Menu Baru Restoran Cerenti - Hotel Grand Zuri BSD

16.41

Hotel Grand Zuri BSD City Tangerang Selatan memperkenalkan menu baru kreasi Chef Yan Hari Triputra. Acara berlangsung pada hari Kamis tgl. 15/9/2016 di Restoran Cerenti yang terletak di lantai dasar Hotel Grand Zuri BSD. Acara ini dihadiri oleh media dan blogger.

Chef Yan merupakan chef baru di Restoran Cerenti. Dalam keterangan singkatnya Chef Yan bercerita bahwa ia pernah bekerja sebagai chef hotel di 5 negara, salah tiganya Libya, Amerika, dan Perancis. Kemudian ia kembali ke Indonesia dan bekerja di beberapa hotel ternama di Jakarta sampai akhirnya bergabung di Hotel Grand Zuri BSD.
Chef Yan Hari Triputra (berdiri baju hitam)

Sebelum melihat sosoknya, saya menebak Chef Yan sebaya dengan Chef Roby (chef sebelumnya di Resto Cerenti), tapi tebakannya saya keliru, ternyata Chef Yan lebih muda. Dhini, Executive Secretary Asst Public Relation Grand Zuri BSD sempat mengatakan Chef Yan ini biasanya suka berbicara dalam bahasa asing. Setelah bertemu kami, Chef Yan berbahasa Indonesia. Tapi dalam salah satu sesi, tiba-tiba dia bicara dalam bahasa Perancis. Nah!

Chef Yan memang menguasai beberapa bahasa internasional, salah satunya bahasa Perancis itu. Oh ya, wajah Chef Yan ini mengingatkan saya pada Jimmy, adiknya Jean teman saya. Sama-sama berwajah kebulean, pandai beberapa bahasa asing, dan sama-sama chef. Bedanya, Jimmy bekerja sebagai chef di kapal pesiar yang berlayar dari satu negara ke negara lain. Chef-chef ganteng… he he.

Bareng kawan-kawan blogger, siap kenalan dengan chef baru dan menu-menu baru

Nah, selanjutnya mari kita kenalan dengan menu-menu kreasi Chef Yan. Ada 53 menu baru yang tersedia di buku menu. Tapi tidak semua menu tersebut ditampilkan kepada kami. Hanya beberapa menu unggulan saja yang terdiri dari appetizer, main course, dan dessert.

Menu pembuka yang disajikan terdiri dari 4 Soup dan 5 Gorengan. Empat gorengan terdiri dari Stuffed Bean Cud (tahu goreng), Nachos, Vegetable Samosa, Calamary Ring, dan Potato Croquette. Untuk Soup di antaranya Hearty Chicken Noodle Soup, Onion Soup, Potato Cream Soup, dan Minestrone Soup.

Beberapa menu andalan yang ada di buku menu disajikan untuk dicicipi bersama-sama

Hidangan Pembuka
Ada tiga gorengan saja yang saya coba di antaranya Nachos, Vegetable Samosa dan Calamary Ring. Saya coba sedikit saja karena mesti berbagi dengan blogger lainnya.

Pertama-tama saya coba Vegetable Samosa. Pastel gaya India yang terbuat dari kulit pastry tipis dan berbentuk segitiga ini saya cicipi lebih dulu karena saya suka isiannya yang biasanya berupa sayur-sayuran dicampur daging, bahkan keju. Camilan satu ini mirip-mirip lumpia Semarang. Iya ga sih? :D

Vegetable Samosa, crispy dan isinya sangat lezat!
Ada saos sambal dan saos tomat sebagai cocolan Samosa, tapi saya tidak makan Samosa dengan kedua saos tersebut, melainkan dengan saos yang digunakan untuk makan Calamary Ring. Sekilas sih mirip mayones. Tapi yang terlintas di pikiran saya justru saos Chutney dari India yang biasanya memang jadi teman camilan sejenis Samosa atau pakoras. Haha. Anggap saja begitu ya. Soalnya kemarin memang saya tidak tanya itu saos apa. Btw, kebetulan saya memang penggemar saos Chutney yang dominan terbuat dari yoghurt dan buah.

Nah, ketika makan Calamary Ring, saya gunakan saos sambal dan saos tomat yang digunakan untuk cocolan Vegetable Samosa. Jadi ceritanya tukaran saos deh he he. 

Calamary Ring, cumi putih empuk berbalur tepung yang renyah
Spring roll
Nachos saya coba belakangan. Sayang kondisinya sudah lembek karena sudah kelamaan dipajang di meja untuk difoto-foto. Saat sudah waktunya untuk dimakan pun masih saya tinggal ngobrol dulu. Akibatnya makin lembek. Kalau masih kering dan crispy pasti lain cerita. Jadi kalau pesan ini, segera dimakan sebelum jadi lembek. Bakal terasa enaknya.

Nachos
Penasaran dengan kroket kentang, akhirnya saya cicip sedikit, minta punya mbak Tanti. 

“Coba deh, enak banget yang ini. Recommended banget pokoknya,” begitu kata mbak Tanti. 

Penasaran dong. Setelah dicoba, woaah…memang tidak salah kalau kroket kentangnya patut direkomendasikan. Buat yang ingin menikmati sajian di Restoran Cerenti, jangan lewatkan camilan yang satu ini ya.

Kalau kamu ke Resto Cerenti, jangan lupa masukkan Kroket kentang ini dalam daftar pesanan
Stuffed Bean Cud alias tahu goreng, renyah dan lezat.

Aneka soup
Hidangan Utama
Sebelum main course disajikan, kami diminta mengambil kertas undian. Dalam kertas itu tertulis nama makanan yang nantinya akan dimakan oleh masing-masing kami. Saya kebagian Kwetiau atau Mie Goreng Jawa. Saya pilih mie goreng jawa. Untuk minuman saya pilih jus kiwi, minuman buah favorit sejak jaman dahulu kala he he
 
Jus Kiwi kesukaan

Hidangan utama yang disajikan kemudian merupakan beberapa menu unggulan ala carte, terdiri dari Australian striploin, Boneless chicken leg steak, Australian beef tenderloin, dan Salmon Norwegia. Menu-menu ini hanya bisa saya pandangi sambil hampir ngiler haha… Saya lupa menu-menu menggiurkan tersebut hanya untuk difoto atau sudah termasuk dalam menu yang diundi untuk dijadikan santapan malam salah satu dari kami.

Spaghetti Carbonara

Australian striploin

Boneless chicken leg steak

Salmon Norwegia

Chicken Teriyaki

Kemudian berturut-turut tersaji nasi timbel, soto ayam, sop buntut, mie goreng jawa, chicken teriyaki, dan lain-lainnya. Saya tergiur dengan sop buntut dan soto ayamnya. Menurut mbak Tanti yang saat itu mencicipi rasa kuah soto, rasanya kuahnya hampir mirip kuah soto lamongan. Lebih kaya rasa dari kuah soto ayam biasa. Mungkin inilah kreasi dari Chef Yan. 

Begitu juga dengan sayur asam pelengkap nasi timbel, agak berbeda dari sayur asam biasa. Ada rasa ebi yang sangat dominan, membuat kuah sayur asamnya jadi gurih dan sedap.

Sop buntut dan Soto ayam

Menu tradisional Indonesia ini kudu dicoba ya, sayur asamnya maknyuss

Porsi mie goreng jawa yang saya makan cukup besar, agak kesulitan saya menghabiskannya. Telur dan dua tusuk satenya membuat saya makin cepat kenyang. Tapi sebetulnya porsi tersebut sangat normal untuk ukuran orang kebanyakan. 


Lain kali jika ke Restoran Cerenti lagi, saya ingin mencoba Sop Buntut-nya. Ini makanan kesukaan saya. Pingin tahu rasanya kalau di sini seperti apa. Hmm…bicara tentang masakan buntut, saya teringat saat buka puasa bareng di Grand Zuri BSD pada bulan Juli tahun 2015 lalu pernah mencicipi enaknya buntut bakar olahan chef Robby. Waktu itu makannya bareng mas Tikno Bolang, Cumi Lebay, Wira dll. Lezatnya itu lho, nempeeeel banget di lidah. 

Nah, sop buntut kreasi Chef Yan pasti tak kalah enak. Jadi penasaran deh…

Coba juga Mie Goreng Jawa ini, lezat :)

Hidangan Penutup
Dessert selalu tampil menggoda. Makanya saya jarang melewatkan sajian penutup, apapun rasa yang kemudian melekat di lidah.

Ada 4 dessert yang dihidangkan, salah satunya Creme Brulee. Chef Yan sampai 3 kali mengulang nama dessert yang satu ini. “Huruf e nya dua ya,” ucapnya sambil mengucapkan Brulee. Logat Perancisnya keluar :D

Creme Brulee ini bikin nagih!

Selain Crème Brulee, ada juga Strawberry Cheese Cake, Chocolate Fudge, Tiramisu, dan Pisang Goreng saus Vanila.
 
Cheese cake dengan rasa cream cheese dan whip cream yang paaaas banget

Pisang Goreng saus vanila ini bikin ingin nambah lagi dan lagi

Tiramisu dengan rasa kopi yang cukup tajam...so yummy

Chocolate fudge

Bagi saya, cukup satu hal saja untuk membuktikan suatu makanan penutup yang saya icip itu enak atau nggak, yakni ketika saya tidak merasa eneg dan terus menghabiskannya hingga tak bersisa. Nah, buat saya, lima menu dessert yang disajikan kali ini bikin saya ingin nambah lagi, dan lagiii.



 
Restoran Cerenti menyediakan menu Nusantara dan western yang sangat bervariasi. Jadi, buat kamu yang berencana hendak kulineran di Tangerang Selatan, khususnya BSD dan sekitarnya, Restoran Cerenti ini bisa jadi pilihan menarik. Semoga jadi referensi juga buat kamu yang akan menginap di Hotel Grand Zuri BSD City.

Terima kasih Grand Zuri BSD atas peluncuran menu-menu barunya ^_^



*Semua foto oleh Katerina

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
21 September 2016 05.44 delete

creme brulee yaa. Enak banget. Sayang aku ga nyicip pisang goreng vanillanya. pisangnya dapat, sausnya ga kebagian, hahaha

Reply
avatar
27 September 2016 13.06 delete

menunya enak banget nih bu, ane juga mupeng..kenapa setiap chef selalu cowok ya..

Reply
avatar
11 Oktober 2016 10.22 delete

kapan ajak aku kemari nih..?

Reply
avatar
30 November 2016 08.34 delete

Aaah, thankyouuu Rien...

Love this post as always, apalagi ada namaku disebut terus. Setuju, Cerenti Grand Zuri tepat hadir untuk penikmat hidangan sekaligus gourmet food yaaa

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon