Ada Taman Rusa di Sari Kuring Indah, Tempat Acara Pernikahan di Cilegon

Taman Rusa di Sari Kuring Indah Cilegon - Foto Katerina
   
Ada taman rusa di Sari Kuring Indah Cilegon. Letaknya berdampingan dengan Kebon Sengon, sebuah taman yang menjadi tempat acara pernikahan rekan satu kantor suami saya, Minggu tgl. 26 Juni 2022.

Jadi ceritanya, ini tentang kondangan ke Cilegon di Provinsi Banten. Kondangan kedua yang kami hadiri di bulan Juni lalu. Bulan di mana saya dan suami juga pernah dikondangi, 20 tahun yang lalu. 

Sampai sini jadi tahu kan, kalau saya juga sekalian mau numpang cerita, bahwa pada bulan Juni tahun 2022 ini, telah 20 tahun saya hidup bersama dalam suka dan duka, dalam sedih dan bahagia, dalam kondisi luka dan pulih, dalam lebih dan kurang bersama laki-laki terbaik yang Allah pilihkan untuk saya. Masya Allah.

Dua anak telah lahir dari rahim saya, buah hati saya dan suami, dalam pernikahan suci yang direstui oleh orang tua kami. Anugerah luar biasa diberi titipan oleh Allah Sang Maha Pencipta. Betapa saya sangat bersyukur. Kini mereka sudah remaja, semoga selalu soleh/soleha, sehat, bahagia, dan panjang umur.

Bertemu Mas Arif adalah anugerah dari Allah. Ia adalah laki-laki tersabar yang pernah saya jumpai di dunia. Sabar dalam ibadah, dalam berumah tangga, dalam berkasih sayang, dalam mencari nafkah, dalam membersamai saya, dalam merawat anak-anak kami, dalam berkata-kata, dalam hal apapun.

Laki-laki biasa yang tak banyak ulah dan tingkah, tak pula banyak gaya. Ia semakin baik di tiap bertambah usia, bertambah salih di tiap berkurangnya sisa usia hidup. Masya Allah. Saya tertatih-tatih menyusul ketekunannya dalam beribadah. 

Cilegon, 26 Juni 2022

Seringkali saya merasa belum menjadi istimewa sebagai ibu dan istri, tapi perasaan itu selalu dianggap keliru oleh suami. Baginya, saya adalah istri terbaiknya di kehidupan dunia ini, dan semoga nanti di kehidupan akhirat tetap menjadi bidadarinya. 

Siapa yang gak nangis coba saat suami berkata demikian? Saya nangis 😭

Kenapa nangis? Karena saya memang masih belum merasa hebat luar biasa sebagai istri dan ibu. Saya sungguh merasa masih sangat biasa. Belum banyak mempraktekkan hasil belajar. Apa yang dipelajari pun masih tingkatan pemula, sehingga masih belum banyak ilmunya, masih banyak kurangnya, masih sering salahnya. 

Tetapi suami selalu berkata, kehidupan ini sendiri adalah universitas, tempat berlimpah ilmu dan pelajaran. Setiap orang yang menjalaninya adalah mahasiswa/i yang masa belajarnya akan tamat saat maut menjemput. Jadi jangan merasa ketinggalan, karena semua masih sama belajar.

KONDANGAN DI BULAN KAMI PERNAH DIKONDANGI JUGA 😁
*muka kemerahan, efek karpet merah yang kami pijak deh kayaknya

Seiring bertambah umur, semakin saya menua, semakin sederhana apa yang saya ingin. Cukup dengan menjadi seseorang yang selalu membuat hati suami tentram dan ridho atas setiap hal baik yang saya perbuat. 

Rasanya bahagia menjadi orang pertama yang membuat suami bahagia. Menjadi separuh jiwanya yang tak ingin ia tukar dengan siapa pun. 

20 tahun bersama. Sungguh telah banyak kejadian yang membuat saya merenung. Perenungan yang melahirkan untaian doa panjang untuk permohonan berkah, kebaikan, keselamatan, kesehatan, dan ampunan atas segala dosa. Semoga Allah SWT mengabulkan. Aamiin ya Robbal Alaamiin.

Demikianlah untaian kata untuk hari pernikahan ke-20 tahun kami. Mari kita kembali ke cerita pernikahan baru satu hari rekan kerjanya suami 😄 


Acara Resepsi Pernikahan di Taman Outdoor

Acara pernikahan rekan kerja suami digelar di Kebon Sengon, Sari Kuring Indah CILEGON. 

Saat membaca nama Kebon Sengon dalam undangan online yang diterima suami, saya awalnya agak bertanya-tanya soal nama Kebon Sengon itu. Apakah acaranya di kebon bernama Sengon? Apakah sengon itu sama arti dengan ngangon? wkwkw. Iya lho, saya baru kali itu dengar nama Kebon Sengon. Jadi menebak-nebak 😁

Ternyata, Kebon Sengon adalah nama salah satu venue acara pernikahan outdoor yang ada di Sari Kuring Indah. Di Sari Kuring Indah ada hotel, restoran, cottage, taman, kandang rusa terbuka, dan tempat parkir yang luas. Nah, di taman itulah acara pernikahan teman suami digelar, persis di sebelah taman rusa.

 
Saat memasuki Sari Kuring Indah, saya sempat mengira bangunan paling depan (sepertinya restoran) yang dihiasi janur dan penuh oleh dekorasi bunga, buket bunga, papan bunga ucapan, dan orang-orang berpakaian formal adalah venue acara yang kami tuju, ternyata bukan. 

Sebetulnya dari papan ucapan yang bederet depan pintu masuk itu udah ketahuan sih bukan tempatnya. Keraguan saya datang karena mengira venue acara di tempat ini hanya satu, ternyata ada beberapa.

Suami menyebut Kebon Sengon pada seorang petugas parkir. Darinya kami jadi tahu arah Kebon Sengon. Kami melewati gedung acara di area terdepan, menuju area samping yang agak ke belakang. Lalu ada papan petunjuk dengan nama venue Kebon Sengon, serta janur dengan tulisan nama pengantin yang punya acara. Alhamdulillah tak salah lagi, di situlah tempat acara yang kami tuju. 

Taman rusa di sebelah parkiran
 

Parkiran ada di depan taman, dikelilingi pepohonan. Kami memilih salah satu tempat yang masih kosong, di bawah pohon, merapat pagar. Nah saat keluar dari mobil itulah saya menoleh ke taman yang ada di balik pagar. Terlihat sekelompok hewan yang awalnya saya kira kambing. 

Hewan-hewan berbulu coklat itu tiba-tiba bersuara. Suaranya mirip kucing yang biasa mampir minta makan ke rumah saya. Melengking tertahan gitu. Aisyah paling jago menirukan suaranya. Jadi pas mau menceritakan suara rusa di tulisan ini, saya minta dia menirukannya biar berasa kayak dengar ulang  lagi wkwk.

Setelah mendengar suara si rusa, saya dan Aisyah saling berpandangan. Masa iya suara kambing kayak gitu? Kok tidak mengembik? Setelah kami amati, ternyata bukan kambing! Tapi rusa. Woaaah 😍

Tembok di sebelah kanan Aisyah hingga ke belakang adalah tembok yang membatasi taman rusa. Di baliknya adalah taman rusa. Hanya bagian ini saja yang di tembok. Sisi lainnya pagar besi terbuka yang membuat siapa pun bisa melihat langsung keberadaan rusa-rusa di Sari Kuring Indah

Kami yang tadinya buru-buru mau masuk venue acara, jadi tertahan sejenak karena rusa-rusa itu. 

Saya dan suami membiarkan Aisyah melihat-lihat sebentar. Setelah Aisyah merasa cukup, baru kami berjalan ke tempat acara. Ternyata acara resepsi belum mulai. Saat itu memang belum jam 12 siang sih, sesuai waktu dalam undangan. Kata pagar ayu di meja tamu, pengantin masih di kamar rias, sedang berganti kostum untuk acara resepsi. Ahiya, acara akad nikahnya sudah digelar jam 9 pagi.

Selagi menunggu pengantin datang, kami berfoto-foto di karpet merah yang dikelilingi dekorasi aneka bunga. Tak lama setelah itu pengantin pun datang. Kami ikut menyambut kedatangannya. Kebetulan saya sudah kenal sama pengantin wanitanya, karena sudah lama jadi rekan kerjanya suami, jadi udah gak asing. Makanya pas pengantin melihat kami di lorong berjalan, mbak pengantinnya sumringah menoleh ke arah kami.



Pengantin berjalan beriringan di karpet merah, wajah keduanya sumringah, dipenuhi rasa bahagia. 

Bagaimana tak bahagia, jika cinta kini telah dipersatukan dalam ikatan suci yang sah, disaksikan oleh Allah SWT, di hadapan para orang tua dan saksi. Semoga langgeng, bahagia, bersama selamanya hingga maut memisahkan.

Liukan nada saxophone mengiringi langkah kedua pengantin hingga keduanya berada di pelaminan. Sesuai konsep acara di tempat terbuka, pelaminannya pun terbuka, tapi bukan di tengah taman. Melainkan di tempat semacam teras, di bawah atap permanen. Hanya bagian belakang yang rapat tertutup, sedangkan sisi kiri, kanan dan depan, terbuka lebar tanpa sedikitpun penghalang. Semi outdoor untuk pelaminan gini, aman bagi pengantin dan pelaminan. Tidak kebasahan jika mendadak turun hujan, tidak pula kepanasan ketika cuaca terik.

Ada tenda di depan pelaminan, orang-orang bisa duduk di sana, tapi sepertinya khusus untuk anggota keluarga besar. Sedangkan tamu bisa duduk di taman, di sisi kanan dari pelaminan. Di taman itulah meja prasmanan terpasang. Meja-meja itu terpisah sesuai jenis makanan/minuman yang disajikan. Ada makanan berat dengan aneka lauk dan sayur, ada bakso, zuppa soup, dessert, dan minuman. 

Alhamdulillah cuaca cerah. Acara berlangsung meriah. Suami dan rekan-rekan sekantor tampak bersama, mereka makan dan ngobrol, serta foto bareng dengan pengantin. Rekan kerja pengantin dari perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya, kebetulan pernah satu kantor juga dengan suami di perusahaan sebelumnya, juga ramai memenuhi undangan. Tak heran, bertemu di acara pernikahan ini membuat suami dan pengantin jadi reunian dengan rekan kerja mereka saat masih di perusahaan sebelumnya.

Foto bareng pengantin

Saya suka dengan venue acara resepsi pernikahan di tempat terbuka. Udara segar dengan pemandangan indah taman dan sekitarnya, membuat suasana terasa lebih nyaman dan tak membosankan.

Apalagi, ada kandang rusa di sebelahnya, jadi lebih menarik. Anak saya yang sudah ABG saja suka, apalagi anak kecil yang biasanya suka melihat hewan-hewan.

Kondangan jadi berasa kayak rekreasi. Makan-makan iya, liat hewan iya, menikmati suasana taman juga iya. 

Oh iya, dari beberapa makanan yang saya cicipi di acara, paling suka Zuppa Soup nya. Yang masaknya jago, citarasa Zuppa Soupnya gak biasa-biasa saja. Hasilnya sempurna. Ukurannya pun cukup besar dan mengenyangkan. Aisyah pun sama, suka Zuppa Soup nya, serta sate buah dan marsmellow yang bisa dicocol dengan pilihan saus coklat atau strawberry.

Kurang lebih 1 jam kami di sana. Saat satu persatu rekan satu kantor suami meninggalkan tempat acara, kami pun ikut pamitan ke pengantin. 


Agak disayangkan ada foam net buah dalam kandang, berbahaya bila termakan oleh rusa. Semoga jadi perhatian pihak pengelola, dibersihkan dan dibuang. Saya agak kesulitan mengambilnya. 

Sebelum meninggalkan Sari Kuring Indah, Aisyah kembali mendekati kandang rusa, melihat-lihat lebih lama. Saya pun membersamainya, ikut menikmati melihat rusa.

Jarang-jarang kondangan sekalian rekreasi liat hewan di satu tempat gini. Kalau sekadar liat kambing sih sering. Kalau rusa? Mesti ke tempat tertentu. Kalau dari tempat saya di BSD Serpong, mesti ke Istana Bogor dulu, atau ke Kebun Binatang Ragunan di Jaksel dan Taman Safari di Bogor.

Demikianlah cerita kondangan kali ini. Semua happy. Pengantin baru happy. Pengantin lama happy. Saya dan suami ya maksudnya 😂 Anak yang saya ajak kondangan juga happy.

Pulang dari acara kami jajan-jajan dulu, beli cemilan buat perjalanan pulang. Untung beli cemilan, sebab perjalanan pulang jadi lama. Hujan turun dengan sangat deras selama perjalanan di tol. Laju kendaraan jadi melambat. Udara dingin, dan waktu tempuh yang jadi lebih lama, bikin pingin makan dan minum melulu. Untung sudah sedia.

Ga nyangka juga cuaca berubah begitu cepatnya. Tadi pas di acara cerah ceria. Pas kami pulang dan masuk tol, langsung hujan deras. 

Selamat menikah buat R & P, rekan kerjanya suami.

Selamat 20 tahun juga buat pernikahan kami. Semoga setiap doa dan harapan baik kami Allah kabulkan. Semoga senantiasa berbahagia, hidup bersama dalam waktu lama, dan terus sebumi sesurgaNYA. Semoga dimudahkan dan disegerakan beribadah haji berdua. Aamiin.


Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

20 komentar

  1. Iya ke undangan pernikahan jadi berasa piknik ya...
    Btw selamat anniversary ke 20 ya. Beda sepuluh tahun dong, dengan usia pernikahan kami. Semoga sehat selalu dan hanya maut yg memisahkan ya... Aamiin...

    BalasHapus
  2. Happy anniversary Mbak Rien, semoga permohonan suami terkabul
    Mbak Rien Jadi bidadarinya di surga, amin
    Kebahagiaan itu menular lho, saya bahagia banget baca dan lihat foto Mbak Rien dan suami, apalagi kalo udah bareng anak --anak. Sumringah banget

    Eniwei, dulu saya hampir tiap bulan ke Cilegon, tapi naha gak tau kawasan penuh rusa ini ya? :D

    BalasHapus
  3. Mba Rien, saya trenyuh ungkapan Mba tentang suami dan pernikahan yang udah 20 tahun dijalani. Suami yg sabar dalam segala hal, adalah anugerah terindah dari Allah yang mengahdiahkan pilihan pasangan terbaik untuk mengarungi hidup

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah diawali kisah keluarga mawaddah warohmah, aamiin. Nuansa pernikahannya asri, alami, dan tentunya semoga calon keluarga dikaruniai keberkahan fi dunya wal akhirat, aamiin

    BalasHapus
  5. wah seru amat yaaa acara weddingnya bisa sekalian feeding rusa-rusa nih, back to nature, lumayan healing tipis2 ya mba sekalian kondangan hihi

    BalasHapus
  6. Rusaaaa.. pasti para animal lover seneng ada di situ. Cakep ya tempatnya. Unik pengaturannya juga.

    Btw, happy anniversary ya,Mbak. Langgeng.

    BalasHapus
  7. Sambil kondangan sambil liburan, sambil menikmati romantisme bareng tersayang.
    Pokoknya tetap semangat, tersenyum dan berbahagia ya mbak Rien dan keluarga

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, happy wedding anniversary mbak Rien dan Suami
    20 tahun kebersamaan yang sungguh indah. Semoga selalu berjodoh hingga Jannah.

    Resepsi di Luar ruangan gini memang deg degan hujan ya.. Semoga hujan membawa berkah untuk pasangan manten anyar

    BalasHapus
  9. Keren euy resepsinya di outdoor. Bisa sekalian refreshing juga nih ya liat pemandangan alam & rusa².

    BalasHapus
  10. Happy anniv ya, Kakak. Semoga sakinah, mawaddah warahmah. Jodoh dunia dan akhirat. Aamiin.
    Apa nggak khawatir rusanya bakal merusak acara ya. Hehehe

    BalasHapus
  11. selamat 20 tahun pernikahan untuk Mbak Rien dan suami.
    Alhamdulillah...

    Inshaa Allah happily ever after yaaa
    Semoga tetap bisa menginspirasi kita-kita semua untuk romantis dengan pasangan

    wkwk

    BalasHapus
  12. Wah asik banget tempat pernikahannya ya mbak Tien
    Beneran menyatu sama alam
    Undangan yang bawa anak kecil pasti senang, Krn bisa lihat rusa
    Kalau baca ini aku langsung ingat pernikahannya Edward dan Bella di Twillight, hehe

    BalasHapus
  13. Selamat anniversary, Kak semoga keluarganya senantiasa diberikan keberkahan rezeki, sehat wal afiah selalu, dan tentunya terus menginspirasi. Tempatnya asik banget yang untuk pernikahan. Bagi yang menikah semoga sakinah, mawaddah wa rohmah. aamiin

    BalasHapus
  14. Lama juga ya mbak. Sudah 20 tahun bersama. Semoga langgeng terus dan bahagia selalu. Suka sama pasangan yang terus langgeng kayak mbak dan suami.

    BalasHapus
  15. MashAllah~
    Barakallahu fiikum, kak Rien.

    Suka nangis juga kalau mendatangi acara kondangan. Mendadak mellow dan flashback lagi ke masa-masa pernikahan baru seumur jagung. Betapa banyak nikmat yang harus disyukuri dan jangan sampai terlewat dengan hal-hal yang kesannya "biasa" padahal itu bisa jadi penguat cinta.

    Seperti sering mengobrol, sering bersyukur dengan keberadaan suami dan anak-anak dan semuanya.

    Melihat acara pernikahan di Sari Kuring Indah Cilegon, jadi ingat kalau gak mudah merayakan di tempat terbuka. Ingat beberapa pernikahan artis yang diselenggarakan di outdoor. Begitu nyaman para tamu juga bisa berinteraksi dengan alam.

    BalasHapus
  16. Asik banget nih mbak abis kondangan bisa piknik cantik ya di Sari Kuring Indah Cilegon serasa sejuk viewnya bagus lagi buat foto-foto jadi kepo saya pengen berkunjung ke Sari Kuring Indah Cilegon

    BalasHapus
  17. Wah, asyik nih tempat kondangannya mbak buat yang bawa bocil. Ketika bosan bisa diajak liat rusa supaya gak rewel

    BalasHapus
  18. Eyaampun, tempatnya bagus banget. Hijau, adem, seger ya. Suka deh dengan pesta outdoor begini. Aku kalo bawa bocil-bocil ke tempat kayak gini, bakalan susah pulang deh. Pada kepengen main, apalagi ada rusa begitu. Hehehe. Btw, semoga samawa pengantinnya. :)

    BalasHapus
  19. Eyaampun, tempatnya bagus banget. Hijau, adem, seger ya. Suka deh dengan pesta outdoor begini. Aku kalo bawa bocil-bocil ke tempat kayak gini, bakalan susah pulang deh. Pada kepengen main, apalagi ada rusa begitu. Hehehe. Btw, semoga samawa pengantinnya. :)

    BalasHapus
  20. Selamat 20 tahun pernikahan mba
    Semoga bahagia selalu.
    taman rusanya indah banget ya

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!