ASUS Oled Solusi Atasi Pengaruh Paparan Radiasi Cahaya Biru Terhadap Kesehatan Mata

18.14

Bekerja dan menyelesaikan pekerjaan itu penting. Tapi menjaga kesehatan mata akibat terlalu lama bekerja dengan laptop juga penting.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS menyebutkan sebanyak 68,10% masyarakat Indonesia mengetahui bahwa paparan radiasi cahaya biru dapat merusak kesehatan mata.

Artinya, Faktor Kesehatan Mata Semakin Jadi Pertimbangan Saat Membeli Laptop 

Karena itu, masyarakat perlu lebih memilih laptop dengan layar yang lebih mampu menjaga kesehatan mata seperti ASUS OLED yang menjadi pilihan 9 dari 10 content cerator dan pakar di Indonesia

Tidak hanya itu, dalam survey yang diikuti oleh lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda tersebut juga mengungkapkan bahwa 47,30% masyarakat Indonesia menghabiskan waktu antara 5-10 jam di depan laptop.

 

Hasil riset tersebut tidak hanya menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia semakin sadar akan faktor kesehatan di berbagai aspek kehidupannya, tetapi juga membuat mereka lebih selektif saat membeli laptop. Hal tersebut juga tergambarkan dari hasil survey yang mengatakan bahwa sebanyak 66,50% tingkat paparan radiasi cahaya biru menjadi salah satu faktor yang berpengaruh saat membeli laptop.

Tren Work From Home (WHF) dan Hybrid Work yang semakin populer tampaknya menjadi salah satu penyebab masyarakat Indonesia kini semakin sering berada di depan laptop. 

Alhasil, tingkat paparan radiasi sinar biru semakin tinggi ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut berimbas pada kesadaran masyarakat atas pentingnya untuk menjaga kesehatan mata, khususnya dari paparan radiasi sinar biru yang salah satunya berasal dari layar laptop.

Pengaruh Paparan Radiasi Cahaya Biru Terhadap Kesehatan Mata

Berdasarkan sebuah laporan penelitian bertajuk “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013, paparan sinar biru dalam jangka waktu panjang dapat merusak mata. 

Radiasi sinar biru dikatakan dapat membentuk reaksi partikel oksigen yang berbahaya serta dapat mengganggu proses fotokimia pada retina mata yang pada akhirnya merusak sel retina dan menyebabkan gangguan penglihatan.

Mata manusia dikatakan memiliki “filter” khusus yang dapat menyaring berbagai spektrum berbahaya seperti beberapa sketrum sinar ultra-violet (UV). Meski demikian, tidak semua spektrum cahaya dapat disaring dan aman untuk mata dan salah satu spektrum paling berbahaya ada di sinar biru. 

Salah satu penyumbang terbesar paparan radiasi sinar biru di era modern saat ini adalah layar komputer, gadget, serta televisi, dimana spektrum warna biru sangat dibutuhkan untuk menghasilkan warna yang kaya dan akurat.

Diagram yang menggambarkan tingkat kerusakan pada sel retina mata di berbagai spektrum cahaya pada laporan penelitian “Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health” oleh Essilor America pada tahun 2013.

Meski demikian, laporan tersebut juga mengatakan bahwa tidak semua spektrum sinar biru memiliki efek rusak yang sama. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti dari Essilor Paris dan Paris Vision berhasil mengidentifikasi bahwa sinar biru dengan spektrum antara 415nm hingga 455nm adalah yang paling berbahaya untuk mata dengan spektrum 420nm hingga 430nm memiliki efek rusak paling tinggi. 

Salah satu solusi yang ditawarkan dari laporan penelitian tersebut adalah membuat mata hanya menerima spektrum sinar biru yang aman sehingga efek terhadap kesehatan mata dalam jangka waktu panjang dapat terhidarkan. 

ASUS OLED Dapat Kurangi Tingkat Paparan Radiasi Cahaya Biru

ASUS OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak. 

Fitur Eye Care di ASUS OLED juga dapat membantu menjaga kesehatan mata 68,10% masyarakat Indonesia pada survey Detik Network bekerjasama dengan ASUS yang menggunakan laptop hingga 10 jam dalam sehari.



Pada umumnya, mengurangi paparan radiasi sinar biru di layar laptop dilakukan dengan mengurangi tingkat reproduksi warna biru. Namun hal tersebut akan mengurangi tingkat akurasi warna dan membuat kualitas visual menjadi sangat buruk. Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. 

Dengan menggeser spektrum cahaya biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru yang berbahaya tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

“ASUS OLED merupakan salah satu solusi praktis untuk mengurangi kerusakan mata dalam jangka panjang akibat paparan radiasi sinar biru,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kualitas visual terbaik yang akan memanjakan mata.”

ASUS OLED Pilihan Content Creator dan Pakar di Indonesia

Berdasarkan riset kualitatif yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS, sebanyak 9 dari 10 content creator dan pakar di Indonesia mengakui bahwa mereka tidak merasakan kelelahan pada mata saat menggunakan laptop dengan teknologi layar ASUS OLED selama bekerja seharian. 

Hasil riset tersebut sejalan dengan fitur Eye Care yang ditawarkan di ASUS OLED yang dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang merupakan salah satu penyebab mata menjadi cepat lelah saat menggunakan laptop.

Tidak hanya itu, 9 content creator dan pakar yang menjadi subjek dari riset kualitatif kali ini juga mengatakan bahwa ASUS OLED memiliki kombinasi tingkat kecerahan layar serta warna yang sangat baik. Hal tersebut membuat 9 content creator dan pakar tersebut mengakui sangat nyaman bekerja menggunakan laptop dengan teknologi layar ASUS OLED.

Manjakan Mata dengan Kualitas Visual Terbaik dari ASUS OLED

ASUS OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman saat ini yaitu 100% DCI-P3. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga warna yang ditampilkan tidak hanya kaya tetapi juga sangat akurat.


ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Artinya, Anda juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS OLED.

Response time yang sangat kencang (hanya 0,2ms) di ASUS OLED memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan untuk membaca teks berjalan karena ASUS OLED mampu menampilkannya dengan sangat baik tanpa efek blur.

ASUS OLED Telah Tersedia di Indonesia

Jajaran Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED telah tersedia di Indonesia saat ini mulai dari lini ZenBook hingga VivoBook. 

Laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED juga tersedia untuk berbagai kalangan dengan banderol harga mulai dari Rp8.599.000.

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

24 Comments

  1. Wah, inovasi terbaru Asus nih, kini memiliki fitur Eye Care dengan anti radiasi cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan mata kita. Iya ya, kadang kita ga sadar terlalu lama menatap layar laptop karena keasyikan bekerja.

    Ternyata Asus Oled juga udah punya standar kalibrasi warna yang tinggi. Udah ada sertifikasi PANTONE Validated Display juga. Laptop idaman kita2 dong ini ya. Harga 8 jutaan, bisalah dibeli, ntar nabung dulu hehehe.

    BalasHapus
  2. Eh kok tau mbak Rien, sekarang aku sering banget lelah mata dan ujungnya pake obat tetes mata yang khusus iritasi.

    OLED ini jadi lebih nyaman ya untuk mata, secara gitu kerjaan 90 persen digunakan pake komputer dan gadget!

    BalasHapus
  3. Mba Arien aku sepakat banget kalau dikatakan semakin ada kesadaran terhadap kesehatan jadinya lebih selektif untuk memilih laptop yang nyaman di mata, mba

    BalasHapus
  4. Sekarang ini saya pun hampir sepanjang hari depan lap top atau komputer. Berasa banget kalau itu tidak sehat untuk mata. Terkadang mata kering. Terus sepet yang diikuti kepala pusing. Semoga punya dana nih beralih ke lap top anti radiasi cahaya biru ini. Karena tak mungkin juga meninggalkan pekerjaan yang sebagian besar dikerjakan dengan komputer :)

    BalasHapus
  5. asyik banget ini ada laptop yang super kece kayak ASUS OLED jadinya makin banyak menciptakan konten yang kreatif deh

    BalasHapus
  6. Nah, sepertinya di rumah perlu laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED seperti itu, supaya lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya saya yang sering berada di depan laptop

    BalasHapus
  7. Jangankan kita yang dewasa ya, sepertinya anak-anak pun matanya harus terlindungi. Sampai hari ini pun anakku masih online dan setiap hari selalu menatap layar laptop dan gadgetnya.

    Kayak aku aja setiap hari juga selalu didepan laptop dan kadang suka berasa lelah juga matanya. Asus dengan fitur baru ini bagus banget ya, apalagi untuk kita yang memang selalu bekerja dengan mengandalkan laptop.

    BalasHapus
  8. Wah, udah pake OLED ya. Makin cakep aja dong tampilan gambar ASUS ya. Udah antigores, OLED ini bikin antiradiasi juga. Aman jadinya ke mata. Yang begini nih yang harusnya dipake anak-anak. Aku selama ini suka worit sama anak kalo pake gadget. Mata cepet lelah. Tapi kalo layarnya pake OLED mah jadi relatif aman ya.

    BalasHapus
  9. Waktu dijejerin ASUS OLED dengan LCD, kelihatan banget nih, lebih kaya warna dan sangat akurat hasilnya...keren bener ini. Apalagi Fitur Eye Care di ASUS OLED enggak sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Plus bisa mata enggak terpengaruh kesehatanny karena mampu mengurangi radiasi sinar biru...duh, mupeng akuuuu

    BalasHapus
  10. Yes, jadi ASUS OLED dari segi kesehatan mata lebih baik dan kualitas warna juga tetap cakep yaa. Ga bisa dipungkiri, pekerjaanku butuh banyak waktu di depan layar, kalau ga laptop, ya ganti pakai HP. Ini aku sampai pakai kacamata khusus yang katanya bisa mengurangi paparan sinar biru. Kalau layar dilengkapi ASUS OLED bakal lebih baik lagi untuk kesehatan mata.

    BalasHapus
  11. Pengen punya juga ASUS Oled ini. Secara engga sadar Mata Kita sering terpapar blue light atau radiasi dari hp or laptop. Asus Oled ini bisa meminimalisir pengaruh sinar biru dan melihat perbandingan gambarnya lebih jernih. Jadi pengen ganti laptop di rumah.

    BalasHapus
  12. ASUS OLED ini menggoda. Tampilan gambar di layar juga jadi lebih bagus. Yang terpenting adalah karena peduli sama kesehatan mata. Sekarang kan banyak yang pakai gadget, komputer, laptop buat kerja. Hampir tiap hari ya natap layar. Meski begitu, tetap kudu jaga kesehatan penglihatan kita

    BalasHapus
  13. wah mantap banget ya mbak inovasi yang dilakukan oleh ASUS ini
    Dengan laptop ASUS OLED ini para konten kreator nggak hanya makin kreatif tapi juga tetap sehat pengelihatannya

    BalasHapus
  14. Ahahaha aktivitasnya gak hanya kerja yang epnjang itu ya mbak, apalagi masa pandemi gini, mata kyknya gak lepas dr gadget. Abis kerja trus lanjut nonton haha
    Wah fitur eye care ini sangat membantu sekali untuk mereka yang aktivitasnya berjam2 di depan laptop ya, supaya gk gampang pegerl,selain bisa utk inves kesehatan mata jd TFS infonya

    BalasHapus
  15. Inovasi Asus emang selalu keren, jadi ini hampir semua laptop Asus udah menggunakan Asus Oled ya Mbak?

    BalasHapus
  16. Aku nih Mba,salah satu yang berasaaa banget keseringan di depan layan kesehatan mata semakin terganggu,hiks. Kadang memang kalau keasikan bekerja lupa deh sama aturan yang tiap 20 menit alihkan mata untuk melihat ke arah 20 meter selama 20 detik. Tau tau udah sejam aja mantengin laptop.

    Inovasi dari ASUS ini bagus banget ya Mba,pengen deh beli. Apalagi laptop ASUSku yang sekarang keyboardnya udah suka ngadat. Maklum udah uzur, udah 7 tahun lebih!

    BalasHapus
  17. Asus nggak pernah berhenti berinovasi yaa apalagi dengan fitur terbarunya yang bikin mata kita aman. jadi penasaran next apalagi inovasi dari asus

    BalasHapus
  18. Jernih banget ya secreen ASUS Oled ini, dan enggak bikin mata sakit kalau baca reviewnya karena anti radiasi cahaya biru. Sekarang memang pengguna laptop membutuhkan hardware yang memenuhi kesehatan mata ya, karena mau gak mau kita akan terus menerus menggunakan teknologi dan tentu kejadian terpapar sinar radiasi ini akan meningkat tajam. Jadi diperlukan banget inovasi dari ASUS Oled ini. harganya juga cukup terjangkau yaa

    BalasHapus
  19. Benar-benar mengerti kebutuhan penggunanya ya ASUS ini. Mengingat durasi kerja di komputer saat ini yang memang cukup lama, memilih laptop yang ramah dengan kesehatan mata menjadi pertimbangan penting juga. Membuat kerja lebih produktif juga pastinya

    BalasHapus
  20. Teknologi ini tuh juga sudah mulai digunakan untuk TV yaa, kak Rien.
    Salut dengan ASUS yang selalu selangkah elbih maju.
    Wah Zenbook yang kaya dipake anaknya kak Rien sudah menggunakan teknologi canggih anti-radiasi begini juga yaa..?

    ((aku ngincer ZenBook Duo, hihi...))

    BalasHapus
  21. Per September kemarin akhirnya aku resmi jadi pengguna laptop ASUS huhuhu horeee akhirnya, aku langsung pake yang ROG mba,,, soalnya menurutku itu juga pas buat creator apalagi yang pake software edit berat.

    BalasHapus
  22. Permasalahan radiasi cahaya biru ini memang penting banget dicarikan solusinya ya mba. Habis gimana coba, kita kan hampir tiap hari menggunakan laptop, selalu ada kemungkinan terpapar radiasi tersebut. ASUS nih tau saja solusi untuk permasalahan pengguna laptop kayak kita gini.

    BalasHapus
  23. Aku nonton nih pas launching asus OLED ini. Bikin pengin punya tapi nangis liat harganya. Soalnya mau punya yang ZenBook duo, kayak dipake Raditya Dika 😂. Bismillah ada rezekinya nantiii...

    Padahal kalau yang harga terjangkau ada ya mbak versi oled ini. Kalau gak salah cuma 8jutaan. Udah bagus buat dipakai kerja.

    BalasHapus
  24. liat film pakai asus oled serasa nyata tuh. wrnanya jd jelas dan suka deh lama2 ngeliat. waaah mau nabung biar bs punya. saya belum pernah sekalipun punya gadget asus nih... liat yg asus oled ini jd pengen punya loh

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!