Kualitas Layar Penting Untuk Dipertimbangkan Saat Membeli Laptop

10.24

Pentingnya Mempertimbangkan Kualitas Layar Saat Membeli Laptop. Pastikan layar laptop yang akan dibeli memiliki standar kualitas tinggi seperti ASUS OLED

Ibu-ibu kalau beli laptop biasanya apa dulu yang dipertimbangkan? Harga dulu kah? Maunya laptopnya canggih, tapi kalau mahal nggak jadi? Iya apa iya? Wkwk. Itu saya banget, tapi duluuuu. 

Sekarang pertimbangannya banyak. Prioritasnya pasti spek yang sesuai kebutuhan. Tapi ternyata, ada yang nggak kalah penting, yaitu faktor kesehatan mata. Gimana nggak penting ya, apalagi di masa pandemi gini serba online. Jadi blogger online mulu mengerjakan tugas ini dan itu. Begitu juga jadi anak sekolah, juga banyak online depan gadget. Duh!

Sebanyak 80,20% masyarakat Indonesia mengatakan bahwa pengaruh kualitas detail warna dan visual pada layar laptop adalah sangat penting. Angka tersebut berdasarkan survey yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS yang diikuti oleh lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda. 

Kebutuhan akan layar laptop dengan kualitas lebih baik salah satunya hadir karena tren berkegiatan di rumah, mulai dari Work From Home (WFH) hingga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal tersebut membuat masyarakat, khususnya di Indonesia, lebih sering menggunakan laptopnya untuk berkegiatan. Tidak hanya sekadar bekerja atau belajar, laptop kini juga banyak digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti menggunakan layanan video streaming serta bermain game. Hal tersebut membuat masyarakat kini lebih menginkan laptop yang memiliki kualitas visual sangat baik.

ASUS menjawab kebutuhan tersebut melalui serangkaian laptop yang mengusung teknologi layar ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar laptop lainnya, ASUS OLED menawarkan kualitas visual terbaik melalui berbagai fitur serta teknologi terbaik dan terdepan saat ini.


Ideal Untuk Hiburan Digital

Sejak populernya layanan streaming video seperti Netflix, hiburan digital semakin diminati di berbagai kalangan masyarakat. Berbeda dengan televisi tradisional, layanan streaming video memiliki berbagai kelebihan yang salah satunya adalah mampu menampilkan format multimedia modern seperti HDR. Jumlah konten yang disajikan dalam format HDR juga semakin banyak. Menurut hd-report.com, di Netflix sendiri terdapat lebih dari 400 film yang telah mendukung HDR. Jumlah tersebut belum termasuk ribuan video HDR di YouTube dan layanan streaming video lainnya.

Salah satu fitur unggulan ASUS OLED adalah dukungan terhadap HDR. Artinya, laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED dapat memutar konten HDR dengan sempurna. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black dan mampu menghasilkan warna dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1. 

Tidak hanya sekadar mendukung HDR, ASUS OLED juga memiliki fitur khusus untuk para pecinta film. Menikmati sajian multimedia dengan gerak visual yang cepat seperti pada film action seringkali menampilkan efek blur yang mengganggu mata. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat kencang yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya.

Response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan untuk membaca teks berjalan karena ASUS OLED mampu menampilkannya dengan sangat baik tanpa efek blur. Dengan kata lain, laptop dengan layar ASUS OLED adalah pilihan terbaik untuk menikmati hiburan digital.

Ideal untuk Para Content Creator

Content creator membutuhkan laptop dengan layar berkualitas. Hal tersebut dikarenakan kualitas konten yang dihasilkan sangat erat kaitannya dengan kemampuan reproduksi warna di layar laptopnya. Menggunakan layar laptop berkualitas rendah dan tidak dikalibrasi dapat membuat video yang telah diolah menjadi berbeda tampilan warnanya ketika diputar di perangkat lain, atau juga bisa membuat foto berubah warnanya saat dicetak. Content creator sangat membutuhkan layar laptop yang memiliki standar industri dan telah dikalibrasi.

ASUS OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. Atas dasar tersebut, ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik.


Tingkat reproduksi warna yang tinggi akan percuma jika tidak dibarengi dengan tingkat akurasi warna yang tinggi pula. Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Survey Membuktikan…

Berdasarkan riset kualitatif yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS, sebanyak 10 dari 10 content creator dan pakar di Indonesia mengakui bahwa ASUS OLED mampu menghadirkan kualitas visual yang lebih baik saat digunakan untuk menikmati sajian hiburan digital. 

Tidak hanya itu, sebanyak 9 dari 10 content creator dan pakar di Indonesia mengakui bahwa mereka tidak merasakan kelelahan pada mata saat menggunakan laptop dengan teknologi layar ASUS OLED selama berkegiatan seharian. Hal tersebut dikarenakan ASUS OLED juga memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

“ASUS OLED juga hadir untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang menginginkan laptop dengan kualitas layar terbaik dan tersedia untuk berbagai kalangan,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “ASUS OLED juga hadir sebagai solusi bagi para content creator pemula hingga profesional agar lebih mudah, nyaman, dan produktif saat berkarya sehingga diharapkan dapat tercipta lebih banyak mahakarya dari tangan-tangan kreatif anak bangsa.”

ASUS OLED Telah Tersedia di Indonesia

Jajaran Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED telah tersedia di Indonesia saat ini mulai dari lini ZenBook hingga VivoBook. Laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED juga tersedia untuk berbagai kalangan dengan banderol harga mulai dari Rp8.599.000.

Informasi lengkap mengenai ASUS OLED dapat diakses melalui halaman web ASUS berikut ini:

https://www.asus.com/content/Laptop-OLED/ 

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

24 Comments

  1. Betul sih. Soalnya aku orang visual berkacamata minus tinggi. Jadi layar nyaman dan jelas itu harus

    BalasHapus
  2. Patokan aku buat laptop mah simple aja sih mbaaak, yang penting bisa dipake marathon drama sampai tamat aja sih hahaha *anaknya receh*

    Kayaknya cucok banget nih kalo ngedrama pake ASUS OLED yaaah

    BalasHapus
  3. Nomor satu memang layar yang nyaman, ya warnanya, tone-nya, dan ak menyilaukan atau gelap burem ...
    Aku pas ganti konputer (iya aku lebih suka pake PC daripada laptop) aku ganti layarnya dengan yang terbaik dan lebaaar jadi berasa kayak sedang di bursa saham wkwkwkkwkwkkkk

    Ah kalau tau ada ASUS OLED kayaknya aku bakal cari deh untuk PC ada gak ya?

    BalasHapus
  4. Aku punya ini laptop ASUS, bisa tukar tambah nggak? Hehe.. cakep ya ASUS OLED, bikin mupeng. Lagi pengen PC atau laptop buat anakku belajar, semoga bisa punya ASUS OLED suatu hari nanti, amin yra

    BalasHapus
  5. wa ini, dulu kualitas layar jadi pertimbangan ke sekian saat membeli laptop, kini mesti peduli. Mengingat selama pandemi karena WFH, PJJ, digital freelancer membuat durasi menatap layarnya jadi lebih lama. Senangnya jika ada solusi dari ASUS yakni teknologi layar ASUS OLED

    BalasHapus
  6. Layar yang nyaman di mata memang menjadi pertimbangan ketika beli laptop. Karena pengalaman, mata minus dulu di depan layar komputer kantor berjam-jam.

    Wah, ASUS ini selalu memberikan solusi tepat. Kini hadir ASUS OLED yang layarnya gak bikin mata pedes, plus tampilan warnanya cerah banget.

    BalasHapus
  7. buat orang yang visual, penting banget emang penampakan apa yang dinikmati oleh penglihatan makanya pilihan kualitas layar bakal jadi pertimbangan penting nih buat mereka. Kayak ASUS OLED nih

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu ya Asus boleh dikatakan sangat serius mengembangkan laptop dengan kualitas terbaik. Bahkan agar tayangan film di laptop bagus pun kualitas perbandingan rasionya tinggi. Bakalan betah nonton di layar laptop dan mata juga nyaman

    BalasHapus
  9. Layar yang nyaman dan berkualitas tinggi memang penting banget ya... Jangankan bagi content creator, bagi penikmat hiburan pun, ASUS OLED pasti bikin betah...

    BalasHapus
  10. Betul banget, Mbak Rien. Sejak pandemi ini kebutuhan akses digital dengan laptop meningkat pesat terutama buat pekerjaan dan sekolah. Eh, hiburan juga dink karena saya mulai drakor-an sejak awal 2021 ini, haha. Kadang geregetan juga kalau lagi lihat yang aslinya 'bening' aka wajah para OPPA jadi 'burem' gara-gara laptop ASUSku yang emang udah agak lama. Apalagi anak-anak nih, mereka suka sebel kalau nonton animasi trus nge-blur gitu. Ya emang peremajaan gadget itu penting juga sih. That's why Tim ASUS terus berinovasi dengan produk yang menjawab kebutuhan konsumennya.

    BalasHapus
  11. Keren banget pokoknya produk ASUS, sejak lama ngefans deh, semangat selalu bekerja agar bisa kebeli laptop idaman kayak ASUS

    BalasHapus
  12. aku pengennya kalau beli laptopitu yang lancar jaya buat edit foto atau video Mbak, tapi harganya ya gitu deh... hehehe
    soal layar juga penting ding, soalnya mataku minus

    BalasHapus
  13. Kalo aku, pertama mau beli laptop pasti tanya ukuran dan beratnya, karena aku gak suka yang berat dan layarnya kecil, jadi pengen leyar leabr tapi ringan, hehehe

    BalasHapus
  14. Sejujurnya aku tidak terlalu perhatian dengan jenis layar laptop. Masih pertimbangan harga dan RAM. Tapi kalau layarnya ASUS OLED begini, warnanya jernih banget yah

    BalasHapus
  15. Ahh...layar ini sering terlupakan yaa..
    Seringnya memilik spek, dari RAM sampai memory.
    Inovasi ASUS tiada henti yaa.. Aku jadi inget pas ke BEC Bandung, suami bilang kalau harga laptop kini bersaing, karena banyak orang yan butuh. Memilih merk ASUS dengan layar ASUS OLED bisa menjadi bahan pertimbangan karena harganya oke.

    BalasHapus
  16. setuju bangte mba jika Content creator membutuhkan laptop dengan layar berkualitas. Hal tersebut dikarenakan kualitas konten yang dihasilkan sangat erat kaitannya dengan kemampuan reproduksi warna di layar laptopnya. Suami juga akhirnya dibekali ASUS spek tinggi untuk kerjanya

    BalasHapus
  17. sama kayak hape ya mbak, saya juga skrg mulai ngeh kualitas layar yang jernih membuat kita nyaman bekerja di dunia digital ya mbak. jadinya saya juga kalau beli gadget atau laptop, salah satu yang diperhatikan juga layarnya. SUka yang jernih kayak ASUS Oled ini.

    BalasHapus
  18. Sama nih mbak, saya lihat laptop maupun gawai beradasarkan layarnya yang bagus, jernih dan ramah di mata. Bisa banget ini ASUS Oled masuk dalam daftar listku, kebetulan laptopku ini akan berpindah tangan menjadi miliknya si bungsu.

    BalasHapus
  19. Wah, bener juga ya.. Memilih layar yang bagus untuk Kesehatan mata penting. Karena berpengaruh ke produktivitas juga. Kalau layar bikin capek mata, yang ada pekerjaan ga selesai-selesai..

    BalasHapus
  20. Kalo laptop sebutannya Oled ya, kalo HP amoled. Bagi pengguna mata minus kayak saya kecerahan dan kejerniganjadi yang utama. Semoga ada rejeki punya asus aamiin.

    BalasHapus
  21. Lagi butuh laptop seperti ini
    Hanya saja masih butuh nabung untuk punya satu yang seperti ini
    Semoga segera punya karena kadang desain butuh layar bagus

    BalasHapus
  22. Iya banget nih mbak, layar sangat berpengaruh ya. Kalau kualitasnya kurang bikin mata lelah. Tapi ASUSku yang sekarang ini buatku udah cukup bagus, wah apalagi kalau yang OLED ya pasti gak kalah keren nih.
    Saya sih saat ini masih pertimbangkan harga kalau beli, hehehe. Semoga bisa nabung dan beli yang speknya lebih bagus dan mendukung kesehatan mata juga, aamiin

    BalasHapus
  23. Lagi-lagi ASUS ngeluarin produk mutakhir lagi dengan ASUS OLEDnya ya mam. Untuk tipenya bisa memilih seri vivobook atau zenbook ya. Mantab nih, tinggal sesuaikan dengan budget

    BalasHapus
  24. ASus memang selalu keren. Mengwluarkan produk bagus sesuai kebutuhan masyarakat masa kini.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!