Makan Sampai Kenyang di RM Gepuk Kenkei Gading Serpong

09.05

Gepuk Kenkei. Pernah dengar nama itu nggak sebelumnya? Saya belum *ga ada yang nanya :p 

Saya baru tahu Gepuk Kenkei Jumat kemarin (8/1), saat diajak teman-teman blogger yang sama-sama tinggal di sekitar Tangsel. Mau ngapain di Gepuk Kenkei? Makan gepuk sambil ngobrol-ngobrol cantik ala emak-emak blogger gitu deh :D

Rumah Makan Gepuk Kenkei terletak di kawasan Gading Serpong Boulevard, Tangerang Selatan. Tempatnya mudah dicapai dari arah manapun. Jika datang dari arah pertigaan Gading Serpong – Surya Toto, ikuti jalan ke arah Mall SMS (Sumarecon Mall Serpong). Di perempatan terakhir sebelum mall, belok ke kanan arah Kelapa Dua. Dari perempatan itu tidak bisa langsung belok, mesti maju sedikit, putar balik, baru belok kiri. Ambil lurus sampai ketemu bundaran perempatan sekolah Penabur. Tepat di bundaran itu ada sutet, di sebelah kirinya ada ruko-ruko dua lantai. Nah di situ letak Gepuk Kenkei.

Kemarin saya datang dari arah BSD, lewat AEON Mall dan ICE BSD, ambil jalan ke arah Gading Serpong, lalu lurus terus sampai ketemu Hotel Atria dan Mall SMS. Dari sana Gepuk Kenkei sudah dekat. Sempat berputar-putar sih awalnya, hilir mudik di belakang SMS, juga di deretan ruko paling depan, bahkan sampai ke Sekolah Penabur hehe.
 



Saya sampai di rumah makan jam 14.11 dalam keadaan belum makan siang. Perut sudah lapar tentunya he he. Ketika sampai, teman blogger belum ada satupun yang datang. Tapi tak berapa lama kemudian muncul mbak Novita. Disusul kemudian oleh mbak Echa, mbak Anne, mbak Amelia, mbak Rere, dan terakhir Winda. Yes jadi rame. Yang lainnya masih dalam perjalanan, tapi tetap tak sampai-sampai hingga kami pulang :D

Sekarang, mari kita cerita tentang suguhan menu-menu yang kami nikmati hingga kekenyangan. Iya, kekenyangan hehe. Kita mulai dari gepuk. Olahan daging ini memang jadi menu andalan di Rumah Makan Gepuk Kenkei. Eiits…tunggu dulu. Ada yang penasaran kenapa dinamakan Kenkei? Jadi gini, menurut teh Rika, owner RM Gepuk Kenkei, nama itu diambil dari nama kedua anaknya, yaitu Kenisha dan Keiko. Ken dan Kei, jadi Kenkei.

Berawal dari toko online, Gepuk Kenkei melayani pembeli gepuk dari berbagai daerah di Indonesia hingga ke luar negeri. Gepuk dijual dalam keadaan siap makan, namun boleh digoreng kembali jika mau. Untuk 20 potong gepuk dijual dengan harga Rp 300.000,- Murah bukan? Murah tapi bukan murahan. Setiap gepuk yang dibuat, bumbunya diracik sendiri oleh Rika. Daging yang dipilihpun spesial, tanpa lemak, dan itu sebabnya gepuknya banyak diminati oleh pelanggan online-nya. Baru dua bulan setelah sukses menjalankan bisnis gepuk online, Rika mulai berbisnis offline, yakni mendirikan rumah makan Gepuk Kenkei di kawasan Gading Serpong Boulevard, tak jauh dari tempatnya tinggal.
 
Biar kita tahu apa yang kita makan, kita nanya dong sama pemiliknya, Rika (tengah)

Emak-emak blogger kalau sudah kumpul begini nih

RM Gepuk Kenkei mulai didirikan pada bulan September 2015, tapi baru beroperasi pada bulan Nopember 2015. Baru tiga bulan, masih terbilang baru. Menurut Rika, sejak pertama buka, pelanggan yang datang cukup intens. Kebanyakan para pekerja kantoran yang berada di sekitar rumah makan. Rumah makan ini memang terletak di kawasan bisnis Gading Serpong. Biasanya waktu kunjung paling ramai adalah di jam makan siang dan sore seusai jam kerja. Meski begitu, tidak tiap pengunjung yang datang hendak menikmati gepuk. Ada yang datang untuk makan siang dengan seblak, nasi rames, soto ceker, atau pun cilok. Faktor harga yang bersahabat dengan kantong sepertinya turut jadi pertimbangan pengunjung untuk datang ke rumah makan ini.

RM Gepuk Kenkei memang tidak hanya menyajikan gepuk. Kuliner khas  Sunda lainnya pun tersedia. Cilok dan Seblak, dua menu tradisional ini patut jadi incaran. Selain unik, juga punya rasa yang khas. Saya termasuk baru pertama kali mencicipi seblak, padahal mendengar namanya sudah sejak awal tahun lalu hehe. Sekilas seblak mirip kwetiau goreng, tapi warnanya kemerahan, bukan kecoklatan sebagaimana kwetiau goreng. 

1 porsi seblak komplete yang terbuat dari campuran kwetiau, bakso, telor, ceker, dan toge dipatok seharga Rp 16.000,- Untuk seblak polos mulai dari Rp 5.000. Bagaimana dengan rasa? Pedas meledak-ledak tapi enak :D
 
Seblak pedas nonjok di bibir

Cilok yang pernah saya coba selama ini mirip siomai, dimakan dengan sambal kacang. Tapi di sini berkuah, mirip tekwan, namun bukan terbuat dari ikan. Ada potongan-potongan daging sapi di dalamnya. Ada pula sambal kacang untuk memberi rasa pada kuah. Itu pun jika mau. Nah, kuahnya ini yang membuat cilok jadi mirip tekwan. Harga per porsi Rp 7.000,-

Ada apa lagi selain gepuk, cilok dan seblak? Ada sop iga, soto ceker, dan nasi rames. Banyak pilihan bukan? Coba sop iganya deh. Dagingnya empuk dan kuahnya pedas. Porsinya kecil sih, tapi buat sendiri cukuplah. Harganya Rp 18.000 per porsi.  Atau coba juga sop ceker yang nggak pake pedes. Cocok buat anak-anak. Hanya Rp 9.000 per porsi. 

Cilok, bakwan sayur, dan segelas jus buah naga

Sop Iga

Soto ceker

Sekarang, mari kita tengok gepuk si menu utama. Menurut Rika, resep gepuk yang dibuatnya merupakan resep warisan orang tuanya. Gepuk dibuat dari potongan daging yang direbus bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, salam dan lain-lain. Untuk mempercepat proses perebusan kadang menggunakan presto. Setelah matang dan dagingnya empuk, baru digoreng, lalu disajikan dengan nasi hangat, sambal dan lalapan sebagai pelengkap agar terasa lebih nikmat.

Sebagai orang Sunda asli yang berasal dari Garut, olahan gepuk dari tangan Rika sudah teruji. Saat ini untuk satu paket nasi gepuk yang terdiri dari nasi+gepuk+lalapan+sambal masih dijual dengan harga promo yakni Rp 16.000 per porsi. Jika ingin menambahkan tempe dan tahu goreng, tinggal tambah Rp 2.000 saja. Oh ya, catet ya, sambal bawang gepuknya itu jos banget lho. Pedas-pedas enak. Kalau haus dan kepedasan, tinggal pesan jus buah naga dan buah mangga saja. Harganya per gelasnya Rp 7000 – 9000.
 

Puas makan di Gepuk Kenkei? Puas banget hehe. Tanya yang lain, sama-sama pada kekenyangan. Setiap menu dicoba, mungkin karena godaan rasanya terlalu kuat, sehingga sayang untuk dilewatkan oleh lidah. Saya pun tergoda. Bagaimana dengan kamu?

Rumah Makan Gepuk Kenkei
Ruko Gading Serpong, blok AK 1 no. 2
Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong
HP 081286649234
 
Oleh-oleh sambal bawang buat blogger

Sudah terlihat kekenyangan belum? :D

Bersama mbak Anne www.anneadzkia.com

Sampai jumpa di acara kuliner berikutnya :D

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
Una
10 Januari 2016 09.55 delete

Ngga terlalu mahal ya...
btw, aku belum pernah makan seblak Mbaaaa... :'((

Reply
avatar
10 Januari 2016 16.55 delete

Sop iga nya ndessss bangettt seuhah seuhahh .

Reply
avatar
10 Januari 2016 19.06 delete

ahhhh ngenceesss... murah harganya

Reply
avatar
10 Januari 2016 21.03 delete

Terjangkau banget pokoknya.
Una mesti ke Gepuk Kenkei kalo gitu, cobain seblak

Reply
avatar
10 Januari 2016 21.05 delete

Mesti cobain biar ga ngences lagiiii haha
Akhir bulan pas ke Atria kita mampir sini ya Arie...tempatnya dekat

Reply
avatar
11 Januari 2016 10.53 delete

akkk pengen nyobain seblaknyaaa nendang pisan dehhh penampakannya...

Reply
avatar
12 Januari 2016 10.12 delete

Terimakasih, ditunggu kembali kedatangannya :)

Reply
avatar
13 Januari 2016 13.21 delete

Gw tau nya gepuk cuman NY. ONG doang yg beli nya di bandung hehehe

Reply
avatar
13 Januari 2016 16.03 delete

Sop iganya, sluurrrppp.. Itu seblaknya bikin netes ences aja... *kode kepedesan

Reply
avatar
13 Januari 2016 22.00 delete

Mbak Rieeeeeen..... Bikin laper malem-malem. Seblaknya bikin ngiler euy.. #lapiler

Reply
avatar
29 Januari 2016 15.15 delete

hayahhh lafarrr jadinyaaaa
maknyus bikin ngilerrr

Reply
avatar
10 Februari 2016 11.22 delete

Cilok kuahnya yang merajalela enaknya, sedap.

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon