga

Main paddle board

Bermalas-malasan di hammock


Tour de Leebong

Pulau Leebong menyimpan banyak kekayaan alam. Pesonanya terletak pada alamnya yang tetap pada kondisi murni yang menenangkan. Hutannya masih terpelihara. Pulau ini memang masih menjadi surga bagi hewan dan tumbuhan yang rumahnya tetap aman tanpa digusur sana sini oleh pembangunan fasilitas. Ekosistem dibiarkan tetap ada sehingga pengunjung tetap bisa menikmati keajaiban yang memesona itu. 

Selain berenang dan bermain pasir nan putih, Leebong juga menyediakan fasilitas untuk kegiatan yang lain, seperti hammock di atas air, gazebo, ayunan, sepeda untuk berkeliling pulau dan paddle board. Sangat menyenangkan merasakan berjalan kaki menikmati bagian pulau yang dipenuhi rerimbunan pohon. Sembari berkeliling, Anda akan diajak mengenali beberapa flora asli Pulau Leebong seperti pohon kayu putih (Meialeuca leucadendra), pohon simpor (Dillenia beccariana), pinus teratai, pohon sikas, buah karamunting (tumbuhan dari famili Melastomataceae), dan jambu nasi (Syzygium zeylanicum). Anggrek liar Dendrobium Aloifolium menjadi salah satu tumbuhan cantik yang bisa ditemui di hutan pulau ini. Selain pohon-pohon itu, masih banyak pohon lain yang memang sengaja dipertahankan pengelola demi keaslian dan keasrian Pulau Leebong. 

Bunga liar di pulau

Jambu nasi (jambu hutan)

Hutan pulau di musim hujan

Daratan utama pulau merupakan hutan hujan dengan pohon yang banyak, memberikan populasi kepada burung lokal. Anda akan mudah menjumpai sekelompok burung atau pun sekawanan monyet yang kadang berseliweran di dekat villa, atau pun di hutan pulau tanpa merasa terusik oleh kehadiran Anda. Konon Pulau ini juga ditinggali oleh beberapa ekor kijang. Jika beruntung, anda akan menjumpainya saat berkeliling pulau. 

Bersepeda keliling pulau

Wisata Mangrove

Salah satu kegiatan menarik yang sayang untuk dilewatkan dari Pulau Leebong adalah wisata hutan mangrove. Hutan mangrove di Leebong merupakan yang terbaik di Belitung, bahkan diklaim sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia karena tumbuh di atas pasir putih, bukan tanah rawa seperti mangrove lainnya di Belitung. Hutan mangrove dengan kekayaan hayatinya ini, luasnya sekitar 17 hektar dari total lahan 37 hektar di Pulau Leebong.

Berperahu akan membawa Anda pada pengalaman yang berbeda sambil menikmati pesona hutan bakau yang asri. Anda akan merasakan sensasi seperti berada di Amazon. Tak hanya itu, pemandangan bawah laut di sekitar hutan mangrove pun terlihat jelas saat siang hari. Air laut yang dangkal, sekitar 1-5 meter saja, memudahkan anda menyaksikan habitat bakau yang tumbuh di atas pasir dan menyaksikan keragaman karang yang tumbuh subur dibawah air dengan lebih jelas.

Suguhan yang indah dari Pulau Leebong ini adalah bukti bahwa habitat dapat berkolaborasi indah dengan kemajuan zaman. Kesuburan mangrove dan karang, kejernihan air, dan kepiting-kepiting kecil adalah indikator habitat yang tidak tercemar.  

Jembatan di antara hutan bakau

Mangrove Leebong saat laut surut

Mangrove Leebong saat laut pasang

Berperahu menikmati wisata mangrove

Villa Terbaik Untuk Liburan Penuh Kesan

Anda tidak perlu khawatir ketika memutuskan menginap di Pulau Leebong. Pulau ini memiliki villa-villa terbaik dengan fasilitas dan layanan prima. Saat ini terdapat tiga pilihan tempat menginap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda yaitu villa, rumah pohon, atau tenda.

Bila Anda pasangan baru menikah atau pun telah lama menikah dan ingin menghabiskan waktu berdua saja dengan pasangan Anda, Villa Zara menjadi pilihan yang tepat untuk bermalam. Villa seharga Rp 4,8 juta per malam ini menawarkan suasana nyaman dan sangat tenang. Rumah pohon dibangun menyatu dengan pohon, sepenuhnya terbuat dari kayu pilihan, menghadirkan kesan alami sekaligus hangat.  Balkon dan kursi kayu goyang di terasnya, adalah tempat favorit untuk bersantai sembari menikmati suasana pulau, di mana hutan dan laut bisa jadi pemandangan menakjubkan untuk disaksikan dalam satu waktu. 

Liburan romantis di Villa Zarra

Villa Zarra untuk liburan berkesan di Pulau Leebong

Apabila Anda datang dengan rombongan atau keluarga besar, Villa Barata bisa jadi pilihan yang tepat. Villa Barata harganya Rp 8,6 juta per malam. Villa dua lantai ini terdiri dari 3 kamar. 1 kamar di lantai atas, dan 2 kamar di lantai bawah. Anda dapat menyewa kamar di lantai atas saja dengan harga Rp 6 juta per malam, atau menyewa kamar di lantai bawah saja, masing-masing dengan harga Rp 2,5 juta per malam. Bangunan villa, juga perabotan, didominasi dengan kayu sebagai material utama. Terkesan mewah dan hangat.

Kedua villa tersebut memiliki fasilitas yang tak kalah mewah dengan hotel berbintang 5. Listrik, AC, kasur tebal dan empuk, kamar mandi dengan peralatan mandi yang lengkap, semua ada kecuali TV. Ya, Anda tak perlu mempermasalahkan ketiadaan TV, karena di sini Anda hanya perlu menikmati suasana. Alam adalah tontonan terbaik. Anda hanya perlu memusatkan pandangan pada langit penuh bintang, atau membiarkan telinga mendengarkan debur ombak di pantai. Percayalah, bermalam di dua villa ini membuat Anda malas dan enggan beranjak meninggalkan Pulau Leebong. 

Villa Barata untuk liburan bersama rombongan

Kamar istimewa di lantai 2 Villa Barata

Kamar mandi luas dan nyaman di Villa Barata

Perlengkapan di kamar mandi Villa Barata

Kamar mandi modern dan berkelas dengan sentuhan alami

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di tenda, di pulau ini terdapat 3 tenda besar (barak) yang mampu menampung hingga 20 orang dalam satu tenda. Dalam barak tersedia pula tenda kelambu untuk tiap orang, sehingga saat tidur Anda terhindar dari gigitan serangga seperti nyamuk. Tersedia kamar mandi luar yang bersih dan dilengkapi dengan peralatan untuk mandi. Jadi, meskipun di tenda, Anda tetap dapat beraktivas dengan nyaman. Di dalam tenda terdapat kipas angin besar jika diperlukan saat udara panas. 

Tenda/Barak untuk sensasi bermalam yang tak biasa
Kelambu di dalam barak untuk kenyamanan tinggal

Pesona Sunrise dan Sunset
 
Melancong ke Pulau Leebong rasanya sayang jika dihabiskan hanya dengan bermalas-malasan di dalam kamar. Pasalnya, pulau yang terletak di Belitung ini tak hanya memiliki pemandangan alam yang indah tetapi juga banyak potensi lain yang bisa dimanfaatkan pengunjung saat sedang vakansi kesana. Keindahan yang dimilikinya, baik di darat, laut, dan vegetasi subur nan hijaunya, bisa dinikmati sejak pagi hingga kembali bertemu pagi

Angin segar, udara bersih, hangat sinar sang surya, titik anjak yang sempurna untuk petualangan di pagi hari.  Anda bisa pergi ke pantai untuk menyaksikan matahari terbit. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari jetty Pulau Leebong. Inilah pesona tak terbantahkan dari Pulau Leebong. Matahari terbit dan tenggelam, bisa Anda saksikan tiap hari selama cuaca cerah. Anda hanya perlu bangun lebih pagi dan tetap berada di luar kamar di senja hari.

Jadi, jika ditanya kapan waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pulau Leebong? Jawabannya adalah sepanjang hari. 

matahari terbit di belitung
Sunrise di Pulau Leebong

matahari terbenam di belitung
Sunset di Pulau Leebong

Restoran Leebong

Satu tempat berjuta rasa. Pondok makan Pulau Leebong menyuguhkan konsep segar dengan citarasa hotel berbintang, menjadi surga baru bagi para pecinta kuliner. Makanan khas Belitung seperti Gulai Gangan, tersuguh bersama masakan Nusantara dan Chinesefood. Dimasak dengan cakap dan disajikan menarik.

Restoran mengusung gaya natural pada setiap sentuhan dekorasinya. Furniture kayu menghiasi setiap sudut restoran berpadu serasi dengan alam terbuka, menciptakan kenyamanan tanpa batas. Suasana berbeda yang Anda dapatkan sambil menikmati beragam kuliner khas daerah atau santapan laut yang amat segar dan lezat.

Ada kepiting goreng kering, tumis kangkung, ayam goreng, cumi goreng tepung, ikan bakar kecap dan bakso ikan plus pepes ikan yang konon adalah ciri khas Pulau Leebong. Semua bahan makanan diolah sendiri di dapur rumah makan, termasuk bakso ikan dan pepes ikannya. 

Menu istimewa di Restoran Leebong

Kulineran di Restoran Leebong

Paket Pulau Leebong

One Day Trip (pulang di hari yang sama):
1. Kapal umum: berangkat mulai Pukul 10 pagi, maksimum 4 pax, @ Rp. 465.000/pax. Keberangkatan bergabunh dengan pengunjung lain.
2. Kapal khusus: 5 hingga 9 pax, @ Rp.  412.000 namun jika 10 pax atau lebih, harga menjadi @ Rp. 372.000

Paket tersebut sudah termasuk: ongkos kapal (PP),  trip ke Pulau Pasir Timbul, mengarungi rimbunnya Hutan Bakau, makan siang menu lengkap, karaoke dan keriaan lain seperti: paddle board, volley, futsal, bersepeda, kayak, dsb).

Jika menginap:

Anda akan mendapatkan semua fasilitas yang berlaku di One Day Trip, ditambah:
Sarapan dan makan malam (BBQ), Free diving trip, snorkling, api unggun, dengan harga villa sebagai berikut:

1.  Villa Pohon (Zara Villa): Rp. 4.800.000/malam/2 orang.
2.  Villa Barata: kamar atas saja Rp. 6.000.000/malam/8 orang, Kamar bawah saja Rp. 2.500.000/malam/kamar/2 orang. Atau jika booking keseluruhannya seharga Rp.  8.600.000
3.  Villa Centra: Rp.  4.800.000/malam/4 orang
4.  Tenda: Rp. 750.000/malam/orang (minimal 5 orang).

Tambahan lainnya :
Tambahan makan siang: 125.000/pax
Extrabed: Rp. 750.000/pax
Diskon untuk anak usia 3-9 tahun sebesar 20%, dan gratis untuk. Anak umur 1-3 tahun.

Liburan di Pulau Leebong

Pulau Leebong ini juga menyediakan paket wisata untuk Day Trip. Harga paketnya sbb:

1 – 4 Pax 465.000 IDR per pax (join boat with other group and start from 10.00 WIB
5 – 9 pax 412.000 IDR per pax (private boat)
10 to up 372.000 IDR per pax (private boat)

Harga tersebut sudah termasuk: Kapal PP, trip ke Pulau Pasir Burung, trip mangrove, makan siang full set menu, bebas menggunakan fasilitas di Pulau Leebong (volley, futsal, bike, kayak, paddle board, karaoke, playground)
 

Liburan Tak Terlupakan di Pulau Leebong

 
LEEBONG ISLAND 
Leebong Island, Belitung - Indonesia
Telp: +62 21 5438 1355 , +62 21 5438 1356
Mobile: +62 877 1342 0330 (WhatsApp / LINE)
Mobile: +62 812 9770 0776 (WhatsApp / LINE)
Email: resort@leebongisland.com 

Share this

Indonesian Travel Blogger Email: katerinasebelas@gmail.com

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
1 Desember 2017 05.51 delete

Aku pengen balik lagi ke Leebong. Pengen nginep di rumah pohonnya...

Reply
avatar
1 Desember 2017 06.21 delete

Pantainya cantik banget. Jadi mupeng pingin ke sana. Apalagi pas liat villanya.

Reply
avatar
1 Desember 2017 06.31 delete

Menikmati kembali cerita ini bersama teman-teman kesayangan, senangnyaaaa.. Melihat banyak gambar diabadikan menjadi cerita, bersyukur ya jadi blogger. Semoga dipertemukan waktu di tahun 2018 kita kemana lagi yukkk... ^_^

Reply
avatar
1 Desember 2017 07.46 delete

Kamar mandinya gedeeeeee
Itu mah bisa main bola didalam yak hahaahaha

Pulau Leebong ini sukses bikin mupeng berat. Duh pengennya menginjakkan kaki kesana

Reply
avatar
2 Desember 2017 06.52 delete

Indah banget mbak pulaunya... terpwsona sm foto2nya pun. Huaaaaa pingin di foto dgn senjanya seperti foto mbak katerina di atas *_*

Reply
avatar
2 Desember 2017 07.58 delete

Aduh sukses bikin mupeng lagi nih. Pasangan lama yang mau honeymoon, cocok banget sama aku. hehe. Mari nabung lagi=)

Reply
avatar
2 Desember 2017 22.21 delete

Wah klau ke Belitung sebaiknya jg mampir sana ya mbak? :D
Kalu rame2 kyknya sewa vila aja kali ya :D

Reply
avatar
4 Desember 2017 10.08 delete

asyik banget main-main di pasir putih, jadi pengen ke sana

Reply
avatar
6 Desember 2017 14.31 delete

Aku udah pernah ke Leebong waktu mereka belum dibuka buat umum, statusnya masih private island. Sempat ngobrol sama yang punya, orangnya menyenangkan dan banyak dapet cerita gimana perjuangan dia buka pulau ini :D

Ah, jadi pengin balik ke sana. Waktu itu villanya masih dalam proses pembangunan, dermaganya tapi udah cantik walaupun masih seadanya. Sekarang ada convinience store? Gileee.... keren!!!

Reply
avatar
10 Desember 2017 19.48 delete

Tunggu musim kemarau biar dapat langit cerah mbak. Kita mesti balik lagi.

Reply
avatar
10 Desember 2017 19.49 delete

Daya tarik pulau ini memang memikat. Aku gak bosan-bosan ke sana. Kapan-kapan liburan ke sini Nis.

Reply
avatar
10 Desember 2017 19.50 delete

Alhamdulillah punya kenangan saat liburan bersama, masih terasa senang dan bahagianya. Aamiin semoga liburan bareng lagi di tahun berikutnya.

Reply
avatar
10 Desember 2017 19.51 delete

Bisa buat lari kejar-kejaran ama bojo mbak =D

Iya mbak, ayo ke Leeebong

Reply
avatar
10 Desember 2017 19.52 delete

Terima kasih mbak Irma. Ayo ke Leebong bikin foto-foto cantik :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon