Uniknya Pantai Batu Karas Pangandaran, Pernah Dijadikan Tempat Terapi Air Laut

06.26
Pantai Batu Karas Pangandaran - Berbicara tentang Pantai, Pantai Pangandaran jadi salah satu primadona wisata pantai, tentunya selain Bali. Namun di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat bukan hanya ada Pantai Pangandaran yang terkenal itu, tapi ada juga Pantai Batu Karas Pangandaran.
Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai ini terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Suasananya cukup tenang, selain itu gelombang lautnya juga cukup bersahabat, sehingga mereka yang berkunjung ke Pantai ini akan betah berlama-lama menikmati ombak dan semilir angin pantai. 

Pantai yang berada sekitar 34 Km dari pusat kota Pangandaran ini punya keunikan tersendiri. Salah satunya yang terjadi pada tahun 2015, banyak pengunjung yang sengaja berwisata ke Pantai Batu Karas Pangandaran bukan cuma ingin menikmati panorama pantainya, tapi datang dengan tujuan melakukan terapi air laut.

Bahkan ada yang datang hampir setiap hari ke Pantai Batu Karas bersama istrinya untuk melakukan terapi air laut. 
Pantai Batu Karas Pangandaran

Dikutip dari media online lokal harapanrakyat.com, Sahrodin, salah seorang warga Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, yang melakukan terapi air laut di Pantai Batu Karas.

Awalnya salah seorang anak tetangganya yang mengidap penyakit asma tiba-tiba sembuh setelah sempat terhempas gelombang di Pantai Batu Karas. Secara tidak sengaja anak dengan penyakit asma itu meminum air laut. 

Sempat shock, namun lama kelamaan anak tersebut justru menunjukkan asmanya tidak lagi kambuh. Setelah diperiksa, dokter mengatakan anak tersebut tidak lagi menderita asma.

Dari sana Sahrodin yakin air laut di Pantai Batu Karas Pangandaran bisa menyembuhkan, sejak saat itu Sahrodin mulai rutin mengunjungi Pantai Batu Karas untuk melakukan terapi di sana. 

Pantai Batu Karas Pangandaran

Banyak warga yang akhirnya mengikuti jejak Sahrodin. Mereka yang melakukan terapi air laut di Pantai Batu Karas yakin jika pantai ini bisa menyembuhkan penyakit seperti diabetes, asma, kolesterol, darah tinggi, sampai penyakit kulit.

Dari pengakuan seorang pengunjung yang melakukan terapi air laut di Pantai Batu Karas, udara pagi di pantai ini bebas polusi.

Selain itu temperatur air laut yang hangat membuat nyaman ketika berendam di Pantai ini. Bahkan hantaman ombak di Pantai Batu Karas pada tubuh dipercaya bisa melancarkan peredaran darah. 

Baca juga: Wisata Pantai di Bangka
Pantai Batu Karas Pangandaran

Terkait terapi air laut di Pantai Batu Karas ini bisa percaya atau tidak, namun bagi yang suka surfing, pantai Batu Karas dikenal juga sebagai surganya para peselancar.

Ombaknya yang besar cocok untuk mereka yang hobi berselancar. Airnya sesekali terlihat tenang, namun ombaknya cukup menantang. Bahkan sejumlah peselancar menjuluki pantai ini dengan Bali Kecil.

Ombaknya memang cocok untuk peselancar pemula maupun professional. Salah satu situs surfing bahkan pernah menilai pantai Batu Karas memiliki rating 3,5 dari 5 bintang.

Bencana gempa dan tsunami Pangandaran yang sempat meluluhlantakkan Pantai Batu Karas pada 17 Juli 2016 lalu sempat membuat pantai ini sepi pengunjung. Namun peselancar professional berhasil memulihkan kepercayaan public terkait kemananan di Pantai ini.
Pantai Batu Karas Pangandaran

Keistimewaan Pantai Batu Karas Pangandaran adalah adanya teluk kecil yang membuat para peselancar tak perlu repot-repot mendayung jauh untuk sampai di titik awal gelombang.

Setidaknya ada 3 titik favorit para peselancar yang ingin menjajal ombak di Pantai Batu Karas, yakni Bulak Pendak, Legok Pari dan Karang.

Bulak Pendak cocok untuk para peselancar professional. Hal ini lantaran ombaknya yang tinggi dan panjang sangat menantang untuk ditaklukan para peselancar professional. 

Jika masih pemula, maka Legok Pari merupakan titik yang cocok untuk belajar surfing. Titik ini yang paling popular lantaran ombaknya tidak tinggi dan cukup aman bagi mereka yang baru mulai menjajaki selancar.

Selanjutnya Karang, di titik yang satu ini, surfing hanya bisa dilakukan ketika air laut sedang pasang. Jika air laut sedang surut, maka Karang cocoknya dijadikan tempat berenang biasa.
Pantai Batu Karas Pangandaran

Bagi para pemula, jangan khawatir, di Pantai Batu Karas Pangandaran ini, sudah ada perlengkapan surfing yang disewakan. Begitu pun dengan instruktur berpengalaman, siap menuntun para pemula yang baru pertama kali surfing.

Pantai Batu Karas juga memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Diantaranya hotel maupun pondok wisata bisa dijangkau beberapa menit saja dari pantai. Ada juga area bermain anak-anak dan tempat ibadah.

Bagi yang berkunjung ke Pantai Batu Karas Pangandaran dan menginap di salah satu hotelnya, pastikan menikmati sunset dan sunrise-nya. Jangan lewatkan keindahan tersebut di Pantai Batu Karas.


Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Response to "Uniknya Pantai Batu Karas Pangandaran, Pernah Dijadikan Tempat Terapi Air Laut"

  1. wuiih dapat sunrise dapat sunset, trus lautnya bisa lepas dan luas gitu.... alamaaak betah kali awak kalo disuruh mantai disana tuh.... terlepas lah air laut bisa buat terapi berbagai penyakit , yang penting pantai ini tetap harus dijga kebersihannya :)

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon