Hotel Kristal Untuk Liburan Keluarga di Jakarta

05.54
Travelerien.com

Menginap di hotel bisa jadi alternatif agar liburan keluarga tetap berkualitas. Tetapi, mencari tempat liburan dengan akomodasi yang ramah bagi seluruh keluarga terutama anak-anak bukan perkara mudah. Kebanyakan hotel yang ada memang tidak secara khusus mengakomodir berbagai aktivitas khusus untuk anak-anak, padahal tentu saya ingin menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan dengan keluarga. Hotel Kristal Jakarta yang saya pilih untuk liburan kali ini, tak hanya nyaman untuk menginap, namun juga bikin anak gembira.  

pesan hotel traveloka


Liburan Akhir Pekan

Minggu ke-3 bulan Mei (tgl.15-19) anak-anak libur sekolah. Kakak kelas mereka di kelas 6 dan kelas 9 sedang ujian kelulusan. Karena suami tidak libur, kami di rumah saja. Kegiatan anak-anak banyak diisi dengan mengulang pelajaran. Pada minggu ke-5 (tgl.29 Mei-2 Juni) giliran mereka yang akan ujian. Saya kebetulan sedang tidak ada jadwal keluar kota. Jadi bisa menemani mereka. Acara sih ada, seperti ASUS Zenfinity kemarin (16/5). Tapi tidak pakai menginap. Usai acara bisa kembali ke rumah, kumpul lagi dengan keluarga.

Melihat anak-anak di rumah saja, saya jadi ingin ajak mereka liburan. Bukan liburan besar, sekedar liburan akhir pekan saja. Biar mengurangi ketegangan mereka dalam belajar, sekaligus untuk mendapatkan suasana yang segar. Terlintas untuk berlibur ke Puncak, Bogor. Tapi, bayangan bermacet-macet ria membuat ide untuk ke sana saya urungkan. Akhirnya saya mencari lokasi yang dekat, tidak macet, hemat waktu, tapi tetap menyenangkan.

Baca juga: Ini Asyiknya Staycation di Hotel Grand Zuri BSD

Jalan-jalan akhir pekan

Akomodasi Mudah

Pergi bersama keluarga berarti harus memikirkan soal akomodasi. Tapi saya tidak khawatir karena ada banyak hotel di Jakarta yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Nah, mengenai reservasinya pun mudah. Saya bisa melakukan reservasi hotel kapan saja melalui online travel agent seperti Traveloka.com

Sebelum melakukan pemesanan, saya harus mencari tahu dulu hotel mana yang sesuai dengan kebutuhan. Di Traveloka ternyata cara mencarinya gampang banget. Pertama, buka dulu situs Traveloka. Masuk menu HOTEL. Kemudian mulai dengan 3 langkah mudah:
1. Ketika nama kota/tempat/hotel yang ingin dituju. Dalam hal ini saya memasukkan nama kota. Sebab saya belum tahu nama hotel yang cocok buat saya. Saya ketik : Jakarta Selatan
2. Ketik tanggal menginap
3. Ketik jumlah orang yang akan diajak menginap.

Selanjutnya tinggal klik Search Hotel. Tunggu sesaat. Kemudian…taraaaa…muncullah nama-nama hotel yang direkomendasikan Traveloka. Untuk pencarian yang lebih spesifik, saya tinggal atur dengan mengklik beberapa pilihan seperti: harga, bintang, fasilitas, dan tipe akomodasi yang diinginkan. Baru setelah itu Traveloka menampilkan hanya hotel-hotel sesuai dengan yang saya butuhkan.
Berlibur di Hotel Kristal :)
Setelah melihat-lihat beberapa pilihan hotel, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada hotel Kristal di Cilandak Jakarta Selatan. Hotel ini tampaknya family-friendly banget. Punya kolam renang (anak dan dewasa), banyak tempat bermain untuk anak, bahkan di kamarnya ada dapur. Yang tak kalah penting kamarnya luas, cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya. 

Setelah mantap memilih Hotel Kristal, saya langsung melakukan pemesanan untuk tgl. 20 Mei 2017. Pesan hotel lewat Traveloka ternyata mudah banget. Nggak pakai ribet. Tak sampai 5 menit, pesanan selesai, voucher hotel dari Traveloka langsung saya terima lewat email.  
Lobi Hotel Kristal

Hotel Kristal di Cilandak Jakarta Selatan

Untuk mencapai Hotel Kristal yang beralamat di Jl. Terogong, Cilandak, Jakarta Selatan, saya hanya menghabiskan waktu sekitar 20 menit dari BSD Serpong. Lewat jalan tol Bintaro, keluar Pondok Indah, langsung ke arah Terogong melewati komplek perumahan Pondok Indah. Alhamdulillah lancar dan tidak macet. Mood anak tetap baik, begitu juga suami. Senang kalau begini. Bawaannya tetap ceria.

Tidak sulit menemukan letak Hotel Kristal. Apalagi kalau menggunakan Google Map. Jika datang dari bundaran Pondok Indah, ambil jalan ke arah sekolah BPK Penabur. Dari sana sudah dekat. Bangunan hotel ada di sebelah kanan jalan, menjulang di antara bangunan lainnya. Di sebelahnya ada Hero. Di depannya ada Hamptons Park. Di pintu gerbang bagian depan ada tulisan Hotel Kristal. Tinggal masuk :) 



Saat check-in, saya tinggal menunjukkan kode voucher dalam email yang saya terima dari Traveloka. Proses check-in sangat mudah dan cepat. Selanjutnya saya tinggal masuk kamar. Kamar Studio Suite yang saya pesan terletak di lantai 2 menghadap ke kolam renang.

Suasana asri di sekitar hotel saya jumpai mulai sejak pertama kali melewati gerbang masuk. Area parkir hingga bagian depan lobi dihiasi oleh taman-taman yang hijau dan tertata rapi. Area kolam renang hingga taman bermain anak juga tak kalah asri. Ada kolam ikan koi serta taman yang hijau dan bersih. 

Taman di samping restoran hotel


Laguna Bar di tengah kolam renang
Kolam ikan Koi

Menikmati Kenyamanan Kamar Studio Suite

Hotel Kristal hotel bintang 4 berkonsep hotel dan residence. Cocok bagi yang ingin menginap bersama keluarga, terutama yang akan menginap dalam waktu lebih lama. Ada 3 tipe kamar yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Studio Suite, Suite Superior (2 kamar tidur), dan Suite Superior (3 kamar tidur). Masing-masing tipe bisa dipesan dengan sarapan atau tanpa sarapan.

Tadinya saya mau pesan Suite Superior karena mau ajak ibu juga. Berlima dengan 2 kamar saya pikir sudah cukup. Tapi anak lanang batal ikut karena ada tugas bikin video dari sekolah yang belum selesai. Karena dia tidak ikut, ibu pun pilih tinggal. Akhirnya saya pesan Studio Suite buat bertiga saja. Kamarnya luas dengan tempat tidur queen-sized.


Baca juga: Jangan Lewatkan 3 Destinasi Ini Saat Berwisata ke Palembang

Luas

Nyaman

view bagus di balik jendela

Luas kamar Studio Suite yang saya tempati 40m2. Ada area living room dengan sofa berkapasitas 3 orang dan dilengkapi sebuah meja. Kasur double bed-nya besar, bisa buat bertiga. Bahkan masih lega. Fasilitas lainnya LCD TV 32", Internet Connection, Safe Deposit Box, dan Individual Controlled AC. 

Studio Suite dilengkapi pula dengan kitchen set. Terdapat dispenser yang sudah dipasangi galon Aqua. Kulkas dengan 2 macam minuman (free). Peralatan makan seperti piring dan gelas. Teh, kopi, cream, dan gula untuk membuat minuman. Tersedia juga kompor listrik dan peralatan masak (on request). Kalau sedang malas keluar, punya bahan praktis yang bisa diolah, bisa masak sendiri. Biarpun kamarnya mahal, tapi bisa hemat buat makan, kan lumayan :D

Dapur

Kamar mandi

Makan di Luar Hotel

Rate Studio Suite yang saya tempati Rp 2.126.373 / malam. Dengan memesan hotel lewat Traveloka, saya mendapatkan harga Rp 938.455 / malam.


Mengenai makan selama berlibur ke hotel, dari awal kami memilih untuk makan di luar hotel. Dari hasil pencarian restaurant di sekitar Cilandak, saya menemukan beberapa pilihan resto. Ada Dapur Sunda, Fish & Co, Rempah Wangi, Warung Bu Kris, dll. Kami mengincar salah satunya untuk dijadikan tempat makan malam.

Ada yang ultah di bulan Mei :)

Kondisi lalu lintas Sabtu malam ternyata tidak selancar dugaan. Padat dan macet. Bahkan kami mengalami tersendat-sendat hampir 30 menit. Humayra mulai rewel. Berulangkali dia bilang lapar, lapar, lapar. Rupanya sudah tidak tahan lagi untuk makan. Di tengah kemacetan saya lihat ada gerobak bakpau. Penjualnya kakek-kakek. Saya beli dua. Cukup buat penahan lapar. Bakpaunya besar. Saya dan suami ikut makan. Humayra kenyang, saya dan suami tidak. Saat itu macet belum juga usai. Rasanya sudah tidak tahan lagi berlama-lama. Sewaktu lihat ada McD, kami langsung belok. Pencarian tempat kuliner yang diincar terpaksa dihentikan. Perut sudah tidak bisa diajak kompromi :D

Berbeda dengan saat sarapan. Kondisi jalan di waktu pagi masih sepi. Mungkin karena hari Minggu, tidak ramai oleh pengendara yang hendak berangkat kerja. Kami keluar hotel, meluncur ke arah perumahan Pondok Indah, ke kawasan ruko yang saya lupa apa namanya. Di sana kami sarapan dengan nasi ayam, nasi goreng, chicken katsu, kue-kue, roti, minuman coklat hangat, kopi, dan air putih. Usai sarapan langsung balik hotel.

Ada dapur buat yang ingin masak :)

Berenang dan Bermain Gembira

Untuk rekreasi, Hotel Kristal menyediakan fasilitas kolam renang, restoran, fitness center, dan spa. Selain fasilitas kolam renang untuk anak, hotel ini juga menyediakan fasilitas playground dan taman tropis yang cukup luas. Anak-anak pun bisa bermain bebas. Ada sejumlah wahana bermain seperti ayunan, perosotan, jungkitan, dan panjatan. Anak-anak juga bisa asyik main di Kiddy Land yang terletak di depan restaurant hotel. 


Setelah kembali dari sarapan di luar hotel, kami langsung ke kolam renang. Keperluan renang memang sudah disiapkan dan ditaruh di mobil. Jadi tidak perlu ke kamar lagi buat ambil barang-barang. Anak saya, Humayra, seperti sudah tidak sabar untuk nyebur ke kolam. Meski kelihatan tidak sabar untuk masuk kolam, dia masih sempat menghampiri beberapa wahana di area kering. Ayunan dan jungkitan dilewati, seluncuran yang dia dekati. Mencoba sekali, lalu pindah lagi ke kolam. Selanjutnya dia hanya main di kolam renang sampai dua jam berikutnya.

Trampolin

Seluncuran

Jungkitan

Ayunan

Selama dua jam itu pula saya dan suami tidak kemana-mana. Bahkan ke fitness center pun tidak. Cuma duduk santai berdua, menikmati pagi. Merasakan segarnya udara pagi, bercengkerama sambil disaksikan matahari yang terus meninggi. Sesekali berjalan ke pinggir kolam, mendekati Humayra yang memanggil untuk minta tolong sesuatu. Atau turun ke kolam, lalu naik lagi. Duduk lagi dengan saya. Begitu saja. Santai-santai. Senang-senang.

Seru

Banyak teman berenangnya :)

Ditemani sama papa :)

Jam 10 Humayra baru keluar kolam renang. Kami kembali ke kamar. Mandi. Beres-beres barang. Tepat jam 12 kami check-out. Liburan akhir pekan selesai. Tinggal bawa pulang cerita bahagia.

Hotel Kristal bisa menjadi salah tempat pelarian yang cocok untuk menenangkan pikiran ataupun liburan bersama keluarga. Lokasinya pun cukup strategis. Liburan berarti quality time bersama keluarga dan hotel ini menawarkan suasana berlibur yang membuat keluarga jadi semakin akrab.

Santai
 
Menginap nyaman, anak pun gembira

A post shared by Katerina (@travelerien) on


Hotel Kristal
Jl. Tarogong Raya, Cilandak Barat, Jakarta 12430
Phone : +62 (021) 750 7050 | Fax : +62 (021) 750 7110
Email : info@hotelkristal.com
Website : http://www.hotelkristal.com 

.
.
.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

50 Comments

  1. keren banget hotel kristal, jadi pengen nginep disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saya, hotelnya cocok untuk family staycation :)

      Hapus
  2. Waah ramah anak banget. Aku juga paling utama kalo liburan yg dipikirin ya apakah tempat itu nyaman dan menyenangkan buat anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk liburan dengan keluarga, prioritasnya anak dulu. Kalau orang tua kan bisa mengikuti anak ya :)

      Hapus
  3. Si bapak serius amat di foto. Kelihatannya nyaman buat kerja juga ya. Kalau capek tinggal baring di kasur yang empuk banget itu. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...Masku memang suka gitu, Diba. Mau sedang liburan, kalau memang ada sesuatu yang mendadak terkait kerjaan, langsung buka laptop dengan wajah serius yang ga bisa diganggu. Liburan penting, kerja juga penting katanya. Iya, abis kerja nyantai lagi. Tiduran, atau pergi ke kolam renang sama anak...



      Hapus
  4. Lumayan hemat.
    dari 2juta ke 900rb an ya..
    Saya juga pernah nginep di Bali pesen Traveloka, staff hotelnya agak kaget kok saya bisa dapetin rate yang jauh dibawah rate mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga bagus memang ada di Traveloka :)

      Hapus
  5. Mbaak, fasilitas hotelnya lengkaap banget.
    Akupun senang kalau ada kamar hotel yg sediain dapur kecil gt, soal e kalau tenga mlm laper bisa nyeduh pop mie hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Von. Lengkap banget ada dapur :) Kalau sedang tinggal di hotel atau resort yang ada dapur begini, biasanya aku masak sesuatu yang simple. Semacam mie instant, atau sekedar bikin telur dadar/mata sapi. Kadang pernah bikin nasgor pakai bumbu jadi. Jadi kalau sedang lapar malam hari ngga usah keluar cari-cari makan :)

      Hapus
  6. wah seru juga ya mbak bareng si keluarga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Seru buat keluarga. Harga via Traveloka juga asyik di kantong.

      Hapus
  7. Wih hotel kristal ini viewnyo kece amat sih mbak Rien. Aku suka sama view kolam renang.. itu humayra seneng amat kayaknya renang di sana.

    Si abang emang ga ikutan renang mbak rien?

    Oh ya pake traveloka juga suka dapat promo hotel sih, aku suka cek di bagian promonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abang tadinya mau ikut. Eh pas hari H mendadak ga jadi karena ternyata tugas dari sekolahnya ada yg belum kelar. Dia mesti selesaikan bareng temen2 kelompoknya. Akhirnya cuma adek yang ikut.

      Kalau sering traveling, rajin2 cek situs Traveloka. Banyak promo menarik yang bikin ngiler. Promo hotelnya juga oke banget. Nggak mengecewakan.

      Hapus
  8. asyik banget yah mba kalo liburan bareng keluarga apalagi tempatnya yang sejuk dan pastinya nyaman

    BalasHapus
  9. Aku juga suka hotel yang kamarnya ada fasilitas dapur secara Aim tuh suka minta makan malam dua kali jadi bisa masakkin mie or spagheti.
    Btw aku juga suka booking hotel lewat Traveloka, mudah n murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk liburan keluarga dengan anak, fasilitas dapur ini memang banyak manfaatnya ya Wan. Apalagi kalau tinggal dalam waktu lama. Aku beruntung menemukan hotel bagus ini dalam list hotel rekomendasi Traveloka :)

      Hapus
  10. Seruuu ya staycationnya mba Rien, jadi ingat thn 2009 kami pernah nginap di sini, tapi blm mulai nulis, haahhahahaa ^=^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah seru untuk liburan akhir pekan :)
      Ayo ditulis, kita bagi pengalamannya ke teman-teman yang lain..

      Hapus
  11. Ya ampuuun bisa dpt rate ok gituuu gimana caranya? Asyik babget, lebih murah dari 50% yaa. Jadi mupeng, hahaha. Btw, hotel Kristal ini yang di Terogong kan ya? Yg seberangnya Hero? Di samping resto situ ada cafe yg jual makanan sehat. BNB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Maya, sebelah Hero, bukan seberang. Alhamdulillah harganya memang surprise banget buatku. Tempat bagus harga bagus, liburan bagus :)

      Hapus
  12. Wooow... 40m2 harga segitu...
    Recomended Mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...berasa miring banget ya harganya. Normalnya memang bisa 2x lipatnya. Rajin-rajin pantau di situs Traveloka aja buat dapetin harga terbaik untuk hotel terbaik sesuai kebutuhan :)

      Hapus
  13. Staycation gini bisa jadi alternatif liburan buat fakir cuti seperti aku 😁😁
    Hotelnya asik banget mbak, ada kolam renang dan tempat bermain anak. Anak2 pasti betah..

    Btw aku juga selalu pesan hotel lewat Traveloka looh. Mudah dan irit waktu. Ada review dari tamu yg pernah menginap disana juga. Bisa jadi bahan pertimbangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya ya, pulang kerja Sabtu sore langsung cus, ga perlu cuti2an. Minggu sore udah balik ke rumah. Asik dan seru buat liburan anak di akhir pekan. Buat kita orang tua juga nyaman. Iya, ada reviewnya juga dari pelanggannya.

      Hapus
  14. Waaah promonya asyik bener mbak.Hotelnya asyik nih kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik mbak. Sudah coba promo traveloka-nya?

      Hapus
  15. Duh hotelnya kids friendly banget ya. Btw beneran itu selisih angka di Traveloka bisa mencapai segitu Mbak? Gila ya jauh banget harganya. Warbiyasak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mbak. Silakan dicek di Traveloka. 2 jam lalu harga kamar yang aku ambil itu malah ada di 800ribuan. Lebih murah dari yang aku dapat. Warbiasaaak

      Hapus
  16. Seriusan itu selisih harga pesan dengan traveloka bisa segitu besarnya 😚
    Fasilitas kamarnya cakep. Sampe bisa masak segala di kamar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius dong haha. Bisa cek sendiri di situsnya atapun di hotelnya. Dijamin jujur ga pake boong.

      Hapus
  17. Selisih harga kamarnya bisa jauh banget ya mbak klo langsung ke hotel dengan via traveloka. Wah kapan-kapan mau coba nih
    Trus ini hotelnya ramah anak banget, banyak area bermainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya puas buat anak-anak main. Bundanya jadi mau ikut main nih haha. Hemat mbak. Apalagi kalau mau liburan keluar kota, ada paket tiket dan hotel juga, lebih ekonomis. Dan pastinya praktis.

      Hapus
  18. sering banget nginep di sini. Soalnya dekat dr rumah..dan ga pernah bosen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ety jadi kayak pindah tidur ya kalau sedang nginap di sini :D

      Hapus
  19. Nginep di sini kayaknya anak-anak seneng neh ... ntar nyobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakal seneng karena banyak mainan. Kolam renang anaknya juga asyik.

      Hapus
  20. waaa mbaaa...pas banget sih, aku lagi nyari tempat staycation yang oke buat bawa anak2 dan gak tlalu jauh dari Depok. Makasih yaa reviewnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Cek harga terbaiknya di Traveloka biar hemat banyak :)

      Hapus
  21. Kids friendly banget yaaa mbak hotelnya
    Yg ultah bulan mei kakak ya...
    sama kayak medina😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, si kakak. Salam buat Medin, ayo ke Jakarta main bareng kakak :)

      Hapus
  22. Wah asik banget, anak-anak pasti betah main sementara ortunya leyeh-leyeh. Nyaman dan lengkap ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk lengkap untuk liburan di hotel bareng keluarga

      Hapus
  23. Diskonnya lebih dari 50% wow!
    Kamar dengan dapur seperti ini aku pernah sekali menginap waktu di Kuala Lumpur. Lumayan kalau mau masak-masak. Dan, aku jadi lapar liat ayam gorengnya haha.

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diskon fantastis :D
      Harga kamar hemat banyak, makan juga bisa hemat dengan masak2 yang simpel2..

      Hapus
  24. Wah lengkap banget ini kamar hotelnya. Apalagi ada dapurnya bikin pengen aja menghabiskan liburan disitu. Skalian honeymoon bisa nich haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah, pesen hotelnya sekarang aja Rian, biar segera hanimun :D
      Jangan lupa cek dulu harganya di Traveloka.

      Hapus
  25. Mbak Rien, aku mau nanya-nanya soal hotel review via WA ya...

    BalasHapus
  26. wah enak nih leyeh2 mandjahhhh disana, hahaaa

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon