Pengalaman Merencanakan Liburan Tanpa Ribet

Travelerien.com

Bulan Maret dan April seakan menjadi “bulan jalan-jalan” dalam agenda saya di tahun 2017. Padahal, tidak banyak jalan-jalannya, tapi terasa padat buat saya yang biasanya miskin jalan-jalan.

Ada yang terencana, ada juga yang tidak. Ada yang direncanakan sejak lama, ada juga yang baru masuk rencana sekitar 1-2 minggu sebelum keberangkatan. Ada jalan-jalan bareng keluarga, jalan-jalan berdua suami, ada pula yang bersama teman-teman blogger

[Maret 2017] Traveling berdua ke Lampung, mendaki Gunung Anak Krakatau

Bandung, Lampung, dan Belitung menjadi destinasi jalan-jalan yang saya agendakan di bulan Maret. Yang terealisasi ternyata cuma Bandung (Trizara Resorts Lembang) dan Lampung (Pesisir Barat). Sementara itu, Belitung yang sudah dijadwalkan sejak Februari, ternyata Maret harus di-pending.

Gagal ke Belitung di bulan Maret, saya malah ke Lampung sampai dua kali. Setelah dari Pesisir Barat, satu minggu kemudian, ikut trip Krakatau. Trip Krakatau sebetulnya tidak ada dalam agenda. Trip ini datang dari tawaran Nurul (bulan Maret). Saya agak ragu menerimanya karena waktunya beruntun, hampir tiap weekend pergi. Setelah dibicarakan dengan Mas Arif, ternyata disambut gembira dan ia mau ikut. Maka dari itu, berangkatlah kami ke Krakatau selama 2 hari 1 malam.

Baca juga : Jelajah Pulau Pisang Pesisir Barat

[Maret 2017] Jelajah Pulau Pisang di Pesisir Barat Lampung bareng teman-teman blogger

Pada bulan April, ada dua destinasi yang sudah terjadwal sejak Januari 2017, yaitu Palembang dan Tidore. Palembang menjadi pilihan suami yang ingin membawa kami menikmati aneka kuliner Sumsel di hari kelahirannya. Ceritanya, suami mau traktir kami makan-makan di luar kota alias yang jauh dari rumah. Karena Palembang dianggap sebagai kota dengan sejuta kuliner enak, maka di sanalah ia akan mentraktir anak-anak dan istrinya. Disebut sejuta karena memang banyak banget kuliner di Palembang! Hiperbole sedikit, deh! :D

Nah, April adalah jadwal saya jalan ke Tidore selama 10 hari bareng para blogger pemenang lomba menulis blog #TidoreUntukIndonesia. Tanggal yang saya pilih untuk ke Palembang ternyata bertepatan dengan tanggal saat saya di Tidore. Trip Tidore dalam rangka Hari Jadi Tidore tanggal 12 April 2017 tidak mungkin digeser. Jadwal ke Palembang  yang dikorbankan.

Baca juga : Menjadi Juri Lomba Blog Tidore Untuk Indonesia

[April] Trip Tidore dalam rangka Hari Jadi Tidore ke-909

April ini, saya juga diundang oleh dispar Way Kanan untuk hadir di Festival Way Kanan. Woro-woro soal undangan ke Way Kanan sudah ada sejak Februari 2017. Tapi, baru Maret dikirimi undangan dan kepastian berangkat. So, April yang tadinya tidak ada jadwal ke Lampung, akhirnya jadi ada. Rencana ke Belitung bulan April malah jadi tidak ada. Ketunda lagi, deh!

Jalan-jalan ke Palembang dijadwal ulang, tapi tetap bulan April. Saya dan suami sepakat, acara jalan-jalan ke luar kota cukup sampai April dulu. Mei anak-anak ujian kenaikan kelas, lalu masuk puasa, setelahnya lebaran. Kami ingin di waktu-waktu tersebut banyak momen kumpul di rumah biar selama ujian anak-anak tenang dan fokus. Puasa pun demikian, inginnya di rumah biar khusuk. Kalau Lebaran, sudah pasti jatahnya silaturahmi ke keluarga dan sanak saudara. Belitung, Flores, dan Bali sepertinya mesti sabar tunggu sampai Lebaran lewat.

Agenda April 2017: Liburan di Palembang

Rencana kadang memang tidak selalu sesuai kenyataan. Karena sesuatu hal yang mendadak, terpaksa harus ubah jadwal. Soal ubah jadwal ini, kalau belum beli tiket sih, urusannya masih mudah. Nah, kalau sudah terlanjur beli tiket pesawat biasanya jadi agak ribet. Ditambah pula dengan adanya biaya-biaya yang muncul, baik administrasi maupun kebijakan pengembalian dana dari maskapai, bikin urusan kantong ikut ribet.

Seperti yang terjadi pada saya saat ini, jadwal ke Palembang terpaksa diubah. Yang tadinya akan berangkat tanggal 8 April, tapi karena pergi selama 10 hari ke Tidore, akhirnya saya tunda jadi tanggal 21 April. Ternyata, di tanggal 21 April, saya ada trip ke Way Kanan selama 4 hari, akhirnya ditunda lagi jadi akhir April. Untungnya, saya belum sempat beli tiket pesawat. Jadi tidak masalah ubah-ubah jadwal.

Baca juga: Menyusuri Sungai Musi, Menelisik Sejarah Palembang

Kuliner pempek ini yang bikin kami ingin berwisata di Palembang

Tetapi, saat jadwal sudah fix dan tiket ke Palembang sudah dibeli, eh, dapat kabar kalau saya akan diundang ke acara di suatu tempat di Palembang (acaranya dirahasiakan dulu ya, biar jadi kejutan hehe). Tempat acaranya memang di Palembang, tapi jadwalnya tidak cocok. Acaranya jam 2 sore, sementara pesawat saya baru berangkat dari Jakarta jam 2 sore juga.

Lantas bagaimana? Pilih tetap berangkat sesuai tiket yang sudah dipesan atau ubah jadwal demi menghadiri acara? Tanpa timbang-timbang lagi, saya bulatkan untuk pilih memenuhi undangan dan siap ambil risiko ubah jadwal penerbangan. Jadwal terbang sore saya pindahkan ke pagi.

Seperti biasa, urusan reschedule ini saya pikir bakal repot. Sudah terbayang bakal telepon-telepon maskapai buat menjelaskan permasalahan dan urus pesanan baru. Apalagi saat mau ubah jadwal penerbangan itu saya sedang sibuk-sibuknya prepare berangkat ke Tidore. Tapi, karena saya memesan tiket lewat Traveloka, bayangan ribet itu ternyata gagal terjadi.

Mengapa? Karena adanya fitur Easy Reschedule. Dengan fitur ini, saya tidak perlu menelepon maskapai. Tinggal ubah penerbangan hanya dengan beberapa klik, urusan reschedule selesai. Cara ini tak hanya menghemat waktu, tapi juga mudah untuk dilakukan.

Fitur Easy Reschedule Traveloka

Ada yang pernah coba Easy Reschedule? Mudah lho! Sekadar berbagi informasi bermanfaat, saya beritahu langkah-langkahnya, ya:

Pertama: Klik Pesanan Saya
Login terlebih dahulu ke akun Traveloka. Pada dasbor akun, pilih sub menu Pesanan Saya

Kedua: Klik Tombol Reschedule
Klik detail pada penerbangan yang akan diubah, lalu klik tombol reschedule

Ketiga: Pilih Jadwal Penerbangan Baru
Pilih jadwal penerbangan baru dan langsung pesan jadwal penerbangan baru

Keempat: Tunggu Konfirmasi Harga
Konfirmasi harga akan dikirim melalui konfirmasi email atau notifikasi push, disertai tautan untuk melanjutkan pembayaran.

Kelima: Lakukan Pembayaran
Harga Total sudah termasuk Biaya Reschedule Traveloka dan biaya maskapai. Setahu info yang saya baca, biaya ubah jadwal penerbangan dalam negeri sebesar 15 ribu, sedangkan luar negeri 50 ribu.

Keenam: Mendapat e-tiket baru
Setelah proses reschedule selesai, e-tiket baru akan terbit

Tambahan sedikit, kalau kalian masih bingung tentang syarat-syarat atau ketentuan yang berlaku, langsung cek saja di website Traveloka: Easy Reschedule.

Tahun lalu jelajah Musi bareng blogger, tahun ini mau bareng keluarga :)

Dalam kondisi seperti saat ini, di mana tiket yang sudah terlanjur dibeli mesti diubah mengikuti jadwal traveling yang berubah-ubah, Easy reschedule sangat membantu. Saya tidak perlu repot telepon-telepon maskapai, biaya administrasinya murah, proses e-tiket juga cepat.

Tiket ke Palembang sudah di genggaman. Tinggal berangkat dan menikmati kuliner di Bumi Sriwijaya bareng keluarga. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi. Sekarang, saya sedang bersiap-siap ke Way Kanan, setelahnya baru ke Palembang.

Bagaimana dengan bulan Mei? Bulan Mei akan saya isi dengan banyak menulis dan mem-posting tulisan jalan-jalan sepanjang bulan Februari hingga April, termasuk jalan-jalan ke Palembang. Kalau soal rencana akan jalan-jalan ke mana lagi, lihat nanti kemana angin rezeki berhembus! Hehe.

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Previous
Next Post »

25 komentar

1. Wah senangnya booking tiket dengan traveloka, kemudahan yg dirasakan berpihak pada konsumen. Ditunggu di Jogja ya mba Rien. *_*

Balasan
    1. Cocok buat yang sering mengalami reschedule. Simple dan praktis. Insha Allah ke Jogja akan kabari manda :)

Hapus
  2. Wah asik banget ya ada fitur easy reshedule ini, kita gak perlu galau lagi kalau harus mengubah jadwal keberangkatan. Beberapa kali tiket saya pernah hangus soalnya ketika mendadak harus ganti jadwal karena ada urusan lain yang bentrok

Btw, mbak Rien luar biasa jadwal ngebolangnya, salut euy sama staminanya. Aku soalnya kalau abis pergi2, lelahnya itu bisa sampai berhari2 baru bisa pulih
    Semoga sukses semua acaranya mbak

Balasan
    1. Kalau kita sedang repot dan sibuk banget, fitur baru dari traveloka ini sangat membantu. Kemarin2 saat pesan tiket pas sedang sibuk2nya persiapan keberangkatan ke Tidore, tapi berkat fitur Easy Reschedule urus reschedule cepat beres.

Selama traveling tetap jaga makan dan badan aja mbak tipsnya, Insha Allah stamina tetap OK :)

Aamiin. Terima kasih mbak Arni

Hapus
  3. Wah asik nih bisa reschedule tiket. Gampang pula caranya..
    Btw aku envy liat harga tiket Jakarta-Palembang :(

1. Ayolah mbak ke Palembang lewat Jakarta biar tiketnya murah :D

Hapus
  4. Yeaaay ada yang mau ke Palembang 😍😍😍😍😍 pantang diet ya mbak Rien hahaha. Btw, fasilitas reschedulenya sangat membantu.

Omnduut.com

1. Tidak ada kata diet dalam hidupku haha
      Sampai jumpa di Palembang ya.

Hapus
  5. Cihuyyy ditunggu kedatangan Mbak Rien ke Palembang sama Mas Arif yoo...

Aku selama ini pake traveloka sebagai satu-satunya untuk memesan tiket sama hotel, pernah juga kutulis tuh pengalamannya di blog. Cuma aku baru tahu ini info dari mbak Rien soal fitur barunya Traveloka yang bisa reschedule. Next kalau traveling aku mau coba siapa tahu ada traveling yang tertunda hahaha...

Balasan
    1. hahaha....malah ngarep ada traveling yang tertunda. Deddy traveloka lover ya. Sip lah kalau begitu.

Sampai ketemu di Palembang, kita todong yang ultah traktir kita sampai teler :))

Hapus
  6. Asiiikk...Mb Rien mo ke Palembang. Kita ketemuan ya Mb..ngebet pgn ketemu..hehe

7. Jadiii akhirnya ke Palembang jugaaaa yeaaaauuy

Balasan
    1. Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari kadang emang bikin was-was takut jika ada sesuatu yang ga kita harapkan terjadi. Tapi kalo ada fitur reschedule kayak Traveloka gini jadi ga was-was lagi deh.
      Selama ini aku puas booking hotel dan pesawat lewat Traveloka, mudah dan banyak alternatif pembayarannya.

Hapus
    2. Ayo mbak Maya ke Palembang juga, kita kulineran bereng yuk :)

3. Ihwan: Setuju Wan. Fitur baru traveloka ini bikin ga was-was lagi

8. Itu tiket penerbangan ke Palembang napa murah ya?huaa tahu gitu mau ksna juga. Enak y skrg bisa reschedule gitu
    Makin nyaman bepergian

9. Huum enakan ya mb pakai traveloka
    Bulan ini jg ada promo potongan 100k
    Habis pesen buat pulang ke sulawesi. Mayan dapat diskon sebesar itu😁

selamat bersenang-senang mb rien

10. Kalau mbk Rien "miskin jalan-jalan" lalu aku apaaahh hahahaha
    Wah asyik ya bisa ubah jadwal gtu, jd saat ada peru mendadak gak angus tiketnya
    TFS infonya

BalasHapus
  11. Makasih infonya Mbak Rien, sangat bermanfaat, jadi nggak pusing kalau tiba-tiba jadwal harus ditunda ya kalau kayak gini ceritanya. Traveloka pancen oye

12. Aku selalu pakai Traveloka tapi baru tahu ada Easy Reschedule olala. Thanks infonya, Mba.

13. Jadwal jalan2 kami pasti menyesuaikan jadwal libur sekolah anak2. Jadi suami ngambil cutinya pas liburan juga. Kalau reschedule jarang, sih... Tapi asyik juga kalau ada fasilitas kayak gini, yah...

BalasHapus
  14. Nah, ini kadang jadwal merasa udah fix. Eh gak tahunya bentrok jadwal lain.
    Makin asyik kalau ada fitur easy reschedule gini mbak.
    Makasih sharing infonya mbak.

BalasHapus
  15. Keren banget taglinenya Easy Reschedule.

"Mengubah bukan masalah. Kami pastikan jadi mudah"

Ini web kesayanganku!

BalasHapus
  16. Aih, tambah lagi ya layanan Traveloka. Setiap mudik ke Jambi aku pasti cari tiket pesawat di Traveloka, soalnya harga yang tertera udah langsung totalan berapa yang dibayar dan itu final. Memudahkan sekali. Sudah gitu bayarnya bisa lewat Indomaret. Buatku yang jauh dari ATM, ini sangat membantu banget.

Leave your message here, I will reply it soon!