Sinar Mas Land Kumpul dengan Media & Blogger di Restoran Bebek Bengil The Breeze BSD City


Hari Rabu, tanggal 5 April 2023 Sinar Mas Land mengadakan acara Buka Puasa Bersama Media dan Blogger di Restoran Bebek Bengil, The Breeze BSD City, Serpong.

Dari hasil pandangan mataku, terlihat undangan yang hadir didominasi para media, bloggernya segelintir saja. Mereka termasuk saya adalah blogger yang selama ini pernah bekerjasama dengan Sinar Mas Land dalam hal pemuatan informasi melalui blog dan media sosial. 

Acara dimulai sejak sore, diisi dengan beberapa presentasi mengenai program kerja dan informasi produk Sinar Mas Land. 

Pada waktunya buka puasa, kami diajak menikmati hidangan Restoran Bebek Bengil, berupa takjil hingga makanan berat untuk santap malam.

Bagian paling meriah tentunya sesi pembagian doorprize dengan banyak sekali hadiah istimewa berupa 4 unit Laptop, 4 unit Smartphone, dan 4 buah Smart Watch.



Kumpul untuk buka puasa bersama yang diadakan oleh Sinar Mas Land ini membuat beberapa hal jadi serba pertama untukku. Meskipun serba pertama, tapi tenang, aku gak norak kok buahahaha..

Pertama kali hadir di acara buka puasa Sinar Mas Land yang diadakan di BSD City. 

SML mungkin sudah sering ngadain acara bukber. Tapi bukber yang diadakan di BSD, dan aku diundang di acara tersebut, baru kali ini.

Terima kasih Mas Harris Maulana undangannya! Kenalkan, berikut Mas Harris Maulana, PR Channel Section Head, President Office Sinar Mas Land.
Harris Maulana, PR Channel Section Head, President Office Sinar Mas Land
 
Dzulfikar A - CRM Analytics Section Head.
*Bang Dzul, sesama blogger yang kini bekerja di Sinar Mas Land*

Pertama kali kumpul dengan media partnernya Sinar Mas Land. 

Tahun 2018 aku pernah diundang Sinar Mas Land untuk liputan SAVASA. Tapi lupa kala itu ada media juga atau gak, atau hanya kami para blogger? Seandainya pun ada, event Sinar Mas Land yang kuhadiri tersebut untuk liputan, bukan ajang silaturahmi seperti acara buka puasa Ramadan kali ini.

Jadi, memang baru kali ini aku kumpul dengan para media Sinar Mas Land. Ternyata rame banget!
Dari sekian deret meja, blogger hanya di deretan ini saja, sisanya media semua 😁
Seluruh area Bebek Bengil diblok untuk acara Buka Puasa Sinar Mas Land. Saking ramenya rombongan media, sebagian duduk di luar resto. 

Pertama kali silaturahmi dengan beberapa pejabat penting Sinar Mas Land

Tadinya kukira di acara ini aku bakal kumpul dengan sesama blogger dan media saja, ternyata ada sejumlah pemangku jabatan di SML yang hadir untuk menyampaikan informasi lewat presentasi.

Beberapa staff juga turut hadir di acara.

Green Office Park yang merupakan kantornya para karyawan Sinar Mas Land, letaknya sangat dekat dengan The Breeze BSD City. Mereka yang saat itu hadir di acara buka puasa bisa mudah dan cepat tiba di lokasi acara. Tinggal jalan kaki beberapa langkah sudah sampai di Bebek Bengil. Tapi, meskipun dekat, mereka datangnya telat. Acara yang harusnya mulai pukul 16.00 mundur jadi pukul 17.00 hihi. Yaa...namanya juga pada kerja ya, mungkin baru bisa keluar setelah kerjaan kelar. eh tapi gak termasuk Mas Harris lho. Soalnya, saat aku tiba beberapa saat sebelum pukul 16.00, beliau sudah standby di lokasi menyambut kedatangan kami. MasyaAllah 😍
  

Sinar Mas World Academy

Pertama kali makan di Restoran Bebek Bengil The Breeze BSD City

Aku sudah berkali-kali berkunjung ke The Breeze BSD City, tak terbilang angka-angka. Hiyaaa lebay! haha. Tapi beneran lho, aku belum pernah singgah makan di restoran Bebek Bengil. Bukan karena ada masalah dengan restoran tersebut, tapi selama ini kalau ke The Breeze memang gak pernah datang untuk tujuan makan bebek. Makanya gak pernah mampir.

Resto Bebek Bengil ada di area terdepan kawasan The Breeze BSD City. Bahkan letaknya sebelum area drop-off pengunjung The Breeze. Paling mudah dijangkau. Kalau ke BSD City, mampir kulineran di The Breeze deh, banyak resto ternama di sini.

Aku suka suasana restoran Bebek Bengil. Bangunannya dua lantai. Ada area indoor dan outdor. Terletak di pinggir danau buatan. Duduk di dalam maupun di luar ruangan sama-sama dapat pemandangan yang menyegarkan mata. 

Spesial untuk acara buka puasa Sinar Mas Land Buka Puasa Bersama Media dan Blogger kemarin, restoran Bebek Bengil ini diblok oleh Sinar Mas Land. Khusus dipakai untuk acara bersama kami.
Wefie


Takjil Buka Puasa yang Terhidang Lama di Meja, Seperti Menari-Nari Menggoda

Waktu buka puasa masih satu jam lagi, tapi takjil naga sari, martabak ayam, dan pastel sudah dihidangkan di meja, lengkap dengan dua macam sambal. Oh sungguh menggoda 😂 Aku sih gak tergoda. Wong lagi gak puasa. Kalau mau tinggal comot, ye kan. Tapiii, ya gak sat set tinggal comot juga dong haha. Masih bisa nahan diri menghormati teman-teman yang berpuasa.

Lain halnya dengan minuman, baru disajikan 15 menit sebelum waktu buka, itu pun diletakkan terpisah, bukan di meja tempat kami duduk, melainkan di meja prasmanan. Jadi gak terlalu dekat dengan pandangan mata. Ya kali ditarok di depan muka, makin nambah-nambah deh godaan berpuasa 😆

Ada empat macam minuman terdiri dari dua minuman dingin dan dua minuman hangat. Aku pilih minuman hangat, yakni teh manis dan minuman sekoteng. Tapi sayangnya, badan tak jua terasa hangat. Karena yang bikin hangat itu memang cuma pelukan. ehgimana? 😂

 
 


Makan Malam Hidangan Bebek dan Ayam

Afdol rasanya makan bebek di Restoran Bebek Bengil. Menu andalan yang katanya sama favoritnya dengan nasi campur Bali dan coconut cream pie.

Di meja prasmanan terhidang pula ayam goreng dan sate lilit Bali, lengkap dengan aneka sambal yang bila bingung pilih yang mana, ambil saja cobain semua haha.

Terima kasih Sinar Mas Land untuk hidangannya. Enak dan mengenyangkan!





Banjir Hadiah Untuk Media dan Blogger

Seperti yang sudah aku tulis di awal, bagian paling dinanti dari acara ini tentunya sesi pembagian doorprize. 

Ada banyak hadiah istimewa yang disiapkan oleh panitia, yakni berupa 4 unit Laptop, 4 unit Smartphone, dan 4 buah Smart Watch. Total ada 12 hadiah.

Cara mendapatkannya pun mudah. Undangan tinggal menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh MC maupun oleh beberapa pejabat SML yang ditunjuk untuk turut meramaikan doorprize.

Berhubung jumlah media lebih banyak dari jumlah blogger, maka kuis yang dilempar ke blogger hanya 2 kali. Yang artinya, ada 2 orang pemenang dari blogger yang berkesempatan mendapatkan hadiah. Dua blogger yang beruntung adalah Amel mendapatkan 1 unit laptop merk HP, dan Sefiin mendapatkan 1 unit HP merk Samsung.

10 hadiah lainnya dilempar ke media. Sempat saya dengar ada yang nyeletuk gini: "Dikit amat peluang blogger dapat hadiah" hahaha. Ya biarlah, mbak MC nya lebih pilih media yang banyak dapat hadiah hahaha. Aku mah nunggu Sinar Mas Land bagi-bagi apartemen aja haha. Astaga halu.
Selamat Amel!

Selamat Sefiin!

Demikianlah keseruan acara buka puasa bersama Sinar Mas Land bersama Media dan Blogger hari itu. 

Acara yang bikin senang, perut pun kenyang. Apalagi pas pulang semua pada dapat goodie bag yang isinya tuh makin bikin happy he he. 

Thanks Mas Harris. Thanks Sinar Mas Land!


Selanjutnya, aku mau bagi-bagi informasi yang hari itu disampaikan oleh pihak SML.

Namun sebelum itu, aku pengen cerita dikit nih, mengenai masa tinggalku di BSD tuh sudah sejak tahun 1998, saat terjadi kerusuhan massal. Tapi waktu itu belum utuh menetap, karena masih bolak-balik tinggal di rumah kakek di Ciputat.

Baru punya rumah sendiri di BSD pada tahun 2004, bertepatan dengan kepemilikan Bumi Serpong Damai diambil alih oleh grup Sinar Mas. Saat itulah kota yang aku tempati hingga saat ini berubah nama jadi BSD City. Sejak 2004 itu, pembangunan di kawasan BSD mulai hidup, hingga menjadi kota mandiri sangat mentereng seperti saat ini. 

BSD City memang mentereng, kotanya sangat tertata. Bahkan untuk bangun IKN Kementrian PUPR belajar proyek township dari BSD

Buat yang ingin tahu segala hal tentang BSD bisa dilihat di sini https://www.bsdcity.com/

 

Berikut ini adalah pemaparan mengenai konsistensi implementasi aspek ESG Sinar Mas Land yang disampaikan dalam acara Sinar Mas Land Buka Bersama Jurnalis 2023 yang di gelar pada hari Rabu, 5 April 2023 di BSD City.

Dukung Iklim Industri yang Berkelanjutan, Sinar Mas Land Implementasikan Prinsip ESG di Setiap Proses Bisnis

Prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) semakin memainkan peranan penting bagi operasi bisnis perusahaan di Indonesia. Permintaan dari berbagai pihak, mendorong penerapan prinsip ESG sebagai tolak ukur kemajuan keberlanjutan dan dampak etis dari suatu investasi perusahaan. 

Sinar Mas Land sebagai perusahaan yang memiliki ruang lingkup yang luas dalam kehidupan masyarakat telah menginisiasi berbagai program yang mengimplementasikan aspek ESG secara konsisten dan bertanggung jawab dalam aktivitas bisnis perusahaan. 

Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land – Muhammad Reza Abdulmajid mengungkapkan:
“Penerapan aspek ESG sudah menjadi keharusan bagi perusahaan yang ingin meningkatkan profitabilitas, karena hal itu juga mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan dan keberlanjutan bisnis perusahaan. Di sisi lain, hal ini menunjukkan komitmen nyata perusahaan untuk berperan dalam menurunkan emisi karbon, meningkatkan green economy, serta mendukung visi pemerintah dalam menerapkan net zero emission.”

Program-progam yang diwujudkan Sinar Mas Land untuk menerapkan aspek ESG telah disusun secara terukur di berbagai sektor perusahaan. Dalam aspek Environment, untuk mendukung transisi net zero emission, Sinar Mas Land berfokus pada sektor :

  • efisiensi energi melalui program Green Habit 
  • energi terbarukan melalui penerapan solar panel di 6 bangunan komersial
  • dan pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero)

Untuk mendukung mobilitas yang rendah emisi, Sinar Mas Land juga menghadirkan:

  • Autonomous Vehicle (kendaraan listrik otonom) yang telah diujicoba di kawasan Q Big BSD City dan The Breeze BSD City 
  • serta penggunaan Bus Listrik pada layanan BSD Link yang melayani rute seputar area BSD City. 

Dalam aspek Social, perusahaan berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang berdampak panjang dan sustainable. Aspek tersebut diwujudkan melalui sejumlah program, di antaranya:

  • pemberian pelatihan Digital Technology kepada siswa di BSD City untuk kebutuhan tenaga kerja perusahaan IT
  • pembinaan usaha UMKM
  • dan penerapan program pemberdayaan kampung bernama Kampung Mantul

Selain itu, program yang berfokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dilakukan melalui Sekolah Berhati, program Berantas Buta Al-Qur’an, serta Pusat Literasi BSD City. 

Autonomous Vehicle (foto Antara)

Terkait aspek Governance, Sinar Mas Land berupaya mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) serta berkelanjutan melalui berbagai inisiatif. Dalam hal penerapan bisnis yang bertanggung jawab, perusahaan telah mengimplementasi whistleblowing system serta pelatihan fraud dan anti-korupsi untuk seluruh karyawan. 

Selain itu untuk meningkatkan kinerja dari penerapan ESG, perusahaan telah bekerja sama dengan lembaga pemeringkat ESG dalam melakukan penilaian terhadap tingkat maturity ESG perusahaan sebagai langkah benchmarking dengan perusahaan lain. Ke depan, perusahaan akan memastikan penerapan ESG juga dapat dijalankan pada seluruh rantai pasokan perusahaan.

Implementasi aspek ESG tidak hanya dilakukan Sinar Mas Land di area BSD City saja, karena hal ini merupakan aspek penting untuk keberlanjutan usaha yang juga berdampak positif pada lingkungan dan masyarakat. 

Kota Delta Mas *sumber Sinarmas.com

Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation melalui PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mengembangkan Kota Deltamas, yang berdiri di atas lahan seluas ± 3.200 hektare, berlokasi di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. 

Saat ini, Kota Deltamas telah memiliki 19 klaster residensial, 19 klaster komersial, dan kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC) seluas ± 2.200 hektare yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan dengan penerapan prinsip ESG dalam berbagai aspek.  

Direktur Operasional Kota Deltamas – Robertus Satriotomo menjelaskan:

“Sebagai kawasan yang ramah lingkungan, PT Puradelta Lestari Tbk turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau, bersih, dan berkelanjutan. Upaya ini diwujudkan melalui sejumlah instrumen seperti penggunaan renewable energy untuk kegiatan operasional dari Marketing Office Kota Deltamas serta fasilitas dan utilitas yang dimiliki Perseroan dalam melayani pelanggan Kota Deltamas dan kawasan industri GIIC. Kami juga bekerja sama dengan PLN dalam menyediakan Renewable Energy Certificate, hingga secara bertahap beralih menggunakan kendaraan listrik untuk operasional bisnis perusahaan dalam mendukung target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 yang dicanangkan oleh pemerintah. Untuk kendaraan listrik tersebut rencananya akan diimplementasikan di kawasan Kota Deltamas dan GIIC.”

Greenland International Industrial Center (GIIC) *sumber sinarmasland.com

GIIC telah memiliki ± 170 tenants di antaranya Suzuki, Hyundai Motors, Mitsubishi Motors, SAIC GM Wuling, Astra Honda Motors, Kalbe, Maxxis, dan Kohler.

GIIC akan mengembangkan zona industri khusus yang didedikasikan untuk data center yang dilengkapi dengan infrastruktur berteknologi tinggi. Saat ini, sudah ada 14 tenant data center baik yang lokal maupun berskala global yang telah bergabung di kawasan industri ini, seperti PT Telkom Indonesia Tbk dan Pusat Data Nasional, di mana mereka akan mendirikan hyperscale data center di GIIC – Kota Deltamas. 

Demikian.

Semoga informasi mengenai konsistensi implementasi aspek ESG Sinar Mas Land yang bersumber dari pihak Sinar Mas Land ini bermanfaat ya teman-teman. 

Jadi, kapan kamu punya produk Sinar Mas Land kayak aku? 😙😁🙏


Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

19 komentar

  1. Bagus dan banyak juga ya kontribusi Sinar Mas Land baik terhadap para siswa di BSD City dalam bidang IT. Pembekalan semacam ini penting untuk menyambut era masyarakat society 5.0, dimana teknologi memainkan peran strategis di bidang-bidang karir untuk siswa ke depannya.

    BalasHapus
  2. Tinggal di BSD memang semacam goals ya, Mbak. Tante saya tinggal di sekitaran sana. Mainnya ya ke BSD melulu. Selain dekat banget, juga segala ada di BSD. Kalau saya tinggal di BSD kayaknya memang bakal jarang ke mana-mana, deh. Udah ada semua di BSD :D

    BalasHapus

  3. Andai di Jakarta, mau da ikutan bukber supaya bisa nyobain lezatnya hidangan ayam dan bebek yang menggoda selera
    Dan pastinya untuk dengerin aktivitas keberlanjutan Sinar Mas yang keren banget
    Apalagi bisa ketemu Bang Dzul yang sekarang ternyata di Sinar Mas

    BalasHapus
  4. Acara bukber yang digagas Sinar Mas Land di BSD City benar-benar acara silaturahmi yang penuh berkah, bertabur hadiah. Saya dulu bolak balik melewati BSD tahun 97 dan masih sepiii. Sekarang BSD sudah benar-benar jadi Kota Mandiri yang lengkap.

    BalasHapus
  5. Baca celetukan seorang bloger, dalam hatiku berkata, Mbak "bloger juga manusia" *eaaaaaa, apaan sih aku ini.

    Pengin juga ni merasakan sensasi kumpul bersama temen² bloger, selama jadi bloger belum pernah kumpul², huaaaa

    BalasHapus
  6. Wow seru banget ya Rin acara media dan blogger. Tempatnya mewah ya, aku ngiler deh takjilnya. Sukses untuk Sinar Mas Land

    BalasHapus
  7. Bebek Bengil memang wokeh makanannya. Pernah nyoba yang di Menteng, demen sama sate lilitnya hehe.
    Seneng lihat acara, apalagi ada bagi² doorprize, wah.
    Sukses buat Sinar Mas Land, semoga terus berkelanjutan kegiatan gathering ini dan bisa turut berkontribusi.

    BalasHapus
  8. Aku kalau diajak ke gathering berkualitas seperti ini tuh pasti semangat datang. Selain networking, jadi bisa belajar juga soal bagaimana presentasi di hadapan publik, terutama soal rencana kedepan perusahaan yang memiliki prospek luar biasa bagus.

    Kalo soal bebek bengilnya seng ada lawan lah. Sajian mereka tuh selalu enak, tasty dan umami tak terkira. Foto es buahnya menggoda Rien. Kalo baca ini pas puasa, aku mungkin langsung becarian hahahaha.

    BalasHapus
  9. BSD memang kota yang sangat berkembang ya, Mbak. Dan kehormatan tersendiri di undang berbuka puasa oleh Sinar mas Land. Bisa kumpul teman blogger juga. Apalagi bisa icip-icip menu bebek yang enak. Saya mau tuh pastelnya hehehe.
    Dari fotonya, saya kenal Mas Agung Han, Mbak Ani Bertha dan Mas Salman Faris. Wih beruntungnya teman blogger yang dapat laptop dan HP.

    BalasHapus
  10. dududu aku kangen ikutan event blogger bisa kumpul sama kalian semua...

    Kerja di Sinar Mas Land pasti menyenangkan yaaa.. banyak banget projek yang keren buat dinantikan.

    BalasHapus
  11. Duh, seneng banget ya bisa kumpul bareng rekan sefrekuensi... Pasti seru tuh... Bikin iri... Kapan nih ada acara beginian di Surabaya? Aku ikut ah...

    BalasHapus
  12. Kalo baca pengalaman bloggers selalu seru ya, apalagi aku belum pernah ke BSD dan itu bebek nya menggoda sekali deh

    BalasHapus
  13. Seru banget acaranya. Senangnya lihat event Blogger sudah bisa offline dengan normal lagi setelah pandemi panjang.

    Makanannya pun semua menggoda iman. Duhlah jadi pingin makan bebek hehehehe

    BalasHapus
  14. Wuih acara buka bersama bersama sinar mas memang cetar. Deg degan sebelum namanya di panggil pas dapat hadiah langsung girang, laptop cuy.

    BalasHapus
  15. Acara bukber bareng blogger dan media, ramai sekali tuh, Kak. Apalagi doorprize nya ga main-main nih, Kak. Semua happy banget. Oh iya, penasaran dengan tulisan di tempat acara Bebek Bengil dirty duck diner. dirty duck diner ini ada ceritanya kah?

    BalasHapus
  16. MashaAllah~
    AKu jadi ikutan merasakan kebahagiaan kak Amel dapet laptop HP nih..
    Senyumannya ter-capture indah sama kak Rien.

    Seneng banget Sinarmas Land memberikan acara gathering begini..
    Jadi kumpul guyug bahagia berbagi cerita.

    BalasHapus
  17. Masya Allah..ini nih yang saya lihat di IG, senangnya Kak Amel dapat hadiah laptop. Makin semangat nih ngeblognya. Seruuuu..bisa ngumpul bareng, berbuka puasa dengan menu yang enak, suasananya pun nyaman, ketemu para petinggi Sinar Mas Land, eh ada rezeki hadiah pula.

    BalasHapus
  18. Kak, kita kan pernah dapat hadiah pemenang instagram waktu di SAVASA, inget gak? Keren banget nih Blogger yang diundang Sinar Mas blogger hits, doorprize nya juga gak main-main, sajiannya juga mantap betul. Btw, kagum banget lho padamu mbak, sudah miliki rumah di BSD tahun 2004, sejak dulu BSD tuh udah jadi icon perumahan elit

    BalasHapus
  19. seru bangettt ada acara berhadiah handphone, jadi pengen ikut :D

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!