Trizara Resorts, Tempat Glamping Asik Bareng Keluarga

20.16

Setelah merasakan menginap satu malam pada tgl. 26 Juni 2016 lalu, melihat keadaan tenda, melihat suasana alam sekitar, mencoba fasilitas, beraktivitas, mengetahui apa-apa saja yang bisa dilakukan dan dinikmati di area camping, mencicipi sajian menu makan malam dan pagi (siangnya puasa), berinteraksi dengan para staff dan pekerja, akhirnya saya berkesimpulan :

Camping di Trizara itu asik! 

“Ini tempat camping mewah. Beda dari biasanya. Cocok untuk liburan keluarga,” ucap saya dalam hati, sesaat setelah mobil ELF yang membawa saya dan rombongan travel blogger kembali ke Jakarta mulai melaju meninggalkan Trizara Resorts. 

Apa yang ada dalam benak saya tentang Trizara adalah tempat yang menarik untuk liburan bersama keluarga. Dengan suguhan menggoda berupa suasana berlibur tiap hari, saya pikir tempat ini memang lebih menyenangkan jika dinikmati bersama orang-orang tersayang.

http://www.trizara.com/

Dalam mobil yang terus melaju menuju Jakarta, saya teringat cerita Mbak Ira, teman saya yang selama ini tinggal di Jerman. Dalam blog pribadinya www.keluargapelancong.net, saya pernah beberapa kali membaca pengalaman camping Mbak Ira bersama anak-anak dan suaminya. Di empat negara tempat Mbak Ira pernah camping yaitu Perancis, Belanda, Belgia, dan Luxemburg, ia dan keluarganya selalu bisa camping enak. Enak yang saya maksud yakni di mana mereka tetap bisa berpadu dengan alam tanpa harus merasakan kesulitan dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan selama bermalam di tenda. Di area tempat Mbak Ira camping selalu tersedia MCK yang bersih, air berlimpah, dapur lengkap dengan perabotan dan isinya, kasur, penerangan yang cukup, dan fasilitas lainnya.

Alangkah enaknya camping ala mbak Ira. Nggak repot, nggak ada ceritanya susah makan, sulit air, nggak nyenyak tidur, dan lain sebagainya. Anak-anaknya bisa menikmati suasana alam dengan nyaman. Tidak khawatir soal urusan makan dan mandi. Liburan pun jadi mengasikkan.

Lantas, kapan saya bisa camping enak bersama keluarga seperti mbak Ira? Alhamdulillah sekarang juga bisa. Kan sudah ada Trizara. Cuma 2,5-3 jam saja kok dari rumah ^___^
 

Trizara gate ala India gate


Pintu masuk


Begitu masuk disambut rumput sintetis bertuliskan Trizara Resort

Sejak mengenal Trizara Resort, bayangan saya tentang ketidaknyamanan camping mengajak keluarga (apalagi punya anak kecil), luntur seketika. Ternyata ada ya camping nyaman, bahkan terbilang mewah. Nah, camping mewah inilah yang disebut glamping.

Glamping merupakan singkatan dari glamourous camping yaitu sebuah aktivitas camping dimana kita tetap tinggal di sebuah tenda namun fasilitas di dalam tenda seperti halnya kamar hotel berbintang.

Trizara Resort adalah salah satu tempat glamping di Lembang, Bandung, yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektar dengan pengerjaan 99% melibatkan warga sekitar, termasuk perawatan dan maintenance-nya. Proses pembangunan Trizara berlangsung selama 1 tahun 2 bulan. Openingnya sendiri baru bulan April 2016 lalu.


Kata Trizara diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti kebun/taman di surga. Sesuai namanya, konsep Trizara adalah untuk memanjakan tamunya dengan pemandangan indah laksana di surga.

Trizara memiliki 47 tenda yang dibagi dalam empat tipe, sbb:

1. Tenda Netra (luxury camp)
Berjumlah 13 tenda berkapasitas dua sampai tiga orang. Netra mempunyai makna “penglihatan”. Keunggulan dari tenda Netra di antaranya kita bisa melihat 3 gunung yang mengelilingi Bandung, yaitu: Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang dan Gunung Putri, serta dapat menyaksikan sunrise dan sunset.
 
Deretan tenda Netra di ketinggian Lembang


Tempat yang ideal untuk menyaksikan pemandangan 3 gunung, sunset dan sunrise


Miss Nidy memotret dari depan Tenda Netra


Kelihatan ya Gunung Tangkuban Perahunya
Deretan Tenda Netra yang tertata rapi

2. Tenda Zana (honeymoon camp)
Tipe Zana berjumlah 12 tenda yang dikhususkan untuk pasangan/pengantin yang ber-honeymoon. Zana artinya “sentuhan”. Sentuhan apa? Silakan dimaknai sendiri artinya he he. 


Area khusus tenda untuk honeymoon :D


Tenda-tenda Zana dilihat dari Tenda Netra

3. Tenda Svada & Nasika (family camp)
Terdapat 25 unit tenda tipe Svada dan Nasika. Svada artinya “RASA” atau “PERASAAN”. Sedangkan Nasika berarti “hidung” atau “penciuman”. Walaupun nama tipe tenda ini beda, tapi sebetulnya fasilitasnya sama. Kapasitasnya juga sama-sama untuk 4 orang dewasa. Ukuran tenda lebih besar karena memang memang dikhususkan untuk keluarga atau untuk mereka yang ingin berkemah dengan beberapa teman. 

Tenda Svada


Konsep panggung untuk konsep Go Green


Tenda Nasika yang saya tempati bersama Ratna dan mbak Zulfa

Selain tenda-tenda, terdapat juga fasilitas lainnya:

1.Cafe (Indriya Cafe) dan Mini Bar
Kedua fasilitas ini terletak di bagian depan area glamping Trizara. Dekat dengan ruang tunggu depan meja resepsionis. Bisa duduk-duduk santai di sini untuk sekedar melepas lelah atau menyeruput minuman hangat sambil menikmati pemandangan Lembang dan Gunung Tangkuban Parahu yang bisa di lihat langsung dari sini. Bikin betah, apalagi diiringi gemericik air mancur dari kolam di tengah anak tangga. Dekat kafe juga ada mushola, tempat wudhu, dan toilet bersih. 

Kafe & Mini bar


Dari lobi ini bisa melihat langsung pemandangan gunung-gunung, sunrise, dan sunset


Tangga untuk naik dan turun dari dan ke tenda maupun lobi
"Tenda saya di mana ya mas?" tanya Harris Maulana


Staf yang ramah


Infuse water jadi welcome drink

Menu yang tersedia di kafe

2. Terdapat tiga ruang meeting yang terbuka untuk umum.

Satu dari tiga function room


Tenda untuk meeting

3. Spot foto yang instagramble banget buat yang suka foto-foto. 

Nuansa India banget ya :D


Bersantai di sini, foto-foto cantik di sini...


Bisa foto-foto kece di tamannya


Banyak spot kece buat selfie
  
Pemilik Trizara Resorts adalah Mr. Kunal Topandasani. Beliau berasal dari tanah Hindustan. Maka tak heran kalau masuk ke Trizara ini kita akan menjumpai arsitektur, ornamen, dan pernak-pernik berbau India. Mulai dari pintu masuk Trizara yang mirip dengan India gate, hingga aneka pernak-pernik India lainnya yang bisa dilihat di beberapa tempat seperti di resepsionis dan tenda.

Menurut cerita Sahlan, GM Trizara Resorts, Mr. Kunal memiliki hobby traveling. Beliau sering melakukan perjalanan, termasuk memanggul ransel ke bukit yang kini menjadi tempat berdirinya Trizara Resorts. Mr. Kunal lalu jatuh cinta dengan tempat di ketinggian Lembang ini. Hal paling berkesan baginya adalah saat melihat senyuman warga sekitar yang berpapasan dengannya. Kesan yang kemudian melahirkan niat dalam hatinya untuk kembali dan berkontribusi bagi masyarakat sekitar.
 
Mengenal lebih jauh tentang Trizara Resorts

Niat baik itu pun dilaksanakan, hingga akhirnya berdirilah Trizara Resorts yang mengusung konsep camping mewah, namun tanpa mengesampingkan alam dan sekitarnya. Hal ini pula lah yang kemudian di klaim sebagai kelebihan dari wahana glamping lainnya.

-Tanpa TV
Tidak ada televisi, baik di tenda maupun di kafe/resto. Ini bagus, biar kita lebih fokus menikmati liburan, bukan mendekam di kamar menonton TV. Main di luar, bersosialiasi, biar jadi ‘manusia’ :D

-Tanpa AC

Udara di tempat ini sejuk, bahkan cenderung sangat dingin pada malam hingga pagi hari. Wajib bawa jaket tebal, kaos kaki, sarung tangan, dan penutup kepala tebal. Jangan sampai seperti saya, nggak berani berlama-lama di luar (saat bonfire saya balik ke kamar hihi) dan akhirnya nggak bisa menikmati matahari terbit akibat nggak kuat udara dingin pagi hari. Tanpa AC, hemat energy, konsep eco-friendly yang oke banget kan. Tapi buat kamu yang mungkin mudah gerah, ada kipas angin yang bisa dihidupkan kapanpun butuh.

-Tanpa telepon
Komunikasi dengan staf Trizara Resort menggunakan aplikasi pesan di ponsel, atau tinggal jalan keluar tenda untuk memanggil staf yang biasa berjaga-jaga di posko jaga yang ada di sekitar tenda. Gerakin badan, biar sehat…

Buat yang aktif bersosial media, jangan khawatir tidak bisa eksis saat ber-glamping di sini. Kita masih bisa berhubungan dengan internet dan unggah hasil foto/video di social media karena di sini masih ada koneksi wifi yang super kencang. 



Tenda Nyaman dan Modern

Saya mendapat kesempatan bermalam di tenda Nasika bersama Ratna Dewi dan mbak Zulfa. Tenda tipe family yang berukuran 37,5 meter persegi ini mempunyai ukuran cukup besar. Udara di dalamnya terasa bersih dan segar.
 
Saya menginap di sini ^_^
 
Apa yang bisa saya ceritakan tentang kamar Nasika?
Simak ini yuk… :

1 tempat tidur king size dan 2 in 1. Kasurnya empuk dilengkapi 4 bantal, 2 guling, dan 2 selimut tebal. Ketika masuk tenda, sarung bantalnya langsung menarik perhatian saya. Motifnya amat berbau India, warnanya pun begitu mencolok, merah! Lukisan di dinding berupa gambar salah satu bangunan bersejarah di India. 

King size


2 in 1 bed


Lukisan bangunan bersejarah India (di dinding) dan sarung bantal motif gajah India


Komplimen yang saya terima di tenda mencakup 4 air mineral dalam botol kemasan, serta sejumlah kopi+teh+gula+krimer yang dilengkapi teko pemanas air.  



Terdapat satu set meja+kursi yang dapat berfungsi sebagai meja makan.  



- Rak baju minimalis mencakup beberapa hanger di dalamnya.

-Terdapat kotak penyimpanan besar berbahan kayu dan bisa digembok untuk menaruh barang-barang berharga saat keluar meninggalkan tenda.  



-Power outlet di dalam tenda banyak! 3 di sisi tempat tidur, 3 di meja, 5 di dalam kotak penyimpanan. Puas!

-Saya senang sekali melihat slipper tersedia empat pasang.

- Kamar mandi memanjang mengikuti ukuran tenda. Terdapat wastafel berukuran agak kecil (but that’s not a problem at all) dan kaca cukup besar. Toiletries lengkap dimana sabun dan shampoo-nya bisa saya gunakan (saya termasuk selektif untuk urusan ini), kloset duduk, dan shower dengan keran air panas & dingin yang berfungsi baik. Handuk yang tersedia lembut dan harum. 





-Tenda tertutup rapat, kemungkinan dimasuki hewan atau serangga amat kecil. Bagian depan tenda punya dua lapisan, lapisan terluar bisa dirapatkan dengan resleting yangujung bawahnya bisa digembok. Meski celah untuk masuk serangga sudah aman, tapi di dalam tenda masih dipasangi obat anti serangga. Selama tidur saya tidak meliat ada nyamuk-nyamuk liar masuk tenda. Aman sampai pagi, bahkan seharian.

-Di beranda tenda terdapat dua bangku dan meja buat duduk-duduk santai sambil membaca buku, atau menikmati camilan dan kopi hangat. 



-Trizara juga mengusung konsep go green melalui bangunan tendanya yang memakai konsep panggung, sehingga penyerapan airnya bisa langsung tanpa halangan semen.

-Soal keamanan jangan khawatir, Trizara Resort juga sudah dilengkapi dengan CCTV yang bisa merekam gambar hingga suara.

View cantik berupa lembah dan gunung

Trizara memiliki pemandangan Lembang yang indah karena letaknya berada di ketinggian. Suguhan pegunungan yang berbaris bak punggung naga, lembah dengan kelok-kelok jalan dan atap-atap pemukiman, serta cuaca cerah dengan udara sejuk sepanjang waktu, merupakan kombinasi alam yang membuat siapapun yang berada di tempat ini akan merasakan seolah tiap saat sedang berlibur.

Bagi saya yang tinggal dekat dengan Jakarta, suasana seperti ini sulit dijumpai. Dengan beraktivas glamping di Trizara, dijamin dapat meluruhkan penat setelah berhari-hari bergumul dengan rutinitas dan hiruk pikuk kota.

Tenda-tenda di Trizara Resort ini ditata sangat rapi. Begitu pula dengan lingkungannya. Bersih, indah, dan elok dipandang mata. Di beberapa tempat terpasang papan petunjuk, memudahkan pengunjung mencari jalan. Jika butuh pertolongan, mudah untuk menemukan petugas yang bisa dimintai bantuan karena mereka cukup sering lalu lalang di sekitaran tenda 

Tenang, ga akan tersesat di area camping


Semua tertata rapi


Tamannya banyak bunga cantik


Area terbuka ini bisa digunakan untuk garden party


Tempat cantik dan model yang cantik


Pepohonan di taman

Apa saja yang bisa dilakukan di Trizara Resort?
Di sini ada berbagai aktivitas yang bisa diikuti, di antaranya:
  • Menyaksikan matahari terbit antara pukul 04.45 hingga 05.00
  • Berolahraga pagi seperti yoga, meditasi, zumba, boxing, atau alam run.
  • Melakukan kegiatan fotografi
  • Piknik di beberapa spot yang telah disediakan sambil refleksi kaki, main games, hingga bermain outdoor games. Games yang bisa dinikmati antara lain monopoli, hulahop, zenga, gitas, rugby ball, scrabble, dan masih banyak games lainnya.
  • Aktivitas malam seperti bonfire, BBQ malam, bahkan candlelight dinner berdua pasangan
berbagi cerita di malam yang dingin


oh...marshmallow


Nyala lah selalu agar hangat malam kami...


Games




Motor ATV

Selain glamping, Trizara juga menawarkan paket khusus seperti:
  • Paket Prewedding senilai Rp 1,9 juta untuk 7 (tujuh) jam pemakaian dengan fasilitas changing room, 4 kali lunch dan 4 kali afternoon tea.
  • Paket Wedding dengan konsep outdoor senilai Rp 85 juta
  • Paket Honeymoon senilai Rp 3 juta per malam atau Rp 5 juta 2 malam dengan fasilitas candlelight dinner, honeymoon dekorasi, dan foot refleksi.

Kapan lagi menikmati camping mewah di Trizara Resorts Lembang?

Dengan beragamnya fasilitas yang bisa dinikmati dan aktivitas yang bisa dilakukan di Trizara tersebut, saya merekomendasikan Trizara Resorts buat mereka yang ingin merasakan suasana berlibur setiap hari bersama keluarga. Sangat recommended untuk dilewatkan bersama keluarga.

Kapan-kapan saya mesti ke sini lagi ajak anak dan suami. Mereka mesti melihat dan turut merasakan camping mewah di Trizara Resorts Lembang.

Kamu sudah glamping di Trizara Resorts?

Trizara Resorts
Jl Pasirwangi Wetan, Lembang, Jawa barat, Indonesia.
Phone: +62 22 82780085
Website: http://www.trizara.com/
Instagram: https://www.instagram.com/trizararesorts/

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
22 Juli 2016 22.51 delete

Kangeeen ke sini lagi Mbak Rien.... Bandung emang selalu ngangenin yak. Trizara...kurang puas banget sih...kurang lama. waktunya berasa sebentar yak.

Reply
avatar
23 Juli 2016 06.09 delete

Woooooo ini mah bener2 camping rasa hotel yak
Asik viewnya euy

Reply
avatar
23 Juli 2016 06.35 delete

Trizara tempat glamping yang keren buat keluarga atau pasangan di Bandung.
Sama mbak Rien, aku juga belum pernah kamping bersama keluarga. kebanyakan sama teman teman. Semoga kelak keluarga besar kita semua bisa camping bareng. Aamiin

Aihhhh, itu "model" cantiknya didatangkan langsung dari India pastinya *kibasjilbab

Reply
avatar
23 Juli 2016 09.11 delete

Keren bangeeeet! Kapan ya bisa kesana... #mupeng

Reply
avatar
23 Juli 2016 11.00 delete

wih lengkap banget reviewnya!

Reply
avatar
24 Juli 2016 09.39 delete

Aaaaak lengkap banget. Waktu itu aku cuma ikut sebentar sih pas api unggun. Sayang banget. Dinginnya bikin sakit perut. Hehehehe. \:3/

Reply
avatar
27 Juli 2016 16.14 delete

Biarpun dingin sampai menggigil tapi ngangenin ya tempatnya. Setuju ama mba Levina, kurang lamaa T.T
Btw ada penampakan aku numpang beken di blog kondang.. ihiy :D

Reply
avatar
29 Juli 2016 22.44 delete

Waah pas liburan lebaran kemarin tergoda nginep di Trizara, tapi full booked. Rameeee

Reply
avatar
2 Agustus 2016 21.12 delete

Ini tempat emang recommend banget!

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon