Scarlett Brightly Essence Toner, Pelembap Sekaligus Vitamin Kulit dengan Sensasi Dingin Menyegarkan

SCARLETT Brightly Essence Toner

Dalam rangkaian produk face care harian, ada yang namanya toner dan essence

Dulu, ketika pengetahuan saya tentang aneka produk skin care masih sangat minim, toner dan essence pernah saya anggap sama karena memang memiliki beberapa kesamaan, di antaranya sama-sama memiliki tekstur cair layaknya micellar waterdigunakan setelah mandi, diaplikasikan dengan cara ditap-tap, dan hasilnya sama-sama memberikan kesegaran di wajah. 

Padahal secara fungsi, toner dan essence  punya perbedaan.

Beda Toner dan Essence

Seiring waktu, setelah cinta pada rutinitas perawatan kulit, saya gemar mencari informasi mengenai produk skincare yang akan saya gunakan. Artikel yang dimuat di website hallodoc dan klikdokter sering jadi sumber terpercaya yang membuat pengetahuan saya jadi bertambah. Salah satunya, jadi tahu kalau toner dan essence itu berbeda.

Toner sendiri memiliki 2 jenis. Ada toner hydrating yang berguna untuk mengembalikan kelembapan setelah mencuci muka, dan ada toner yang berfungsi untuk exfoliating yakni mengangkat sel-sel kulit mati. 

Fungsi utama toner adalah sebagai penyeimbang pH pada kulit. pH kulit yang tidak seimbang bisa menyebabkan kekeringan, kulit mengelupas, kulit bersisik, dan kulit gatal. Selain itu, dengan menerapkan toner sebelum langkah perawatan kulit lainnya bisa membuat formula dalam produk skincare selanjutnya terserap secara maksimal.

Meskipun tampak sama encer dengan toner, essence punya tekstur sedikit lebih kental, tapi tetap lebih ringan daripada serum, dan memiliki kandungan konsentrasi yang tinggi sehingga disebut juga sebagai vitamin harian kulit.

Essence merupakan solusi utama bagi kulit kering karena mengandung bahan yang bisa mengikat molekul air dari dalam kulit sehingga bisa tetap kenyal, lembap, dan terhidrasi. Selain itu penggunaan essence efektif mempersiapkan kulit agar produk wajah selanjutnya bisa terserap dengan baik.

Lantas, bagaimana jika essence dan toner hadir dalam satu kemasan? Maka, kehadiran Scarlett Essence Toner menarik untuk dibahas. 

SCARLETT Brightly Essence Toner. Kemasan paling depan itu isinya tinggal seperempat, merupakan  essence toner pertama dari Scarlett yang saya gunakan untuk perawatan harian. 

Promo Shopee Bikin Saya Pakai Scarlett Brightly Essence Toner 

Produk essence toner dari Scarlett saya beli pertama kali bulan November 2021. 

Saat itu di Shopee sedang ada promo Scarlett Whitening Brightly Care Package yang terdiri dari Ever After Cream Day, Ever After Cream Night, Ever After Serum, dan Essence Toner. 

Normalnya, paket tersebut dibandrol 300K, tapi saat itu hanya 234K. 

Saya sebetulnya hanya butuh cream dan serum untuk persiapan stock baru karena yang dipakai di rumah sudah menipis. Saat tahu di paket ada essence toner, saya jadi tertarik untuk mencoba pakai, maka saya pilih paket itu. Ketertarikan pada essence toner bukanlah mendadak, melainkan sudah ada sejak saya membaca review positif dari teman blogger yang sudah pakai duluan. Keberadaanya dalam paket promolah yang memicu saya untuk membeli.

Seingat saya, setelah paket sampai di rumah, tidak langsung saya buka. Saya menunggu sampai cream dan serum yang sedang saya pakai benar-benar habis. Kurang lebih 2 minggu kemudian saat serum dan cream habis, baru pakai yang baru. Termasuk essence toner, mulai saya gunakan pada bulan Desember 2021.

Jika dihitung, pemakaian 1 botol lumayan lama. Sekarang saja hampir akhir April, sudah lima bulan sejak pertama pakai, dan isinya masih tersisa seperempat botol. Padahal rutin dipakai tiap hari. Tapi memang kadang saya pernah tidak pakai 2x sehari sesuai anjuran pakai. Hanya digunakan di waktu pagi, sore/malamnya enggak. Kadang pernah nggak pakai pagi, malamnya pakai. Pernah pula nggak pakai sama sekali dalam sehari. 

Ada waktu di mana saya jatuh sakit dan rasanya malas sekali pakai semua tahapan produk skin care. Saya cuci muka saja, selesai. Keadaan ini pernah berlangsung selama lebih dari 1 minggu. Mungkin karena hal inilah essense toner-nya belum habis juga sampai sekarang 😀 

Kalau sekarang sih, saya sudah rutin pakai 2 kali sehari sehabis cuci muka. Catet lho, sehabis cuci muka, bukan sehabis mandi. Karena mandi belum tentu cuci muka 😁 Dan kenapa dipakai setelah cuci muka, supaya kulit wajah kembali lembap.


Kandungan dan manfaat Scarlett Brightly Essence Toner

Seperti yang sudah saya tulis di awal, fungsi toner sebagai penyeimbang pH dan essence sebagai vitamin kulit.  Lantas, ketika dua produk ini bersatu dalam satu kemasan menjadi Scarlett Essence Toner, maka pengguna mendapatkan manfaat sekaligus dalam satu kali pemakaian.

Sebagaimana persamaan keduanya digunakan setelah mencuci muka dan diaplikasikan dengan cara di-tap tap, kini bisa dilakukan dengan sekali kerja. 

Ada dua varian Essence Toner yang dihadirkan oleh Scarlett, yakni Acne dan Brightly. Sudah tentu saya pilih varian kedua, karena memang tidak punya masalah jerawat, dan supaya matching dengan face care varian Brightly Series yang sedang saya gunakan.

Review produk face care Scarlett Whitening Brightly Series yang saya pakai dapat dibaca  pada link berikut: Produk Skin Care Wajah Scarlett Whitening

Sebelumnya, saya pernah menggunakan produk essence dari brand lain, dalam waktu kurang lebih 2 tahun. Entah lupa karena alasan apa, setelah produk itu habis, saya tidak memesan lagi, lalu berhenti pakai essence. Baru pakai lagi setahun kemudian, dan yang saya pakai kali ini adalah essence toner dari Scarlett.

Di dalam Scarlett Brightly Essence Toner terdapat kandungan VITAMIN C, GLUTATHIONE, WITCH HAZEL EXTRACT, JEJU PROPOLIS EXTRACT, ALLANTOIN, NIACINAMIDE, GRAPE WATER, yang bermanfaat:

  • Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen.
  • Glutathione untuk mencerahkan kulit.
  • Witch Hazel Extract membantu meredakan peradangan dan mengencangkan pori-pori.
  • Jeju Propolis Extract meregenerasi kulit untuk membantu membuat tekstur kulit lebih halus dan kenyal.
  • Allantoin melembabkan, menenangkan, dan sifat anti-iritasi.
  • Niacinamide membantu meminimalkan pori-pori yang membesar.
  • Grape Water melembabkan, menenangkan dan menyegarkan kulit.

Kemasan Botol 100ml dengan ukuran tergolong masih travel friendly

Kemasan Scarlett Brightly Essence Toner

Kemasan box Scarlett Brightly Essence Toner berwarna putih gading dengan nuansa merah muda yang elegan dan bersih. Terkesan girly, namun tetap tegas dengan aksen hitam di bagian merk.

Pada kemasan box terdapat informasi jenis dan varian produk, ingredients, how to use, expire date, barcode dan nomor BPOM RI NA 18211204658, info isi netto 100ml dan kode hologram yang bisa dicek keasliannya di web resmi Scarlett Whitening.

Kemasan essence toner berupa botol plastik dengan tutup model pump yang dilengkapi tutup botol bening. Sangat praktis dan higienis. Pada botol terdapat informasi benefits, ingredients, dan how to use. Jadi, selain di kemasan box, kita juga bisa membaca keterangan essence toner di kemasan botolnya. 

Botolnya dibuat transparan dengan nuansa warna merah muda yang menandakan produk ini varian dari Brightly Series.

Ukuran kemasan tidak terlalu besar dan masih ringan untuk dibawa-bawa saat bepergian.

Setahu saya, produk body care Scarlett sudah mendapatkan label Halal, namun untuk face care essence toner ini belum ada. Saya cari di kemasan box dan botol pun belum ada. Semoga saja sedang dalam proses menuju Halal.

Kemasan botol transparan warna merah muda menandakan ini varian Brightly Series, sedangkan varian Acne berwarna ungu.

Tutup botol model pump agar praktis digunakan, dengan tambahan tutup bening agar tetap higienis
Tampil girly dengan gambar bunga dan warna pink yang cantik

Tekstur dan Aroma Scarlett Brightly Essence Toner

Tekstur Scarlett Acne Essence Toner sama seperti produk essence toner pada umumnya, memiliki konsistensi yang sedikit kental namun tetap runy saat dituang ke kulit. Karena konsistensinya tidak terlalu cair, saat diaplikasikan, kulit terasa lebih licin dan lembut.

Saat diaplikasikan pada kulit, saya merasakan kulit yang terasa basah, namun tidak berlangsung lama karena cairan langsung meresap ke dalam kulit, meninggalkan rasa sejuk yang menenangkan.

Saat produk dituang ke tangan, tampak butiran buble-nya melunak dan dapat membaur ke kulit, tanpa menyisakan gumpalan. 

Sedangkan warna produk, bening seperti air dan tercium suatu aroma yang tidak bisa saya jelaskan, namun kadarnya tidak kuat. Menurut ulasan seorang teman, aroma yang tidak bisa saya jelaskan itu mirip wine, mungkin karena kandungan grape-nya itu yah. Entah juga. Jika tidak tercium wangi apa pun, saya mungkin berani mengatakan produk ini masih aman untuk jenis kulit yang sensitive pada kandungan fragrance

Tekstur produk agak sedikit kental namun tetap runy saat dituang ke kulit

Butiran boba berwarna merah muda yang dapat melunak dan bisa membaur ke kulit tanpa menyisakan gumpalan

Tahapan Pemakaian Produk Face Care Harian, Kapan Toner dan Essence digunakan?

Saya pernah bingung dengan tahapan pemakaian produk face care harian. Setiap kali saya melihat ada teman memposting suatu produk yang belum saya pakai, saya pasti bertanya: "Produknya dipakai kapan? Setelah pakai produk apa? Sebelum pakai produk yang mana?"

Dulu, produk harian yang saya pakai hanya facial wash, sunscreen dan moisturizer. Urutannya mudah diingat, karena sedikit. Setelah kenal serum, krim siang dan malam, toner, essence, dan lainnya, baru deh mulai bingung sama urutannya. Kalau sekarang sih sudah hafal, karena udah biasa pakai. 

Untuk toner digunakan sebelum mengaplikasikan produk skincare lain seperti pelembap dan serum dengan cara di-tap tap ke wajah, atau dituangkan di atas kapas yang kemudian diusapkan. Pada cara kedua ini, toner juga bermanfaat untuk membersihkan sisa make-up yang mungkin masih tertinggal meski sudah mencuci muka.   

Dalam urutan pemakaian, essence diaplikasikan dengan cara di-tap tap ke wajah setelah penggunaan toner

Kulit terasa basah saat diaplikasikan, namun cairan cepat merasap ke dalam kulit

Lantas, bagaimana dengan Scarlett Brightly Essence Toner, kapan pemakaiannya? 

Sebagai info, saat ini saya menggunakan seluruh produk face care dari Scarlett varian Brightly Series. Maka, inilah urutan pemakaiannya:

  • Pertama, awali dengan membersihkan wajah menggunakan Scarlett Facial Wash yang dapat membantu membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran.
  • Setelah wajah bersih, baru gunakan Essence Toner untuk membantu menghidrasi kulit. Sehingga kulit menjadi lebih siap peresapannya untuk menerima skincare selanjutnya.
  • Lalu di lanjut dengan menggunakan Scarlett Brightly Ever After Serum, disusul dengan Scarlett Glowtening Serum sebagai layering. FYI ya pembaca, penggunaan Glowtening Serum dianjurkan setelah Acne Serum atau Brightly Ever After Serum. Penggunaan serum sangat efektif untuk membantu merawat kulit wajah karena terdapat banyak kandungan aktif yang baik di dalamnya. 
  • Terakhir rangkaian perawatan kulit wajah ditutup dengan menggunakan Scarlett Brightly Ever After Cream Day atau Night cream sesuai waktu penggunaan.

Untuk pemakaian Brightly Essence Toner, ada dua cara yang bisa dilakukan:

  • Yang pertama tuangkan secukupnya pada kapas dan usapkan ke wajah, metode ini bisa membantu mengangkat sisa-sisa residu saat mencuci muka. Saya sendiri sebetulnya belum pernah mencoba cara ini. Alasannya karena selama pandemi ini saya banyak di rumah saja dan tidak pernah menggunakan make-up. Tidak pakai BB cream, tidak pakai bedak, dan tidak memoles muka dengan perona pipi maupun pewarna kelopak mata. Kotoran yang ada paling hanya debu, dan itu sudah dibersihkan pakai facial wash.
  • Yang kedua tuangkan ke telapak tangan yang bersih lalu tepuk-tepuk perlahan ke kulit wajah sebagai Essence. 

Gampang banget kaaan? Makanya saya jadikan Scarlett Essence Toner ini sebagai sahabat kulit wajah.

Rangkaian Produk Face Care Scarlett yang saya pakai untuk perawatan harian

Setelah pemakaian selama hampir 5 bulan, produk ini bagi saya berguna untuk memberikan efek sejuk yang menenangkan setelah mencuci muka. Kulit terasa adem, sekaligus lembap. Sempat dicoba oleh anak lanang saya (umur 19 tahun) yang memiliki kulit berjerawat, katanya ada rasa panas sesaat ketika pertama dipakai. Hal ini menandakan, efek pada tiap orang akan berbeda tergantung jenis kulit. Ya mungkin kalau anak saya cocoknya pakai varian Acne ya.

Untuk efek cerah, saya tidak bisa menyebutnya berhasil mencerahkan. Sebab, kulit saya sendiri sudah cerah, sejak sebelum pakai essence toner dan tetap sama cerah setelah pemakaian.

Perihal rasa lembap yang saya rasakan, kadarnya ringan saja. Beda jika saya melanjutkan dengan memakai Day Cream, kelembapannya lebih berat, tapi saya suka karena terasa enak di kulit. Makanya, selepas memakai essense toner ini, langsung saya susulkan serum dan cream yang membuat kulit terasa jadi lebih lembap dan lembut, serta tampak berkilau.

Secara keseluruhan, hasil pemakaian essence toner ini telah memberikan hasil positif tanpa menimbulkan masalah baru pada kulit saya. Untuk hasil yang lebih baik, disarankan dipakai bersama produk lainnya, dalam satu rangkaian. Jika berharap lebih, tentu harus konsisten dan tidak kenal menyerah dengan perawatan yang sudah dipilih. 

Hal yang paling penting untuk tujuan mendapatkan kulit yang sehat, utamakan punya pola hidup yang sehat dulu. Makan makanan yang sehat, tidur cukup, olahraga teratur, tetap punya waktu main bersama teman-teman, berfikir positif, serta menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Setelah itu lengkapi dengan perawatan luar seperti penggunaan produk skin care dari Scarlett ini.


Informasi Produk Scarlett Whitening

Produk Essence Toner ini aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui (dianjurkan konsultasikan dengan dokter sebelum pemakaian). Pemakaian oleh ibu hamil dianjurkan melewati trimester kedua dan juga konsultasikan dengan dokter kandungan masing-masing.

✅ Produk face care dapat digunakan mulai usia 13 tahun ke atas.

✅ Registered by BPOM

✅ Not tested on animals

✅ Seluruh harga produk satuannya Rp 75.000,-

✅ Setiap pesanan yang dikirim, di-packing dengan aman menggunakan bubble wrap.

Cara Mendapatkan Produk Scarlett Bodycare

Produk Scarlett Whitening bisa didapatkan melalui platform pembelian Scarlett di Instagram, Whatsapp, Line, dan Shopee.

Kalian bisa cek dengan langsung klik tautan berikut https://linktr.ee/scarlett_whitening



A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

24 komentar

  1. Wah ini jadinya toner dan essence jadi satu ya. Aku pakainya toner Scarlett aja, belum pernah coba essence tonernya. Ntar mau cobain ah kalau tonerku sudah habis.

    BalasHapus
  2. Aku kira toner sama essense itu sama ahahaha,ternyata beda ya. Makin kesini produk skincare makin bagus bagus ya mbak. Selalu ada aja produk terbaru, seperti Scarlett Whitening. Packagingnya juga oke, yang paling aku suka itu tutup atas botolnya berupa pump, enak tinggal pencet aja.

    BalasHapus
  3. Saya sepertinya termasuk perempuan jadi-jadian. Malas banget merawat kulit sendiri. Padahal juga suka melihat kulit wanita-wanita yang terawat dan glowing. Nah indikator "ke o'oonan" saya, salah satunya, tidak tahu beda toner dan essence, Mbak. Barusan sampai perlu melihat ke atas meja rias. Yang saya beli dan gunakan untuk menepuk-nepuk kulit habis cuci muka itu toner apa essence..Ya ampuun Mbak, tulisannya essence hahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooosss Mbak Evi. Sepertinya saya juga gak tau beda toner sama essence. Sepertinya wqnita jadi jadian juga. Hahaha

      Hapus
  4. Aku udah punyaaaa produk ini juga mbaaa yeayy! Bismillah, mencoba utk konsisten ber-skincare semogaaa kuit wajah makin sehat, glowing, paripurna.

    secaraa, suhu di Sby belakangan ini panasss banget, maka dari itu penting bgt daku kudu skincare-an rutin.

    BalasHapus
  5. Oh sekarang Scarlett lebih lengkap lagi ya mom, sudah ada essence tonernya ya. aku termasuk yang belum lengkap nih perawatan skincarenya. Belum pakai essence. Coba deh nanti
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  6. owala tenyata beda ya toner sama essence. ada scarlett ini praktis ya toner sekaligus essence dalam 1 kemasan cantik. ihh mupeng banget sama series perawatannya. aku udh coba serum scarlett enakeun.
    btw modelnya anak gadis ya? kelihatan cantiknya :)

    BalasHapus
  7. Aku nyobain face care Scarlett tapi belum nyobain yang Scarlett Brightly Essence Toner. Kayanya adem banget yah dengan segala manfaatnya. Bisa nih dicobain..

    BalasHapus
  8. Iyaya, aku baru sadar kalau produk Scarlett mengusung toner essence.
    Unik banget. Gak cuma satu bahkan berbagai kebaikan dari masing-masing dibawa untuk pecinta kulit sehat alami.

    Aku juga pakai Brightly Essence Toner tapi masih diselang-seling sama produk lain.
    Karena kemarin kulitku sedang ngambek alias breakout. Huhu..kalau uda baikan, bisa dirutinkan menggunakan serangkaian Produk Scarlett Whitening lagi...

    BalasHapus
  9. Promo shopee emang ditunggu tunggu ya apalagi buat belanja produk kesayangan seperti scarlett, aku juga berhasil belanja paket scarlett saat promo 25 April tingga nunggu produknya datang dan mencoba essence tonernya scarlett

    BalasHapus
  10. Scarlett ini keren banget sih menurutku perkembangannya, karena aku awal coba waktu mereka ngeluarin product bodycare dan sekarang punya rangkaian skincare lengkap gini ya mbak.

    Aku kemarin sempat cobain maskernya dan memang enak banget setelah pakai. Alhamdulillah sih cocok banget, nah sekarang kebetulan memang toner di rumah habis bolehlah nanti cobain rangkaian dari Scarlett ini.

    BalasHapus
  11. Molly juga udah pake nih, kebetulan cocok di wajah. jadi ya diteruskan

    BalasHapus
  12. Saya pun menggunakan serangkaian Scarlett pink ini. Saya suka pakai toner nya ini apalagi kalau siang, pas ngantuk, kalau pakai toner eh itu ngantuk langsung hilang, hehehe... Mungkin karena sensasi semriwing nya di wajah itu kali ya

    BalasHapus
  13. Aku udah cobain produk face care scarlett lainnya mbak, tapi belum cobain essence tonernya. Jadi lebih simpel ya mbak, karena essence dan tonernya jadi satu. Dari dulu aku suka banget kemasan Scarlett ini, cantik dan menggemaskan.

    BalasHapus
  14. dulu kupikir essence sama toner itu sama hahaha. Padahal aku ya pake toner dan pake juga essence. Senang ya liat perkembangan Scarlett ini. Semakin lengkap varian produknya

    BalasHapus
  15. Waawwwh...terobosaan baruuu. Cukup satu kali pemakaian udah dapat dobel manfaat ya, Mbak. Semakin simpel dengan produk Scarlett ini.

    BalasHapus
  16. Wah nampaknya mbak Rien emang cocok ya pakai Scarlett Whitening ini
    Apalagi sekarang produk facecare nya makin lengkap ya
    Ada toner nya juga

    BalasHapus
  17. Aku biasanya pakai tonernya Scarlett ya dan sekarang ada produk barunya Essence Toner jadi paduan essence dan toner dalam satu botol, bisa nih aku coba sekalian mau beli serum sudah habis

    BalasHapus
  18. Toss kita, aku juga sering manfaatin promo Scarlett di Shopee hihi..lumayan hemat banget soalnya paket bundling begini. Dan yang bikin happy, makin lengkap saja varian Scarlett ini, jadi bisa pakai aneka produk dengan brand yang sama.

    BalasHapus
  19. Wah, senang banget kak baca reviewnya. Belum lagi aku mengalami kondisi kulit kering dan kusam, jadi bisa jadi solusi dgn pakai toner dari Scarlett

    BalasHapus
  20. Wah, senang banget kak. Aku mengalami masalah kulit wajah kering dan kusam, sepertinya cocok dgn toner dari Scarlett.

    BalasHapus
  21. Saya juga pakai nih toner dari Scarlett Whitening. Tapi karena kondisi kulit lagi berjerawat, jadi pakainya yang varian Acne Essence Toner. Suka sih sama produk-produknya Scarlett. Baik yang face, maupun body care. Sekarang malah penasaran sama rangkaian produk hair care Scarlett.

    BalasHapus
  22. Saya juga pakai nih toner dari Scarlett Whitening. Tapi karena kondisi kulit lagi berjerawat, jadi pakainya yang varian Acne Essence Toner. Suka sih sama produk-produknya Scarlett. Baik yang face, maupun body care. Sekarang malah penasaran sama rangkaian produk hair care Scarlett.

    BalasHapus
  23. Tipe tipe skincare yang two in one kaya begini yang aku suka. Soalnya praktis wkwkwk. Jujur, aku belum pernah coba rangkaian skincare Scarlett. Jadi penasaran coba yang ini

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!