50 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Untuk Ditonton Selama PSBB

14.59
Nonton Drama Korea 

Beberapa waktu lalu di FB (4/5/2020) saya posting foto selfie, foto ketika hendak mengikuti ASUS technical meeting conference bareng Blus dan media, eh taunya foto itu dibuat poster ala-ala drama Korea oleh Icad. Ada tulisan hangeul segala, auto ingin bahas drama Korea jadinya. Sudah saya posting di instagram @travelerien, sekarang di blog juga deh he he.

Bacaan latin pada tulisan hangeul dalam poster berbunyi: Jibeso ilhaneun dongan deurama reul bogo. Artinya Nonton Drakor Selama Kerja di Rumah 😛

Nah, pas banget dengan keadaan saat ini ye kan? 

Sejak kapan saya kenal drama Korea?

Kalau kenal, sudah lama. Seingat saya saat masih usia 20 tahunan. Dulu ada Winter Sonata, Autumn in My Heart, Jewel in The Palace, Full House. Kala itu banyak yang jadi suka drakor, banyak juga yang enggak seperti saya. Kebetulan saya dikelilingi oleh orang-orang yang tidak gemar nonton drakor, makin nggak ada keinginan untuk nonton. Keadaan itu tak berubah hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.

Sejak dulu saya menyukai film-film lokal bermutu, film Holywood, serial Holywood. Sinetron Indonesia tidak termasuk tontonan yang saya sukai. Saya pernah menonton film-film India, Serial Turkey, Film Turkey, Drama Thailand. Meskipun tidak nonton drakor, tidak berarti saya anti. Yes, saya tidak anti. Tidak anti pada dramanya, tidak pula anti pada penggemarnya. 
Gemar drakor berawal dari BLACK

Baru pada tahun 2018 saya mengalami ketertarikan pada drama Korea. Semua bermula dari ketidaksengajaan saat membaca status teman di FB yang membahas Drama Black. Obrolan dalam status itu cukup panjang dan dalam. Tumben-tumbenan saya jadi penasaran. Akhirnya saya install VIU dan sukses menamatkan Black dengan rasa takjub. Ternyata sinematografi sebuah drama bisa seindah film, ceritanya pun tidak dangkal. Jangan-jangan drama lainnya juga begitu? Hmm..

Kelar Black seorang teman merekomendasikan Princess Hour dan beberapa judul lainnya. Dari semua judul yang saya tonton, belum ada yang semengesankan Black. Mungkin karena itu saya menonton sekitar 4-5 judul saja sepanjang tahun 2018 itu.

Baru pada tahun 2019 saya menonton sangat banyak judul, terutama sejak kenal Netflix. Ada banyak judul drama di Netflix dan VIU, saya pilih beberapa saja untuk ditonton, yang sesuai selera. Biasanya saat menemukan sebuah judul, saya cek dulu sinopsis dan ulasannya. Jika menarik, langsung saya masukkan list.

Sampai saat ini ada 50an lebih judul drakor yang sudah dan sedang saya tonton. Berikut daftar judul drama pilihan saya. Saya urutkan dari judul terkini yang sedang saya tonton sampai yang paling awal saya tonton. 

1. The King: Eternal Monarch
2. A World of Married Couple
3. Find Me in Your Memory
4. When The Weather is Fine
5. The Memorist
6. Hi Bye, Mama!
7. Itaewon Class
8. Crash Landing on You
9. Arthdal Chronicles
10. W Two Worlds Apart
11. Hymn of Death
12. Romance is a Bonus Book
13. My Holo Love
14. Kingdom
15.  My Secret Romance
16.  Another Miss Oh
17.  Clean with Passion fo Now
18. Love in Trouble
19.  Melting Me Softly
20. What’s Wrong with Secretary Kim
21.  Memories of The Alhambra
22. While You Were Sleeping
23. Mr Sunshine
24. Her Private Life
25. Beauty Inside
26. Descendant of The Sun
27. Vagabond
28. Something in The Rain
29. Put Your Head on My Shoulder
30. Touch Your Heart
31. Hotel The Luna
32. A Korean Odyssey
33. That Winter The Wind Blows
34. Love Alarm
35. Oh My Ghost
36. Warm & Cozy
37. Cinderella and The Four Knights
38. Black Knight
39. Roki Historian
40. Chocolate
41. The Bride of Habaek
42. Tunnel
43. Come and Hug Me
44. Pride and Prejudice
45. My ID is Gangnam Style
46. Secret Garden
47. Worlds Within
48. The K2
49. Legend of The Blue Sea
50. Because This is My First Life
50. Goblin
51. Oh My Venus
52. Princess Hours
53. Because This is My First Life 
54. Black
Mr Sunshine


Black adalah momentum. Berkat drama ini saya jadi penggemar drakor. 

Mr. Sunshine adalah drama terbaik dari semua drama Korea yang pernah saya tonton. Drama paling indah dari segi sinematografi, memiliki cerita yang kuat dan dalam, dan pemain yang sangat mumpuni dalam berakting. Ini adalah drama rasa film dengan episode paling panjang yang pernah saya tonton. Apik dan menakjubkan di setiap episode. 

Crash Landing on You adalah drama paling menghibur yang pernah saya tonton. Paling viral sejak episode pertama tayang hingga tamat. Paling dinanti kelanjutan tiap episode-nya. Paling tinggi ratingnya, bahkan mengalahkan Goblin. 
Crash Landing on You

Apakah saya sedang kecanduan drakor? Oh tentu tidak. Untuk drakor full episode saya hanya jadwalkan perhari 1 episode. Itu juga kalau sedang senggang. Kalau sangat sibuk, ya nggak nonton. Untuk drama on going, ini mah nggak menyita waktu, wong cuma 2 episode dalam seminggu. Intinya, ada waktu nonton, nggak sempat ya nggak apa-apa, nggak ada masalah.

Apa saya cuma nonton drakor saat ini? Oh tentu tidak. Saya tetap nonton film dan serial Hollywood kesukaan saya. Di Netflix itu bejibun film baru dan lama (bukan drakor) yang saya tonton. Jika di luar sana keliatan seperti nonton drakor doang, itu karena yang saya bincangkan di medsos hanya drakor, bukan lainnya. 

Drama Korea memang punya daya tarik sendiri. Sinematografi dan cerita yang disajikan tidak pernah biasa-biasa saja. Selalu digarap dengan istimewa dan dijadikan indah sehingga disukai seluruh dunia. Orang Korea kalau bikin cerita halu, nggak tanggung-tanggung, halu-nya tingkat dewa he he. 
Asal mula poster ala-ala drakor 😂

Photo taken with ROG Phone 2
Edited by @ichad_abdassah_studio
Thanks Ichad!

Nonton film dan drama bagi saya adalah salah satu aktivitas menyenangkan selain menulis, memotret, berkebun, jalan-jalan, dan mendengarkan musik. Melakukan apa yang saya sukai membuat saya bahagia 🥰

Nonton drakor selama WFH? Kenapa tidak. Bisa membantu menghilangkan kebosanan, membuat rileks, dan mengurangi kecemasan. Nggak percaya? Beberapa orang yang saya kenal yang tadinya nggak suka nonton drakor, sejak WFH jadi nonton drakor, kemudian jadi gemar berburu judul-judul drakor. Ya gapapa kok. Asal bisa atur waktu dan tidak melalaikan kegiatan-kegiatan penting harian. Ada hal yang nggak pantas dalam drama, ya nggak usah ditiru. 

Selamat nonton drakor, seperlunya 😃🙏

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Response to "50 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Untuk Ditonton Selama PSBB"

  1. Aku juga mengikuti beberapa drama korea, selain itu kadang mencari film korea hahahahha. Entahlah, masa pandemi seperti ini, apapun filmnya kadang sayang untuk dilewatkan.

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!