Sandalwood Hotel dan Ingatan Rumah Cowboy di Masa Kecil

12.27
Sandalwood Boutique Hotel itu.....

Tentang ingatan yang melayang jauh ke masa kecil ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Dulu, ada sejumlah film barat di layar TV hitam putih, salah satu atau duanya bercerita tentang drama keluarga dan indahnya kehidupan di alam bersama kuda-kuda. Film mengesankan yang membuat kagum pada hewan bernama kuda, bercita-cita ingin punya beberapa ekor kuda, dan ingin punya rumah seperti di film-film cowboy. 

Tampak depan Sandalwood Boutique Hotel

Memasuki Sandalwood seperti kembali masuk ke masa di mana hanya ada kepolosan berpikir dan keindahan bertingkah laku sebagai gadis kecil yang belum dihajar oleh kerasnya kehidupan. Juga ada perasaan mellow sekaligus bersemangat untuk sebuah kehidupan penuh sukacita di masa tua.

Om Billy Mamola, sang owner dan juga founder De Ranch Lembang yang saya jumpai adalah sosok yang sangat inspiratif. Ia penuh semangat dan pribadi penuh cinta dalam berbagi sukacita. Saya ingin bercerita tentangnya, tapi nanti. Sementara saya simpan saja dulu tentangnya, dalam hati.

Baca juga: Keindahan dan Kenyamanan Cafe & Coffee Shop Savannah in Woodlands
 
Billy Mamola, owner Sandalwood Hotel dan founder De Ranch Lembang

Saya mulai saja cerita ini tentang rumah liburan bergaya country. Rumah yang secara keseluruhannya tidak terbayangkan sebelumnya akan seperti apa. Lewat sebuah foto yang dikirim oleh Rizal, bayangan saya terhadap penginapan ini tak lebih dari sebuah hotel yang memiliki kamar-kamar bergaya shabby chic. Itu saja.  

Padahal Sandalwood itu bukan tipikal hotel pada umumnya. 


Baca juga: Kamar-kamar Cantik dan Unik di Sandalwood Boutique Hotel

Master of Indonesian Horsemanship

Saya lebih sreg menyebut Sandalwood sebagai Rumah Liburan. Rumah liburan dengan fasilitas dan pelayanan seperti hotel. Di sini, segenap jiwa merasa seperti berada di rumah, rumah tempat berlibur. 

Kalau bicara fisik bangunan, tampak depan Sandalwood hotel tergambar sebagai sebuah rumah besar dengan desain arsitektur bergaya country.

Menyebut rumah bergaya country, maka yang berseliweran di benak saya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kekhasan dunia cowboy. Jika tampak depan Hotel Sandalwood terlihat demikian, tanpa perlu susah payah menebak-nebak, ia memang berkaitan erat dengan sosok sang owner yang bergelar Master of Indonesian Horsemanship. Seorang pecinta dan penunggang kuda sejak kecil yang kini memiliki kurang lebih 40 ekor kuda yang dipeliharanya di De Ranch Lembang.  

Rumah Liburan - Pintu masuk hotel

Sisi eksterior yang banyak mengaplikasikan material batu dan kayu pada bangunan rumah adalah ciri khas rumah bergaya country. Atapnya pun berbentuk pelana. Memiliki teras yang indah dengan aneka tanaman bunga sebagai pemanis yang membuat hotel lebih asri, dan memberi kesan seperti interior pedesaan. 

Kesan hangat dan homey sangat terasa, bahkan sebelum memasuki bagian dalam hotel. Jika di teras depannya saja sudah membuat betah, maka bagian dalamnya membuat enggan pulang. 
 
Tampak belakang hotel - Resto Savannah di bagian bawah, tempat tinggal pemilik di lantai atas

Bangunan paling belakang (kamar, resto, kantor, ruang meeting) - Dulunya kandang kuda

Tanaman hias di depan hotel

Teras depan hotel
 
Bagaimana bagian dalamnya? 

Kamar-kamarnya cantik. Uniknya, dekorasi dan desain interior tiap kamar tidak ada yang sama. Restorannya sarat benda-benda koleksi, bagai galeri. Lebih detail tentang fasilitas dan aktivitas di Sandalwood akan saya ulas pada postingan berikutnya.

Saya tertawan pada Sandalwood? Sangat! 

"Pojok Cowboy" dekat resepsionis

Di antara benda-benda khas cowboy: Topi, jaket, pelana, boot, dan belt

Dekorasi dan foto sang owner di lobby hotel

Sandalwood adalah rumah liburan yang berada dekat dengan alam. Dengan atmosfer yang bagus, serta strategi desain yang cerdas, sangatlah menyenangkan bersantai di sini dalam beberapa hari sambil mengunjungi ratusan tempat wisata menarik yang ada di sekitarnya.  

Sekilas informasi yang bisa saya bagikan pada postingan perdana tentang Sandalwood ini, sbb: Hotel terdiri dari 30 kamar, 2 meeting rooms, 1 function room (semi outdoor), kolam renang outdoor, akses internet yang cepat, area parkir yang memadai, cafe & coffee shop, sundeck & fire pit.  Waktu check-in 2 pm, check-out 12 pm. 


Bersambung ke postingan berikutnya....

Kebetulan ber- Shio Kuda 🐎

Sang owner dalam lukisan; Petualang Sejati dan Cinta Kebebasan

Sandalwood Boutique Hotel
Jl. Sesko AU no. 1, Lembang
Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40391
Reservation: 022-2788070
Email: sandalwood_lembang@yahoo.com
www.sandalwoodlembang.com 


Share this

Indonesian Travel Blogger 

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
15 Maret 2018 10.22 delete

aq baru tahu yang punya sandalwood ini yang punya de ranch lembang juga, heuheu.. cozy dan homey sekali yah mbak hotelnya...

Reply
avatar
20 Maret 2018 06.28 delete

2 malam nginep disana rasanya kurang ya mba, nggak rela maubpulang. Haha

Reply
avatar
21 Maret 2018 11.17 delete

Iya, ownernya Sandalwood juga foundernya De Ranch. Main ke Sandalwood, Maya. Hotelnya unik. Adem tentrem nyaman sentosa...penuh kesan.

Reply
avatar
21 Maret 2018 11.17 delete

Pinginnya seminggu, atau lebih. Pokoknya yang lamaaa hehe

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon