Temu Rindu di Jakarta, dari Sarinah hingga Kikugawa


"Ayuk, kalau lagi ke Jakarta dan lagi santai kabar-kabari ya yuk. Mungkin biso ketemuan. Aku mau ajak Tami ketemu ayuk."

"Nah kebetulan. Aku tuh besok rencano nak ketemu Deddy. Dio lagi ke Jakarta," jawab Yuk Annie.

Pesan yang kukirim kepada Yuk Annie via Whatsapp, tgl. 4 Januari 2023, mulanya buat bertemu bertiga dengan Tami saja, ternyata malah bikin aku bertemu dengan Deddy Huang juga. Dari sinilah temu rindu itu bermula. 

Namun, pertemuan itu akhirnya tanpa Tami, karena Tami masih di Bandung. 

Kamis, tgl. 5 Januari 2023, kami janjian di Sarinah Thamrin Jakarta Pusat dengan lokasi temu di Restoran Dewata Indonesia. Setelah itu baru lanjut ke Restoran Kikugawa untuk makan siang sambil bercengkrama santai dan bicara serius tentang banyak hal. 

Di akhir pertemuan, bojoku muncul. Bisa-bisanya datang, padahal sedang kerja. Setelah dijelaskan, ternyata hari itu sedang ada meeting di luar, jadinya pas kelar langsung melipir ke tempat kami bertemu. 

"Aku kan jugo la lamo idak betemu ayuk dan Deddy, pengen mikut ketemu jugo," ujar suamiku.  Ternyata bukan cuma aku yang kangen Yuk Annie dan Deddy😄
Restoran Dewata Indonesia, Sarinah Thamrin Jakarta.

Deddy tinggal di Palembang. Yuk Annie tinggal di Cikarang, Bekasi. Aku tinggal di BSD City, Tangerang Selatan. Sah untuk disebut berjauhan. Wajar bila jadi sangat antusias ketika ada kesempatan bertemu.

Antusiasme yang didasari oleh rasa persahabatan yang gak sedangkal lubang di jalan.

Fakta bahwa kami berjauhan, bertemu offline amat sangat jarang, komunikasi pun kadang-kadang sebab semua sibuk dengan urusan masing-masing.

Bukan berarti hubungan persahabatan itu tidak berjalan.

Bukan berarti rasa persahabatan itu tidak mendalam.

Kendati jalinan persahabatan kami tampil sederhana, tampak serba biasa, tapi bagiku mereka sahabat spesialku. Spesial pake manis dan erat. Seerat setiap kenangan yang melekat kuat dalam ingatan. 

Helai-helai kenangan itu...
Jelajah Ternate, Maluku Utara. Bareng Yuk Annie, Deddy Huang, Haryadi Yansyah, Mbak Zulfa 

Di Perayaan Ultah Tidore ke-909. Bareng Yuk Annie, Deddy Huang, Haryadi Yansyah, Mbak Zulfa 
 

Kilas Balik        

Beberapa tahun silam kami dipertemukan pada momen-momen baik yang manis untuk dikenang. 

Selanjutnya, beberapa kali melakukan kegiatan bersama. Pernah bepergian selama sembilan hari jelajah Maluku Utara, dari Ternate hingga Tidore. 

Pernah beberapa kali bolak-balik jelajah wisata Lampung. Dari Bandar lampung, Way Kanan, Krui, hingga Pulau Pisang. Pernah liburan bareng di Belitung. Pernah juga bersama di acara-acara sarat kesan lainnya.

Sejumlah momen bersama yang akhirnya menautkan kami pada hubungan baik, sebagai teman dan sahabat rasa saudara

Keseruan yang tak terlupakan

Bermain dan bergembira bersama

Memetik Manfaat Traveling Bareng    

Ada perkataan ulama yang dapat dipraktekkan untuk tujuan baik: "Kenali seseorang dengan safar" (perkataan tersebut dapat ditemukan dalam kitab Syarhul Mumthi’ ‘Alaa Zaadil Mustaqni’ karya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin Rohimahullah)

Secara sederhana aku menterjemahkannya dengan: Bepergian bersama atau berkegiatan bersama dalam durasi bukan sesaat.

Safar menurutku merupakan salah satu cara baik untuk tujuan yang dimaksud. 

Sependek aku pernah traveling rombongan dengan teman-teman yang baru kenal sekadarnya, maupun belum kenal sama sekali, aku sudah membuktikannya. 

Seluruh indra yang bekerja saat bepergian bersama, secara otomatis dapat mendengar, melihat, dan merasakan langsung teman jalan kita itu seperti apa dengan cara mengamati gelagatnya, pola bertindaknya, maupun responnya terhadap situasi. Hasilnya, kita jadi tahu karakternya. Sesederhana itu.

Mengetahui karakter seseorang bukan agar bisa sembarang menilai lalu mengomentari. Tapi untuk kita menyesuaikan diri dan membuat kendali pada diri supaya menghasilkan hubungan yang dewasa.

Dari ngetrip bareng itu jadi lebih kenal, dan kemudian secara alamiah menemukan siapa-siapa yang akhirnya menjadi sahabat.
Teman apa adanya 😂 -- Cobo Doe, Tidore 2017 (Yuk Annie, Deddy Huang, Mas Dwi, Mas Eko)

Perjalanan yang Mendewasakan    

Para pejalan berkata: "Perjalanan itu mendewasakan."

Karena perjalanan memang tak melulu tentang kesenangan dan keindahan, tapi juga tentang berbagai tantangan yang harus dihadapi. 

Bertemu orang-orang yang memiliki karakter berbeda. Bertemu berbagai kejadian dan peristiwa yang mungkin saja tak menyenangkan. Bertemu tempat-tempat baru dan tidak biasa ditinggali. Bertemu sekelompok orang dengan budaya dan tradisi berbeda. Bertemu berbagai hal baru.

Dari sanalah belajar. Belajar menjadi dewasa.

Mengenal karakter orang lain juga dapat menjadi jalan untuk menuju dewasa.

Jika bukan kita yang menjadi dewasa karena orang lain, setidaknya orang lain yang punya kesempatan menjadi dewasa karena kita.

Semenarik itu hasil sebuah perjalanan bersama 💕

Aku suka bergaul dengan Yuk Annie dan Deddy, menjadi sahabat keduanya bagiku berharga. Banyak serunya, lucunya, senangnya, dan tentu saja pernah terselip gak saling setuju dan sependapat, tapi tetap saling baik dan menjaga, tidak saling pergi, tidak menyakiti, apalagi mencelakai. 

Jika ada orang-orang yang menjadi spesial di hati sejak pertama kali bertemu, itu karena Tuhan yang menghendaki dan Tuhan pula yang mengatur caranya.

Krui Pesisir Barat Lampung bareng Yuk Annie, Deddy Huang, Haryadi Yansyah, Dian Radiata. Ada suamiku juga ikut serta.

Pulau Pisang Lampung. bareng Yuk Annie, Deddy Huang, Haryadi Yansyah, Dian Radiata. Suamiku yang motret.

Memuat kembali foto-foto lama kami, membuatku teringat sahabat-sahabatku yang lainnya. Mbak Dian, Yayan Omnduut, Mbak Zulfa, Mbak Lina, dan beberapa nama lainnya. Kangen ketemu dan kumpul. Tapi semuanya berjauhan😔

Aku menganut prinsip semua rasa baik itu adalah tentang ketulusan. Tak terkatakan, bahkan kadang tak keliatan, tapi ada, bisa dirasa. 

Ada dalam bentuk doa yang dipanjatkan.
Ada dalam bentuk kerinduan.
Ada dalam semua bentuk kebaikan yang tak bisa satu-satu dijabarkan.

Rindu yang membuncah, terpancar dalam pertemuan yang hangat, cerita yang tak berkesudahan dari Sabang sampai Merauke se-Indonesia Raya, canda dan tawa yang meledak... sungguh nyata. 


Minum Teh di Dewata Indonesia   

Perjalananku menuju Sarinah sebetulnya cukup jauh. Dari stasiun Rawa Buntu di BSD ke stasiun Tanah Abang aku naik KRL Commuter Line, moda transportasi yang tak diragukan lagi kemudahan dan kecepatannya. Selain itu, berbiaya sangat murah. 

Aku pernah cerita di blog ini tentang kesukaanku kini naik KRL Commuter Line, bisa dibaca di sini: Naik KRL Commuter Line dari BSD

Dari stasiun Tanah Abang lanjut naik taksi online. Jarak menuju Sarinah kurang lebih 3 kilometer. Waktu tempuh kurang lebih 10-15 menit saat kondisi macet masih dalam skala normal.

Yuk Annie naik bus dari Cikarang. Deddy naik ojol dari hotelnya di Cikini. 

Cuaca pagi itu agak kelabu, bahkan sempat gerimis. Kondisi ini yang membuatku setiba di Dewata Indonesia tidak memesan minuman dingin, melainkan minuman hangat Lemongrass Turmeric Honey

Sajian estetik Lemongrass Turmeric Honey membuat jiwa ngontenku menggelora. Kuajak Deddy dan Yuk Annie bekerjasama, bikin video minum teh! Gak pake lama, video reel minum teh estetik pun jadi 😂
Teko estetik, bikin kepingin punya 😄

Foto-Foto Gembira     

Kami tak berlama-lama di Restoran Dewata Indonesia. Sekadar singgah meluruh haus sebelum pergi ke Kikugawa Japanese Restaurant. Namun sebelum itu, tak lengkap rasanya jika tak berfoto-foto dulu di Sarinah. 

Berbekal kamera Zenfone 9, hobi jeprat-jepret yang gak berarti udah ahli ini langsung dilakukan dengan gencar. Tiap lantai ada spot bagus, jari ini langsung mencet tombol kamera. Cekrek!

Dari dalam hingga luar Sarinah jadi tempat foto.  

Sesama hobi mainan kamera, sesi foto di Sarinah ini jadi momen menyenangkan. 

Sarinah Thamrin

Sarinah Thamrin

Sarinah Thamrin

Sarinah Thamrin

Memori di Sarinah   

Sejujurnya, kunjunganku ke Sarinah kali ini membuka memori lamaku di tahun 90-an.

Kala itu masih gadis remaja beranjak dewasa, ber-KTP Jakarta. Masa-masa masih labil dan pecicilan, suka main dan belanja di tiga tempat berbeda yang amat memorable bagiku: Metro di Pondok Indah Mall, Seibu Pasaraya Blok M, dan Sarinah di Thamrin.

Cuci mata di Sarinah. Beli baju di Blok M. Beli sepatu dan tas di Pondok Indah. Entah kenapa saat itu aku menandai tempat-tempat itu untuk keperluan berbeda. Mungkin ada hubungannya dengan kondisiku saat itu yang belum bisa menghasilkan uang sendiri untuk belanja macem-macem 😂

Dulu aku tinggal di rumah kakek P di Ciputat. Dari sana naik bus warna kuning ke Tanah Abang, turunnya di Sarinah. Abis cuci mata di Sarinah langsung pulang, tapi ke rumah kakek Daniel di Pasar Minggu. Begitulah dulu. Kenangan weekend, jadwal cuci mata di Sarinah sekaligus jadwal main ke rumah kakek. Banyak ya kakekku😂

Setelah menikah, aku belum pernah ke Sarinah lagi, hingga bertahun-tahun kemudian saat aku jadi blogger, aku diundang acara yang bertempat di Sarinah. Aku tidak ingat tahun berapa, tapi sudah lama sekali, sebelum tahun 2015. Seingatku di acara itu aku bertemu Evrina dan blogger-blogger lainnya tapi aku lupa siapa saja.

Selepas acara itu, baru pada tgl. 5 Januari 2023 aku ke Sarinah lagi, saat janji temu dengan Yuk Annie dan Deddy. Sekaligus jadi momen pertamaku melihat Sarinah yang kini sudah tampil dengan wajah baru. 

Di Sarinah kali ini, aku membuat kenangan baru yang mungkin saja akan kukenang lagi berpuluh tahun kemudian. Seperti saat ini aku mengenang Sarinah di tahun 90-an. 

Video berikut ini akan jadi salah satu caraku mengingat kenangan manis di Sarinah kali ini. 


Kikugawa Japanese Restaurant   

"Rin, umur restoran Kukigawa itu seumuran dengan aku," ujar Yuk Annie.

Berhubung aku lupa tahun kelahiran yuk Annie (aku cuma ingat tanggal ultahnya hihi), aku langsung gugling umurnya Kikugawa. Taraaaa ketemu! 

Ternyata restoran yang berlokasi di Jalan Cikini IV No. 13 Jakarta Pusat itu sudah berdiri sejak tahun 1969. 

Selain merupakan restoran Jepang tertua di Jakarta, Kikugawa juga jadi restoran Jepang pertama di Indonesia. 

Aku sendiri belum pernah makan di Kikugawa. Begitu pun dengan Deddy, sama-sama baru kali ini. Lain halnya dengan Yuk Annie yang sudah beberapa kali makan di sana. 

Nah, kunjunganku di Kikugawa ini menjadi yang pertama dan terakhir kalinya. Sebab, bulan depannya, Kikugawa pindah lokasi. Beuh, baru juga datang udah mau pindah 😅

Yup, setelah 54 tahun restoran ini akhirnya pindah tempat. Lokasinya masih di jalan yang sama, hanya geser nomor saja. Dari yang awalnya di Jalan Cikini IV No. 13, pindah ke Jalan Cikini IV No. 20. Berjarak kurang lebih 200 meter dari lokasi lama.


Otentik dan Klasik  

Selama di restoran, aku sibuk ngobrol dengan Yuk Annie dan Deddy. Terlalu asyik, sampai gak sempat kepo soal restonya. Gak kepikiran mau ngorek-ngorek info ke orang-orang yang bekerja di resto. Jadi, saat aku butuh beberapa informasi mengenai resto untuk ditulis di sini, aku membaca berbagai sumber.

Menurut keterangan yang aku dapat, nama Kikugawa diambil dari nama pemilik restoran yaitu "Kiku" dan "Gawa" yang merupakan orang asli Jepang. 

Design klasik dan tradisional khas Jepang pada bangunan resto yang aku lihat hari itu, kabarnya tidak mengalami perubahan sejak awal berdiri. Berarti seperti itulah wujudnya sejak 54 tahun yang lalu, jauh sebelum aku lahir.

Lokasi resto bukan di jalan raya, tapi masih bisa diakses oleh kendaraan pribadi. Ada area parkir di bagian depan, tapi kapasitasnya sangat terbatas. Resto menyediakan musala untuk salat. 

Saat berjalan menuju pintu masuk, ada jembatan mini dari kayu dan gemericik air di kolam. Begitu masuk ke dalam, nuansa Jepangnya makin terasa karena hampir di seluruh sudut bangunan dihiasi dengan ornamen khas jepang yang didominasi dengan kayu dan bambu.

Seluruh menu yang tersedia merupakan menu makanan khas Jepang. Bahkan tampilan menunya pun masih klasik dan sederhana, bertuliskan dua bahasa yakni Inggris dan Jepang.  

Ambience restonya kental dengan suasana rumah tradisional khas Jepang, vibes-nya pun sangat tenang. 

Foto-foto di Resto Kikugawa. Kamera udah ready, orangnya belum. 

Foto-foto di Resto Kikugawa. Orangnya udah ready difoto 😂

Pilih Menu Set Biar Gak Bingung!  

Menurut info, buat yang pengen makan di sini weekdays, baik siang maupun malam, kudu reservasi dulu. Sedangkan di waktu weekend, resto gak terima reservasi. 

Kami datang hari Kamis, gak pakai reservasi dulu. Ternyata bisa langsung datang dan makan. Mungkin karena lagi gak ada yang reservasi? Bisa jadi.

Waktu ke sini aku pesan Kiku Set. Alasanku memilih menu set karena gak mau bingung dengan menu-menu satuan yang ada. Kalau satu set gitu udah sekalian, terdiri dari beberapa macam makanan.

Untuk Kiku Set seharga IDR 139K terdiri dari sashimi, tempura, yakitari, sukiyaki, miso soup, dan nasi. Karena isinya banyak, jadi ku-share dengan Deddy. Padahal saat itu aku lapar, kukira 1 set pun kurang, ternyata malah kebanyakan. Jadi, udah paling tepat berbagi dengan Deddy, biar gak mubazir.

Yuk Annie pesan Ume Set seharga IDR 169K. Isian set ini sama dengan Kiku Set yang aku pesan, bedanya ada Salmon Sushi dalam Ume Set.

Sementara itu, Deddy memesan menu bukan set, yakni Tempura Udon seharga IDR 87K.

Kami juga memesan Salmon Gyoza dan Tamagoyaki. 

Nah, Gyoza Salmon itu merupakan salah satu best seller-nya Kikugawa selain Chicken Curry, Udon Tenpura, dan Chako Salmon. 





Gak Pake Mahal!  

Soal harga, kuakui makanan di Kikugawa ini dibandrol dengan harga yang jauh lebih ekonomis dari restoran Jepang lainnya yang pernah aku kunjungi.

Lihat saja set menu Kiku termurah yang aku makan, dengan harga hanya IDR 139K udah dapat segitu banyak, mana enak-enak pula rasanya. Baru liat sajiannya saja sudah bikin lapar mata, apalagi setelah makan, langsung bikin nagih. Berhubung ukuran lambungku kecil aja nih, cepet penuh, susah buat makan banyak-banyak 😆

Aku puas makan di sini. 

Puas dari segi citarasa, gak ada yang gagal, ga ada yang bikin aku berjanji dalam hati: aku gak akan pesan ini lagi! Gak ada sama sekali. Yang ada malah nagih. Apalagi Salmon Gyoza nya itu, asli bikin aku pengen pesan berulang.

Aku mau ke Kikugawa lagi, kebetulan nanti udah di tempat baru. Semoga suasana dalam restonya lebih cerah dan benderang, gak bikin aku takut ke belakang😁

Makanan enak dan obrolan seru adalah dua faktor penyebab waktu berlalu tanpa terasa. Tahu-tahu sudah hampir 4 jam di restoran. Untung gak diusir wkwkw.

Awal datang baru satu meja terisi. Setelah kami datang, satu persatu meja yang masih kosong terisi hingga akhirnya gak ada sisa sama sekali. Ternyata memang serame itu pengunjungnya. 

Pastinya ada sejumlah keunggulan yang dimiliki restoran ini sehingga bisa bertahan lama lebih dari separuh abad. Yang pasti, restoran ini hebat tetap bisa mempertahankan keotentikannya.

Makanan habis, bojoku baru tiba. Tapi masih ada ocha yang bisa diminum. Jadi Mas Arif bisa ikut mencicipi pesanan kami, walau cuma ocha wkwk. 

Hot Ocha di sini dibandrol IDR 20K, bisa refill berkali-kali. Entah sampai berapa kali, yang jelas sampai kami mau pulang itu masih bisa refill 😅

Pertemuan yang menyenangkan sekali hari itu. Walau gak full seharian, alhamdulillah tuntas rindu bertemu yuk Annie dan Deddy. 


Sore itu, aku dan Mas Arif langsung pulang ke BSD. Tapi, usai nganter aku ke rumah, Mas Arif langsung balik kantor lagi wkwk. Datang ke Kikugawa memang cuma buat ketemu Yuk Annie dan Deddy 💕

Yup, bukan cuma aku yang dekat dengan Yuk Annie dan Deddy, suamiku juga. Deddy, Mbak Dian, dan Yayan, bagiku dan suami mereka udah kayak adek. Kalau Yuk Annie, oh udah jelas ayuk kami semua 😂

Setelah aku dan Mas Arif pergi, Yuk Annie dan Deddy lanjut ke tempat lain.

Semoga kami semua umur panjang, sehat selamanya, dan bisa berkumpul lagi dalam suasana baik seperti kali ini. 

10, 20, 30 tahun lagi, pertemuan kali ini akan selalu kukenang.

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

20 komentar

  1. Di setiap masa dan kisah perjalanan selalu ada kenangan manis untuk dikenang. Gak terasa ya Rien satu dekade sudah terlewatkan. Banyak perjalanan dan kesempatan yang kita lewati bersama dengan segala keseruan.

    Seperti sebuah legacy, tulisan ini pun akan selalu dikenang, seiring dengan persahabatan yang terus terjalin hingga kita renta. Terimakasih sudah menuliskan banyak cerita kita. Mudah-mudahan bisa menjadi jejak memorable yang akan terus terjaga.

    BalasHapus
  2. seru lihat foto2 kebersamaannya. Temen2 setia susah dicari, jadi keberadaan mereka di sekitar kita itu yg bikin bahagia ya? BTW, Kikugawa sekarang pindah lokasi, tapi gak jauh dari yang lama. Siapa tau mau ketemuan sama temen2nya di situ lagi :)

    BalasHapus
  3. Hi, besutiful photographer serasa ikut wisata bersama nih bunda menelusuri postingan panjang yg sangat menarik ini. Menang betul segala kebersamaan apapun dan bagaimana pun or ke manapun akan meninggalkan kesan dan kenangan yg mendalam dan akan tersimpan dlm memori hati dan pikiran utk jangka wkt tak terbatas aplg kebersamaan dengan orang2 yg kita sayangi.
    Kapan ya bunda bisa punya konten sebagus ini.

    BalasHapus
  4. Tidak kenal langsung dg mb rien, yuk ani, maupun ko deddy. Tapi membaca tulisan ini kok serasa ikut dalam kehangatan suasana reuninya yaaa... ditambah lagi foto2 yang kereeen. Ah yaaa, master semua gitu lhoo. Aku salfok sama foto2 masa lalunya mbaa...melayang-layang di udara euy...bayanganku malah bukan lagi lompat, tapi kayak lagi prngabilan adegan utk film, ditarik pakaibtali gitu hihihi

    Btw...makanan jepangnya terasa menggoda. Per setnya banyak yaaa...worth it bgt

    BalasHapus
  5. Semoga persahabatan mbak RIen dkk tak lekang dimakan zaman. Jalinan silaturahmi memang ga ada yang selurus jalan tol, semanis gula atau selembut pantat bayi (Ibaratnya kan gitu hehe). Ada marahannya, banyak senangnya, kadang ada rasa sebal dan kesal, namun pasti akan berbaikan dan ceria kembali Soal resto Jepang Kikugawa, pertama kali baca artikel mbak Fanny sih. Aku jadi penasaran meskipun aku bukan penggemar masakan Jepang. Kalau Sarinah, iya seru dan asyik kulinerannya ya, ga bosan2 deh.

    BalasHapus
  6. Hai Rien, ternyata wong kito galo ya? Aha, aku pernah liburan ke Plaju Palembang selama sebulan kebetulan paman kerja di Pertamina Plaju. Asik nian ya. Aku kebetulan belum pernah bertemu langsung dengan Ayuk Annie dan Deddy Huang. Menyenangkan sekali ya liburan bersama, fotonya keren-keren loh

    BalasHapus
  7. memang perjalanan merupakan salah satu cara untuk mengenal aslinya seseorang ya, mbak dan bahkan kalau cocok bisa awet banget persahabatannya. penasaran juga nih saya sama restorannya soalnya umurnya yang sudah setengah abad gitu pasti enak banget makanya bisa bertahan sampai sekarang

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ya mbak, memiliki sahabat-sahabat baik. Walau pernah nggak sependapat, tapi tak jadi alasan untuk saling menjauh, tapi malah bisa menempatkan diri masing-masing dengan sangat baik.

    Duh beruntung sekali, walau datang di hari Kamis ke Kikugawa dan belum reservasi, tapi bisa menikmati menu di sana. Berkah ingin menjamu sahabat baik ini.

    BalasHapus
  9. MasyaAllah, seneng lihat kekompakan persahabatan Mbak Rien. Keliatannya seru sekali.
    Memang ya, dalam sebuah perjalanan itu kita biasanya kita bisa melihat sifat asli seseorang. Kalau cocok jadi bisa sahabatan terus, ya...
    Lihat menu di Kikugawa jadi lapeer, kayaknya enak semuanya, deh! :)

    BalasHapus
  10. Aamiin untuk doanyaaa. Semoga berumur panjang dan sehat selalu. Terlihat seru banget persahabatannya. Udah melalui banyak perjalanan dan safar bersama memang jadi lebih akrab dan jadi terasa seperti saudara ya mbaak. MasyaAllah

    BalasHapus
  11. Seru banget mba, seneng ya bisa temu kangen sahabat sambil jalan-jalan. Kayaknya ga cukup waktunya ya, pengen masih lanjut. Pasti belum cukup bercerita

    BalasHapus
  12. what a day ya mba... dan memang selalu menyenangkan saat kita bisa ketemu dengan teman - teman yang lama tidak ketemu. Btw aku kalau lagi di Jakarta suka ke Kikugawa karena dekat banget dari kantor dan makanannya memang juara. Salah satu menlu kita suka banget juga makan di sini hehehe

    BalasHapus
  13. Aku membayangkan kalau ada di situ bersama kalian!
    What a day!

    Sungguh terberkati kalau memiliki BFF ya, Mbak Kate.

    Menurutku, punya 1 BFF lebih baik daripada 1000 teman yang penuh topeng.
    Hihihi.

    I am so happy for your friendship.
    Barokallah.

    BalasHapus
  14. aku dong awal buka ini kaget, lah ini kok ada koh Ded di Emak Blogger wakakakaa... Aku sampai make sure ke nama blognya, oh mbak Rien lagi jumpa dengan koh Deddy ternyata. Seru banget ini pasti temu kangennya ya mbak, apalagi bisa jalan-jalan sambil menikmati kota Jakarta. Mon maap ini agak salfok ya sama bokehnya Asus, kok cakep amatan sih mbak Rien? Gak mau ngasih aku Asus apa nih? Heheheee

    BalasHapus
  15. Amiiin 3x sejatinya usia kita ga pernah tau ya mbaa Rien, jadi paling seneng kalau ada teman jauh datang dibela2in ajak ketemuan.

    Sarinah sekarang sudah banyak berubah ya mbaa, aq juga pangling sama mupeng dengan resto Jepang Kiku gawa jadi pengeen mampir kesana next aah mau ajak anak2.

    BalasHapus
  16. Senangnya bisa temu kangen sama teman ya mbak Rien
    Apalagi sambil kongkow di tempat yang cozy dan menikmati makanan enak
    Pasti banyak ngobrolin hal-hal seru juga

    BalasHapus
  17. Vibes traveller blogger terasa sampai ke pembaca. Sungguh persahabatan luar biasa.. mau bilang kaya kepompong, tapi keknya lebih sih ya.. Hehhe, biasanya temen uda sering jalan bareng tuh uda kenal banget banget karakternya.

    candaannya uda klik..
    Dan serunya, bisa terus sambung silaturahm.

    Jadi blogger saklawase..
    Eh, konco saklawase.. kek lagunya NCT Dream "BEST FRIEND EVER".

    BalasHapus
  18. Pertemuan yang manis ya mbak, bersama dengan sahabat yang saling memahami, mengerti dan banyak kenangan jalan bareng itu bikin kangen yaa. Alhamdulillah bisa jumpa lagi yaa. Fotonya kece-kece, suka banget dengan hasil foto mbak Rien.

    BalasHapus
  19. Seru sekali perjalanan tiga sekawan ini. Bisa dicontoh anak muda bahwa bekerja sama (baca: traveling bersama) untuk hasil positif itu bisa jadi aktivitas menyenangkan. Buktinya jadi satu artikel panjang tanpa ingin selesai rasanya...

    BalasHapus
  20. Seru ya Mbak, ngumpul bareng sahabat gini, waktu kayak cepet berlalu aja. Terus, foto-fotonya juga kece 😍😍😍

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!