6 Hari Tour 3 Negara Asia Bersama 155 Wisatawan Indonesia

23.02
6 Hari Tour 3 Negara Asia - Alhamdulillah lancar jaya mengikuti 6 hari 5 malam tur 3 negara pada tgl. 13-18 Februari 2019 lalu. Saya berangkat bersama 155 wisatawan Indonesia yang menjadi tamu dari 17 travel agent Indonesia. Pastinya, sangat banyak senangnya ketimbang cemasnya. Beribu keseruan mewarnai kebersamaan selama perjalanan 😍 
Tour 3 Negara ASIA 13-18 Februari 2019, Malaysia-Singapore-Thailand

Konsorsium Tour 3 Negara Asia
Tercatat ada 155 orang peserta yang merupakan tamu dari 17 travel agent Indonesia. Peserta yang berangkat berasal dari berbagai daerah; Jakarta, Bekasi, Lampung, Bandung, Tasikmalaya, beberapa kota di Jawa Timur, Kalimantan, hingga Sulawesi dan Papua. Tur gabungan dari 17 travel agent inilah yang kemudian disebut konsorsium. 

Kegiatan tur dikomandani oleh Mas Nico Fernando dari PT. Mitra Maju Wisata. Mas Nico tidak sendiri, ia ditemani tour leader (TL) lainnya yaitu Lusi, Bu Ratih, dan Mas Deny. Keempat TL kompak mendampingi ratusan peserta yang terdiri dari berbagai usia. Ada balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua lanjut usia. 
Berangkat dari Bandara International Soekarno Hatta

Kebayang nggak gimana sibuknya 4 TL tersebut mendampingi rombongan kami? Dalam bayangan saya, betapa ribet dan repotnya. Tapi tenang, mereka TL berpengalaman yang sudah biasa menangani rombongan dalam jumlah besar. Nggak hanya handal dalam urusan jalan-jalan dan segala fasilitas selama tour, tapi juga dalam menghadapi berbagai karakter orang selama perjalanan. 

Alhamdulillah semua aman terkendali. Itu sebabnya saya merasa asyik-asyik saja selama 6 hari ikut tour. Sampai nggak berasa tahu-tahu sudah mau pulang aja. Ibaratnya, durasi 6 hari seakan cuma 6 jam saja 😂 
Ester, Tour Guide kami di Malaysia

Tour Leader Indonesia dan Tour Guide di Tiap Negara
Di Malaysia, sudah ada tour guide (TG) lokal yang menemani kami selama tur 6 hari penuh. Ke Singapore mereka ikut, ke Thailand juga ikut. Ketika di Singapore dan Thailand, ada tour guide tambahan dari negara setempat. Jadi, meskipun banyak orang dalam rombongan, yang dampingi kami juga banyak. 

Alhamdulillah nggak ada ceritanya kalau ikut rombongan besar itu bakal nggak nyaman, apalagi terancam kacau. Saya sama sekali tak mengalami hal tersebut. Tergantung siapa yang bawa juga ya. Kalau travel agent profesional dan berpengalaman, mereka ikut standar pelayanan tour yang berlaku. Semua peserta akan kebawa tertib selama TG dan TL dapat menjalankan tugasnya dengan penuh kasih sayang, tapi tetap tegas. 
Bus nyaman selama kami keliling 3 negara

Sebetulnya peserta tur kemarin juga bukan orang-orang yang baru jalan atau baru keluar negeri. Mereka sudah biasa jalan-jalan keliling Indonesia dan luar negeri. Ada yang sudah keliling Eropa, Amerika, Afrika, negara-negara Timur Tengah, dll. Ibarat kata, mereka sudah lihai ke sana kemari, nggak akan nyusahin lah. Meski sudah pada biasa jalan, rombongan tour tetap butuh pendamping yang jago, biar tour dapat berjalan dengan lancar dan aman sentosa. Ye kan ye kan? Yeeeelah. 
Foto bersama di tiap destinasi wisata - Istana Kerajaan Malaysia

Tur 3 Negara Bersama Picniq Tour
Saya sendiri menjadi tamunya Picniq Tour. Buat yang pernah mengikuti cerita jalan-jalan saya di blog ini, tentu sudah nggak asing dengan nama travel agent yang satu ini ya. Saya mengenal Picniq Tour saat jalan-jalan Belitung pada tahun 2017. Setelah itu saat jalan-jalan keliling Bali, masih tahun yang sama 2017. Terakhir, saat hopping island di Tanjung Kelayang tahun 2018. Kesan baik dan selalu menyenangkan bersama Picniq Tour yang membuat saya tak jera untuk jalan bersamanya, termasuk mengikuti tur 3 negara Asia pada bulan Februari 2019 kemarin. 

Punya pengalaman bagus dengan Picniq Tour tentu membuat saya tidak pernah ragu dong untuk merekomendasikannya ke setiap teman yang butuh info perjalanan dengan travel agent. Nah, pengalaman personal saya dengan Picniq Tour dapat dibaca pada postingan-postingan saya di blog ini, maupun di IG @travelerien @katerinadaily dan di FB Pages Travelerien. 

Buat yang ingin kenalan dengan Picniq Tour & Travel, bisa cek websitenya di www.yourpicniq.com atau langsung saja meluncur ke instagram yang postingannya paling update @picniqtour. Bila minat ikut jalan-jalan seperti saya, langsung saja cus hubungi HP: 081949555588, 081949222216, 081210306669 
Paket Tour 3 Negara Asia hanya 5 Jutaan Perorang
Sebelum saya cerita jalan-jalannya saya di 3 negara itu kemana saja, penting saya infokan dulu harga paketnya ya. Ok, catat baik-baik. Harga paket tour 3 negara Asia selama 6 hari via PICNIQ TOUR hanya Rp 5.475.000 / pax. 6 hari lho. Sudah termasuk tiket PP Jakarta-Kuala Lumpur. 

Hari gini, saat tiket pesawat antar provinsi meroket gila-gilaan, eh ini malah ada paket tour 6 hari murah bingit! Apa gak salah tuh? Gak! 😁 Tgl 16 Februari lalu, Bli @madeterimayasa memposting screenshot tiket Garuda Jakarta - Bali seharga hampir Rp 7 juta. Wow banget mahalnya. Jika liburan ke Bali dengan 7 juta baru tiket pesawat one way saja, orang tentu mikir 5 juta tur 6 hari 3 negara lebih menggiurkan. Gimana nggak bikin orang yang haus liburan jadi pindah tujuan ke luar negeri kalau tiket meroket gitu? 

Semoga badai tiket mahal segera berlalu ya, biar pariwisata Indonesia tetap dicinta. Eh tapi liburan keluar negeri bukan berarti nggak cinta pariwisata dalam negeri lho. Ga sesempit itu juga lah ya cara pandang terhadap tujuan berlibur 😂


Paket Tour Rp 5.475.000 terdiri dari:

-Tiket Pesawat Jakarta - Kuala Lumpur PP
-Bagasi PP
-Akomodasi Hotel
-Tour sesuai jadwal
-Makan sesuai jadwal
-Biaya masuk wisata yang tercantum
-Guide/pemandu wisata

Nah tuh 5 jutaan udah semua lho. Kemarin saya dibelikan tiket Air Asia JKT-KUL. Pulangnya KUL-JKT naik Lion. Ke Singapore dan Thailandnya naik apa? Naik bus bro sis. Bus besar ber-AC dan bersih. Nyaman banget jalan darat lintas negara. Nggak berasa kemana-mana pakai bus karena kegiatannya sambil wisata. Coba kalau sambil kerja. Langsung demam hehe. Namanya jalan-jalan happy ya dinikmati saja.  

Hotel Cairnhill Kuala Lumpur

Hotel Pacific Express, Chinatown, Kuala Lumpur

Hotel Friendlytel, Hat Yai Thailand

Hotel V8 Johor Bahru

Soal hotel, selama di Malaysia dan Thailand kami diinapkan di hotel bagus setaraf bintang 3. Kamar nyaman, sarapan enak, dan tidur bisa nyenyak setelah seharian jalan-jalan.

Urusan makan nyenengin banget karena makannya di tempat-tempat yang nyaman, bersih, dan makanannya pun mudah cocok di lidah dan perut saya. Beberapa kali makan di restoran favorit, yang lainnya di tempat semacam food court. Menu-menu sesuai selera dan alhamdulillah halal. Pokoknya kenyang dan gak ada ceritanya kelaparan. 
Dinner di Chalee D'Hat Yai, Restoran Halal di Thailand

Sarapan di Friendlytel Hotel Hat Yai

Lunch di  Restoran Savor Jaya, Genting, Malaysia

Sami Kitchen, Hat Yai, Thailand

Menu sarapan di Hotel Pacific Express, Chinatown Kuala Lumpur

Sarapan di V8 Hotel Johor Bahru

Secara keseluruhan semua oke.

Ibaratnya nih ya, harga paket kaki lima tapi layanan bintang lima. Kalau sembarangan dan terkatung-katung gak jelas tidur di mana, malesin ya. Ngilangin mood banget kan kalau tidur nggak nyaman karena fasilitas sekadarnya. Untunglah semua sesuai harapan. Paling yang jadi catatan itu soal kamar yang rada horor aja sih haha. Tapi itu lain hal ya. Urusan ghoib mah di luar daya upaya manusia. Nanti deh soal ini saya ceritakan di tulisan khusus Thailand. Oh ya kata Mitra Travel, lain waktu hotelnya akan diganti. Nah bagus, berarti jangan takut ya. Banyak pilihan hotel lainnya di Thailand yang bisa dipesan dengan mudah oleh TA.

Harga belum termasuk:
-Tipping Rp280.000/pax
-Pengeluaran pribadi
-Asuransi perjalanan 
Teman baru dalam rombongan

Itinerary Tour 3 Negara Malaysia-Singapore-Thailand
Harga paket tour 5 jutaan itu ke mana saja? Kok kayak nggak mungkin jalan-jalan ke banyak tempat ya kalau murah banget gitu. Saya tadinya mikir gitu juga. Pernah jalan ke Singapore & Malaysia, 5 jutaan habis 2 hari, itu juga baru pesawat dan makan, belum hotel dll 😂😂

Day 1: Jakarta-Kuala Lumpur-Malaka-Johor Baru
-Benteng Portugis
-Gedung Merah Melaka
-Kincir air Belanda
-Forta D’Santiago
-Patung Santo Francis Savier
-Kota A’Famosa
-Street Harmoni/Jonker Street

Hari pertama di Malaysia kami langsung disambut guide tour lokal yaitu Pak Irat, Kak Ester, Anuar, dan Diddy. Karena tiba lebih awal (kami rombongan berangkat subuh), kami diajak dulu ke Putrajaya, dan makan siang di sana. Setelah itu baru ke Melaka. Malamnya menginap di V8 Hotel Johor Bahru. 
Putrajaya, Malaysia
Malaka, Malaysia

Day 2: Johor Bahru - Singapore - Melaka
-Merlion Park
-Garden By The Bay
-Bugis & Orchard Road
-Sentosa Island & Universal Studio

Perjalanan darat dari Johor Bahru ke Singapore kami tempuh 3 jam. 2 jam perjalanan naik bus, sisanya lama di imigrasi yang antriannya seperti ular naga panjangnya. Kami tidak menginap di Singapore, hanya one day tour.

Selama di Singapore, tour guide di bus kami bernama Pak Adam. Beliau boleh dibilang seniornya tour guide Singapore. Sudah tua, tapi semangat dan guyonnya ngalahin anak muda. Makan siang di Joe’s Kitchen, salat di Masjid Al Falah, sorenya balik ke Malaysia. Kami makan malam di Restoran Jentayu Johor. Perjalanan seru dan panjang hari itu berakhir di Hotel Cairnhill Kuala Lumpur tepat jam 1.26 AM waktu Malaysia. Pulang pagi cuy 😆
Merlion Park, Singapore. With Lusi, Tour Leader yang sekamar denganku selama 6D5N

Garden by the Bay, Singapore

Universal Studio, Singapore

Day 3: Malaka - Ipoh - Danuk
-Putra Jaya
-Kellies Castle
-Kek Long Tong
-Asian Culture Village

Hari ini perjalanan panjang kami menuju Thailand. Naik bus lagi dong. Katanya sih waktu tempuh bisa sampai 8 jam dari Kuala Lumpur. Saya lupa hitung. Yang jelas, 11.36 kami masih Kellie’s Castle, jam 17.17 baru sampai perbatasan Malaysia - Thailand. Dari Kedah tak begitu jauh untuk tiba di imigrasi Thailand. Di imigrasi Thailand kami antri berjam-jam. Sesore itu makin ramai saja orang-orang memasuki Thailand dari Malaysia. Setelah proses masuk di imigrasi selesai, kami disambut Pak Abdurahman. Beliau adalah tour guide selama 3 hari di Thailand, khusus di bus yang saya naiki. 3 Bus lainnya beda orang lagi.

Jam 20.34 makan malam di 33 Buffet Restoran Kota Hat Yai yang terletak di Lt. 33 Lee Plaza Hotel Hat Yai. Jam 21.39 sampai di Hotel Friendlytel, tempat kami menginap selama 3 hari 2 malam di Hat Yai, Thailand. Ohya, di day 3 ini Putrajaya skip karena sudah dilaksanakan di hari pertama. Kek Long Tong dan Asian Culture Village juga skip karena waktunya tidak cukup, bisa-bisa sampai Thailand besok pagi kalau diteruskan. Jadwal memang bisa berubah kapan saja tergantung sikon di lapangan. 

Bersama Mas Nico Fernando dari Mitra Travel @travelmitra <---follow ya

Day 4: Danok - Hat Yai
-Shopping local product Reenu
-Songkla
-Samila Beach
-Mermaid Statue
-Sleeping Budha Temple
-Hat Yai Floating Market
-Lee Garden

Hari ini penuh jalan-jalan, makan-makan, dan belanja-belanja senang. Hari di mana lembaran Baht, Ringgit, Rupiah, dan US Dollar keluar dari sarangnya 😂 Yes, 4 mata uang tersebut diterima sebagai alat pembayaran di toko-toko souvenir/baju/makanan di Hat Yai. Kalau buat jajan-jajan di tempat-tempat wisata, kebanyakan hanya terima Baht dan Ringgit. 1 Ringgit dinilai sebagai 10 baht. Jadi waktu kami beli es krim kelapa seharga 50 baht, kami bisa bayar dengan 5 ringgit. Begitcuuu. Saya nggak khilaf jajan makanan, kalau pakaian dan tas iya, bablas sampai isi dompet ludes 😅 

Malamnya kami dinner di pusat makanan halal Kota Hat Yai bernama Chalee D’Hat Yai Restaurant. Seingat saya, inilah tempat makan termaknyus selama kami makan di Hat Yai. Menu seafoodnya banyak dan enak-enak. Pokoknya juara! 

Sleeping Budha Temple, Hat Yai Thailand

Samila Beach, Thailand

Pasar Terapung Songkhla, Thailand
Masjid Songkhla



Mencicipi madu sehat di Bigbee Garden Hat Yai

Tas-tas cantik 
Pasar Terapung Songkhla
Belanja-belanji di Hat Yai

Belanja oleh-oleh di Hat Yai

Day 5: Hat Yai - Kuala Lumpur
-Chocolate Factory
-Petronas Twin Tower
-Sungai Wang Plaza

Hari ini kami kembali ke Malaysia. Jam 10 pagi sudah di imigrasi Malaysia di Bukit Kayu Hitam. Makan siang di Sungai Perak. Malamnya menginap di Hotel Pacific Express yang terletak di Chinatown Kuala Lumpur. 3 destinasi skip semua karena sesuatu dan lain hal. Nanti pada tulisan selanjutnya akan saya ceritakan detailnya. Sedangkan 3 bus lainnya meluncur membawa rombongan menikmati cable car di Genting. 

Pabrik Coklat Harriston, Genting, Malaysia

Beli dikit buat oleh-oleh 😊

Day 6: KL - Genting - JKT
-Istana Negara
-Genting Highland
-Batu Cave Temple
-KLIA Airport

Hari ini hari terakhir di Malaysia yang menjadi penutup perjalanan tur 3 negara. Sejak pagi kami sudah berangkat meninggalkan hotel menuju Istana Negara, Chocolate Factory, Genting Highland, dan terakhir ke Petronas Twin Tower. Hanya Batu Cave Temple yang di-skip karena waktunya tidak cukup. Jika dipaksakan, alamat akan ketinggalan pesawat menuju Jakarta. 

Naik Awana Cable Car bareng oma-oma cantik 😍

Genting Highland berselimut kabut

Snack buat oleh-oleh

Petronas Twin Tower

Happy trip!
Liburan 3 negara yang sangat menyenangkan. Penuh kesan di tiap harinya, sejak awal sampai akhir. 

Saya, boleh jadi datang ke tempat yang sama beberapa kali, tapi ke tempat yang sama dengan orang yang berbeda bisa jadi hanya sekali. 

Karena menjadi traveler baik itu tidak mudah, maka liburan dengan rombongan itu jadi salah satu cara mengayakan jiwa. Mungkin ada yang beranggapan kalau jalan sama rombongan itu kadang nyebelin karena nggak seirama dengan gaya liburan kita. Tapi bagi saya, jalan dengan orang yang karakter dan isi kepalanya beda-beda itu adalah sesuatu. Ada sejumlah pelajaran yang bisa dipetik. Tentang kesabaran tiada batas, tentang bertanding mengalahkan ego, tentang ketulusan menolong di tengah keadaan yang tak mudah, juga tentang tetap menjadi baik pada tiap orang yang dijumpai meski tak selalu sesuai dengan harapan kita. 

Dan pada akhirnya, jalan bareng orang baru itu jadi menambah pengalaman, teman, sahabat, kenalan, bahkan memungkinan jadi tambah saudara. 
Trio Manokwari: Amel, Joice, dan Ecchi



Enak mana, Jalan sendiri atau Pakai Travel Agent?
Tak ada yang lebih baik, tak pula ada yang lebih buruk. Semua sama-sama enak dan menguntungkan, tergantung kebutuhan. Kalau saya, juga tergantung tujuan dan ketebalan isi kantong 😂

Tak selamanya jalan sendiri itu murah. Tak selamanya jalan pakai tour itu mahal. Pernah jalan sendiri/pribadi dengan keluarga di dalam dan ke luar negeri, segala sesuatunya diurus sendiri, ternyata lebih mahal. Maksud hati biar hemat, malah isi dompet tak selamat. 

Lain halnya dengan menggunakan travel agent. Hotel, makan, dan transportasi selama tur insha Allah terjamin, bahkan dari segi biaya bisa lebih murah. Kenapa? Karena travel agent biasanya sudah ada kontrak kerjasama dengan hotel, restoran, hingga rental mobil/bus setempat di mana travel agent bisa dapat tarif lebih ekonomis (karena pesan untuk rombongan), ketimbang pesanan yang dilakukan  oleh perorangan. 
Liburan pakai Travel Agent

Jika saya amati, 155 peserta tur 3 negara ini didominasi oleh ibu-ibu usia pensiunan yang dipastikan tidak mau repot dengan segala tetek bengek perjalanan. Ada pula peserta dengan keluarga terdiri dari bapak ibu dengan beberapa orang anaknya, wanita-wanita sosialita, ibu-ibu muda dengan anak balitanya, hingga pasangan suami istri berdua saja. Dari obrolan saya dengan beberapa orang di antaranya, pendapat mereka seragam, katanya pakai travel agent itu memudahkan urusan liburan. Seperti pengakuan mbak R, dia maunya tinggal jalan saja sama anak balitanya, nggak mau pusing dengan urusan hotel, pesawat, dan makan, pokoknya tinggal jalan dan seru-seruan. Makanya dia ikut tour pakai travel agent. Nah!

Seringkali, saya pun ingin liburan dengan gaya tinggal duduk manis saja, maka biar travel agent saja yang urus semuanya. Saya tinggal terbang, tinggal makan, tinggal jalan ke destinasi incaran, dan tinggal tidur nyenyak di hotel yang diharapkan.  Pulangnya tinggal nulis cerita dan bagi-bagi foto lewat medsos dan blog 😃
Tour 3 negara Asia; Malaysia-Singapore-Thailand

Cerita Travelerien Tour 3 Negara
Tunggu pada tulisan berikutnya. Nanti akan diceritakan satu per satu, per destinasi, per negara.
Foto-foto perjalanan bisa dilihat di IG @travelerien dan @katerinadaily dulu ya.

Mau tur 3 negara 6 hari hanya 5 jutaan saja? 

Hubungi Picniq Tour
Instagram @picniqtour 
HP: 081949555588, 081949222216, 081210306669.



**
Semua foto dokumentasi Katerina @travelerien


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
5 Maret 2019 06.06 delete

Duh tulisan ini bikin aku teringat gathering bersama temen-temen kantor ke 2 negara yaitu Malaysia dan Singapore.
Pengin main lagi ke Merlion. Trus dulu belum sempat ke Garden by the Bay dan Menara Petronas.
Kami selama ini belum pernah jalan-jalan pakai agent travel karena kuatir jadi lebih mahal, trus takut nggak bisa menyesuaikan ama jadwal yang ditentukan karena anak-anak suka bikin ngaret wekekekeke.

Reply
avatar
5 Maret 2019 06.43 delete

Kuliner nya kelihatan enak-enak banget, pasti seru ya mbak tour bareng 150an orang gitu, apalagi jalan-jalannya sampe 3 negara sekaligus 😍

Reply
avatar
5 Maret 2019 07.09 delete

Waaaaaa bacanya sampai tuntas sambil nelen ludah giliran liat foto makanan. Seneng ya mba, pengalaman jalan2 ke 3 negaranya. Jadi pengin ikut open trip kalau ada lagi dan cocok di waktunya. Ditunggu cerita liburannya yang lain ya mba. Sehat sehat selalu yaa ^_^

Reply
avatar
5 Maret 2019 10.33 delete

Mantap lengkap lah, ak g kebayang travel selama itu,pegel gak sih kak?

Reply
avatar
5 Maret 2019 17.38 delete

Waah lengkap banget ini, walau sebenarnya aku ga satu bus ama penulis, salam kenal aku di Bus dg TL mas denni dan bang Didy, semoga next time kita bisa barengan lg ya travelnya..

Reply
avatar
5 Maret 2019 21.32 delete

Wow 155 org kebayang rame dan serunyaa :D
Gak smapai seminggu bisa keliling 3 negara gtu :D
Moso 5 jutaan? Duh jd tambah galau mau ikutan kursus m*ntes**** atau pelesir ke tiga negara nih hahaha

Reply
avatar
7 Maret 2019 20.26 delete

Bener mbak. Kalau ke daerah yang belum pernah dan LN aku prefer sama travel agent.dlu ke Malaysia berani arrange itenerary sendiri karena aku sebelumnya udah pernah 2 minggu di sana pas praktek kampus, jadi pede. Atau misal ada kenalan di sana ya lebih pede. Nah kalau ga ada ya enak terima jadi, hehe. Seru ya tiga negara

Reply
avatar
8 Maret 2019 12.23 delete

Itu gimana ngaturnya mba secara yang ikut 155 orang pasti masing-masing orang beda karakter apalagi selama 6 hari dan 3 negara

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon