Menyaksikan Jajaran Laptop ROG Zephyrus Terbaru dari ASUS

21.34

Jajaran Laptop ROG Zephyrus Terbaru 

Setelah penerapan PPKM darurat sangat ketat di Jakarta yang berlaku sepanjang Juli hingga Agustus, akhirnya pada pertengahan bulan September mulai melonggar, dan levelnya berangsur turun. 

Dengan adanya penurunan level PPKM, melambatnya laju jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19, dan disertai dengan meningkatnya jumlah warga yang melakukan vaksin, membuat situasi yang tadinya serba mengkhawatirkan, mulai tenang kembali. Sejumlah event offline pun mulai digelar kembali namun masih dengan pembatasan. 

Event offline terakhir yang saya hadiri adalah event gathering ASUS Indonesia pada bulan Juni 2021 di FX Senayan. Setelah itu saya tidak pergi ke event mana pun lagi, sibuk bersembunyi di rumah menghindari penyakit. ASUS juga tidak menggelar event offline sepanjang Juli sampai Agustus, semua acaranya serba online, mengikuti kebijakan pemerintah.

ASUS Indonesia baru mengadakan event offline kembali pada tgl. 26 September 2021, bertajuk ROG Born Champions (with Intel) Media Gathering, digelar di Hotel Mercure Jakarta Sabang. 

Saya hadir bersama Alief Onedox. Pastinya saya senang bisa datang ke event lagi, melihat jajaran laptop ROG Zephyrus terbaru, dan bertemu dengan teman-teman sesama blogger, ada youtuber, dan juga dari kalangan media.

ROG + Intel
Presentasi Produk oleh Mas Firman dan Mas Danu
Hadir di acara adalah media, blogger, dan youtuber

Saya datang bersama Alief Onedox

Jumpa kawan blogger dong pastinya, Eko Blogger dan Tyar Blogger

ROG Zephyrus S17 dan ROG Zephyrus M16

Hands on ROG Zephyrus G14 Special Edition Alan Walker

Dalam acara yang digelar kurang lebih 2 jam tersebut, sejumlah laptop ROG Zephyrus terbaru diperkenalkan kepada kami, di antaranya:

  • ROG Zephyrus M16 (GU603) dan 
  • ROG Zephyrus S17 (GX703).

Kedua laptop tersebut sama-sama ditenagai oleh prosesor intel terbaru.

ROG Zephyrus M16 (GU603) merupakan Laptop Gaming 16-inci yang minimalis, tapi powerful, dan serba bisa. 

Ultra-slim Bezel membuat ROG Zephyrus M16 dapat tampil dengan screen-to-body ratio 94% yang dibalut dalam bodi ultra-tipis.

Sementara ROG Zephyrus S17 (GX703) merupakan laptop gaming premium dengan mekanisme keyboard unik. 

Mekanisme keyboard khusus yang memaksimalkan pendinginan membuat ROG Zephyrus S17 dapat terus menghadirkan performa optimal. Laptop satu ini juga disebut sebagai Rajanya Laptop Gaming. 



ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus S17

Hal-hal yang perlu kamu ketahui dari Laptop ROG Zephyrus M16

1. ROG Zephryus M16 adalah Laptop Gaming 16-inci Pertama di DuniaSelain mengusung layar yang lebih besar, yaitu 16-inci, ROG Zephyrus M16 (GU603) berhasil tampil dengan dimensi bodi yang lebih ringkas dari pendahulunya yang menggunakan layar 15-inci.

2. ROG Zephyrus M16 (GU603) hadir dengan fitur Super Narriow Bezel di empat sisi layarnya. Berkat bezel yang sangat tipis (hanya 4,6mm) di empat sisi layarnya, keseluruhan dimensi bodi ROG Zephyrus M16 (GU603) dapat dipangkas secara drastis sehingga menghadirkan laptop gaming dengan layar 16-inci namun memiliki bodi yang lebih kecil dari laptop gaming 15-inci.

3. ROG Zephyrus M16 (GU603) tampil sebagai laptop gaming dengan screen-to-body ratio paling besar saat ini, yaitu hingga 94%. Berkat screen-to-body ratio yang besar tersebut, pengalaman gaming bisa menjadi lebih immersive dengan tampilan hampir tanpa pembatas.

4. Laptop gaming ini juga tergolong tipis dan ringan. Ketebalannya tidak sampai 2cm dan bobotnya hanya 1,9Kg membuat ROG Zephyrus M16 (GU603) sangat portabel dan nyaman untuk dibawa bepergian serta bekerja, apalagi layarnya dapat dibuka hingga 180 derajat.

5. ROG Zephyrus M16 (GU603) tidak hanya sekadar mengusung layar 16-inci. Layar tersebut memiliki resolusi WQXGA (2560x1600) atau lebih besar dari sebagian besar laptop gaming yang beredar di pasar Indonesia saat ini yang masih menggunakan layar beresolusi Full HD (1920x1080). Manfaat menggunakan layar WQXGA tentu saja dapat meningkatkan pengalaman ketika bermain game.

6. Layar ROG Zephyrus M16 (GU603) juga tergolong kencang dengan refresh rate 165Hz, response time 3ms, dan telah dilengkapi dengan teknologi Adaptive-Sync untuk mengeliminasi efek screen tearing dan stuttering. Spesifikasi tersebut merupakan yang paling kencang untuk panel WQXGA dan masih sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan gamer, termasuk para penggemar eSports.

7. ROG Zephyrus M16 (GU603) mengusung teknologi audio terkini yang dirancang khusus untuk gaming dan multimedia. Dari sisi hardware, ROG Zephyrus M16 (GU603) mengusung enam speaker khusus yang terdiri dari dua tweeter dan empat woofer. 

8. ROG Zephyrus M16 (GU603) menggunakan konfigurasi Dual Force-Cancelling Woofer yang memungkinkan laptop gaming ini untuk dapat mereproduksi suara bass di frekuensi yang lebih rendah. Berkat konfigurasi tersebut, detail suara dapat disajikan secara lebih kaya bahkan dapat mereproduksi efek suara spasial layaknya di home theatre ataupun bioskop. Dukungan software untuk keenam speaker tersebut juga sudah sangat optimal, yaitu melalui teknologi Dolby Atmos yang membuat setiap detail suara dapat dihadirkan dengan sangat baik beserta arah sumber suaranya, membuat sesi gaming dan menikmati konten multimedia menjadi lebih immersive.

9. ROG Zephyrus M16 (GU603) juga telah dilengkapi dengan 3D Mic Array sebagai sarana komunikasi penggunanya. Tidak hanya di game, 3D Mic Array di ROG Zephyrus M16 (GU603) mampu menangkap suara secara lebih baik daripada mikrofon konvensional di laptop lainnya sehingga dapat dimanfaatkan juga untuk kebutuhan conference call.

10. ROG Zephyrus M16 (GU603) dilengkapi dengan teknologi 2-Way Active Noise Cancelling. Teknologi tersebut memungkinkan suara bising dan suara mengganggu lainnya untuk dapat disaring sehingga pengguna ROG Zephyrus M16 (GU603) dapat mendengar dan mentransmisikan suaranya dengan sangat jelas. Hebatnya lagi fitur ini tidak memakan banyak performa seperti halnya solusi noise cancelling lainnya. 

11. ROG Zephyrus M16 (GU603) dibekali dengan keyboard kelas gaming. Keyboard yang terpasang di ROG Zephyrus M16 (GU603) memiliki travel distance 1,7mm dan telah dilengkapi dengan Overstroke Technology untuk proses input yang lebih cepat dan presisi. Karena menggunakan Stealth Type Keyboard, pengguna ROG Zephyrus M16 (GU603) juga tidak perlu khawatir akan mengganggu orang lain ketika mengetik karena suara yang dihasilkan oleh keyboard ini saat digunakan sangat rendah yaitu hanya 30db.

12. ROG Zephyrus M16 (GU603) dilengkapi dengan empat tombol tambahan sebagai tombol pintasan ke aplikasi Armoury Crate serta kontrol untuk volume dan mikrofon. Sementara di ujung kanan atas keyboard terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai pembaca sidik jari (fingerprint sensor). Pembaca sidik jari tersebut sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

13. ROG Zephyrus M16 (GU603) memiliki touchpad yang sangat besar, dengan ukuran 20% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga mempermudah penggunanya untuk mengontrol ROG Zephyrus M16 (GU603) secara lebih presisi meski tanpa menggunakan mouse. 

14. ROG Zephyrus M16 (GU603) dilengkapi dengan berbagai jenis port dan konektivitas yang sangat lengkap baik kabel maupun nirkabel. "Dongle life" tidak akan menjadi bagian dari kehidupan pengguna ROG Zephyrus M16 (GU603).

15. Port seperti USB 3.2 Type-A, HDMI 2.0b dan 3.5mm combo audio tetap hadir di ROG Zephyrus M16 (GU603). Port RJ45 untuk konektivitas gigabit ethernet juga masih dipertahankan. ASUS bahkan menyematkan pembaca kartu MicroSD di bagian samping kanan ROG Zephyrus M16 (GU603) kali ini.

16. ROG Zephyrus M16 (GU603) dilengkapi kamera yang diposisikan di bezel bagian atas. Kamera yang digunakan di ROG Zephyrus M16 (GU603) telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR yang memungkinkan proses noise reduction dapat dilakukan secara labih baik. Hal tersebut memungkinkan pengguna ROG Zephyrus M16 (GU603) dapat tetap melakukan live streaming atau video conference menggunakan kamera terintegrasinya meski dalam kondisi minim cahaya.

17. ROG Zephyrus M16 (GU603) dilengkapi dengan CPU terbaru, yaitu High Performance 11th Gen Intel Core dengan varian tertingginya yaitu Intel Core i9-11900H. CPU dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread tersebut merupakan prosesor paling ideal untuk gaming dan content creation mengingat kecepatannya dapat dipacu hingga 4,9GHz.

18. CPU Intel Core i9-11900H juga dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi Intel Xᵉ Graphics yang sangat hemat daya dan dapat diaktifikan secara otomatis saat pengguna sedang tidak menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa GPU ekstra. 

Menemani CPU powerful tersebut adalah GPU NVIDIA GeForce RTX 3000 Series dengan versi tertinggi yang digunakan oleh ROG Zephyrus M16 (GU603) adalah RTX 3060. Gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan GPU yang satu ini berkat popularitasnya yang dikenal sebagai GPU ideal dengan performa kencang, konsumsi daya rendah, dan cukup terjangkau. 

RTX 3060 juga sangat mumpuni untuk para content creator. GPU tersebut telah dilengkapi dengan CUDA core yang dapat digunakan untuk mengakselerasi proses encoding, serta Tensor core yang dapat dimanfaatkan untuk mengakselerasi simulasi efek cahaya realistis saat rendering. ASUS bahkan menyematkan teknologi ROG Boost yang memungkinkan GPU untuk berjalan lebih kencang di frekuensi hingga 1425MHz.

19. ROG Zephyrus M16 (GU603) juga hadir dengan teknologi penyimpanan terbaru yang memanfaatkan jalur data PCIe 4.0. Berkat M.2 NVMe PCIe 4.0 x4 SSD, ROG Zephyrus M16 (GU603) dapat memiliki kecepatan baca hingga 7GBps atau sekitar dua kali lipat dari PCIe SSD 3.0 yang digunakan di generasi sebelumnya. Ditambah dengan RAM DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB, ROG Zephyrus M16 (GU603) juga merupakan salah satu mesin multitasking terbaik saat ini.

20. Terdapat port Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi yang dapat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mengkoneksikan perangkat eksternal berperforma tinggi hingga menghubungkan monitor eksternal beresolusi tinggi. Port Thunderbolt 4 tersebut juga sudah didukung teknologi USB power delivery dengan daya hingga 100W. Artinya, ROG Zephyrus M16 (GU603) juga bisa diisi daya baterainya menggunakan adapter USB Type-C yang ukurannya lebih ringkas serta portabel. Adapter tersebut juga telah disediakan oleh ASUS di dalam paket penjualannya. Daya tahan baterai laptop ini juga cukup awet dan mampu bertahan selama 5 jam pada pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office.

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16


Hal-hal yang perlu kamu ketahui dari Laptop ROG Zephyrus S17

1. ROG Zephyrus S 17 (GX703) menggunakan teknologi AAS+ yang memungkinkan bagian keyboard terangkat dan memberikan rongga udara ekstra untuk sistem pendinginnya. 

Teknologi AAS+ menggunakan mekanisme unik, dimana dua buah engsel didesain khusus sehingga menghubungkan layar, modul keyboard, dan bodi utama dari laptop ini. Dengan demikian, keyboard di ROG Zephyrus S 17 (GX703) dapat langsung terangkat secara otomatis ketika layarnya dibuka atau laptop sedang digunakan. Ini membuat AAS+ tampil sebagai mekanisme yang kompleks namun sangat mudah digunakan. 

Mekanisme AAS+ juga dapat meminimalisir kesalahan pengguna karena saat layar laptop ditutup, modul keyboard-nya juga akan ikut kembali ke posisi semula. Satu lagi keunggulan mekanisme AAS+ adalah membuat pengalaman mengetik di ROG Zephyrus S 17 (GX703) lebih nyaman karena keyboard dengan posisi miring terbukti lebih ergonomis.

2. ROG Zephyrus S 17 (GX703) tampil lebih istimewa berkat optical mechanical switch yang diusungnya. TIdak hanya memiliki tactile feel yang lebih baik dari keyboard membran, optical mechanical switch pada keyboard ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga sangat tahan banting dan mampu bertahan hingga 100 juta kali tekan. Tentu saja sebagai keyboard untuk laptop gaming premium, setiap switch terhubung dengan fitur anti ghosting berteknologi N-Key Rollover.

3. ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga masih tampil sebagai laptop gaming yang ringkas. Ketebalannya ada di angka 1,99cm dengan bobot 2,6Kg. Bobot dan dimensinya memang bukan yang paling ringan dan ringkas, namun untuk sebuah laptop gaming yang mengusung layar 17-inci, spesifikasi tersebut termasuk portabel dan mudah untuk dibawa bepergian. 

Saat dibawa bepergian, pengguna ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga tidak perlu khawatir. Laptop gaming ini memiliki kualitas rancang bangun yang sangat baik dengan seluruh chassis-nya terbuat dari bahan logam yang sangat tangguh.

4ROG Zephyrus S 17 (GX703) menggunakan layar beresolusi WQHD dengan refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Spesifikasi layar tersebut jelas sudah cukup bagi sebagian besar gamer untuk menikmati game kompetitif, apalagi dengan dukungan response time 3ms. Gamer pun tetap dapat memainkan game dalam framerate yang tinggi serta menikmati tampilan yang sangat responsif.

5. Layar ROG Zephyrus S 17 (GX703) telah dilengkapi dengan teknologi G-Sync. Teknologi tersebut memastikan pengalaman gaming tanpa efek stuttering dan tearing di ROG Zephyrus S 17 (GX703). Teknologi ini juga didukung oleh Advanced Optimus Technology yang memungkinkan G-Sync untuk dimatikan saat laptop tidak digunakan untuk gaming.

6. Untuk para content creator, layar ROG Zephyrus S 17 (GX703) telah mampu mereproduksi warna hingga 100% pada color space DCI-P3. Kemampuan tersebut penting bagi para content creator, apalagi mereka yang telah sangat serius dalam berkarya, karena DCI-P3 merupakan standar yang digunakan oleh industri perfilman saat ini. Tidak hanya itu, layar ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga mampu mereproduksi warna secara akurat dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

7ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga telah dilengkapi dengan webcam yang sangat penting untuk bekerja, apalagi saat kondisi pandemi seperti saat ini. Bukan hanya sekadar webcam, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi 3DNR yang dapat meminimalisir noise.

8. ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga dibekali dengan teknologi Two-Way I Noise Cancellation. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna ROG Zephyrus S 17 (GX703) dan lawan bicaranya dapat berkomunikasi lebih lancar. Teknologi tersebut mampu menghilangkan background noise dan suara bising lainnya yang dapat mengganggu komunikasi. Menariknya lagi, taknologi ini kompatibel dengan semua perangkat audio yang dapat dihubungkan ke ROG Zephyrus S 17 (GX703).

9. ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga merupakan laptop yang sangat ideal untuk menikmati hiburan digital seperti video, audio, atau movie streaming. Dipersenjatai dengan dua force-cancelling woofer, ROG Zephyrus S 17 (GX703) dapat menghasilkan suara yang kaya dan detail. Sementara teknologi Dolby Atmos memastikan efek spatial pada suara dapat disajikan dengan sangat akurat, membuat suara yang dihasilkan memiliki efek layaknya home theatre.

10. ROG Zephyrus S 17 (GX703) merupakan laptop yang sangat fleksibel untuk digunakan. Berkat konektivitas yang sangat lengkap, laptop ini dapat dikoneksikan dengan berbagai perangkat untuk menunjang kebutuhan sehari-hari penggunanya. ROG Zephyrus S 17 (GX703) dapat dihubungkan ke monitor eksternal melalui port HDMI yang tersedia atau bahkan lewat dua port Thunderbolt 4 yang mendukung protokol DisplayPort 1.4. Lewat port Thunderbolt 4, pengguna ROG Zephyrus S 17 (GX703) bahkan dapat menghubungkan monitor beresolusi 8K.

11. Port Thunderbolt 4 dapat digunakan untuk mengkoneksikan berbagai perangkat modern dan berperforma tinggi. Perangkat seperti high-speed storage dan high-speed networking pun bisa dikoneksikan dengan mudah dan simpel menggunakan ROG Zephyrus S 17 (GX703). Port Thunderbolt 4 yang ada di laptop gaming ini juga 

12. ROG Zephyrus S 17 (GX703) dilengkapi dengan dua port USB 3.2 Gen2 Type-A. Selain itu terdapat pula port gigabit ethernet bagi pengguna yang membutuhkan koneksi jaringan melalui kabel, serta 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan headphone. Bagi para content creator yang masih suka menggunakan SD card, ROG Zephyrus S 17 (GX703) telah dilengkapi SD card reader untuk meminimalisir penggunaan dongle.

13. Konektivitas nirkabel juga sangat lengkap dihadirkan di ROG Zephyrus S 17 (GX703). Modul WiFi 6 (802.11ax) yang memiliki kecepatan transfer lebih kencang dari generasi sebelumnya serta telah dilengkapi dengan teknologi ROG RangeBoost Asehingga dapat menangkap sinyal lebih baik dari berbagai arah. Selain itu, ROG Zephyrus S 17 (GX703) juga telah dilengkapi dengan Bluetooth 5.2 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai perangkat nirkabel.

14. ROG Zephyrus S 17 (GX703) dibekali dengan pembaca sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol power-nya. Yang menarik adalah pembaca sidik jari tersebut dilengkapi dengan memory cache yang dapat menyimpan data sidik jari. Dengan demikian, pengguna laptop gaming ini tidak perlu memindai jarinya kembali saat menyalakan laptop-nya karena data sidik jarinya sudah disimpan di memory cache saat menekan tombol power.

15. ROG Zephyrus S 17 (GX703) memiliki fitur unik bernama Multiwheel. Modul yang berupa roda mirip seperti tombol scroll di mouse tersebut dapat dikonfigurasikan sehingga tidak hanya tampil sebagai alat untuk mengatur volume speaker. Konfigurasinya dapat dilakukan di aplikasi Armoury Crate yang tersedia di ROG Zephyrus S 17 (GX703).

16. ROG Zephyrus S 17 (GX703) merupakan sebuah laptop gaming premium. Hal tersebut otomatis membuat laptop gaming ini dibekali dengan hardware terkini dan paling cangih yang ada saat ini. Dari sisi CPU, ROG Zephyrus S 17 (GX703) mengusung High Performance 11th Gen Intel Core (H45), tepatnya CPU yang digunakan adalah Intel Core i9-11900H. CPU terbaru dari Intel tersebut hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread, serta memiliki boost clock hingga 4,9GHz, sehingga mampu menyajikan performa yang sangat baik untuk gaming, content creation, bahkan multitasking.

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17

ROG Zephyrus S17


Main Spec.

ROG Zephyrus M16 (GU603)

CPU

Intel® Core™ i9-11900H Processor (24M Cache, up to 4.9 GHz, 8 Cores)

Intel® Core™ i7-11800H Processor (24M Cache, up to 4.6 GHz, 8 Cores)

Operating System

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memory

2x8GB DDR4 3200MHz RAM (Dual Channel)

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD

Display

6" (16:10) IPS-Level WQXGA (2560x1600), 165Hz, 3ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, Dolby Vision

Graphics

NVIDIA GeForce RTX 3060

NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort / power delivery, 1x RJ45 LAN port, 1x card reader (microSD), 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 2W tweeter, 4x 2W woofer

Battery

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

35,5 x 24,3 x 1,99 ~ 1,99 cm

Weight

1,9 Kg

Colors

Off Black

Price

Rp26.999.000 (Core i7/RTX 3050Ti/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp31.999.000 (Core i7/RTX 3060/2x8GB RAM/1TB SSD)

Rp35.999.000 (Core i9/RTX 3060/2x8GB RAM/1TB SSD)

Warranty

2 tahun garansi global



Main Spec.

ROG Zephyrus S17 (GX703)

CPU

Intel® Core™ i9-11900H Processor (24M Cache, up to 4.9 GHz, 8 Cores)

Intel® Core™ i7-11800H Processor (24M Cache, up to 4.6 GHz, 8 Cores)

Operating System

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memory

2x16GB DDR4 3200MHz RAM (Dual Channel)

2x8GB DDR4 3200MHz RAM (Dual Channel)

Storage

2TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD

Display

17,3" (16:9) IPS-Level WQHD (2560 x 1440), 165Hz, 3ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, Dolby Vision, G-Sync

Graphics

NVIDIA GeForce RTX 3080

NVIDIA GeForce RTX 3060

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort / power delivery, 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, card reader (SD) (UHS-II, 312MB/s)

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 2x 2W tweeter, 4x 2W woofer

Battery

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

39,4 x 26,4 x 1,99 ~ 1,99 cm

Weight

2,6 Kg

Colors

Off Black

Price

Rp40.999.000 (Core i7/RTX 3060/2x8GB RAM/1TB SSD)

Rp65.999.000 (Core i9/RTX 3080/2x16GB RAM/2TB SSD)

Warranty

2 tahun garansi global + 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon!