Solusi Jitu Mengamankan Hotel Incaran Tanpa Bayar Lebih Dulu

Fitur "Pay at Hotel"
Solusi Jitu Mengamankan Hotel Incaran Tanpa Bayar Lebih Dulu 

fitur bayar nanti di hotel traveloka
Liburan Romantis di BALI

Bulan Istimewa

Buat saya, bulan Juni tahun 2018 ini akan menjadi bulan yang sarat dengan momen istimewa. Bulan di mana saya masih bertemu dengan bulan suci Ramadan, dapat kembali merayakan Idul Fitri 1 Syawal, sampai di usia ke-40, dan tiba di tahun ke-16 usia perkawinan. Momen-momen spesial ini utamanya menjadi pengingat agar saya lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT, sekaligus pengingat agar memperbanyak rasa syukur atas semua anugerah dari-NYA.

Rasa syukur menghadirkan kebahagiaan lahir dan batin. Wujud syukur bisa dengan hati, lisan, dan perbuatan. Dalam bentuk perbuatan, ungkapan syukur yang biasanya saya lakukan adalah dengan berbagi. 


Namanya bahagia memang harus dibagi supaya rasa cinta dan kasih sayang makin erat, apalagi dengan keluarga, itu yang utama. Selain dengan keluarga, berbagi dengan orang lain juga harus, misalnya dengan orang tak mampu. Nah, kalau yang ini biar jadi rahasia antara kita dan Allah saja, biar terhindar dari riya.

Baca juga : Melihat Keindahan Klasik Bali Tempo Dulu di Desa Wisata Penglipuran

Liburan Keluarga

Menyongsong momen bahagia di bulan Juni nanti, salah satu keinginan saya adalah merayakannya bersama keluarga dengan cara pergi berlibur ke destinasi wisata yang jauh dari rumah. Pinginnya sih keluar pulau, misalnya ke Lombok atau Belitung. 


Kebetulan sudah musim liburan sekolah, tak jadi soal kalau anak-anak diajak liburan yang jauh dan agak lama. Malah ideal banget buat mengisi liburan, me-refresh badan dan pikiran mereka setelah melaksanakan ujian kenaikan kelas dan kelulusan.

Alhamdulillah sekali ternyata suami setuju dengan ide liburan ini. Beliau malah minta saya bikin jadwal untuk dua kali liburan. Pertama, liburan dalam rangka ultah saya dengan mengajak anak-anak. Kedua dalam rangka anniversary, perginya berdua saja.  


Sebagai penyuka jalan-jalan, diajak dua kali liburan gitu mana mungkin saya tolak. Malah bikin nggak sabar pingin cepat-cepat bulan Juni deh

Liburan keluarga di Palembang

Biaya Liburan

Namanya liburan, senang-senangnya dirasakan, tapi biaya juga perlu dipikirkan, bukan? Nah ini yang jadi persoalan ibu rumah tangga seperti saya. Kalau bikin ide, jadwal, dan memilih destinasi saja sih gampang, tinggal biayanya yang bagaimana. Masalahnya Juni ini selain jadi bulan penuh bahagia, juga jadi bulan banyak biaya. 


Siapa pun tahu lah ya kalau lebaran itu banyak dana yang dikeluarkan. Mulai dari biaya mudik, biaya dapur selama Ramadan hingga jamuan lebaran, dana buat berbagi ke banyak orang dan dana untuk bermacam urusan yang gak semuanya perlu dibeberkan ke banyak orang.

Bagaimana dengan dana liburan? Memang sih lebaran itu identik dengan duit lebih karena adanya THR. Tapi ya itu tadi, duit banyak, biaya juga banyak. Semuanya keluar serentak. Apalagi lebaran kali ini waktunya mendekati masuk tahun ajaran baru sekolah. Banyak yang harus dipersiapkan untuk itu. 


Jadi memang kudu pandai bersiasat terhadap dana yang ada supaya jangan sampai banyak keinginan malah bikin kantong bolong sana sini. Liburan perlu, berhitung juga perlu.

Baca juga : Menengok Dua Objek Wisata Religi Khas Wong Kito
 

Liburan di Lembang, stay di Sandalwood Boutique Hotel

Lantas, bagaimana supaya liburan asyik bersama keluarga tetap jalan dan honeymoon romantis tetap sesuai rencana? 

 
Kalau bicara tentang tips liburan hemat dan menyenangkan, jurusnya macam-macam. Mulai dari rajin mantengi promo tiket pesawat dan hotel, memanfaatkan point transaksi, pesan tiket dan hotel dari jauh-jauh hari, mentingin nyaman ketimbang mewah, pergi bukan di musim liburan, dan yang pasti harus sungguh-sungguh nabung sesuai kebutuhan biaya kalau mau dana liburan tercukupi. Itu jurus yang selama ini saya praktekkan. Alhamdulillah memang jitu.

Saat dana sudah siap, masih ada lagi yang perlu dimatangkan agar liburan tetap sesuai rencana yaitu kepastian tiket pesawat dan hotel.

Yup, yang namanya liburan bukan cuma tiket pesawat yang kudu diamankan biar bisa dapat seat di waktu yang kita inginkan, tetapi juga kamar hotel. Saat tiket sudah aman, apa hotel idaman juga aman? Seperti sekarang, saya ingin dapat kepastian kamar buat menginap bersama anak-anak saat ke Belitung dan kamar honeymoon saat liburan berdua suami di Lombok. Tapiiii……

Kondisi saya saat ini tuh di mana rencana liburan sudah matang, tapi dana ternyata belum matang. Bukan saya mau menyalahkan momen lebaran yang bikin pengeluaran jadi bengkak, tapi memang momen spesial sedang barengan, dan itu bikin dana bakal keluar serentak. Nah, kalau sudah begini otak mama-mama mulai berputar-putar mencari solusi. Dan Alhamdulillah ketemuuuuuuu…..

Jadi ceritanya, waktu saya pilih-pilih hotel di app booking tiket dan hotel Traveloka nih, ketemu yang namanya fitur “Pay at Hotel.” Ternyata fitur inilah yang jadi solusi kece untuk rencana liburan saya di mana hotel incaran bisa diamankan tanpa harus membayar lebih dahulu. 




Apa itu “Pay at Hotel” ?

"Pay at Hotel" merupakan salah satu metode pembayaran hotel yang dapat dilakukan langsung di hotel tempat menginap. Singkatnya, dengan fitur ini kita bisa pesan kamar sekarang, bayar kemudian di hotel, baik secara tunai maupun kartu.

Buat saya saat ini, di mana dana yang ada memang prioritas buat lebaran dulu, ini keuntungan yang saya peroleh dari “Pay at Hotel” :

1. Saya bisa pesan hotel dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kamar. Kalau pesannya nanti nunggu dana ada, bisa-bisa tidak kebagian. Apalagi musim libur lebaran yang serentak dengan libur sekolah begini, hotel-hotel kebanjiran tamu.

2. Karena bayar hotelnya bisa nanti saat di hotel, saya jadi bisa nabung dulu sambil menunggu dana masuk saat suami gajian bulan depan. Pokoknya ada waktu buat siapin dana lagi.

3.  Satu lagi yang bikin seneng nih, ternyata fitur ini akan memudahkan saya jika sewaktu-waktu saya ingin membatalkan pemesanan kamar tanpa mengeluarkan biaya.


   
Cara Menggunakan Fitur Pay at Hotel

Caranya mudah banget. Kemarin saya sudah coba saat memesan hotel di Lombok. Oh ya, sebelum memesan hotel, traveler perlu tahu dulu nih kalau fitur ini baru tersedia di beberapa hotel. Jadi, harus cek dan ricek dulu ya. Lalu, pastikan kita punya credit card aktif dengan limit yang cukup sebagai jaminan. Belum punya? Ya bikin dulu. Bisa juga pinjam credit card teman atau keluarga yang sesuai kriteria. Kalau saya pakai credit card suami. Nah, setelah itu baru deh mulai memesan hotel dengan fitur “pay at hotel”, sbb:

1. Buka app Traveloka
2. Pilih menu Hotel
3. Pilih daerah tujuan menginap
4. Nantinya tertera beberapa hotel yang diikuti penjelasan "pay at hotel"
5. Pilih hotel yang diinginkan
6. Nantinya, akan tertera pilihan "pay at hotel", "free breakfast", dan "free cancellation".
7. Pilih "pay at hotel" untuk kemudian memilih kamar yang tersedia.
8. Selanjutnya, sebagai booking guarante / garansi booking,  Traveloka akan meminta details credit card. Detail credit card hanya digunakan sebagai jaminan, Traveloka tidak akan lebih dulu menarik tagihan pembayaran. Pembayaran pemesanan hotel tetap di bayar di hotel saat menginap.
9. Selanjutnya, voucher hotel sudah bisa kita terima.
10. Jika ada keraguan dengan tanggal menginap, tak ada salahnya tetap melakukan pemesanan karena beberapa hotel membebaskan biaya cancel saat pembatalan. Tapi, harus tetap cek secara detail saat memesan ya agar tidak rugi.

Itu tadi tahap-tahap pemesanan melalui fitur "Pay At Hotel". Mudah banget, kan? Tentu. Yang penting perlu teliti saja saat melakukan pemesanan. Nah langkah-langkah pemesanannya dapat dilihat pada screenshot berikut ini:  


Tahap Pemesanan 1: Pilih "destinasi", pilih "bayar di hotel", pilih "hotel", pilih 'kamar"
Tahap Pemesanan 2 : Pilih "bayar di hotel" dan lanjutkan dengan mengisi data
Tahap akhir pemesanan: Masukkan Detail Kartu Kredit (bisa punya sendiri/teman/keluarga yang sesuai kriteria)

Liburan Siap Terencana Tanpa Galau

Jika sebelumnya saya masih galau, sekarang sudah tenang karena urusan hotel sudah diselesaikan dengan aman dan terpercaya oleh Traveloka lewat fitur Pay at Hotel. Prosesnya mudah, benefit-nya bikin sumringah.

Sekarang tinggal menghitung hari hingga jadwal liburan tiba. Mudah-mudahan semua lancar tanpa kendala. Kalaupun nanti mendadak ada halangan, saya pun tidak terlalu khawatir jika harus melakukan pembatalan pesanan karena prosesnya tanpa biaya (tergantung syarat & ketentuan hotel yang bersangkutan).

Fitur yang bikin happy banget ya. Pesan tanpa biaya, batalpun tidak dikenakan biaya. Nggak ada ruginya. Kurang baik apa lagi coba Traveloka ini sama pelanggan kayak saya? :D

Bulan Juni sudah di depan mata. Momen istimewa sebentar lagi tiba. Saya sudah bersiap menyambut hari raya dengan suka cita, dan siap merayakan bahagia bersama keluarga tercinta dengan momen-momen istimewa lainnya yang sudah direncanakan dari sekarang. Kamu juga ya ^_^

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

32 komentar

  1. Makasih Tipsnya Mbakyu ... bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. kapan kita liburan bareng lagi yaaa...

    aku udah coba fitur Pay at Hotel emang praktis banget buat kita rencanain liburan nih. Apalagi bisa cancel juga misal terjadi kesalahan booking atau berhalangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan jadi mudah, kalo pun batal ga merugi ya Ded.

      Yuk jalan lagi kapan aja

      Hapus
  3. Fiturnya Traveloka makin lengkap aja ya..

    BalasHapus
  4. wah kalau ga jadi enggak rugi ya mbak...makin lengkap aja traveloka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap dan makin setia jadi pelanggannya hehe

      Hapus
  5. Ih kok asik ya ini fitur barunya Traveloka. Kita jadi gak deg2an gak dapat kamar kalau pas musim liburan gini ya

    Enaknya lagi bisa dibatalin kalau ternyata rencana berubah

    Makasi infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, praktis dan nggak ada ruginya. Sama-sama mbak.

      Hapus
  6. Capcus ikutan fitur Pay Hotel ini akh

    BalasHapus
  7. tips yang bagus,,, bisa di coba

    BalasHapus
  8. fitur inilah yang membuat traveloka laris manis.... jempol dah buat traveloka..

    BalasHapus
  9. Enaaak nih kalau ada fitur seperti ini ya mba. Jadi bisa diatur kapan bayarnya

    BalasHapus
  10. Liburan nya seru Mbk, apalagi bareng keluarga ya.

    BalasHapus
  11. Fitur ini asik banget. Cocok buat yang pengen liburan, tapi duit THR belum turun, hehehe..
    Traveloka emang pengertian banget yaaa

    BalasHapus
  12. wah, boleh dicoba ni tipsnya. Makasih mba Kate 😍😍😍😍

    BalasHapus
  13. Infonya bermanfaat banget mb Rien...mksih yaa
    .

    BalasHapus
  14. Aku ngakak pas baca kondisi dimana liburan sudah matang tapi dana belum matang, hihihi. Kalau aku biasanya sih rencana liburan udah matang tapi cutinya aji yang belum matang jadi bisa banget lah ya pakai fitur ini nanti kalau mau liburan.

    BalasHapus
  15. Traveloka emang tiada dUanya banget deh! Selalu inovatif dengan fitur-fitur yang memudahkan customer

    BalasHapus
  16. Traveloka udah siap bersaing sama online travel agent internasional nih

    BalasHapus
  17. Traveloka selalu adaaaaaa yang baru

    BalasHapus
  18. Makasih mbak rien. Tipsnya bermanfaat zekali

    BalasHapus
  19. Wah baru ya fiturnya, asyik ih, tapi saya ga punya cc huhu...

    BalasHapus
  20. Wohooo, enak banget ini ya. Bisa booking hotel tanpa khawatir soal pembayaran. Kalau cancel pun ga kena denda ya mba?

    BalasHapus
  21. Wah enak ya bisa Pay at Hotel.. jadi terasa win win solution antara pihak hotel dan customer

    BalasHapus
  22. Makin keren aja Traveloka. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat jika mau jalan-jalan tapi duit menginapnya baru ada nanti pas saat liburan. Ih, kayak situs luar negeri! malah traveloka jauh lebih lengkap jadinya sekarang karena fitur ini. KETJEH

    omnduut.com

    BalasHapus
  23. Hhaha salah satu fitur andalan yang saya pake di traveloka ya pay at hotel sih wgwg soalnya saya tidak memiliki rekening :D selain pay at hotel, ya itu, yang bayar di indomaret gitugitu :D

    BalasHapus
  24. waaah... ada inovasi baru di aplikasi traveloka...sip nih buat backpacker seperti saya...

    BalasHapus
  25. Fitur layanan Traveloka sekarang semakin memudahkan, jadi tidak perlu repot lagi harus booking di awal hari karena bisa bayar di hotel. Mantep dah....

    BalasHapus
  26. keren nih, Mbak. Rencana liburan makin lancar dan tidur pun nyaman berkat pay@hotel ^^ makasih infonya :)

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!