Wisata Pulau Kepayang Belitung

07.23
Wisata Pulau Kepayang Belitung

Sriwijaya inflight magazine edisi nomor 66 bulan Agustus 2016 memuat artikel dan foto Pulau Kepayang dalam rubrik Discover Island. Tulisan dan foto lebih banyak mengenai Pulau Kepayang bisa dibaca dan dilihat pada postingan saya terdahulu. Di sini saya tampilkan ulang dalam versi lebih pendek dan foto lebih sedikit. Semoga dapat menjadi referensi teman-teman yang berencana untuk liburan ke Pulau Belitung.

~~~~~~~~

Pulau Belitung memiliki keindahan alam berupa pantai dan pulau-pulau kecil yang mempunyai ciri khusus dengan adanya batu-batu granit berbagai ukuran. Dari ukuran kecil hingga sangat besar terhampar di sepanjang pantai hingga di lautan yang berjarak beberapa ratus meter dari tepian pantai. Keberadaan batu-batu tersebut merupakan suguhan alam yang tergolong langka dan jarang dijumpai di pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Jelajah pulau menjadi kegiatan paling digemari ketika berwisata di Belitung. Ada banyak pulau yang bisa dikunjungi, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Pulau Kepayang. Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang terpisah dengan pulau utama Belitung. Sebelum dinamakan Pulau Kepayang, pulau yang berdekatan dengan Pulau Lengkuas ini  dinamakan Pulau Babi oleh masyarakat setempat.
majalah sriwijaya
Sriwijaya inflight magazine 66 / Agustus
Pulau Kepayang terdiri dari dua pulau yakni Pulau Kepayang Besar dan Pulau Kepayang kecil. Letaknya berdekatan. Memiliki pemandangan yang sama indah berupa hamparan bebatuan granit, air jernih yang dangkal, serta beragam jenis ikan dan terumbu karang. Air lautnya berwarna biru kehijauan, berpadu dengan pantai yang ditutupi pasir putih berkilau. Daratannya ditumbuhi hutan hujan dengan pohon yang banyak.

Pulau Kepayang tidak terlalu luas, tetapi memiliki fasilitas penunjang wisata seperti penginapan, rumah makan, dan area outbound. Tidak ada tiket yang harus dibayar untuk memasuki Pulau Kepayang. Wisatawan yang melakukan kegiatan jelajah pulau di Belitung biasanya mampir ke pulau ini untuk istirahat dan makan siang. Menu yang disediakan kebanyakan masakan berbahan ikan. Karena merupakan satu-satunya pulau yang memiliki rumah makan, tak heran pulau ini jadi andalan sebagai tempat melepas lapar dan dahaga.
Gugusan batu-batu besar di perairan sekitar Pulau Kepayang
Selain memiliki gugusan batu-batu besar, di Pulau Kepayang terdapat Kepayang Eco Resort, penangkaran penyu, serta pelestarian batu karang yang dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). Untuk memasuki area tersebut dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Di sini pengunjung bisa melihat tempat penyu bertelur, tempat penetasan, serta kolam-kolam tempat pemeliharaan bayi penyu dan penyu dewasa. Sedangkan untuk pelestarian karang, pengunjung dapat terlibat dalam upaya konservasi dengan mengadopsi karang seharga Rp 50.000 / stek. Tidak wajib, tapi dianjurkan.

Pulau Kepayang sangat cocok untuk tempat refreshing. Suasananya tenang, sejuk, dan memiliki pemandangan pantai yang indah. Di hutan kecilnya banyak tumbuh pohon kelapa yang buahnya kerap dipetik untuk disuguhkan kepada pengunjung yang datang. Bagi yang senang menikmati keindahan pemandangan bawah laut, pulau ini menjadi salah satu tempat favorit untuk snorkeling. Pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Kepayang seakan menjadi benteng, membuat perairan yang ada di depan pantai Pulau Kepayang menjadi tenang. Cocok untuk berenang, snorkeling, diving, atau pun memancing.
Restoran di Pulau Kepayang




Penginapan di Pulau Kepayang

Untuk mencapai Pulau Kepayang dapat menggunakan perahu nelayan bermesin katinting dari Pantai Tanjung Kelayang. Harga sewa sekitar Rp. 450.000 per hari. Dengan perahu tersebut  wisatawan dapat berlayar dari pulau ke pulau seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Kepayang. Jika hanya ke Pulau Kepayang, waktu tempuh sekitar 15 menit saja dari Pantai Tanjung Kelayang. 

Menikmati keindahan Pulau Kepayang tidak cukup dalam satu hari, idealnya mesti beberapa hari. Apabila menginap di Pulau Kepayang, makan akan punya banyak waktu untuk menjelajah. Dan tentunya akan lebih banyak hal berkesan yang didapatkan dari Pulau Kepayang.

Dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung


di pulau ini kamu bisa menyaksikan daur hidup penyu


Dukung pelestarian penyu yuk...

Info:
Kunjungan ke Pulau Kepayang sudah saya lakukan sebanyak dua kali. Pertama bulan September 2015 dan kedua bulan Mei 2016. Wisata Pulau Kepayang
merupakan bagian dari paket wisata Belitung yang saya beli lewat Viscatour. Paketnya bisa dilihat di sini: Paket Tour Belitung 3D2N Jika kamu tertarik, kamu bisa hubungi ViscaTour melalui nomor telpon dan email yang tertera di websitenya. Selain pelayanan yang baik, harganya pun terjangkau. Pengalaman saya menggunakan jasa Viscatour sangat baik. Saya rekomendasikan pada siapapun yang ingin berwisata ke Belitung.  

*Semua foto oleh Katerina

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
28 September 2016 07.53 delete

Air pantai di pulau ini relatif tenang ya mba, dan masih bersih banget pantainya jadi pengen kesana :(
oh iya selamat ya terpilih jadi 10 travel blogger versi blog reservasi \{w}/

Reply
avatar
28 September 2016 08.37 delete

penyunya lucu lucu sekali bu, jadi inget saya juga melihara penyu. tapi cuma punya satu..

Reply
avatar
28 September 2016 09.46 delete

Makin berkembang aja kelihatannya Pulau Kepayang ini
bagian depan konservasi penyu
bagian belakang warung makan yang menjajakan menu sea food yang lezat

Reply
avatar
28 September 2016 15.00 delete

Semoga dalam waktu dekat bisa ke Belitung, dan ke Pulau Kepayang Ini :D

Reply
avatar
29 September 2016 08.08 delete

Relatif tenang dan aman. Karena itu cocok buat wisatawan yang ingin berenang, snorkling, dan juga mancing.

Thanks Budy :)

Reply
avatar
29 September 2016 08.11 delete

Bayi-bayi penyu lebih lucu lagi kalau dilihat. Imuuuut banget. Di sini dari yang bayi sampai yang udah besar juga ada.

kasihan kalau pelihara cuma satu, kasih teman...

Reply
avatar
29 September 2016 08.13 delete

Ada dua resto di pulau ini, sama-sama menyajikan menu seafood. Ada penginapan juga. Seringnya dijadikan tempat persinggahan wisatawan yang sedang jelajah pulau-pulau di Belitung.

Reply
avatar
30 September 2016 11.15 delete

Pulau ini kayak nya masih baru di explore nya, sebelum nya ngak ada cafe. Beberapa kali ke belitung dan pulau ini ngak menarik tapi terakhir kesana sudah menjadi transit tempat makan siang yang kece banget rame

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon