Mengecap Manisnya Hadiah Best Medical Travel Influencer International MTMA 2021


Kebahagiaan merupakan suatu hal positif yang diperlukan dalam hidup seseorang. Sumbernya bisa datang dari luar maupun dari dalam diri sendiri, dan bisa dari hal-hal kecil maupun besar.

Memiliki blog, mungkin hanya suatu hal kecil dan sederhana, tapi ketika saya memperoleh kebahagiaan positif dari apa yang saya lakukan di blog, maka ukurannya jadi besar. 

Perjalanan menjadi seorang blogger telah membawa saya pada sejumlah titik pencapaian tak terduga yang membuat bahagia, salah satunya menjadi pemenang event Medical Travel Media Award 2021 sebagai Best Medical Travel Influencer International MTMA 2021 yang diselenggarakan oleh Malaysia Healthcare Travel Council. 

Event dan kemenangan tersebut sudah pernah ditulis di blog ini, dapat di baca di sini: MTMA 2021 Best Medical Travel Influencer International

Seluruh hadiah berupa uang cash, tropi, dan sertifikat dari ajang Medical Travel Media Award 2021 telah saya terima dengan penuh sukacita pada bulan Februari 2022. Alhamdulillah terima kasih tak terhingga kepada penyelenggara acara.

Hadiah Tropi dan Sertifikat

Hadiah Cash

Perjalanan menjadi pemenang MTMA 2021 bermula dari trip Malaysia 2019, tahun di mana saya tiap bulan traveling ke berbagai kota di Indonesia, dan juga ke tiga negara tetangga terdekat.

Tahun 2020 situasi berubah, pandemi yang melanda Indonesia membuat sejumlah rencana bepergian terpaksa ditiadakan. Namun di sisi lain, saya jadi punya banyak waktu luang untuk mencicil tulisan hasil bepergian selama tahun 2019, salah satunya catatan perjalanan Malaysia. Tulisan tersebut saya publikasikan di blog dan media sosial. Paling banyak di Instagram. 

Beberapa waktu kemudian saya dihubungi pihak MHTC Indonesia untuk ikut mempromosikan event MHTC Malaysia melalui instagram dan blog. Saya terima tawaran kerjasama itu dengan senang hati, karena pada dasarnya saya memang punya materi untuk dibagikan terkait tema event yang akan dipromosikan. Keikutsertaan saya pada promosi event inilah yang kemudian membawa saya pada kesempatan emas berikutnya, yakni diundang langsung oleh pihak MHTC Malaysia (melalui agency yang ditunjuk) untuk berpartisipasi pada ajang MTMA 2021. 

Pada event Medical Travel Media Award 2021 tersebut, periode pembuatan konten berlangsung sejak Maret hingga Oktober, masa penjurian di bulan November, dan Desember waktunya pengumuman. 

Ada 14 negara yang berpartisipasi, dan ada 8 juri yang berasal dari Malaysia, Singapura, dan  Indonesia yang menilai konten peserta berdasarkan 6 kategori yaitu Best Print Medical Travel Report, Best Online Medical Travel Report, Best Broadcast Medical Travel Feature, Medical Travel Editorial Team of the Year, Medical Travel Journalist of the Year, Best Medical Travel Influencer. Untuk penghargaan Best Print Medical Travel Report, Best Online Medical Travel Report, Best Broadcast Medical Travel Feature, dan Best Medical Travel Influencer masing-masing diberikan untuk kategori Malaysia dan International.

Alhamdulillah jadi pemenang di kategori Best Medical Travel Influencer International.





Saya tidak pernah membangun blog Travelerien ini untuk tujuan materi dan prestasi. Hal mendasar yang menjadi alasan saya ketika awal membuat blog adalah supaya punya tempat untuk menyalurkan hobi menulis. Sebuah hobi yang berangkat dari hobi lainnya, yaitu jalan-jalan dan fotografi. Setiap selesai foto-foto saya ingin bercerita tentang apa yang saya foto. Setiap selesai jalan-jalan saya ingin bercerita tentang apa saja yang saya lihat, dengar, dan rasakan ketika jalan-jalan. Maka blog saya pilih sebagai tempat untuk bercerita. 

Setelah memiliki blog, saya mengalami banyak hal baik dan positif, namun pernah pula mengalami hal sebaliknya dan hampir ingin benci (pada faktor eksternal). Ngeblog itu memang banyak sukanya, tapi dukanya juga ada, walau secuil. Tapi saya sadar, kadang hal yang terjadi di luar kendali (datangnya dari luar) datang untuk membuat saya belajar, berproses, bertumbuh, lalu menjadi seperti sekarang. Satu hal yang pasti, saya tidak pernah meninggalkan blog saya, bahkan dalam kondisi terburuk, apa pun itu. Karena inilah rumah kedua saya, rumah yang di dalamnya menjadi tempat hati saya berada.

Ada banyaaaak materi yang didapat dari blog ini, pun sederet prestasi, dan semua itu adalah keberuntungan. Memang benar ada peran saya secara personal terhadap blog ini, tapi faktor keberuntungan lah yang membuat saya meraih banyak "bonus" dari hobi menulis di blog ini. 

Saya tidak hebat, saya hanya mengakui telah banyak hal positif dari kegiatan blogging yang sukses membuat saya bahagia secara immaterial. Dan, kebahagiaan itu milik setiap orang yang bersyukur :)

Terima kasih telah membaca 💚


-------------------

“A hobby is something creative that’s just for you. You don’t try to make money or get famous off it, you just do it because it makes you happy. A hobby is something that gives but doesn’t take.“  ~Austin Kleon

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Share this

Previous
Next Post »

25 komentar

  1. Masyaallah. Barakallah ya kak. Senangnya.. Sudah hobi tersalurkan, hati bahagia, diapresiasi lagi.

    BalasHapus
  2. milestone baru ya mba, achievement atas dedikasi dalam menulis blog, rasanya pasti bahagia sekali diapresiasi seperti ini

    BalasHapus
  3. Keren banget Mba Katerin, mendapatkan penghargaan ngga hanya kelas nasional tapi international itu sungguh jadi menyemangat di pandemi kaya gini untuk terus berkarya dan menulis ya. Selamat ya Mba.

    BalasHapus
  4. Selamat ya mba, pasti prosesnya panjang.. ikut bahagia mbaa^^ dari awal ngeblog dari hati ya, dan prestasi bonusnya. Semoga terus menghasilkan tulisan yg selalu menginspirasi dan bermanfaat 😍 barakallah mbaa

    BalasHapus
  5. Selamat ya mbaa, pasti prosesnya panjang yaa bikin konten. Ikut bahagia ^^. Awal ngeblog dari hati, prestasinya itu bonus ya ^^ semoga selalu menginspirasi dan bermanfaat tulisan2nya mba 😍 barakallah mba rien

    BalasHapus
  6. Dan perjalanan silaturahmi komentar edisi ini ditutup dengan tulisan MB Rin yg inspiratif. Aku sampai hitung hadiah nya lho, wowh rejeki yg luar biasa ya mbak. Ketika hal yg kita sukai, dikerjakan dan bisa berikan kebahagiaan tersendiri pasti ada kebanggaan rasanya. Selamat mbak atas kemenangannya berjuang bareng peserta dr 13 negara lainnya, pastinya pengalaman hebat yg tidak pernah dilupakan

    BalasHapus
  7. Ini dia yang yang akhirnya ditunggu-tunggu. Keren bangeeet nih Mbak Rien. Udah dapat penghargaan bergengsi, eh dapat uang tunai yang jumlahnya banyak. Alhamdulillah, ikut seneng. Semoga berkah dan menginspirasi banyak orang, Mbak. :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, ikut senang membacanya mbak. Tropinya bagus ya, desainnya bening gitu.

    Eh hampir pernah benci dengan ngeblog, bearti belum jadi benci kan ya mbak. Ah memang ngeblog itu bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri juga bagi saya, alhamdulillah ada materi dan hal immateri juga yang diperoleh selama ngeblog

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah selamat ya. Setiap usaha pasti ada hasil. Sesuai dengan target atau tidak, nah itu tergantung seberapa besar pula usaha kita ya ...
    Prestasi ini semoga berkah

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, Mba Katerina ini memang selalu menginspirasi. Berawal dari hobi hingga menjadi juara dan penuh prestasi.

    😍😍😍

    BalasHapus
  11. selamaaat mbak ikut senang pas liat pengumuman mba rien menanggg
    semoga tahun ini jadi best lagi mengharumkan indonesia di kancah malaysia <3
    usaha tidak mengkhianati hasil ya mba
    barakallah

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, Tabarakallah. Selamat ya. Hadiahnya gak kaleng-kaleng ya, Mbak.

    Meskipun saya gak ikutan, tetapi seneng deh kalau ada penyelenggara lomba yang mau kasih hadiah besar. Semacam menghargai banget hasil karya para penulis.

    BalasHapus
  13. Masya Allah, keren banget mbak Rien
    Pastinya hepi ya mbak, KLO punya hobi yang menghasilkan seperti ini

    BalasHapus
  14. MasyaAllah keren banget mba rien
    inspiratif banget
    tulisan2nya mba rien memang bagus deh,
    sekarang dapat bonus dan prestasi seperti ini
    semoga rejekinya nular aamiin

    BalasHapus
  15. MasyaAllah idola banget mbak Rien mah. Produktif dan selalu inovatif sebagai konten kreator. Semua kontennya bikin positif vibes dan selalu inspiratif. Congrats ya mbak Rien

    BalasHapus
  16. Aku sampai mau komentar apa nih, kak Rien..
    Begitu banyak kekagumanku pada dirimu, kak... Mau aku puja-puji dan mendoakan yang terbaik selalu untuk kak Rien atas prestasinya yang luar biasa.

    Hanya satu hal yang aku pelajari dari kak Rien bahwa terima job yang "megang" banget materinya, sehingga menulisnya tidak asal-asalan dan beneran bisa sampai menginspirasi banyak orang.

    Barakallahu fiik, kak Rien..
    Ikutan bangga sama keberhasilan kak Rien. Semoga Allah limpahkan keberhasilan lainnya...
    Aamiin~

    BalasHapus
  17. Ternyata di masa pandemi in juga ada berkah ya mbak lewat MTHC dengan promosi event mereka dan berhasil menang pula. Memang tulisan mbak Rien selalu enak dibaca sih, harus belajar banyak nih aku sama mbak Rien.
    Selamat ya mbak seneng deh lihatnya dapat penghargaan kelas internasional gini

    BalasHapus
  18. Banyak pelajaran berharga dari ikut lomba-lomba ya mba, apalagi kalau sampai menang, kepercayaan diri jadi bertambah. Selamat ya mba rien

    BalasHapus
  19. Masya Allah. Barakallah yaa Mbak. Saya yang baca aja ikut senang, ikut bangga. Sekaligus jadi belajar juga untuk melakukan apapun itu dengan cinta, tulus, dan bersungguh-sungguh.

    BalasHapus
  20. Ikut bangga dan bahagia membaca tulisan Mba Rien ini. Memang benar, jika kita niatkan menulis untuk menyalurkan hobi dan tidak semata-mata untuk mengejar materi, akan datang beruntun kebahagiaan kepada kita. Bentuknya bisa macam-macam yaa... mulai dari jejaring pertemanan, relasi bisnis, materi, kesempatan, adaaa aja pokoknya ya mba.

    Sekali lagi selamat ya Mba Rien untuk prestasi di MTMA ini, sangat membanggakan bagi orang Indonesia bisa berjaya di ajang tersebut.

    BalasHapus
  21. Subhanallah... Luar biasa yah Kak, selamat kak atas prestasi nya nih, daku jadi termotivasi untuk lbh semngat ngeblog

    BalasHapus
  22. Masya Allah mba Rien panutan bgt kalau setiap lihat konten blog dan sosmed mba Rien tuh jd semangat buat nulis. Dan penghargaan ini jd bukti ya mbaaa selamat bangetttt dan terus berkarya, apalagi ini karya internasional mbaaa kerennn

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, mbak keren bangeeet! You are so inspiring! Terus menjadi inspirasi ya mbak, terus semangat berkarya. Aku jadi semangat ngonten lagi jadinyaaa

    BalasHapus
  24. Keren banget mba Katerina prestasinya udah ajang internasional. Nominal cashnya lumayan banget. Bisa buat jalan-jalan lagi ya.

    BalasHapus
  25. Wah keren. selamat mbak. Kalau sesuatu dijalani dengan sepenuh hati, hasilnya memang sering diluar dugaan ya. Kayak blognya mbak. Niatnya menyalurkan hobi. Eh malah dapat prestasi. Salut

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!