Blogger Gathering dan Tour Jakarta-Tangerang Bersama Jakarta Corners dan Hotel Grand Zuri BSD

22.54


Sabtu (14/11) Jakarta Corners (untuk selanjutnya saya singkat dengan JC) bersama Hotel Grand Zuri BSD melaksanakan one day tour Jakarta-Tangerang bersama para pemenang lomba blog “Feels Like Home”. Kegiatan tur tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara launching JC di Hotel Grand Zuri BSD pada hari Sabtu tgl. 24 Oktober 2015.

Sebelum saya bercerita tentang kegiatan tur Jakarta-Tangerang tersebut, saya ingin menceritakan sekilas tentang awal mula saya bergabung dengan JC. JC dibentuk oleh empat orang blogger yaitu Shintaries, Donna Imelda, Dewi Rieka, dan Salman Faris. Lima bulan lalu,  jika tak keliru tgl. 6 Juni (bertepatan dengan suatu acara yang mereka hadiri bersama) atau jika salah, mungkin satu hari setelah tgl tersebut, saya di-mention dalam sebuah tweet. Dalam tweet itu ada akun mereka berempat, dengan tambahan mbak Evi Indrawanto. Saya tak langsung mengerti maksud isi dari tweet yang mereka buat. Seingat saya, dalam tweet yang terus bersahut itu mereka mengajak saya datang ke Bogor untuk bertemu dan membicarakan sesuatu. Ada apa gerangan? Entahlah. 

Penjelasan lengkap tentang ini bisa versi Shintaries dalam tulisan Wisata Jakarta Bersama Jakarta Corners  http://shintaries.com/wisata-jakarta-bersama-jakarta-corners/.

Beberapa hari kemudian setelah dijelaskan sekilas oleh Salman saya mulai paham, ternyata saya diajak bergabung menjadi kontributor JC. Saya menyambut ajakan itu, meski tak pernah tahu apa alasan saya dipilih untuk bergabung. Yang bisa saya simpulkan, mungkin ada sesuatu yang bisa saya lakukan bersama mereka. Sebuah kepercayaan yang tentu tak datang begitu saja, dan juga bukan berasal dari satu orang saja. Saya menghargai itu. Itu sebabnya saya membiarkan diri saya ‘terangkut’ ke dalam ruang ide mereka dengan apa adanya saya sebagai blogger yang tidak luar biasa. Saya sebut begitu, karena saya memang bukan blogger populer, apalagi gaul. Tak punya ribuan follower di twitter, instagram, dan juga facebook. Lalu kenapa saya? Mungkin saya punya faktor X. Iya kali he he :p
Meeting team dari waktu ke waktu. Eutopia JKT 26/7, GZ 26/8, Red Bean 2/10, GZ 22/10.


Jalan bareng ke Tangerang 20/9


GZ 26/9

Pertemuan sangat intens terjadi, tetapi di ruang chat bernama WhatsApp. Waktu, jarak, dan kesibukan masing-masing kerap membelenggu, sehingga tak tiap saat semua bisa siap bertemu di ruang nyata. Gagasan dan rencana banyak mengemuka, JC ingin begini dan begitu. Website sudah jadi berkat tangan dinginnya Shintaries. Bersama-sama kami mengisinya dengan artikel, meskipun belum diperkenalkan ke publik. Lalu kapan akan launching? Inilah yang kemudian jadi bahan diskusi panjang. Waktu, tempat, dan kemasan acara pun dirundingkan. Pertemuan pun dilakukan meski tim yang hadir tak tak pernah komplit, namun keputusan yang diambil selalu melibatkan semua pihak. Hingga akhirnya rencana pun matang, JC akan menggelar launching tanggal 24 Oktober di Hotel Grand Zuri BSD! 




Kesediaan Hotel Grand Zuri BSD bergandeng tangan dengan kami, membuat langkah JC terasa ringan. Grand Zuri BSD tak hanya membuka pintu lebar-lebar untuk kehadiran blogger, tetapi sekaligus juga menyediakan banyak fasilitas pendukung acara. Mulai dari ruang yang lapang dan mewah, makanan dan minuman yang enak dan banyak, serta mempersilakan para blogger untuk melihat kamar dan fasilitas yang ada di hotel. Selain itu tentunya sejumlah hadiah berupa 10 voucher menginap di Hotel Grand Zuri BSD untuk para pemenang lomba blog, lomba live twit, dan lomba live IG yang kami gelar dalam rangka launching Jakarta Corners.
 

Telisik Unik Sudut Jakarta menjadi tema gathering JC di Hotel Grand Zuri BSD. Ada 55 blogger yang kami undang secara ekslusif. Total blogger yang datang tercatat 53 orang, 2 orang berhalangan datang karena sesuatu dan lain hal. JC mengundang Teguh Sudarisman untuk mengisi sesi talkshow. Kehadiran travel writer kondang ini ternyata disambut antusias oleh para blogger yang hadir. Materi yang disampaikan Mas Teguh memang sangat berbobot. Selama acara berlangsung, JC menggelar live tweet competition, live IG competition, dan blog competition (mulai 24 Oktober-08 Nopember). Rangkaian acara gathering meliputi perkenalan Hotel Grand Zuri, launching Jakarta Corners, makan siang bersama, room visit, dan diakhiri dengan pengumuman lomba live tweet dan live IG, serta foto bersama.

Alhamdulillah acara launching JC dan gathering blogger berjalan lancar dan sesuai harapan. Sepanjang acara bertabur hadiah untuk blogger. Untuk sekedar mengajukan tanya dan menjawab pertanyaan saja kami memberikan souvenir-souvenir berupa payung golf, boneka, kalender digital, dan baju kaos Indonesia kepada blogger. Yang menggembirakan, hastag #GrandZuriBSD sempat menjadi trending topic nomor satu di Indonesia, dan sempat masuk jadi trending topic dunia. 



Kontributo Jakarta Corners foto bersama Teguh Sudarisman dan Dhini Darsono (Executive Secretary Grand Zuri BSD)






Teguh Sudarisman bersama MC Arie Pitax



Lomba blog Feels Like Home berlangsung selama enam belas hari (24/10-08/11). Jumlah peserta yang mengikuti lomba ada 33 blogger. Semua tulisan peserta bagus. Penilaian tulisan dilakukan oleh kami berenam (semua kontributor JC). Masing-masing menilai tiap tulisan, lalu diakumulasi. Dari situ didapatlah 6 pemenang yang berhak mendapatkan voucher menginap di hotel Grand Zuri BSD. Selain voucher menginap, para pemenang juga mendapatkan hadiah tambahan berupa tour JKT-TNG, serta diundang untuk menghadiri acara barbeque di Restaurant Cerenti Hotel Grand Zuri BSD.

Enam pemenang lomba blog Feels Like Home adalah sebagai berikut:
1. Tanti Amelia
Judul : JOURNEY INTO SUMPTUOUS TIMEPIECES AT GRAND ZURI BSD
URL Blog : http://www.tantiamelia.com/2015/11/journey-into-sumptuous-timepieces-at.html

2. Ratna Amalia
Judul : Jakarta Corners; Telisik Unik Jakarta di Grand Zuri Hotel
Url Blog: http://www.mydairynote.blogspot.co.id/2015/11/jakarta-corners-telisik-unik-jakarta-di.html

3. Nurul Noe
Judul : @JakartaCorners – Jadikan Jakarta Senyaman Grand Zuri Hotel
URL Blog : http://nurulnoe.com/jakartacorners-jadikan-jakarta-senyaman-grand-zuri-hotel/

4. Suria Riza
Judul : Blogger Gathering Jakarta Corners di Grand Zuri
URL Blog : http://www.echaimutenan.com/2015/11/blogger-gathering-jakarta-corners-di.html

5. Evrina Budiastuti
Judul : Jakarta Corners, Menelisik Jakarta dan Sekitarnya
URL Blog : http://evrinasp.com/2015/11/04/jakarta-corners-menelisik-jakarta-dan-sekitarnya/

6. Husna Risalah
Judul : Telisik Unik Sudut Jakarta dan Feels Like Home
URL Blog : http://www.risalahhusna.com/2015/11/telisik-unik-jakarta-dan-feels-like-home.html

Silakan mampir ke blog para pemenang tersebut untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa mereka mengulas keseruan acara launching dan gathering Jakarta Corners di Hotel Grand Zuri BSD. Sekaligus dapat mengetahui lebih dalam tentang Jakarta Corners, Hotel Grand Zuri BSD, serta materi talkshow Teguh Sudarisman yang berjudul What You Didn’t Know About Jakarta.
 
Pelabuhan Sunda Kelapa

Kegiatan tur Jakarta-Tangerang berlangsung pada hari Sabtu (14/11). Peserta tur berjumlah 15 orang yang terdiri dari 6 kontributor JC yaitu Shintaries, Donna Imelda, Salman, Dewi Rieka, Evi Indrawanto, dan saya. Jika pada saat launching formasi JC tidak lengkap (minus Dewi Rieka), saat tur alhamdulillah komplit. Dari pemenang lomba blog hadir Nunik, Ratna Amalia, Husna Risalah, Arie Pitax, dan Evrina. Nunik dan Arie bukanlah pemenang lomba blog, tapi mereka menggantikan tempat Noe dan mbak Echa yang berhalangan mengikuti tur. Arie sendiri adalah MC pada acara launching JC. Dia teman kami, sesama blogger. Sedangkan Nunik merupakan pemenang live tweet competition pada saat acara launching JC berlangsung.

Destinasi tur meliputi Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Menara Syah Bandar Jakarta, Museum Bahari Jakarta, Masjid Pintu Seribu Tangerang, Museum Benteng Tangerang, dan Klenteng Boen Tek Bio Tangerang (klenteng tertua di Tangerang). Meeting point di Hotel Grand Zuri BSD. Berhubung tempat tinggal para peserta banyak yang jauh dari BSD, maka peserta langsung berangkat menuju Pelabuhan Sunda Kelapa. Yang berangkat dari BSD hanya saya, Shintaries, mbak Evi, Dhini (executive secretary Grand Zuri BSD), Pak Anton Hartanto (GM Grand Zuri), dan Fandi (fotografer Grand Zuri).
 
Pelabuhan Sunda Kelapa


Menara Syahbandar


Museum Bahari


Museum Bahari


Museum Bahari

Destinasi pertama kami di Jakarta adalah Pelabuhan Sunda Kelapa, dilanjutkan dengan Menara Syahbandar, dan Museum Bahari. Seusai dari tiga tempat itu kami meluncur ke Hotel Zuri Express Mangga Dua untuk makan siang. Zuri Express merupakan cluster ketiga (bintang 3) dalam manajemen ZHM (Zuri Hospitality Management) selain Grand Zuri Premium (bintang lima) dan Grand Zuri (bintang empat). Peserta tur bersantap siang di resto Kopi Express yang terletak di lantai dasar Hotel Zuri Express. Turut hadir di tengah para blogger adalah Arif Rahmatullah, GM Zuri Express Mangga Dua. Selain makan, kami juga diajak oleh Pak Arif untuk melihat salah satu kamar yang ada di hotel Zuri Express. Jam 1 kami mulai meninggalkan hotel dan melanjutkan perjalanan ke Tangerang.
 
Foto bareng Arif Rahmatullah (GM Hotel Zuri Express Mangga Dua)


Room visit


Seseruan dulu

Perjalanan menuju Tangerang tidak begitu lancar karena kepadatan laju kendaraan di hari Sabtu ternyata cukup tinggi. Kunjungan ke Masjid Pintu Seribu jadi kesorean. Bahkan kami kehilangan kesempatan mengunjungi bagian dalam Museum Benteng karena saat tiba bentengnya sudah mau tutup. Tapi kami tetap dapat mengunjungi Klenteng Boen Tek Bio, karena klenteng tersebut tetap buka sampai selepas magrib. Klenteng ini menjadi tujuan terakhir tur dan kami pun kembali ke BSD bersama semua peserta kecuali Suci Husna Risalah. Suci langsung menuju stasiun untuk langsung pulang dan tak mengikuti acara barbeque yang akan diadakan malamnya di hotel Grand Zuri BSD. 



Di Masjid Seribu Pintu Tangerang


Di Museum Benteng Heritage


Baru pertama kali terjadi penyerahan hadiah di pinggi jalan raya :))

Perjalanan tur berakhir di Hotel Grand Zuri BSD. Sesampainya di hotel peserta mulai membersihkan diri, solat, dan kemudian berkumpul di Restaurant Cerenti. Di sanalah kami bersama-sama barbeque-an. Acara penyerahan hadiah dilakukan di lobi hotel, lalu ditutup dengan acara foto bersama dengan semua peserta tur. 




Mbak Ratna Amalia menerima hadiah lomba dari Pak Anton Hartanto


Mbak Echa akhirnya datang untuk menerima hadiah lomba


Hadiah untuk Evrina


Jakarta Corners, Grand Zuri, dan blogger peserta tur


Alhamdulillah acara demi acara, mulai dari gathering dan launching, lomba, hingga kegiatan tur semuanya berjalan lancar dan sukses. Semoga menjadi langkah awal kesuksesan JC ke depannya. Aamiin.


(*)


Tulisan tentang blogger gathering dan tour Jakarta-Tangerang ini juga dapat di baca di blog berikut:

Evi Indrawanto: 
(Review) Blogger Gathering di Grand Zuri BSD : http://eviindrawanto.com/2015/10/review-blogger-gathering-di-grand-zuri-bsd/

Evrina SP
Sehari Bersama Jakarta Corners (1) : http://evrinasp.com/2015/11/16/sehari-bersama-jakarta-corners-1-menara-syahbandar-zuri-express/

Sehari Bersama Jakarta Corners (2) : http://evrinasp.com/2015/11/17/sehari-bersama-jakarta-corners-2-mesjid-seribu-pintu-grand-zuri-bsd/

Ratna Amalia : 
One Day with Jakarta Corners part one : http://www.mydairynote.blogspot.co.id/2015/11/1-day-with-jakarta-corners-part-one.html

Shintaries :
Wisata Jakarta Bersama Jakarta Corners : http://shintaries.com/wisata-jakarta-bersama-jakarta-corners/

Dewi Rieka :
Launching Jakarta Corners : Ingin jadikan Jakarta Tujuan Wisata Ngehits http://www.dewirieka.com/2015/10/launching-jakarta-corners-ingin-jadikan.html




*semua foto dokumentasi Katerina


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
27 November 2015 02.54 delete

Selamat Mbak Rien lancar jaya rangkaian acara Jakarta Cornernya. Untuk selanjutnya semoga website JC semakin ramai dan bisa menjadi rujukan siapapun yang hendak berwisata ke Jakarta dan sekitarnya.

Reply
avatar
27 November 2015 07.08 delete

Seruuu, kompleet.. Moga hari ini akyu bisa posting cerita trip kita mba, beruntungnya akyu bisa gabung dengan kalian..

Reply
avatar
27 November 2015 10.23 delete

Komplete pakai banget hahaha, pakai telur pakai sayuran dan rempah-rempah, aku mau posting juga ah hehehe :D

Reply
avatar
27 November 2015 13.03 delete

Seru sekalii acaranya, aku suka warna kausnya merah menyala membangkitkan semangat pemakai dan yang melihat.

Reply
avatar
29 November 2015 15.42 delete

Semoga JC bia jadi penduan lengkap wisata Jakarta dan sekitarnya, Mbak. Suka banget ama warna cerah kaosnya.. ira

Reply
avatar
2 Desember 2015 17.36 delete

Merah menyalaaa.

Mas Salman *panggil panggil* kita kalo disejajarkan bisa balapan majuan perut ya kayaknya hihihi

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon