Serba Dekat Jadi Serba Mudah dan Cepat

20.07
jasa kurir terpercaya
Serba Dekat Jadi Serba Mudah dan Cepat
Aktivitas harian seorang ibu rumah tangga seperti saya yang begitu padat di tengah waktu yang berjalan begitu cepat, menghadirkan keinginan untuk punya segala hal yang bisa membantu apapun agar jadi serba mudah untuk dikerjakan. Di masa kini, berkat kemajuan teknologi, pekerjaan rumah tangga yang dulu banget masih harus dikerjakan secara manual dengan tangan, tentunya menyedot waktu, kini bisa dikerjakan dengan serba mesin. Dari mencuci, memasak, hingga membersihkan rumah dan seisinya. 

Begitu pula dengan majunya teknologi komunikasi beserta perangkatnya, terhubung dengan siapa saja kemana saja jadi lebih mudah. Dulu untuk membeli sesuatu harus pergi keluar rumah, kota, bahkan negara untuk mendapatkannya. Kini, sejak dari lihat-lihat barang, tawar-menawar, transaksi, hingga penerimaan barang sampai di rumah, bisa dilakukan dari rumah saja. 

Dunia seakan dalam genggaman. Bertemu, saling bicara dan melihat secara virtual lewat video percakapan, kini menjadi hal biasa. Semua itu memberikan kemudahan dalam hidup. Meningkatkan kinerja, produktivitas, dan bahkan kesehatan. Betapa istimewanya bisa menikmati kemajuan teknologi masa kini.

Meski demikian, setiap keistimewaan ada batasan. Tidak setiap saat jadi puas dengan makanan yang dipesan online dari restoran. Tidak setiap waktu puas dengan membeli barang tanpa melihat dan memegang lebih dulu. Tidak selamanya rasa rindu pupus hanya dengan saling menyapa di video percakapan.



Di keseharian, bila sedang tidak dilanda kesibukan yang tak terjeda, saya lebih sering ingin makan masakan sendiri, membeli langsung bahan-bahan di penjual, mengolahnya, dan menyajikannya sendiri dengan tangan ini. Belanja barang kebutuhan secara online sangat praktis, tapi pergi langsung ke toko saat punya waktu luang lebih puas. Sesering apapun video call-an dengan keluarga yang sedang jauh dari rumah, bertemu langsung jelas berbeda rasanya. 

Namun, di masa pandemi begini, keinginan untuk puas harus direm sekencang mungkin, demi keselamatan diri sendiri dan orang banyak. Jika memang harus keluar, atau sekedar ingin keluar sesekali, protokol kesehatan harus benar-benar ditaati. Tetapi, sekencang-kencangnya saya menginjak rem, tetap dikendorkan juga sesekali. 


Saya butuh keluar, selain karena ada kebutuhan, juga untuk kepuasan, namun dengan pembatasan: 

1. Kategori Penting
Semua hal yang saya kategorikan penting di antaranya saat keluar masuk rumah sakit karena suami dan anak dirawat (alhamdulillah sekarang semua sudah pada sehat). Pergi ke mesin ATM untuk kebutuhan uang tunai. Pergi ke apotik yang tidak melayani pembelian antar jemput resep dan obat, atau resep yang tidak bisa dikirimkan secara online. Mengantar, menjemput, dan menemui keluarga karena hal mendesak. Pergi ke klinik, sekolah, kampus, dan kantor pemerintahan untuk keperluan yang harus dilakukan secara manual. Pergi ke counter jasa pengiriman barang buat kirim paket jarak jauh lintas kota dan provinsi, yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh jasa layanan antar yang bisa jemput sampai depan pintu rumah.

2. Belanja
Saat ingin makan masakan sendiri, maka harus belanja bahan, dan saya lebih leluasa jika beli bahan secara langsung khususnya sayur, buah, lauk, dan semua kebutuhan dapur. Itu saja. Urusan beli perabot, pakaian, apalagi perhiasan, belum ada dalam daftar belanja saya saat ini. Bukan prioritas.

3. Refreshing
Rumah adalah tempat ternyaman. Rasa tenang, adem, tentram, bisa didapat di rumah. Namun, tak ada salahnya keluar mencari suasana berbeda. Bukan karena suasana rumah membosankan, hanya perlu ganti suasana saja. Kalau kata teman-teman sesama ibu-ibu rumah tangga yang aktivitas kesehariannya super padat, refreshing itu buat jaga kewarasan 😂


Keluar rumah untuk tiga alasan itu saja, namun dengan pembatasan, salah satunya JARAK DEKAT. Bagi orang sangat sibuk, waktu sangat berharga. Jarak jauh jelas menyita waktu. 

Beruntungnya saya tinggal di lokasi (di salah satu semi cluster di BSD City) yang amat mudah dan dekat untuk mencapai tempat-tempat yang ingin saya tuju untuk keperluan penting, belanja, dan refreshing di masa pandemi. 

Pedagang sayur dan buah
Pedagang sayur dan buah tidak diijinkan masuk komplek. Kalau mau belanja tinggal keluar dari gerbang utama komplek, sekitar 20 meter hingga 1 km, bertebaran penjual sayur. Ada yang menetap pakai kios, mobil keliling, gerobak dorong, hingga lapak yang digelar pada waktu tertentu saja. Saya nggak usah jauh-jauh menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer dari rumah untuk memuaskan keinginan belanja sayur dan buah. 

Minimarket
Dalam jarak 1 - 2 kilometer saja dari rumah, ada 8 minimarket warna biru dan kuning yang amat mudah dan dekat untuk saya datangi kala hendak berbelanja barang kebutuhan harian rumah tangga. Yang paling dekat hanya 50 meter saja dari gerbang utama komplek. Saking dekatnya, seolah tinggal loncat saja dari depan pintu rumah langsung sampai.

Kuliner dan Refreshing
Kuliner di BSD mah jangan ditanya, bejibun. Dari jarak 20 meter dari pintu gerbang utama saja sudah berderet penjual makanan dan minuman enak. Dari yang bermerk sampai enggak ada mereknya ada. Dari yang cuma digelar di gerobak dorong yang kalau makan duduknya di bawah tenda panas-panasan, sampai di restoran/kafe bagus dan besar yang ber-AC dan instagramable ada banyak. Salah satu kafe kece favorit saya dan suami yakni L Cafe malah cuma selemparan batu saja dari rumah, dekat banget.

Rumah Sakit dan Apotik
Di BSD ini ada banyak klinik, apotik, dan Rumah Sakit bagus. Dari klinik kecil sampai besar, hingga rumah sakit kelas internasional juga ada. Semuanya dekat dari jangkauan. Paling lama dari rumah kurang lebih 10 menit sudah sampai. Jika dalam keadaan tidak sehat dan butuh pengobatan segera, jarak yang ditempuh hanya menyita sedikit waktu.

Jasa Pengiriman
Untuk pengiriman makanan/minuman yang mudah rusak sudah pasti saya gunakan pengiriman express berdurasi 1-2 jam, biasanya pakai kurir yang bisa dipesan online supaya saya tidak perlu keluar rumah buat antar ke counter. Namun untuk pengiriman barang makanan yang tidak mudah rusak, atau paket yang tidak harus cepat sampai dalam hitungan 1-2 jam, juga untuk jarak jauh antar kota lintas provinsi, saya gunakan jasa pengiriman langganan saya yaitu JNE.



Kenapa JNE? Karena lokasi counter dekat dari rumah saya. Bukan 1 counter saja, tapi ada 4. Wah banyak ya. Paling dekat berjarak kurang lebih 1 kilometer dari rumah. Pernah suatu ketika counter terdekat di Granada Square tutup, saya tinggal pindah ke counter lainnya di Taman Jajan, atau di Jalan Rawa Buntu dekat Latinos. Geser lagi sekitar 3-4 kilometer dari rumah, bakal ketemu lagi counter JNE lainnya di sektor 14 dekat Kantor Pos.

Kenapa bisa banyak dan berdekatan gitu? Jelas karena JNE tahu di lingkungan saya banyak pelanggan setia. Maka ia ada di mana-mana demi memudahkan pelanggannya.

Memang menyenangkan kalau banyak kebutuhan bisa dipenuhi dengan mudah. Apalagi di saat pandemi gini. Serba online sangat praktis. Serba dekat pun tak kalah memudahkan aktivitas offline. 

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

11 Comments

  1. Dulu pas masih jualan pempek, kebantu banget sama JNE. Apalagi beruntung lokasi JNE terdekar hanya berjarak beberapa bangunan saja dari tokoku. Kalau tiba-tiba dapet pesanan sore, selagi kantor JNE masih buka, langsung kirim haha. Sangat dapat diandalkan JNE.

    BalasHapus
  2. Akupun selalu pilih JNE untuk pengiriman barang yg aku order mbak, karena kurirnya sudah tau alamat rumah. Jd setiap ada paket beliau slalu chat (wa), memberi info bahwa ada paket dgn alamat rumah kami.

    BalasHapus
  3. Senangnya tinggal di kawasan yang dekat kemana-mana ya Mbak, termasuk kurir terpercaya andalan kita semua, JNE...Dari awal kenal sudah sreg memang. Belum pernah dikecewakan saya. Counternya banyak dan pengantaran prima sesuai jadwalnya. Termasuk PSBB di mana banyak lingkungan yang ditutup jalan masuknya. Pokoknya JNE enggak ada duanya deh kalau urusan kirim mengirim barang. Beneran serba dekat, serba mudah dan cepat.

    BalasHapus
  4. Saya juga sering pakai JNE untuk mengirim paket, Kak. Soalnya JNE 24 jam nggak jauh dari rumah.

    BalasHapus
  5. Apa di kecamatan Pagelaran Cianjur Selatan tempat tinggal saya aja yg belum ada counter JNE?

    Padahal jasa pengiriman lain ada yg dekat lho. Tapi bener pelayanan JNE saya akui lebih maksimal dibandingkan jasa pengiriman lain yg ada counter nya di daerah saya ini

    BalasHapus
  6. Aku pernah jualan pakaian tidur online. Langganan kirim barang via JNE. Dekat banget jaraknya paling 150-200 meter jalan kaki sampe deh. Praktis pokoknya.... harga kompetitif, ya terjangkau lah 😁 Btw aku beli kebutuhan dapur juga delivery loh 😘

    BalasHapus
  7. Di depan kompleksku berderet minimarket, Mbak. Nggak lebih dari jarak 150 meter ada 4 minimarket plus 1 freshmart :D Saking deketnya, di masa pandemi asli aku tuh rasanya nggak ke mana-mana. Lah mau belanja tinggal ngesot dikit udah sampe. Kalau yang nggak ada di sana, ya beli online. Tinggal pilih ekspedisi yang tepercaya. Beres.

    BalasHapus
  8. Sangat terbantu saya juga mbak. Apalagi tinggal di daerah tapi barang2 yang dicari adanya di kota besar. Ya JNE ini salah satu penolongnya.

    BalasHapus
  9. Ah sama Rien. Di kompleks ku juga lengkap fasilitasnya. Mulai dari makanan, minimarket, ATM, jasa kurir, sampe pom bensin juga ada.

    Jasa kurir, JNE, cuma sekitar 300m dari rumah. Kalau gak sempat keluarpun, tinggal telpon minta dijemput paketnya. Membantu banget ditengah keterbatasan begini.

    BalasHapus
  10. JNE jadi kurir langgananku kalau belanja di marketplace
    Aku juga pernah ngirim kue untuk ultah Masku (dulu waktu belum nikah, hihihi) pake layanan YES dan ga mengecewakan
    Konter JNE di deket rumahku buanyaaak banget! Supaya bisa menjangkau customer lebih dekat kali ya...

    BalasHapus
  11. Bener banget jne ini ngebantu banget apalagi dimasa pandemi ini pokonya tinggal duduk diam dirumah menunggu, apalagi dekat apa ga makin sering ya kan kirim2.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!