ASUS ExpertBook B3000, Laptop Detachable Ditenagai Qualcomm Snapdragon 7c Gen2

ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop detachable dengan Qualcomm Snapdragon 7c Gen2 pertama di Indonesia. 

Telah diluncurkan secara resmi pada tgl. 23 November 2022 lalu, di Hotel Raffles, Ciputra World, Jakarta.

Kebetulan diundang oleh ASUS Indonesia, jadi saya bisa hadir di acara peluncuran. Acaranya meriah, dihadiri oleh banyak tamu undangan, dan saya dengar ada kepala sekolah dari beberapa sekolah. 

Kenapa ASUS mengundang para kepala sekolah segala? Karena, laptop yang diluncurkan adalah laptop untuk pendidikan. Laptop yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

di yellow carpet ASUS ExpertBook B3000 😂

Saya surprise dengan gaya acara peluncuran laptop kali ini, beda dari biasanya. Mungkin karena mengusung tema pendidikan, jadinya serba bernuansa sekolah.

Mulai dari pembawa acara yang berpenampilan ala guru, tempat duduk undangan yang disetel menyerupai ruang kelas lengkap dengan meja yang di atasnya sudah disediakan alat tulis dan papan jalan magnet, hingga pengisi acara sesi hiburan stand up comedy pun mengenakan pakaian siswa SMA.

Gak sampai di situ saja. Sesi kuis berhadiah juga dikemas ala tugas siswa sekolah. Yakni menjawab soal yang diberikan dengan cara menuliskannya di papan tulis magnet. Setiap soal langsung dijawab dan jawabannya langsung diperiksa oleh para pengawas ujian yang mondar-mandir di antara para undangan yang mendadak jadi murid sekolah. Siapa pengawasnya? Orang-orang ASUS lah 😂

MC berpenampilan ala guru

para dancer dengan kostum ala siswa 

Stand Up Comedy Dicky Difie

Sesi Ujian 😂

Di tengah kemeriahan acara peluncuran itu, tentu yang paling dinanti-nanti adalah penampakan ExpertBook B3000 beserta informasi lengkap mengenai si laptop, terutama harganya. 

Nah, seperti apa laptopnya?

“ASUS sangat mengerti bahwa di era modern seperti saat ini perangkat komputasi dengan mobilitas tinggi semakin dibutuhkan. ASUS ExpertBook B3000 adalah jawaban kami atas kebutuhan tersebut,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia.

ExpertBook B3000 tidak hanya memiliki desain detachable yang fleksibel, tetapi juga desain yang ringkas dan ringan, serta memiliki daya tahan baterai yang panjang. Fitur tersebut menjadikan laptop ini perangkat yang tepat untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.”


Performa Mumpuni  Berkat Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2

Berbeda dengan laptop pada umumnya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang dikenal sangat hemat daya sehingga dapat digunakan seharian.

Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform juga dibekali dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. 

Daya Tahan Baterai Panjang

Meski memiliki performa komputasi yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari, chip grafis Qualcomm® Adreno™ GPU 618 tetap tampil sangat efisien saat bekerja dan memungkinkan ExpertBook B3000 untuk dapat beroperasi menggunakan baterai dalam jangka waktu yang lebih panjang.



Sistem operasi Windows 11

ASUS ExpertBook B3000 menyajikan pengalaman penggunaan mirip dengan perangkat mobile. Meski demikian, ExpertBook B3000 tetap tampil sebagai laptop yang ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. 

Sistem operasi terbaru tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi penunjang produktivitas sehari-hari sehingga memastikan aktivitas penggunanya dapat berjalan tanpa kendala.


Desain Detachable: Portabel Sekaligus Fleksibel

Keunggulan utama ExpertBook B3000 ada pada portabilitas dan fleksibilitasnya. 

Karena, ExpertBook B3000 didesain sangat ringkas dan ringan dengan bobot hanya 590 gram serta ketebalan hanya 0,9 cm. Berkat bobot serta dimensi tersebut, ExpertBook B3000 dapat tampil sebagai laptop yang sangat portabel serta mudah untuk dibawa bepergian.


Karena desainnya detachable, ExpertBook B3000 dapat digunakan secara fleksibel sebagai tablet maupun laptop. 

Keyboard ExpertBoard yang telah disediakan di paket penjualannya memungkinkan pengguna ExpertBook B3000 menggunakan sistem magnet sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas. 

Keyboard tersebut juga dirancang nyaman untuk digunakan dengan key travel 1,5 mm. Sementara di bagian belakang bodinya terdapat ExpertStand cover yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan agar ExpertBook B3000 dapat digunakan layaknya sebuah laptop. Menariknya, ExpertStand cover memiliki dua mode dudukan yang memungkinkan ExpertBook B3000 dapat digunakan secara vertikal maupun horizontal.


ExpertBook B3000 menggunakan layar sentuh (touchscreen) supaya kita dapat dengan mudah melakukan navigasi saat digunakan sebagai tablet. 

Selain fitur layar sentuh, laptop ini dilengkapi pula dengan sebuah stylus yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus pada bodi ExpertBook B3000. 

Menariknya nih, saat disimpan di kompartemennya, stylus otomatis melakukan pengisian daya. Pengisian dayanya juga sangat cepat yaitu hanya butuh 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.


ExpertBook B3000 memiliki kamera yang ditempatkan sejajar dengan layar seperti laptop pada umumnya.

Selain itu, ExpertBook B3000 juga dilengkapi dengan kamera tambahan dengan resolusi 13MP yang menghadap ke bagian belakang layarnya. 

Kamera tersebut memungkinkan kita untuk dapat mengambil gambar dan merekam video secara lebih mudah seperti halnya menggunakan smartphone.


Fitur Lengkap untuk Belajar dan Bekerja

Kamu pelajar, atau pekerja kantoran, laptop ini sangat tepat untukmu yang punya mobilitas tinggi!

Kenapa? Sistem audionya canggih euy!

ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur modern salah satunya adalah AI noise cancellation. 

Fitur tersebut memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI), sehingga kita dapat berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti sesi online conference atau online meeting

Kita juga dapat mematikan mikrofon dengan mudah melalui tombol khusus yang terdapat di keyboard-nya.


Teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) 

Kamera ExpertBook B3000 juga dirancang agar lebih nyaman saat dalam sesi video conference dengan dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan. 

Teknologi tersebut juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Teknologi ASUS WiFi SmartConnect

ExpertBook B3000 juga telah dilengkapi dengan WiFi yang didukung oleh teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Teknologi tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. 

Bluetooth® 5.1

Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.

 

Laptop yang Aman Untuk Kesehatan 

ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh 16:10 (1920 x 1200) dan telah tersertifikasi low blue light  oleh TÜV Rheinland. 

Artinya, layar ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang minim sehingga tidak merusak Kesehatan mata dalam jangka waktu panjang. Spesifikasi layar tersebut sangat penting khususnya bagi pelajar dan pekerja yang bisa menggunakan ExpertBook B3000 dalam jangka waktu panjang dalam kegiatan sehari-harinya.


ASUS Antibacterial Guard

Ini nih salah satu yang bikin aman untuk kesehatan. Yakni ASUS Antibacterial Guard.

Ga anak-anak, remaja, orang dewasa pun kalau pakai laptop kadang sambil makan sesuatu, minum sesuatu, yang kadang remahannya tuh jatuh di atas laptop, nyelip di antara tombol keyboard.

Nah, keyboard ExpertBoard di ExpertBook B3000 dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam. 

ASUS Antibacterial Guard telah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196. ASUS Antibacterial Guard memastikan ExpertBoard yang merupakan bagian yang paling banyak disentuh oleh pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya.

 

Laptop yang Kamu Beli Dilindungi ASUS Expert Warranty

Setiap pembelian laptop ASUS ExpertBook B3000  yang didistribusikan secara resmi di Indonesia otomatis akan mendapatkan garansi perbaikan 1 tahun. Namun garansi ini berlaku apabila kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian pengguna. 

Selain garansi resmi tersebut, ASUS melengkapi layanan untuk pengguna laptop ExpertBook B3000 dengan memberikan ASUS Expert Warranty. 

Program ASUS Expert Warranty hadir dengan keuntungan utama yaitu tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. Melalui program ASUS Expert Warranty, pengguna ExpertBook B3000 dapat lebih terlindungi dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak disengaja.


Pada saat peluncuran, ASUS Online Store menawarkan ExpertBook B3000 dengan harga spesial hanya Rp 6 JUTAAN dan kesempatan mendapatkan Baseus Encok WM01 Plus True Wireless Bluetooth TWS, hanya sampai 30 November 2022.

Saat ini harga jual ExpertBook B3000 sudah kembali normal menjadi Rp 7.399.000,- / unit



Main Spec.

ExpertBook B3000

CPU

Qualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)

Operating System

Windows 11 Home in S Mode

Memory

8G LPDDR4X on board

Storage

128G eMMC

Display

10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%

Graphics

Qualcomm® Adreno™ GPU 618

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1

Camera

5.0 MP front-facing camera

13.0 MP world-facing camera

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone

Battery

38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm

Weight

590 gram

Price

Rp7.399.000

Warranty

1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty


ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering


Kemeriahan menyambut hadirnya ASUS ExpertBook B3000 Detachable ternyata ga berhenti di acara peluncuran saja. 

Pada hari Sabtu tgl. 3 Desember 2022, di Hotel Aloft Jakarta Wahid Hasyim, ASUS Indonesia mengadakan ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering.

Pada acara gathering ini, ASUS mengundang komunitas blogger dan komunitas komunitas Snapdragon Insider. Meriah! 😍


Nah ngomong-ngomong soal Snapdragon nih, pastinya yang spesial karena ASUS menghadirkan Pak Dominikus Susanto, beliau Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia.

Dalam presentasinya, Pak Dominikus Susanto mengajak kami paham soal Snapdragon Qualcomm 7c Gen2 yang jadi tenaganya si ASUS ExpertBook B3000 yang hadir sebagai laptop fleksibel dengan daya tahan baterai panjang ✅


ASUS mengajak para blogger berkenalan lebih dekat dengan ASUS ExpertBook B3000 melalui presentasi sangat mendalam dari Danu, teknikal produk laptop ASUS Indonesia. 

Buat saya yang tgl 23 November lalu sudah hadir di acara launching ExpertBook B3000, jadi makin ngerti aja nih soal laptop ini, walaupuuun tetap saja kalah di sesi kuis Kahoot berhadiah😂 (aku tuh ngalah lho biar yang lain menang) 🤣🤣


Acara gathering dimeriahkan dengan kuis dan kompetisi berhadiah gak kaleng-kaleng! 

Ada 1 unit ExpertBook B3000 buat juara 1 lomba video reel, dan voucher OVO 1 juta dan 500K untuk juara 2 dan 3. 

Para pemenang Kahoot mendapatkan hadiah berupa voucher OVO. 

Emang deh ASUS kalau bikin acara selalu bertabur hadiah. Selamat bagi yang beruntung 🎉

Seneng bisa berpartisipasi di acara gathering ASUS kali ini. 

Gak cuma jadi yang duluan dapat informasi berguna mengenai teknologi produk laptop terbaru, tapi juga berkesempatan dapat hadiah keren, ketemu dan kumpul dengan teman sefrekuensi yang hebat-hebat di bidang digital creator, dan pastinya ada kesempatan untuk selalu menambah ilmu dan wawasan baru dari ASUS. 

Zencreator ASUS Affiliate Program: Dapatkan komisi sampai dengan 20 juta rupiah!


Zencreator bekerjasama dengan ASUS Online Store memperkenalkan sebuah program baru untuk yang ingin mempunyai penghasilan tambahan!

Cukup join Affiliate Program dari ASUS Indonesia, dan sebarkan kode voucher affiliate kamu ke kanal-kanal pribadimu. Setiap penggunaan voucher, kamu akan berhak mendapatkan komisi s/d Rp20 juta per bulan!

Nah, menarik bukan? Lalu, gimana caranya untuk mendaftar? Gampang banget! Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka Zencreator.ID dan daftar sebagai member : https://www.zencreator.id/register
  • Isi form pendaftaran Afiliasi ASUS : bit.ly/DAFTARAFILIASIASUS
  • Bila kamu terpilih, Tim ASUS akan segera menghubungimu!
  • Saatnya daftar menjadi Affiliator ASUS dan dapatkan penghasilan tambahan!


JOIN ATOM COMMUNITY NOW!

Kabar baik nih. Kini kami para content creator punya kesempatan bergabung di ATOM Community, komunitasnya para content creator IG dan Tiktok punya ASUS yang dikoordinir oleh tim komunitas PR Asus Fadhil 🤩

Jadi, bagi kalian yang merasa dirinya adalah seorang TikTokers atau Instagram Influencer, ayo gabung di kanal komunitas resmi ASUS TikTok and Instagram Community (ATOM) dan dapatkan berbagai macam benefitnya seperti:
  • akses eksklusif untuk produk terbaru dari ASUS 
  • mengikuti kompetisi internal komunitas
  • berhak mengikuti affiliate program maupun workshop/seminar,
  • dan masih banyak lagi!
Nah, menarik bukan? Lalu gimana caranya untuk mendaftar? Gampang banget:
  • Buka Zencreator.ID dan daftar sebagai member
  • Klik https://bit.ly/ATOMCommunity
  • Isi form yang tersedia
  • Tunggu konfirmasi dari tim ASUS
Dengan ATOM Community, ASUS berharap akan bisa ikut membantu untuk mencapai titik optimal kita sebagai content creator dari segi individu maupun komunitas! 

Together, we create!

Keren banget!

Thanks Asus dan seluruh rekan bloggers untuk keseruannya!

Berikut foto-foto dari acara ExpertBook B3000 Detachable Gathering:






Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion

Leave your message here, I will reply it soon!