Ada Cerita di Tiap Hadiah


Assalamu'alaikum,

Kali ini saya mau cerita tentang hadiah lomba menulis yang pernah saya dapatkan selama ngeblog. Sejak kapan saya ngeblog? Baru! Baru 7 tahun (2008-2015). 5 tahun pertama masih jadi blogger yang kekanakan, 3 tahun terakhir ini mulai jadi bloger yang beranjak remaja dan berusaha menjadi dewasa. Doain ya biar makin dewasa ^_^

Yang namanya dapat hadiah, sudah pasti karena ada lomba yang dimenangkan. Kalo kalah, sudah jelas nggak ada hadiah dalam wujud benda + materi. Tapi yang pasti, ada hadiah istimewa dibalik kekalahan: Pengalaman dan Pelajaran!

Dulu, motivasi ikut lomba karena ingin belajar berani dan percaya diri. Apalagi saat itu saya kan belum professional (sekarang juga belum sih hihi). Nah, karena merasa belum (BELUM tidak sama dengan TIDAK) profesional, ilmu pun tak ada, saya pun tergerak untuk belajar. Lalu, saya ikut berbagai workshop kepenulisan. Dari yang gratis sampai yang berbayar, asal saya ada waktu, pasti saya ikuti.

Lama-lama, motivasi ikut lomba mulai beralih dari sekedar agar berani berkompetisi, jadi ingin mengejar prestasi dan materi. Nah! Matrek maksimal deh ah sejak itu *tempelin CEK di jidat*

Deretan (kayak banyak banget) hadiah yang akan saya tampilan berikut adalah bentuk apresiasi panitia lomba kepada pesertanya. Buat saya sebagai peserta, tentu saja setiap hadiah adalah istimewa. Apapun bentuknya. Berapapun nilainya. *mendadak bijak*

Pernah merasa tidak puas dengan hadiah yang didapat? 
Bukan saya hendak pen-Niveaan (karena Citra sudah terlalu mainstream), kalo saya bilang bahwa saya selalu PUAS dengan apapun hadiah yang didapat. Karena bagi saya, kalau saya sudah tahu bentuk dan nilai hadiah yang akan diberikan bagi yang menang, berarti sudah siap menerima dengan apapun yang didapat. Kalau tidak puas? Ya salah sendiri kenapa tetap ikutan lombanya :D Mau protes ke panitia? Ya ampun. Malu-maluin aja :))

Inilah sedikit hadiah (kalo bilang sedikit kayak nggak bersyukur ya hihi). Ok, diulang: Inilah sejumlah hadiah yang telah membuat saya terus bersemangat untuk menulis dan ngeblog.


Dompet Rajut
Tgl. 25 Nopember 2014 jadi pemenang ke 2 GA Perjalananku Dan Masjid yang diselenggarakan blogger Ummufathin. Mbak Siti Sofiah sebagai penyelenggara, menghadiahkan Dompet Rajut + pulsa + buku The True Hijab. Dompetnya tebal dan lembut. Warna birunya sangat manis. Selama ini saya pakai untuk menaruh kamera Canon IXUS. Kadang pernah saya pakai untuk menyimpan aksesoris (koleksi bros). Kalau bepergian, dompet rajut ini selalu saya bawa. Pemenang ke 1 mendapat Tas Rajut+Pulsa+buku The True Hijab. Dan pemenang 3 mendapat 3 buku The Draculesty the series + pulsa 50 rb + Buku The True Hijab). Tulisan yang saya ikutsertakan dalam lomba berjudul: Horor di Masjid Seribu Pintu Tangerang. Juri dalam lomba ini adalah mbak kece badai di dunia media, Irawati Prilia.
 

Voucher Belanja Rp 250.000,-
Bulan Desember 2013  jadi pemenang Wonderful Indonesia Blogging Contest Periode 3. Lomba ini diselenggarakan oleh situs resmi pariwisata Indonesia, Indonesia.Travel.  Tulisan yang saya ikutsertakan berjudul Snorkeling In Paradise: Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Kedis. Hadiahnya berupa voucher belanja (bisa dibelanjakan di Carrefour & Giant) senilai Rp 250.000, sejumlah souvenir dan VCD Wonderful Indonesia. Isi VCD ini membuat saya makin terpesona dengan keindahan alam Indonesia. Ada perasaan bangga luar biasa setiap menyaksikan videonya. What a wonderful Indonesia.  


Backpack Eiger 25L
Tanggal 17 September 2013 terpilih menjadi salah satu dari 25 finalis dalam lomba blog Terios7Wonders yang diselenggarakan oleh VIVALog dan Daihatsu Indonesia. Dalam daftar pengumuman 25 finalis tersebut, saya berada di nomor urut 2. Meskipun tidak masuk dalam 5 besar, saya sudah merasa sangat bersyukur. Merasakan berlomba dengan ratusan travel blogger keren saja sudah membuat saya senang. 

Saya dan para finalis diundang gratis ke JIExpo. Disuguhi makanan+minuman. Dikasih materi travel writing dari mbak Marischka Prudence. Jadi kenal Cumilebay dan Wira Nurmansyah. Dan, dapat hadiah Backpack Eiger 25L. Satu lagi, dapat miniterios hihi. Gara-gara miniterios itu (warna hitam), 1 tahun kemudian saya punya Terios beneran. Tapi warna silver, bukan hitam :D Ohya, tulisan yang saya ikutsertakan dalam lomba ini berjudul: Bromo, Keajaiban Nusantara Sarat Keindahan.
 

Buku Travelove & Buku A journey of a thousand miles begins with a single step 

 
Tahun 2012 jadi pemenang ke 2 lomba menulis tentang perjalanan yang diselenggarakan oleh Lalu Abdul Fatah dan Dee An. Dari lomba itu, 18 naskah dibukukan dalam antologi Love Journey : Ada Cinta di Tiap Perjalanan. Tulisan yang saya ikutsertakan berjudul: Menaklukan Rasa Takut Di Laut Pulau Dewata. Hadiahnya 2 buah buku keren! Buku Travelove karya Andrei Budiman dkk dan buku A journey of a thousand miles begins with a single step karya Dee An, serta 1 buah baju kaos Batam. Lomba ini jadi moment pertama kali nama saya tertera dalam buku sebagai penulis (kontributor). Alhamdulillah. Terima kasih tak terhingga buat mbak Dee An dan Fatah.
 

Buku Syair Panjang Aceh & Buku Perempuan Keumala 

 
Ini adalah hadiah saat pertama kali saya ikut lomba blog, tahun 2009. Waktu itu jadi pemenang ke 1 lomba menulis tentang Aceh. Jurinya mas Amril.T.Gobel (juri lainnya asal Aceh). Tulisan yang saya ikut sertakan berjudul "Sepenggal Kenangan Di Tanah Rencong". Cerita fiksi.  Hadiah yang saya terima berupa Buku Perempuan Keumala, Buku Syair Panjang Aceh, 1 baju kaos Aceh, dan 1 buah bross Pintu Aceh. Saya sudah baca semua bukunya. Brossnya sudah dipakai (sayang warna emas pada lapisan brosnya sekarang sudah mulai pudar). Buku Syair Panjang Aceh saya hadiahkan kepada seorang teman istimewa. Yang lainnya masih ada di saya sampai sekarang.
 

Kalung Delisa
Tahun 2011 saat film Hafalan Salat Delisa tayang di bioskop-bioskop Tanah Air, penulis novel Hafalan Salat Delisa, Tere Liye, mengadakan suatu lomba (bikin review film). Saya ikut. Alhamdulillah ternyata jadi pemenang (pemenangnya ada beberapa orang). Hadiahnya kalung dan liontin emas berbentuk huruf D. Hadiah tersebut sampai sekarang masih saya simpan dengan baik.
 

Uang Tunai Rp 10 juta
Ini hadiah diluar lomba menulis deh ah hihi. Pingin disebut juga soalnya masih hangat :)) 

Jadi, Maret lalu saya menerima uang cash Rp 10 juta karena menjadi pemenang Luber Hadiah Kantor Pos periode Sept-Nov 2014. Yang awalnya saya curiga akhirnya jadi sumrigah. Kirain dapat telp dari penipu, eh ternyata dari kantor pos beneran. Maklum, telp dan SMS tipu-tipu kan udah sering banget menghampiri, jadi nggak mudah percaya. Apalagi saya nggak merasa pernah ikut undian. Tahunya kirim wesel, kirim paket, kirim surat saja. Sudah, selesai. Lantas, apa hubungannya hadiah ini dengan nulis? Ada dong. Itu waktu nulis nama penerima dan pengirim di form wesel, kan nulis juga namanya *maksaaaaa* Gapapa toh. Biar pencitraan. Pernah menang gitu lho. Manjang-manjangin daftar hadiah. *eaaelaaaah*

Masih mau dipanjangin lagi nggak daftar hadiahnya? Biar makin pencitraan :))



-Hadiah terbesar dalam hidup saya adalah HIDUP itu sendiri- 




Seorang istri. Ibu dari dua anak remaja. Tinggal di BSD City. Gemar jalan-jalan, memotret, dan menulis.

Share this

Previous
Next Post »

21 komentar

  1. Wah udah 8 tahun! Kereen, semangat terus ngeblognya :D *lirik diri sendiri yang baru 3 tahunan harus tetep semangat juga* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaaaaaf Fahmi.....bukan 8 tapi 7 haha. Thn 2008-2012 ngeblog di Multiply. Di tahun yang sama (thn 2012), mulai bikin blog di Blogspot karena Multiply mau ditutup :D

      Ayo semangat bareng-bareng. Blog 'remaja' saya juga baru 3 tahun :))

      Hapus
  2. Alhamdulillah..... Mbak Rien keren... Udah berkali-kali menang lomba menulis. Semoga barokah ya, Mbak. Dan semoga makin rajin menulis. :) ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Oh ya, aku juga mau berterima kasih sama mbak Ira. Sudah membuatku banyak belajar, tak cuma tentang dunia menulis dan media massa, juga tentang sikap dan kualitas diri seorang penulis. Sukses selalu buatmu mbak :)

      Hapus
  3. waaaaa konsisten ya mb Rien.... ikutan coba-coba ya... *_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya aku sedang belajar konsisten, mbak :D Ayo mbak ikut ya. Pantau saja grup mbak, nanti akan dishare di sana kalau ada lomba-lomba :)

      Hapus
  4. Ahhhh itu Mba dapet 10 Juta, wow keren banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Tapi itu bukan lomba ngeblog :D

      Hapus
  5. Selamat mbak, Bari satu ikut lomba Dan masih kalah. Kayaknya kenal dengan mbak 'badai' ITU hehehe

    BalasHapus
  6. Selamat mbak, Bari satu ikut lomba Dan masih kalah. Kayaknya kenal dengan mbak 'badai' ITU hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, mbak kan baru satu kali kalah. Kalo aku udah berkali-kali kalah :))
      Iya, pasti kenal sama mbak kece badai itu :D

      Hapus
  7. Senang sekali memang jika berhasil menjadi pemenang dalam suatu lomba, bisa menjadi tolok ukur sampai dimana kemampuan menulis kita. Kalau aku baru sekali memang lomba di blog keluarga biru ini, Alhamdulillah sore tadi udah datang hadiahnya ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya, apresiasi yang diberikan bisa memperkuat kepercayaan diri :)
      Alhamdulillah, selamat ya Wan atas kemenangannya. Ayo ikut lagi lomba-lomba lainnya. Masih banyak yang belum DL.

      Hapus
    2. Ada lomba apa saja Mbak? Minta infonya dong di grup :-) Makasih.

      Hapus
  8. Aku mau dapat hadiah cash 10 juta nya, makan2 dong yuk ??????? #NgarepDitraktir

    BalasHapus
  9. Ihhh keren ihhh 10 juta mau dong =)) Aku mulai bikin MP tahun 2007 akhir, tapi sampai sekarang masih gini-gini aja XD Hahaha...

    BalasHapus
  10. Subhanallah keren sekali mba Rien... :)
    Menulis itu membahagiakan ya mba apalagi jika ada yang mengapresiasi tulisan kita dengan pujian atau penghargaan. Semakin melecutkan semangat untuk menulis :)

    eh dompet rajutnya bisa dijadikan tempat make up kalau traveling itu mba :D

    BalasHapus
  11. Eh ada namaku disebut-sebut, hehehehe.. *norak yo ben..
    Aku ngeblog juga sejak tahun 2008, blog pertama ya di MP itu.. Alhamdulillah bagiku ngeblog di MP itu merupakan berkah yang luar biasa. Bisa kenal ama orang-orang hebat, salah satunya dirimu :)

    Dulu jaman di MP rasanya seriiing banget menang lomba, foto-foto hadiahnya masih ada sampe sekarang. Hadiah-hadiahnya (selain yg hadiah makanan) juga masih tersimpan dengan baik. Itu harta dan kenang-kenangan berharga bagiku :)
    Sejak pindahan ke adventurose dot com belum pernah menang huehehehe... Maklum mbak, awal-awal dulu sempat kena penyakit susah move on dari MP, boro-boro ikutan lomba, ngeblog aja sebulan sekali, itu pun kalo inget. Baru beberapa bulan inilah mulai semangat ngeblog lagi, hehehe... trus kenapa aku jadi keterusan curhat di sini ya? hahahaha....

    BalasHapus
  12. aku ngeblog 2005, di boleh.com lalu di MP, dan dua2nya digusuur..hiks...mba rien kereen, itu hadiahnya masih disimpan semuaa....*culik kalungnya..

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!