6 Cara Membeli Rumah di Tahun 2019

11.03
Membeli Rumah Idaman - Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting di dalam kehidupan. Memiliki rumah menjadi salah satu bentuk investasi yang paling ideal. Apakah Anda ingin punya rumah di tahun 2019 ini? Ada berbagai cara membeli rumah yang dapat kamu coba. Apa saja itu? 


Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh siapa saja. Hanya saja, tidak semua orang, mampu mewujudkan keinginannya untuk bisa mempunyai rumah sendiri. Padahal, saat ini telah ada berbagai cara membeli rumah yang memberikan keleluasaan kepemilikan tempat tinggal. 

Nah, kamu ingin tahu apa saja cara yang dapat dilakukan untuk bisa membeli rumah sendiri? Ada 6 jalan yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Membeli secara cash keras
Cara paling praktis untuk bisa memperoleh tempat tinggal adalah dengan membelinya secara cash keras. Meski begitu, tidak semua orang dapat menggunakan metode pembelian ini. Alasannya, karena hampir sebagian besar orang lebih memilih dengan cara kredit sambil tetap bisa memanfaatkan uang untuk keperluan lain. 

Namun, pembelian rumah secara tunai memberikan banyak manfaat. Metode ini menghindarkan kamu dari tumpukan utang. Selain itu, kamu juga tidak akan terikat dengan biaya pengikatan kredit. Sebagai tambahan, pembelian rumah secara tunai juga memberi keuntungan karena kamu dapat menggunakannya sebagai jaminan pengajuan pinjaman ke bank. 

2. Memanfaatkan KPR
Cara membeli rumah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kredit kepemilikan rumah (KPR). Metode pembelian yang satu ini paling sering dipilih karena tidak terlalu memberatkan keuangan. Bahkan, berdasarkan riset Bank Indonesia, sebanyak 76,42 persen transaksi pembelian rumah memanfaatkan fasilitas KPR. 

3. Mencicil tanpa bank
Kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas mencicil rumah tanpa menggunakan fasilitas bank. Metode pembelian rumah seperti ini kerap menjadi pertimbangan kalau ingin mendapatkan tempat tinggal tanpa riba. Namun, hanya beberapa developer perumahan yang getol menawarkan cara pembelian seperti ini, termasuk di antaranya adalah Developer Property Syariah Indonesia (DPSI). 

4. Pembelian secara bertahap
Ada pula cara membeli rumah dengan metode pembelian bertahap. Metode ini sebenarnya cukup mirip kalau dibandingkan dengan cicilan. Hanya saja, pelaksanaannya dilakukan dengan jangka pendek dan tidak ada beban bunga. 

5. KPR Syariah
Selain KPR konvensional, kamu dapat pula menjumpai opsi KPR syariah. Perbedaannya kalau dibandingkan dengan KPR konvensional terletak pada akad. Pada cara membeli rumah KPR syariah, kamu akan menemukan berbagai jenis akad, termasuk di antaranya adalah akad jual beli ataupun akad sewa beli.  

6. Menjadi agen perumahan
Metode yang terakhir adalah dengan bergabung sebagai agen perumahan. Seorang agen akan mendapatkan komisi untuk setiap rumah yang berhasil dijualnya. Komisi yang bisa didapatkan cukup besar, mencapai puluhan dan bahkan ratusan juta rupiah. Pada kasus tertentu, kamu juga akan menemukan komisi berupa rumah kalau memperoleh pencapaian tertentu. 

Nah, itulah 6 cara membeli rumah yang bisa kamu pilih. Kepemilikan rumah merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang perlu kamu pertimbangkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan investasi jangka pendek sebagai sarana pemasukan tambahan. 

Qazwa.id menjadi rekomendasi kalau kamu tertarik melakukan investasi jangka pendek secara modern. Apalagi, Qazwa merupakan lembaga investasi yang telah terdaftar secara resmi di OJK. Jadi, dana kamu akan aman dari penipuan. 


Sumber foto: www.casaindonesia.com

Share this

Wanita. Menikah. Kelahiran Palembang. Istri. Ibu 1 putra & 1 putri.

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon