Serunya Perayaan AirAsia Bloggers Community (AABC) 3rd Anniversary

17.27
AABC2016 airasia

12-14 November 2016 di Jakarta. 3 hari 2 malam. Menginap di Hotel DoubleTree by Hilton. Bersenang-senang dengan 50 bloggers, vloggers dan digital influencers anggota AABC dari negara-negara Asean, China, Taiwan, dan India. Merayakan serunya AABC 3rd Anniversary. Dapat kawan baru, cerita baru, suasana baru, dan pengalaman baru.

AABC 3rd Anniversary mengajak kami untuk mengenal lebih dekat kota Jakarta, AirAsia dan ragam kekayaan kuliner Indonesia dan Asean melalui serangkaian tantangan. Tantangan tersebut dikemas dalam suatu tema dan masing-masing tema di post di Instagram dalam bentuk foto atau pun video. Di antaranya adalah :
  • Asiknya #TravelGr8 Bersama AirAsia
  • Kenyamanan DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro
  • Nikmatnya kekayaan kuliner Indonesia dan Asean dari AirAsia
  • Seru-seruan dalam AABC Fun Race dari Cikini menuju Kota Tua dan berbagai destinasi menarik di Jakarta
Hotel bintang lima
Teman-teman blogger Indonesia yang hadir pada AABC2016 adalah Wira (wiranurmansyah.com), Mita (teronggemuk.com), Nurul (nurulnoe.com), Kadek (kadekarini.com), Atre (renjanatuju.com), Michi (michellehendra.com), Rifa (rifamulyawan.com), Daniel (danielgiovanni.com), Suci (suciutami.com), Astari (ivegotago.com), Inne (innath.com), dan saya Katerina (travelerien.com

Berdasarkan informasi yang saya terima dari PR AirAsia, ada 12 bloggers dari Indonesia+1 PR, Malaysia 4 bloggesr+1PR, Thailand 6 bloggers+1PR, Singapore 4 bloggers+1 PR, Brunei 1 blogger, Indochina 4 bloggers+1PR, Philipines 3 bloggers+1PR, China 5 bloggers+1PR, India 4 bloggers+1PR, Taiwan 2 bloggers+1PR.

blogger airasia
Indonesian Bloggers for AABC2016



Travel Great with AirAsia
Tantangan sudah dimulai sejak tanggal 11 November 2016, jam 09.00, saat kami delegasi dari Indonesia belum kumpul di hotel. Tapi di hari tersebut, beberapa blogger dari negara lain sudah datang ke Jakarta.

Tantangan 1 bertema “Travel Great With AirAsia”. Kami diminta untuk membuat video yang isinya sesuai dengan tema tersebut, lalu mempostingnya di Instagram dengan hastags #AABC2016 #AirAsia. 

 
“How You Travel Great with AirAsia”. Saya merasa tantangan ini agak sulit. Terus terang saya sama sekali belum pernah membuat video ketika sedang naik pesawat AirAsia. Saya berpikir agak lama sampai akhirnya muncul ide untuk membuat video berisi kompilasi foto-foto promosi AirAsia yang saya ambil dari web AirAsia, lalu dikombinasi dengan foto-foto ketika saya mengikuti acara AirAsia pada bulan Ramadhan tahun 2015. Hingga akhirnya jadi video dengan durasi hampir 1 menit. 




Saya lega bisa berpatisipasi dalam challenge 1, meski dengan video sangat seadanya. Kecil kemungkinan menang mengingat isinya bagi saya tidak begitu menarik. Video yang akan dilirik juri pastilah yang sangat spesial, seperti halnya hadiahnya yang juga amat spesial yaitu 1 AirAsia return ticket to international destination of choice.

Check-in Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta
12 November 2016, pukul 13.00 saya tiba di DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro. Belum ada blogger lain saat itu. Hanya saya. Bertemu Nia (PR AirAsia Indonesia) yang sudah berada di hotel sejak hari sebelumnya. Setahun tak bersua, ia masih seperti awal berjumpa; riang, hangat, ramah, dan tentunya masih cantik. Saya biarkan ia melanjutkan pekerjaannya. Saya bersantai di lounge, menunggu yang lain.

Pukul 15.00 registrasi dan check-in di DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro. Setelah registrasi kami mendapat tantangan ke-2 yaitu Chocolate Chip Cookie Moment with DoubleTree by Hilton Jakarta–Diponegoro. Special prize untuk 2 pemenang di challenge ke-2 ini adalah Two nights stay at one of Hilton Worldwide properties in Indonesia, Malaysia, or Thailand. 


"welcome cookies" - Untuk tiap tamu menginap
 

Welcome Dinner with AirAsia New SANTAN Combo
Welcome dinner berlangsung di Thamrin 1 Room (lobby floor) DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro. Pukul 18.00 kami sudah diminta kumpul. Dress code malam itu white/ black/red, cocktail/semi formal dress


Saya memilih dress putih dengan tambahan semi blazer warna hitam. Sama seperti yang lainnya, kebanyakan bernuansa hitam putih, segelintir saja yang merah. Teman sekamar saya Tari, memakai busana warna merah. Dari atasan, bawahan, sampai sepatu. Membara pokoknya. Tapi cantik :)


Siap untuk welcome dinner ^_^

Acara dinner di hari ke-1 ini menjadi ajang temu pertama kalinya antara saya dengan seluruh delegasi dari negara-negara lain. Nurul, Mita, Wira dan yang lainnya mungkin sudah saling kenal karena pernah bertemu pada AABC2015 di Bangkok. Sedangkan saya, baru kali ini hadir di acara gathering blogger AirAsia. Belum ada satu pun yang saya kenal.

Selain menjadi ajang pertemuan pertama, welcome dinner ini juga memperkenalkan kami pada menu baru Santan AirAsia. Kami juga mendapatkan informasi harga jualnya di dalam pesawat. Terdiri dari:

    - Menu Indonesia: Nasi Padang dan Nasi Kuning Manado. Harga mulai Rp 33.900,-
    - Uncle Chin’s Chicken Rice (menu ini biasanya ada di negara Singapore dan Malaysia, dan juga popular di Thailand dan Vietnam). Harga mulai RM 10.
    - Menu Thailand: Pad Thai, Sticky Rice with Mango, Vegetarian Thai Panaeng Curry, Spicy Fried Chicken with Rice & Traditional Thai-Style Omelette. Harga mulai THB 100
    - Menu Malaysia: Pak Nasser’s Nasi Lemak, Nasi Dagang with Chicken Curry, Longevity Noodles, Nasi Kerabu, Chicken Satay harga mulai RM 10
    - Menu Filipina: Chicken Adobo, Beef Caldereta. Harga PHP 180
    - Menu India: Purani Dili Ke Raseele Rajma with Jeera Rice, Cheese Omelete, Lyonnaise Potatoes and Chicken Tikka. Harga mulai INR 189





      Nah, saat makan ini kami menerima tantangan lagi bertema “Nikmatnya kekayaan kuliner Indonesia dan Asean dari AirAsia”. Jadi kami diminta posting foto di Instagram about SANTAN meals during AABC Welcome Dinner. Challenge 3 berlaku hanya sampai pukul 22.00 GMT+7. Photonya harus foto yang diambil sendiri, bukan oleh orang lain. Jika ingin lihat foto-foto pada challenge ini, teman-teman bisa cek Instagram dengan hashtags: #AABC2016 #C3 #AirAsiaEats #AirAsiaSantanCombo

      Apa hadiah spesial dari challenge 3?
      1 AirAsia return ticket to international destination of choice!
       





      Saya sudah coba menu Nasi Kuning Manado. Kamu bisa coba menu ini saat naik AirAsia  :)

      Usai dinner acara dilanjutkan dengan pengumuman pembagian tim dan briefing untuk AABC Fun Race. Ada 9 tim terdiri dari Team Monas (6 orang), Team Cikini (6 orang), Team Batavia (6 orang), Team Lenong (6 orang), Team Ondel-Ondel (6 orang), Team Ketoprak (6 orang), Team Gado-Gado (7 orang), Team Bajaj (7 orang), Team Betawi (7 orang). Masing-masing tim didampingi oleh PR AirAsia dari negara-negara yang diundang.

      Saya tergabung dalam Team Lenong. Beranggotakan 6 orang. Saya dan Nurul (Indonesia), Auvila (Thailand), Ayen (Filipina), Hazel (Singapore), Lutfil (MAA Comms Malaysia). Tiap tim diperkenalkan satu persatu di depan, dan langsung diberi perlengkapan untuk fun race seperti e-money card untuk naik commuter line dan TransJakarta yang sudah diisi senilai Rp 50.000. Tidak ketinggalan uang cash Rp 100.000 untuk jajan di Kota Tua. E-moneynya kebanyakan he he. Kalau dipakai buat naik commuter line habisnya paling 6 ribu PP Cikini-Kota Tua.

      Team Lenong AirAsia Fun Race AABC2016 : Ayen, Lutfil, Nurul, saya, Auvila, Hazel

      Let's Enjoy Jakarta and Share Wonderful Indonesia!
      AirAsia Fun Race dimulai pukul 9, start dari hotel. Pukul 07.00 kami sudah turun ke restoran hotel, sarapan. Hari itu semua memakai dress code T-shirt AABC warna merah (pemberian AirAsia), memakai sepatu olahraga (bawa sendiri-sendiri). Pokoknya sporty style, karena bakal banyak gerak, jalan, bahkan mungkin lari-lari. Pagi itu restoran pun dipenuhi oleh orang-orang berbaju merah.

      Pukul 08.00 kami diajak tur hotel melihat dua tipe kamar paling kece. Tipe president suite di lantai 18 paling atas, serta kamar tipe lainnya di lantai 15. Kagum lihat kamar president suite, besar, luas, dan full fasilitas. Harganya pun bikin kagum, 8 juta permalam he he. 



      Sarapan sebelun Fun Race


      Tur Hotel bersama mbak Liza dari Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta


      Tur Hotel - Melihat room tipe President Suite - Ini baru living room dan dining area-nya lho


      Kalau ini kamar saya dan Tari :D
      Kolam renang laguna Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta

      Pukul 09.00 AABC Fun Race dimulai dari Cikini hingga ke Kota Tua. Saya bersama tim Lenong. Ada 6 tugas yang harus kami selesaikan selama di Kota Tua. Kami diwajibkan posting foto di Instagram, yaitu foto angkutan umum (public transportation) di Jakarta, landmark di Kota Tua, wayang di Museum Wayang, pentas jalanan, kuliner khas Jakarta, dan video selama fun race.

      Transportasi yang boleh digunakan hanya transportasi umum seperti bus, bajaj, dan kereta. Selain itu tidak diperbolehkan (taksi, taksi online, ojek online). Tim kami memilih naik kereta. Untuk keperluan foto, kami memotret kereta, bus dan bajaj. Tapi yang kami ikutsertakan dalam challenge adalah foto dalam bus, dimana Ayen bergantungan pada handle bus.  




      Untuk street performs kami foto bareng flying man “Pangeran Fatahillah”. Foto wayang, kami ambil foto saat sedang nonton pertunjukan wayang di lantai dasar Museum Wayang. Landmark Kota Tua kami buat foto di depan Museum Sejarah Jakarta, pose ‘ngedorong Luthil. 


      Street food kami ambil foto kerak telor. Hasil fotonya bisa dilihat di Instagram dengan hastags #AirAsiaFunRace #AABC2016. Bisa juga akai hastags #TeamLenong jika ingin lihat keseruan tim kami saja.
       

      Tadinya ini buat challenge, tapi diganti foto dalam bus :D


      Siang panas-panasan, padahal paginya hujan, tapi asyik-asyik saja


      Challenge Q4: street performs : flying man


      Challenge Q3: Indonesia's Traditional Puppet (wayang)


      Makan siang di kantin Kantor Pos


      Challenge Q5 : Indonesian food (food street : kerak telor) :D

      AirAsia Fun Race challenge berakhir pada pukul 15.00 WIB. Kami kembali ke Cikini dengan menggunakan Commuter Line. Meski badan dan kaki lelah tapi tetap semangat. Di dalam kereta, Ayen mendapatkan moment bersama penumpang kecil. Bayi laki-laki lucu jadi objek fotonya. Cukup lama. Dan saya senang melihatnya berakrab-akrab dengan penumpang.

      Lelah tapi seru. Tertawa bareng, seru-seruan bareng. Panas-panasan bareng. Pokoknya tak terlupakan. Nah hadiah spesial apa yang sudah disiapkan AirAsia untuk AirAsia Fun Race challenge? Hadiahnya adalah tiket PP AirAsia ke destinasi international yang dipilih. Hadiah tersebut bukan untuk 1 tim lho, tapi untuk tiap anggota tim. Keren!

      Pukul 13.00 AABC Fun Race selesai. Kami kembali ke hotel dan langsung melaporkan tugas-tugas yang sudah diselesaikan dan mendaftarkan postingan yang sudah dibuat. 

      Foto ini idenya Hazel, untuk challenge Q2: One of the famous landmark in the Old Town (Kota Tua)

      Berbusana Adat di Acara Gala Dinner
      Seperti yang diminta, pada gala dinner Minggu malam (13/11), kami memakai dress code: Kostum/ Baju Nasional Indonesia. Saya punya sedikit cerita tentang kostum yang akan saya kenakan. Awalnya akan memakai kostum Lampung. Karena siger besarnya tidak ada, saya disarankan oleh RDanceCostume (tempat saya menyewa kostum daerah) untuk pakai kostum Aceh saja. Saya nurut. Tapi saat suntingnya (mahkota) dipakai, tidak pas di kepala. Suntingnya juga tidak mantap, miring dan seperti mau jatuh terus. Akhirnya, karena tidak nyaman, saya ganti kostum Lampung lagi. Alhamdulillah semua pas dan cocok. Maka, jadilah gala dinner malam itu saya pakai busana adat Lampung dengan ciri khas kain tapis dan siger. 





      Teman-teman blogger Indonesia semua tampil maksimal. Nurul dengan baju Dayak, Mita baju Toraja, Wira dan Nia (PR Air Asia) baju Padang, mbak Inat/Astri baju Betawi, mbak Kadek kebaya Bali, Daniel baju Bali, mbak Suci baju NTT, Michele Batik, Rifa baju Dayak, Tari baju Srikandi. Warna-warni. Sangat meriah.

      Saya kagum pada baju sendiri, dan tentunya sangat kagum dengan baju teman-teman dari Indonesia. Khas dan sangat beragam. Begitu juga dengan kostum yang dipakai oleh teman-teman dari luar negeri. Kostum Taiwan, Thailand, China, Malaysia, Singapore, India, Brunei, semuanya mengagumkan. 


      Seluruh Blogger Indonesia dengan kostum nasional

      Senang sekali berada di antara blogger-blogger Thailand yang cantik2 dan tampan2 ini

      Acara dimulai dengan foto bareng di photo booth AirAsia. Foto per negara, per team, bahkan sendiri-sendiri. Seru deh. Foto sana sini, dengan si anu, si dia, semuanya :D Setelah itu baru makan malam, dilanjut dengan pengumuman pemenang challenge. Team Lenong (tim kami) masuk nominasi sebagai pemenang AirAsia Fun Race. Tapi akhirnya gagal menang karena yang menjadi juara adalah Team Betawi. It’s ok belum beruntung.

      Saya lupa siapa saja yang jadi pemenang challenge lainnya. Hanya ingat pemenang best kostum dari Thailand (auvila), mengalahkan kostum India dan Taiwan. Sedangkan challenge moment cookies dimenangkan oleh Wira (kalo ga salah). 

      Nominasi kostum nasional terbaik: Thailand, Taiwan, India

      Pemenangnya adalah Auvila dari Thailand. Horeee....selamat!

      Saya tidak ingat semua pemenang challenge. Pokoknya saya secara pribadi maupun tim tidak ada menang apapun. Tapi alhamdulillah tetap bahagia, karena bertemu dan kenalan dengan banyak teman blogger dari luar negeri itu saja sudah merupakan hadiah istimewa. Menginap di hotel mewah. Seru-seruan. Semua menyenangkan. Moga saja tahun depan ada kesempatan lagi bisa gabung di AABC2017 di India. Aamiin. 

      Selamat buat pemenang video AirAsia Fun Race

      Terima kasih AirAsia yang sudah mengundang saya dalam AABC016. Sangat seru dan penuh kesan. Sukses buat AirAsia. Jaya selalu di udara sebagai maskapai dengan penerbangan berbiaya murah.

      Bagi blogger yang ingin menjadi anggota AABC, dapat mengisi form registrasi AirAsia Blogger Community Indonesia (AABC_ID) di dalam link berikut: http://bit.ly/1SUT27Q


      Share this

      Indonesian Travel Blogger Email: katerinasebelas@gmail.com

      Related Posts

      Previous
      Next Post »

      29 comments

      Write comments
      17 November 2016 17.29 delete

      Wuih... asyik banget. Semoga kapan-kapan diundang hehehe

      Reply
      avatar
      17 November 2016 17.35 delete

      Aduh kan, jadi kangen sesruan bareng Team Lenong. Huhuuu

      Reply
      avatar
      17 November 2016 18.19 delete

      Wuih keren mbak acara nya. Apa lg pas pakai baju adat lampung kece banget..

      Reply
      avatar
      17 November 2016 18.38 delete

      Aku selalu sukaaaak sama cara berceritanya mbak Rien, kereen kereeen

      bukanbocahbiasa(dot)com

      Reply
      avatar
      17 November 2016 20.40 delete

      Banyak ketemu kawan baru. Kegiatannya juga seru. Menyenangkan ^_^

      Reply
      avatar
      17 November 2016 20.41 delete

      Kangen juga. Biarpun sebentar tapi berkesan ya mbak. Moga dapat ketemu lagi di AABC yang akan datang.

      Reply
      avatar
      17 November 2016 20.43 delete

      Iya nih. Waktu awal diminta pakai busana nasional, yang terpikir langsung kostum Lampung. Akhirnya kesampean dipakai. Manis ya bajunya.

      Reply
      avatar
      17 November 2016 20.44 delete

      Terima kasih mbak Nurul sudah mampir baca dan komen ^_^

      Reply
      avatar
      18 November 2016 06.31 delete

      That's the whole points of life, you know? To meet new people
      ~Sherman Alexie

      Every new friend is a new adventure... the start of new memories.
      ~Patrick Lindsey

      Reply
      avatar
      18 November 2016 07.20 delete

      Serba NEW ya kak Ros. Bikin happy ^_^

      Reply
      avatar
      18 November 2016 08.06 delete

      Kegiatanyya seru amat dan asyikkkk, apa ada menu India kesukaan ? DUh, jadi pingin makan makann India

      Reply
      avatar
      18 November 2016 11.28 delete

      Beuhh acaranya seru bangett ya trus itu makanannya kayaknya enak-enak.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 11.46 delete

      SERU BANGET! dan seperti biasa, aku suka baca tulisan mbak Rien yang detail. Jadi ngerasa ikutan acaranya dari awal sampai selesai hahaha. Semoga di event selanjutnya giliran aku yang diajakin *langsung ngebayangin pake topi tanjak khas Palembang :D

      Reply
      avatar
      18 November 2016 12.47 delete

      Acaranya aeru bangeet mbak. Aku suka bacanya sampai akhir. Asyik ya dpt teman baru dr luar negeri pula.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 16.40 delete

      Seru banget acaranya, Mbak. Hotelnya assoyyy, euy... Kapan2 kalau naik AA lagi, bikin videonya, ah... hehehe.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 17.14 delete

      Ada dua macam menu India mbak. Ada kutulis di atas. Mungkin kesukaan mbak Zulfa. Ayo naik AirAsia. Gabung jadi member AABC juga yuk mbak

      Reply
      avatar
      18 November 2016 17.15 delete

      Senang banyak ketemu kawan baru. Challenge-nya seru banget. Jadi semangat ngikuti dari awal sampai akhir.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 17.17 delete

      Tahun depan di India. Moga ada kesempatan gabung buat kita ya. Ayo joint AABC Indonesia dulu. Siapa tahu tahun depan diundang. Pasti kece Yayan pakai topi tanjak, Palembang banget.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 17.19 delete

      Nambah pengalaman pastinya. Senang sekali diundang AirAsia ke acara ini. Sebuah kehormatan.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 17.21 delete

      AirAsia kasih hotel kece banget pokoknya. Dekat pula dengan stasiun, mudah ke mana-mana. Sip mbak Ira, bikin video saat di dalam pesawatnya. Joint jadi member AABC yuk mbak. Form registrasi online-nya ada di akhir tulisan.

      Reply
      avatar
      18 November 2016 21.02 delete

      Seru banget ya acaranya mbak... Btw mbak Rien cantik banget pake baju adat Lampung ;)

      Reply
      avatar
      21 November 2016 14.12 delete

      Terima kasih mbak Dian. Senang sekali bisa mengenakan kostum Lampung di acara AABC2016 ini ^_^

      Reply
      avatar
      22 November 2016 13.05 delete

      Kapan ada acara seperti ini lagi ya?
      thank

      Reply
      avatar
      24 November 2016 11.51 delete

      Kemesraan iniii... Janganlah cepat berlaluuu... Let's meet up kali ini biar lebih up close dan personal! Hahaha... Senengnya berkenalan dengan Mbak Rien yang tulisannya bagus-bagus.

      Reply
      avatar
      24 November 2016 22.28 delete

      Seru banget yaaaa. Masih belum bisa move ooonnn~ :)

      Reply
      avatar
      29 November 2016 12.32 delete

      Ketemu lagi nanti di acara blogger AABC ya. Aku lebih senang lagi kenalan dengan Mita yang pengalaman jalan2nya sudah ke mana-mana

      Reply
      avatar
      29 November 2016 12.33 delete

      Baru bisa move on kalau ikut lagi AAB2017 ya Atre haha

      Reply
      avatar
      8 Desember 2016 03.11 delete

      Haiii roomate hahahhaa...
      Semoga next event bisa bareng lagi ya yuuuk :)

      Reply
      avatar

      Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon