Cita dan Cinta di ULTAH KEB 11 Tahun

KEB 11 Tahun
Co-founder KEB Indah Julianti 

Sebuah Tanya

Di tengah mini talkshow yang sedang berlangsung....

"Rien, duduk sini," seseorang di barisan kursi paling belakang memanggilku.

Aku yang saat itu separuh nyimak materi, separuhnya lagi sibuk cekrak-cekrek motret suasana acara yang sedang berlangsung, otomatis menoleh ke belakang. Ternyata Mbak Indah Julianti, sosok yang oleh para emak blogger biasa dipanggil dengan sebutan Makpuh, alias Mak Sepuh. 

"Iya mbak mauuuu, tapi udah penuh ya. Gapapa aku di sini aja, mbak," ucapku cepat. Sofa panjang nempel tembok itu memang sudah dipadati oleh teman-teman blogger. Begitu syulit buat nyempil, sekalipun aku kecil. 

"Siniiii kita ngobrol," tambah Mbak Indah, tanpa peduli pada responku tadi. Keukeuh ngajak merapat.

Tak lama Mbak Indah beranjak. Lalu pergi entah kemana mau ngapain. Hingga aku sadar saat beliau kembali dengan sebuah kursi, ternyata nyiapin tempat duduk buatku! Ya Allah. Apa-apaan aku ini membiarkan Mbak Indah gotong-gotong kursi? Wkwk ampun Makpuh!

"Jadi gimana sih kok Rien itu sampai sekarang masih aja aktif nulis blog?" 

Pertanyaan itu dilontarkan dengan serius disertai mimik muka antusias berharap penjelasan berbobot. Aku terpana. Terpana pada isi tanya. Otakku sibuk berpikir mencari cara agar bisa kuceritakan dengan indah pada Mbak Indah bahwa....

Founder KEB Mira Sahid

Brand Ambassador!

"Heiiiii mbaaak..wah brand ambassador ASUS datang niiiiih, apa kabar Mbak Rien??" ucap Mira sambil merentangkan kedua tangan, menyambutku dengan pelukan hangat.

Wanita cantik itu, founder KEB, adalah orang pertama yang ingin kutemui di acara Ultah KEB, dan aku berhasil. 

"Alhamdulillah. Aku baik, sebaik dirimu. Ya Allah udah lama ga ketemu kita ya..." ucapku. Yak, seingatku kali terakhir kami bertemu di acara ASUS tahun 2019. Sudah 3 tahun yang lalu.

Pertemuan yang menghangatkan rasa. Membuatku lupa pada titik air hujan dingin yang membasahi kulitku saat dalam perjalanan menuju Balinotes Terrace.

Kutatap wajah Mira yang dihiasi mata penuh binar. Di situ teruntai senyuman indah. 

"Makin cantik aja, Mir. Sehat ya. Seneng liat Mira...." tambahku.

Tawanya berderai. Kulihat bahagia terpancar. "Terima kasih ya mbak sudah datang...." ucapnya. Lalu kubiarkan Mira pergi menemui tamu lain yang baru segelintir datang.

Sekalipun kelebat bayangan tubuhnya sudah menghilang dari hadapanku, ada yang tidak ikut menghilang saat itu. Yakni tentang bagaimana ia menyambutku dengan sebutan "brand ambassador ASUS". Aku terpaku pada imej itu. Imej yang melekat pada benak seorang Mira. Apa iya brandingku ini kayak gitu?

Alhamdulillah bisa hadir di KEB 11 Tahun

Fakta yang Memesona

Pertanyaan Mbak Indah dan perkataan Mira, bagiku bukan sekadar sapa dan basa-basi sederhana, tetapi sebuah fakta yang memesona.

Sebagaimana kini KEB 11 tahun,  begitu juga dengan blog Travelerien ini, berada di usia yang sama. Kami seumuran.

Adakah sama yang kami rasa dan cipta? 

Travelerien hanyalah blog pribadi. Tentu dari banyak segi tertinggal di belakang KEB yang notabene merupakan sebuah komunitas besar, kuat dan solid. Pastinya KEB lebih bersinar dan berjaya. Namun kami sama hidup, produktif, dan tetap aktif berjejak dan berbagi, hingga kini.

Kembali pada pertanyaan Mbak Indah dan perkataan Mira:
"Rien kan blogger lama. Bisa ya sampai sekarang masih rajin ngeblog, itu gimana?"
"Wah ini brand ambassador ASUS datang niiiih."

Apa yang tersirat di sana? Dalam pikiran sederhanaku:

11 tahun blog Travelerien, aku masih ngeblog, ada orang lain bersaksi atas itu.
11 tahun blog Travelerien, tersandang gelar tak resmi nama brand dari perusahaan global, padahal aku ini aslinya bukan BA! 😂

Namun dari situ tanpa kusadari aku berhasil membuktikan: "Aku sejiwa dengan blogku." 

Berapa pun lama usia blog, yang penting adalah: Apakah masih ngeblog sampai sekarang? Sejatinya ultah komunitas memang mengingatkan diriku pada hal tersebut.  Jangan sampai orangnya masih hidup, tapi blognya sudah mati. 

Aku seorang blogger. Aku anggota sebuah komunitas blogger. Aku masih ngeblog.

Karenanya, aku tak malu larut dalam kegembiraan perayaan ultah Kumpulan Emak Blogger yang ke-11 tahun pada hari Sabtu tgl 28 Januari 2023 di Bali Notes Terrace, Jakarta Selatan. 

Travel Blogger Gusti Yeni

Basah Tanpa Resah

Hujan turun serentak di banyak wilayah Jabodetabek. Serentak pula cerita tentang hujan itu meramaikan isi grup WA KEB 11 Tahun. Semua sama kena hujan.

Aku naik KRL Commuter Line bareng Mbak Ria Buchori. Alhamdulillah kebasahan saat menunggu GOCAR di luar stasiun Kebayoran 😁 Berdua payungan. Ternyata payungnya kurang lebar. Ya sudah, basah gak usah mandi sekalian. Nambah masalah namanya haha. 

Hujan bukan apa-apa dibanding momen bertemu dan berkumpul dengan emak-emak blogger. Jadi, tak ada resah yang menggelayuti. Itu sebabnya ketika sampai di Bali Notes Terrace bukanlah keluh yang pengen kusemburkan, tapi rasa suka cita yang berubah heboh saat bertemu Mbak Gusti Yeni dan Ria Andika di meja registrasi! 

Apaan tuh registrasi? Haha. 

Aku dan Mbak Ria Buchori bukannya buru-buru registrasi, malah sibuk bersapa, ketawa haha hihi, foto-foto, dan videoan sama Mbak Gusti dan Ria Andika! Begitulah.

Ria Andika dan Mbak Gusti merupakan 2 volunteer di acara KEB 11 Tahun. Aku sudah dua kali ketemu Ria di event ASUS di mana aku yang jadi PIC nya. Dengan Mbak Gusti Yeni belum pernah. Selama ini kami cuma berinteraksi di WA, blog, dan medsos. Dua orang ini spesial di mataku. Yang satu blogger kece dengan kemampuan fotografi dan videografi mumpuni. Yang satu travel blogger keren dengan segudang pengalaman traveling, dan punya blog dengan DA tinggi yakni 39! WOW keren ya!💕

Aku dan Ria Buchori bersama duo volunteer KEB 11 Tahun

Cerita Lama Awal Mula 

Usia KEB 11 tahun. Selama itu pula KEB sudah berulangkali merayakan hari jadi. Dan, jujur saja baru kali aku datang. Baru kali ini bisa. Baru kali ini punya semangat untuk hadir. Kenapa ya? 😁

Aku tidak ingat kapan pertama kali gabung KEB. Tapi yang pasti bukan baru-baru ini. Sudah lama, entah kapan tepatnya. Apa sejak zaman prasejarah? wkwkw. Gak ding!

Dulu pertama tahu KEB dari Mas Amril Taufik Gobel. Ada yang tahu beliau? 

Mas Amril sahabatku. Aku kenal beliau sudah lama sekali, bahkan sebelum blog Travelerien ini lahir (aku ngeblog sejak 2008, Travelerien lahir 2012). 
Mas Amril adalah bapak blogger senior yang namanya sebagai blogger tak hanya dikenal di Indonesia tapi kondang se-Asia Tenggara dan pernah menjabat sebagai Vice President ASEAN Blogger. 

Dari Mas Amril aku tahu Mbak Indah Julianti, sejak zaman almarhumah Nita masih ada. Waktu itu Mas Amril cerita, Mbak Indah itu blogger senior. Dan kala itu, rasanya aku pernah diajak join gabung sebuah komunitas blogger. Aku lupa namanya. Cara joinnya dengan mendaftar di sebuah website. Herannya, aku gagal terus mendaftar di situ. Hingga akhirnya, aku diceritakan tentang KEB, dan disebutlah nama Mira Sahid oleh Mas Amril. Itulah awal mula aku tahu komunitas KEB. Hanya saja waktu itu gak langsung gabung. Ada jeda beberapa waktu hingga akhirnya aku kontak mbak Juli untuk diterima gabung KEB. Aktivitas pertamaku saat itu dengan mulai ikutan share link tulisan blog di FB KEB.

Lucu juga sih, masuk komunitas emak-emak blogger justru dari bapak-bapak blogger😆

Ada masa aku istirahat lama gak ikutan share link lagi di FB KEB. Ada pula masa ketika aku mulai gabung di WAG KEB, terhitung sejak Maret 2021 hingga sekarang, via Arinta. Sejak gabung di WAG itulah aku merasa jadi kenal lebih banyak blogger dan lebih intens berinteraksi lewat aktivitas BW.

NAH! Bisa jadi sejak gabung WAG KEB itulah rasaku untuk hadir di event ultah KEB jadi ada dan menggelora.

Ketua KEB Elly Nurul & Tim Pengurus KEB Chichie

Pengurus Komunitas

Di acara ultah KEB 11 tahun ini pula untuk pertama kali aku jumpa Chichie. Sosok yang aku kenal pertama kali saat aku diundang jadi narasumber di program IG Live KEB NGOBROL pada bulan Desember 2020. Kala itu Chichie jadi host-nya.

Seneng? Iya dong.

Setiap orang yang pernah berhubungan denganku selalu jadi spesial di ingatan. Hubungan yang baik tentunya, yang fair dan tulus. Termasuk Chichie. Chichie di mataku adalah blogger yang isi kanal-kanal digitalnya "rapi" dan pinter fotografi. Aku suka baca tulisannya, selalu punya daya tarik.

Selain Chichie, aku juga ketemu Mbak Elly Nurul yang saat ini menjabat sebagai ketua KEB. Nah, sosok manis ini udah pernah kujumpai dua kali. Pertama di acara launching Downy, kedua di acara MPR. Kapan itu? Udah lama.

Mengabadikan Chichie dan Elly dalam satu frame yang indah bersama balon ultah 11 tahun adalah karena aku menyukai kedua pengurus tersebut.

Adakah melintas di benak sok akrab motret-motret kedua pengurus tersebut dengan modus agar dikasih job dan diundang jadi narasumber? Wkwkwk TENTU TIDAAACK. Jangan ya gaes. Sapa dan senyum itu kudu tulus, jangan hanya karena ada maunya hihi.

Makpuh Indah Julianti dan duo member sejak awal KEB Myra Anastasia dan Nchie Hanie

Duo Member Sejak Awal KEB

Mbak Myra Anastasia pernah bercerita di blognya, dalam artikel berjudul Tumbuh Kembang Bersama KEB, bahwa ia dan Nchie Hanie adalah member sejak awal Kumpulan Emak Blogger. 

Sejak awal hingga sekarang, dan masih setia bersama KEB. Takjub gak sihAku sih takjub.

Gak banyak orang yang betah di suatu komunitas hingga belasan tahun lamanya, jika bukan karena komunitas itu memang berbobot, pengurusnya baik, suasana "rumah"nya nyaman dan bikin betah, ngalahin kenyamanan hotel bintang lima!😂

"Aku dulu tuh ingatnya Mbak Rien itu suka menulis tentang travel. Foto profilnya pakai topi lebar. Mukanya jarang keliatan. Aku pikir, wah ini nih anak muda yang suka traveling dan ngeblog," kenang Mbak Myra.

"Suatu waktu, lho ternyata punya anak yang seumuran sama aku," tambah Mbak Myra.

Kami tergelak mentertawakan kenangan itu. Dikiranya aku ini masih muda belia, dan single wkwk.

"Iiiiih ga usah panggil teteh, Nchie aja lah. Kita kan seumuran," ucap Nchie Hanie. 

Obrolan kami di bangku belakang random sekali. Dari blog, anak, kucing, medsos, umur dan sebagainya. Rasanya pengen mohon maaf sama pembicara di sesi mini talkshow, karena kami sibuk ngobrol sendiri di belakang. 

Waktu yang sedikit dihajar habis-habisan buat ngobrol dan foto-foto gak kenal waktu haha.

We are family

Nasi Mandhi

Ngobrol dan foto-foto gembira sambil menikmati sajian istimewa Bali Notes Terrace, yakni Nasi Mandhi dengan ayam Chicking.

Soal ayam itu, sampe dijelasin lho oleh founder KEB.

"Kalau emak semua biasanya makan ayam KFC, sekarang makan ayam versi timteng namanya Chicking."

Catet ya gaes. Meski ini resto Bali, sesuai namanya Bali Notes Terrace, di sini sedia hidangan khas timteng Nasi Mandhi. 

Walaupun makan Nasi Mandhi gak diiringi musik khas timteng, apalagi tarian perut, kenikmatan makan Nasi Mandhi tak berkurang sedikitpun. Misalkan saat itu ada yang mau tari perut, ya gak nolak juga sih hahaha.

Terima kasih KEB atas hidangannya!




Rangkaian Acara

Habis makan, terbitlah kenyang. Acara perayaan hari jadi pun dimulai. 

Acara diawali dengan pembukaan oleh Mira Sahid selaku founder KEB.

Mas Abi Satria sebagai MC membawa acara dengan lancar dan mampu membuat suasana terasa jadi segar. Lalu ada mini talkshow dengan narasumber CEO Infina Mas Oktora Irahadi dan Ali Muakhir yang merupakan seorang penulis sekaligus content writer dan influencer.

Mas Tora mengangkat tema yang amat relevan dengan profesi para emak blogger yakni Cara Cuan Masa Kini.

Nah, ngomongin soal cuan nih. Aku mendadak teringat pada sebuah obrolan dengan seorang blogger pemula. Kejadiannya udah lama. 

"Mbak Katerina, aku mau dong diajarin cara gabung komunitas blogger itu (KEB maksudnya). Aku mau cari job dan cepat dapat duit. Komunitas yang itu aku juga mau. Grup yang itu juga mau. Kenalin sama yang itu juga mau. Pokoknya semuanya, biar cepet cuan."

Tujuannya biar cuan! Ya gak salah sih. Bebas aja apapun tujuanmu haha. Tapi, ada tapinya.... 

Jadi ingat dulu waktu pertama kali pengen gabung KEB cuma punya dua tujuan: nambah kenalan sesama blogger dan bisa ikut share link tulisan untuk saling kunjung. Dulu gak kepikir soal cuan, apalagi punya tujuan biar dihujani banyak job yang bikin rekening menggembung. Memang sih dulu dan sekarang beda. Kalau di masa kini, job berbayar bertabur, bikin ijo banyak mata, apalagi buat yang butuh duit. 

Dulu itu, ngeblog ya ngeblog aja. Bikin konten, dan konsistenNulis tentang hal-hal yang disukai, traveling misalnya. Dan aku tetap seperti itu sampai kini. Bukan ngeblog hanya jika ada job 😂

Kesempatan untuk cuan pada akhirnya menghampiri. Bukan lewat jalan instan yang hasilnya bersifat sementara. Tapi lewat ketekunan yang membuahkan sukses dalam waktu lama. 

Hasilnya? Pertanyaan Mbak Indah dan perkataan Mira kurasa bisa menjadi sebuah bukti. Bukti kecil tapi bermakna. Dan itu, bikin aku makin semangat buat terus sejiwa dengan blog yang sudah dibangun lama ini.

Materi Mas Tora

Metode EMAK dari Ali Muakhir

Sementara Kang Ali hadir dengan topik Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode EMAK.

Apa itu Metode EMAK? Penasaran kan? Sama. EMAK adalah:
  • Endapkan rasa
  • Mulailah membuat struktur
  • Apa pesan yang akan disampaikan
  • Kapan tulisan tuntas?
Lebih detail materi yang diberikan oleh Kang Ali ini selengkapnya dapat dibaca pada file PDF yang beliau bagikan. Aku akan bagikan lain waktu di lain tulisan supaya bisa bermanfaat untuk para penulis blog.


Ketua Siberkreasi  Donny BU juga turut hadir memberikan kata sambutan. 

Selanjutnya sesi peluncuran e-book yang ditulis oleh para makmin Kumpulan Emak Blogger dengan judul “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas”. Acara peluncuran buku diwakili  oleh makpuh Indah Julianti.

Jelang akhir acara dilakukan penyerahan secara simbolis #KEBPeduli melalui kampanye #KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga. Penyerahan dilakukan oleh ketua KEB Elly Nurul kepada ketua KEB Solo Ranny Rainy.


Selamat 11 Tahun Kumpulan Emak Blogger!

Terakhir penyerahan tandamata dari ketua KEB Elly Nurul kepada Elissa Koraag selaku ketua Perempuan Pelestari Budaya Nusantara. 

Penyerahan tandamata tersebut merupakan bentuk dukungan KEB terhadap komunitas PPBN untuk terus berkarya di ruang digital dengan karya-karya yang positif dan menyebar informasi kebaikan tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas melalui media sosial.

Yang menarik, PPBN dengan para anggotanya yang hari itu hadir dengan busana kebaya, tampil bersama ala-ala fashion show gitu deh. Suka liatnya. Jadi bisa menikmati ragam kebaya yang dikenakan. Semuanya cantik, siapapun yang memakainya. 

Kebaya. Ini busana punya kami, Indonesia. Bukan milik negara tetangga yang ngaku-ngaku itu.

Perempuan Pelestari Budaya Nusantara

Bertabur Hadiah

Games menambah keseruan acara.

Ada kuis berhadiah, ada pula kertas "HOKI" berhadiah bagi yang menemukannya di bawah bangku.

Tak ketinggalan pemilihan pemenang kostum terbaik.

Dresscode : Diimbau menggunakan kain/ kebaya. Jika tidak, silakan gunakan bebas rapi, dan nyaman, terbaik menurut versi emak semuanya.
Yak. Kami dihimbau menggunakan kain/kebaya. 

Aku sendiri mengenakan busana dengan style campuran kebaya dan celana kulot. Kubawa kain juga untuk ganti setiba di lokasi. Tapi, sampai acara kelar dan mau pulang, kain itu tersimpan rapi dalam tas, lupa dikeluarin! wkwk

Selamat buat  Lidya Fitrian terpilih sebagai best costum.

Lidya Fitrian dan kebayanya yang menjadi best costume

Bintang Bersinar di Usia Senja

Pemotongan tumpeng menjadi puncak acara. 

Tak hanya menjadi penanda akan sahnya sebuah acara ultah, atau sebagai ritual di hari jadi, tapi juga bentuk penghargaan dan terima kasih pada orang-orang yang telah membuat KEB "hidup" sampai sekarang.

Ada para pengurus yang kompak, anggota yang setia, dan dukungan cinta dari banyak orang/lembaga di luar komunitas.

Bunda Yati selaku blogger sepuh di usianya yang kini 83 tahun, dicintai oleh para blogger dan komunitas. Kehadirannya bikin haru. Beliau adalah inspirasi untuk semua. Bahwa usia, tidak membatasi seseorang menjadi berarti lewat blog yang dimiliki.  

Menulislah, sampai mati. Sebuah inspirasi.

Bunda Yati, blogger senior yang kini sepuh

Echi, Bunda Yati, Mbak Tanti


Selamat HUT ke-11 Kumpulan Emak Blogger!

Gempita dan suka cita di hari perayaan ultah KEB 11 tahun adalah milik semua yang hadir.

Selamat ultah ke-11 Kumpulan Emak Blogger!

Semoga selalu jadi tempat terbaik untuk para blogger berkumpul, menimba ilmu, menambah jaringan, bertemu dengan orang-orang inspiratif & berprestasi, meningkatkan follower, bahkan menambah peluang cuan 😁

Sehat selalu semuanya. Berkah usia komunitasnya. Aamiin.


Mbak Tuty Queen, volunteer KEB 11 Tahun


Mbak Tanti Amelia dan Mbak Elisa Koraag adalah blogger lama yang pernah jadi makmin KEB


Terima kasih KEB sudah mengundangku untuk ikut serta dalam syukuran KEB 11 Tahun "KEB Berjejak dan Berbagi".  

Acara syukurannya seru, meriah, dan bikin bahagia💕 

Bahagia karena aku merasa seperti diingatkan bahwa untuk langgeng sebagai blogger kudu punya cita dan cinta yang baik dan tulus supaya konten dan konsisten bukan ucapan semata.

Gempita acara ultah KEB 11 tahun ini didukung oleh Siberkreasi, Kominfo RI, INFINA dan Bali Notes. Pantesan keren banget acaranya!


"Suatu hari saat aku mati, tinggal tulisan-tulisanku di blog yang membuatku masih tetap hidup"



Sabtu, 28 Januari 2023
Bali Notes Terrace, Jl. Prof. Joko Sutono SH No.15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan



~Foto: Katerina || ASUS Zenfone 9 ~

Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

27 komentar

  1. dan kita ketemunya pas aku baru dateng nyendok nasi :D ..dulu banget ketemu pertama pas acara loreal hehe.
    seneng bisa ketemu mba rien di acara keb. moga bisa seseruan bareng lagi di acara keb berikutnya.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, kereen 11 tahun sampai sekarang masih aktif. Semoga title BA yang melekat bener jadi kenyataan ya mak, ihihi.

    Senang sekali ikutan acara komunitas yang seru begini. Kostumnya juga okee, menambah kecintaan kita sama baju khas Indonesia, kebaya! keren banget idenya yaa :D

    BalasHapus
  3. Mbaaaa Rien ulasannya lengkap pisan, ciamik. .😍 tapi beneeer mba, itu si ASUS pada diri mba Rien. Oh iya dulu banget kan ku juga pernah ke acara ASUS, udah lama banget mba sama Ranti yg di BSD. Alhamdulillah ketemu lagi ya tapi kemarin nggak sempat ngobrol banyak. Moga bisa ketemu lagi nanti.. amiin

    BalasHapus
  4. Luar biasa, bahagia sekali bisa berkumpul dengan sosok2 Mak Blogger yang telah menginspirasi sejak pertama kali saya ngeblog. Mbak Mira, Mak Indah, Mbak Rien yang foto2nya selalu cuakep, Mbak Myra dengan gaya pengaushan yang khas. Ahh, sayang sekali tidak bisa bergabung dalam keseruan KEB 11 tahun. Semoga next year bisa ambil bagian. Amiin. Anyway, Happy Anniversary for KEB, selalu bersinar untuk Emak Blogger Indonesia.

    BalasHapus
  5. Jujur, saya tu nganan (kebalikannya deng) kalau baca meet up atau gawe darat KEB. Soalnya, saya uda lama join KEB tapi belum pernah sekalipun jumpa langsung dengan nama-nama yang saya sudah akrabi di WAG atau FBG hehehe. Mudah-mudahan kapan2 bisa berzumpa langsung dengan teman-teman KEB yaaa...Terima kasih ceritanya yang cantiiiik mba Rien. Oh ya, tiap lihat/ingat Bunda Yati, rasanya jadi malu kalau males2an ngeblog. Beliau memang panutan..

    BalasHapus
  6. Masya Allah mbaaa Rieennn keren banget acaranya. Asli bikin mupeng banget buat yang di luar kota. Andaikan aku ada di sana aku pasti daftar volunteer juga. Justru kebersamaan bertemu blogger2 hebat yang bikin makin semangat terus melanjutkan estafet menebar karya. Ada bunda Yati yang sampai usia senja bisa terus aktif. Dan semoga meskipun kita udah ngga ada di dunia ini, tulisan kita masih bisa dinikmati dan menebar inspirasi.

    BalasHapus
  7. Seru ya acara ulang tahun KEB. Biasanya kalau udah akrab akan hapal dengan ciri khas masing-masing. Kalau Mbak Rien memang sekarang udah identik sama ASUS hehehe

    BalasHapus
  8. Masyaallah aku bisa membayangkan keseruan dan kehebohan acara ultah KEB kmr. Liat foto2nya aja udh kliatan klo acaranya meriah dan hangat. Seneng ya mbak bisa ketemu para blogger kece. Yg di daerah ni cuma bisa mantau dr jauh aja. Tapi alhamdhulilah merasa bahagia dan bersyulur bisa jd bagian KEB juga. Banyak belajar dr founder, emak2 kecw termasuk mbak Rien juga

    BalasHapus
  9. Masya Allah!
    Suka kebangetan dengan cara Mba Kat menuturkan Cita dan Cinta Ultah KEB 11 tahun.

    Fotonya saja sudah bisa berbicara.
    Daebaq!

    Aku jadi ingat saat pernah difoto sama Mba Kat ini waktu di Lampung dan sekitarnya.
    Semoga kelak bisa kolaborasi bareng lagi.

    BalasHapus
  10. Seru banget deh Mba Rien bisa datang ke acara ultahnya KEB. Dibandingkan aku yang baru sekitar 4 menuju 5 tahun ngeblog, Mba Rien udah lebih lama nulis diblog. Salut deh, bisa jaga konsitensi menulis. Selamat ulang tahun yang ke-11 untuk KEB. Semiga KEB semakin sukses dan jaya. mudah-mudahan bisa menebar manfaat yang lebih banyak lagi buat sekitarnya

    BalasHapus
  11. aaaah aku kangen semuaaa mba. Makpon, makpuh, makketu et makmin lainnya.. plus blogger2 lain. lumayan komplit iniii.. ama mak elisa, mak tanti, Bunda Yati, Lia, Gusti Yeni, Chie, Chichie, teh Nchie, Mak Icoel, aaaah semuanyaaa... asli jadi kangen heheh. Kami pun masih gabung di banyak WAG dengan these incredible ladies mbaa... dan aku juga bangga bisa gabung jadi bagian KEB dan bangga jadi blogger! Hugs from Welly ..

    BalasHapus
  12. Panjaangnyaaa tulisannya, gak berasa dah nyampek bawah :D
    Wkwkwk kyknya emang ASUS melekat tiap liat Mbak Rien :D
    Seru banget ke acara2 kyk gini bisa ketemu banyak teman maya yang walau jarang atau bahkan belum pernah ketemu sama sekali tapi berasa dekat karena sering BW2an, jadi kyk seolah2 kenal kesukaan dan kebiasaan masing2 ya mbak.
    Acaranya sukses nih banyak yang datang, makanannya katanya juga enak, pembicara yang diundang kece2, dan banyak hadiah juga ya :D

    BalasHapus
  13. terlihat seru dan intimate ya acaranya, happy semua bisa kopdar melepas rindu dan cerita. keren!

    BalasHapus
  14. Tarik napas, tahan napas, lepaskan, teruuus gitu selama baca dari awal sampai paragraf akhir, lengkaaaaap. Jadi kayak ikut hadir di acara ulang tahun 11 tahun KEB. Blogger yang hadir keren semuanya, tamu undangan dan pembicara nya juga keren banget. Terimakasih udah menuliskan cerita kemeriahan acaranya, mba Rien

    Dan aku speechless saat sampai di tulisan, jangan sampai orangnya masih hidup tapi blog nya mati. Huhuuu, jangan sampai terjadi. Pokoknya harus update rutin agar bisa ikut blog walking, hihihi

    BalasHapus
  15. Seru sekali acaranya. Bisa ketemuan sama Founder KEB, teman-teman blogger, makan-makan dan pastinya dapat ilmu yang bermanfaat. Sayang sekali aku gak bisa hadir karena ada acara keluarga. Semoga next year bisa join.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Hai Mbak salim dulu sama bloger senior. Sebagai senior yunior dan masih unyu-unyu ini walau usia sudah banyak patut berbangga karena sudah bergabung di KEB sejak beberapa tahun lalu. Belum lama sih, tapi sudah cukup sering ikut BW di KEB. Berkat itu saya banyak belajar dari tulisan-tulisan para emak bloger, keceh nin keren deh. Selamat ulamg tahun KEB semoga anggota komunitas yg kita cintai ini makin rajin nulis dan ngeblog.

    BalasHapus
  17. Masya Allah senang banget ya mbak bisa datang di acara spesialnya KEB ke- 11 tahun, wah aku jadi kesindir nih jangan ngeblog kalau ada job aja hahahaha

    BalasHapus
  18. Benar-benar meriah ya Mba acaranya ultah KEB, sekaligus temu kangen sama blogger lama banget ngga ketemu. Mba Rien branding-nya Asus banget memang hehe

    BalasHapus
  19. Mbaak Rienn love love aslii aku seneng banget pas tau dirimu hadir...Tau ga sih mbaa aq mupeng pengen di foto pake HP mu 😘🤩🤩....

    Tar aku mau nulis tentang Mbak Rien aaah...

    Sudah bisa aku tebak tulisan Mbak Rien pasti lengkap plus fotonya cetar ...mupeng aah pengen sering2 ketemu dirimu trs belajar foto apalagi kalau beruhungan dg foto traveling pasti ada tipsnya ya mba...

    BalasHapus
  20. Aku seneng lihat foto2 bertaburan di postingan ini mba. Kangen lihat yang pada asyik berkumpul gini. Ada Bunda Yati, jadi pengin ketemu lagi. Setiap kali beliau ke Semarang, tak pernah lupa mengabariku dan ngajak ketemuan. Salut dengan semangat beliau yang konsisten ngeblog hingga gini. Bikin semangat emak2 yang masih muda kayak kita kan mbaaaa... ;)

    Selamat ulang tahun, KEB. Komunitas blogger pertama yang kuikuti dan mengajarkan banyak hal padaku. Semoga selalu jaya dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

    BalasHapus
  21. Senangnya bisa pada kumpul di Ultah KEB. Pasti jadi pengalaman tak terlupakan apalagi abis pandemi ini. Well gak salah juga ya kalau Mbak Rien menyandang BA ASUS di mata Blogger. Aminin aja, hehehe

    BalasHapus
  22. MashaAllah~
    Bertabur bintangnya blogger kece!

    Yang biasanya hanya bisa melihat melalui tulisan dan karyanya, kini dengan adanya acara Anniversary KEB yang 11, bisa kopi darat seru.

    Aaaah...aku kalok ketemu kak Rien keknya mo rekues aah...
    Karena kak Rien actionnya kalo di foto gak pake jaim euuii.. Aku mo bikin foto ala ala NCT gitu aah.. ehhehe.. mimpi dulu yaa, kak Rien..
    Kan pengen bisa ketularan kak Rien dan semua blogger keren di KEB.

    Barakallahu fii umriik, KEB.
    Terus menjadi wadah yang nyaman untuk para emak blogger ya..

    BalasHapus
  23. Selamat juga Mbak Rien, 11 tahun konsisten nge-blog sampai sekarang. Lanjuuut!
    Suasana HUT KEB terasa hangat dan akrab yaa dengan para makmin dan juga teman-teman blogger yang selama ini cuma ketemu di dunia maya.

    btw, iya lho suka ada yang japri aku nanya gimana cara ngeblog, gabung komunitas soalnya dia ingin cari cuan. Kayaknya emang branding ngeblog sekarang itu = jadi duit. Antara senang tapi kok mau instan yah.

    BalasHapus
  24. Bahagia, terharu, tersipu karena ada fotoku....
    Mari kita ulas satu per satu, berhubung ini puanjaaang bangeeeet!

    1. Bangga ada di KEB, jelas, aku adalah salah satu emak blogger yang merasa hidupku menjadi lebih bermakna, bisa punya banyak teman, bisa punya banyak kesempatan, padahal sempat ada di titik terbawah - tak berguna hahhahaa ...

    2. Dengan bergabung di beberapa komunitas, salah satunya KEB aku jadi punya banyak referensi dan wawasan

    3. Siapa sih yang tak kenal dirimu mbak Rien di dunia tulis menulis blog ini, BA ASUS? Aamiinkan saja dulu, makpon Mira Sahid itu kalau ngomong ampuh loh!

    4. Bahagia ketemu banyak blogger keren, mak Indah Juli - Bunda Yati - dan segudang blogger keren lainnya!

    BalasHapus
  25. Sehangat itulah bertemu dengan mereka-mereka di KEB, seperti penuturan mb Rien di atas, gambaran kak Indjul atau makpuh memang selalu hangat di ingatan kami member KEB. Kalau ke Jogja, kita ketemuan ya mba, kak Indjul ini tetanggaku..

    BalasHapus
  26. Favorit banget banyak blogger senior yg hadir di ultah KEB yg ke-11 ini semoga next nya aku bisa ikutan hadir

    BalasHapus
  27. Seperti biasa ulasannya mba Rien itu selalu detail bisa menggambarkan detail suasana yang ada di suatu perayaan tersebut.
    Emang branding mba Rien sama ASUS itu udah nempel soalnya sering ngadain lomba blog bareng ASUS. Udah waktunya jadi BA. Wkwk.
    Seneng bisa kumpul sama Emak Blogger lainnya, Alhamdulillah bisa ketemu Bunda Yati yang usianya udah seperti eyang saya. Bunda Yati kemarin ngga kasih testimoni tentang masih aktif ngeblog sampai sekarang mba?
    Aku salut sama Bunda bisa seseger itu di usianya, penasaran sama gaya hidupnya. Ngga cuma masih rajin ngeblog aja, tapi Bunda Yati juga rajin BW mba. Bukti sillaturahmi online bisa memperpanjang umur. Semoga suatu hari ada rezeki bisa jumpa Bunda Yati 😍
    Congratss mbaa tulisannya terpilih jadi pemenang di HUT ke 11 KEB 👏🏻
    Mudah-mudahan KEB adain Kopdar di Surabaya dongg..

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!