Soto Betawi H.Mamat, Kuliner Soto Paling Top di BSD City

00.44

Menghabiskan akhir pekan dengan menikmati kuliner favorit bersama keluarga, tentu merupakan hal menyenangkan. Begitu pula yang ingin saya lakukan di akhir pekan kemarin, tepatnya hari Sabtu tgl. 26/9.

Saya membuat rencana untuk jalan sambil jajan di sekitar tempat tinggal saja. Kebetulan tempat tinggal saya (di BSD City) dikelilingi oleh banyak pilihan kuliner. Kuliner apa saja ada, mau kuliner tradisional atau internasional, tinggal pilih sesuai selera.

Sebelum menentukan tempat makan, saya bertanya kepada suami (saya memanggilnya dengan sebutan mas) ingin menikmati makanan seperti apa. Katanya ingin makanan tradisional. Terserah mau masakan tradisional daerah mana. Yang penting selera Nusantara.

Hari Jumat, saya mulai mencari referensi. Nah, kebetulan siangnya saya ada meeting di Hotel Grand Zuri. Di sana ketemu teman yang saya anggap tahu banyak tentang tempat-tempat kuliner khas daerah. Siapa tahu diantara tempat-tempat yang dia tahu, ada yang belum pernah saya coba. Namun sayang informasi yang dia punya ternyata minim.

Kemudian, saya coba menggunakan aplikasi OpenSnap di smartphone. Mencari bantuan.

Kenapa OpenSnap?
Karena melalui aplikasi ini saya berharap ide tempat makan itu bisa saya dapatkan.

OpenSnap punya banyak fitur yang sangat membantu. Mulai dari tempat makan terdekat dan terbaru, promosi terdekat, hinggap makanan populer. 

Ini contoh kuliner yang muncul di aplikasi OpenSnap berdasarkan pencarian wilayah, lokasi, dan jenis makanan


Sebagai informasi, OpenSnap mempunyai lima feature terbaru, diantaranya:
  1. Personalized Your Food App by Bookmark: Fitur ini gunanya agar kita dapat membookmark restoran, jenis masakan, atau makanan favorit kita. Kita bisa pilih restoran yang banyak dibookmark oleh Food Lovers. Semakin banyak dibookmark berarti semakin digemari. 
  2.  Social Visited: Di sini kita bisa saling follow dengan sesama Food Lovers yang bisa jadi sudah kita kenal di sosial media lain atau baru kenal di OpenSnap ini. Kita bisa tahu teman kita sudah berkunjung ke restoran mana saja. 
  3. Map View: Kita dapat melihat restoran terdekat yang berada di lokasi tempat kita berada. Misalnya, Restoran Pinggir Pantai Terbaik yang dekat dengan tempat kita.
  4. Personalize Your Favorite Location: Kita bisa mengatur lokasi yang sering dikunjungi di laman terdepan. 
  5. Everyone Tab: Kita akan terhubung dengan Food Lovers lain yang berada di kota tempat kita berada.

Saat saya menggunakan fitur Personalized Your Food App by Bookmark, Soto Betawi H.Mamat muncul di posisi teratas sebagai kuliner Indonesia yang ada di BSD City. Ini menandakan kuliner yang satu ini mendapat bookmark terbanyak dari foodies.

Setelah menemukan kuliner yang saya cari, saya lanjutkan dengan menggunakan map view. Maka, dari lokasi saya berada saat itu (Hotel Grand Zuri) ada tiga tempat yang muncul dalam map, yaitu di AEON Mall, Latinos, dan Jalan Raya Serpong. Yang terdekat tentu saja di Jalan Raya Serpong. Sekitar 100 meter jaraknya.

Dengan berjalan kaki, saya mendatangi warung Soto Betawi H.Mamat. Niat hati sekedar mampir dan melihat-lihat. Persiapan untuk besok hari Sabtu. 

Warung soto Betawi H.Mamat kini (bangunan baru tiga tingkat di sebelah kiri) & bangunan lama (sebelah kanan)

Oh ya, sebetulnya saya sudah pernah beberapa kali mampir ke warung ini, tapi sudah agak lama. Biasanya, jika ingin makan soto Betawi, kami pergi ke Soto Betawi H.Mukti dekat WTC. Nah, dua orang ini, H.Mamat dan H.Mukti adalah kakak adik, saudara kandung. Warung H.Mukti-lah yang paling sering kami sambangi.

Sesampainya di warung H.Mamat, saya kaget. Ada tulisan “Tutup” terpasang di pintunya. Saat itu saya pikir tutupnya mungkin karena para pelayan sedang istirahat dan salat jumat. Tapi, seorang penjaga warung bercerita, katanya warung H.Mamat sudah pindah.

Hah!?

Hari Sabtu tiba. Rencana untuk kulineran tetap dilanjutkan. Sebelum pergi kulineran, kami terlebih dahulu menaruh mobil di bengkel dealer. Hari Sabtu itu mobil kami memang mendapat jadwal service. Petugas bagian pelayanan mengatakan bahwa mobil akan dikerjakan sekitar 2 jam. Dari pada menunggu lama di bengkel, akhirnya kami putuskan untuk keluar dan jalan-jalan mencari makanan.

“Ayo buka lagi OpenSnapnya. Kita cari referensi kuliner lain selain soto H.Mamat,” ajak suami.

“Saya penasaran apa benar warungnya sudah tutup,” lanjutnya. Warung yang dimaksud lokasinya tak jauh dari bengkel mobil kami. Tepat di seberang deretan show room mobil yang terletak di Jalan Raya Serpong.

Saya sebenarnya juga penasaran. Lalu kami jalan kaki, naik jembatan penyeberangan, dan berjalan sekitar 100 meter ke arah Teras Kota. Saat akan melintasi warung soto yang sudah tutup itu, saya heran sebab di tempat parkirnya penuh mobil, luber hingga ke bahu jalan. Pemandangan itu biasanya terlihat hanya jika warung soto buka.
Tempat makan di teras

Selalu ramai

Tak ada meja yang kosong

Sebuah bangunan bertingkat tiga, bercat hijau, mengundang perhatian saya. Bagian depannya ramai dipenuhi orang. Meja dan bangku di terasnya penuh pelanggan sedang makan. Saya membaca tulisan di atas bangunan. Tertulis besar-besar “Soto Betawi H.Mamat.”


Lha, warungnya buka.

Oh, ternyata yang dimaksud sudah tutup itu adalah warung lama. Selama ini bangunan warung lama itu hanya ngontrak. Kini kontraknya sudah habis. Warung soto pindah ke bangunan bertingkat tiga. Bangunan baru, milik pribadi H.Mamat.

"Ini adalah hari pertama kami buka sejak pindah ke tempat baru," ucap seorang pelayan yang menghampiri meja saya. 

Masih seperti dulu, menu yang disediakan berupa soto daging/campur, sop daging/campur, oseng daging/campur, soto/sop/oseng ayam, sate ayam, dan sate kambing. Untuk tambahannya berupa nasih putih, nasi goreng, gado-gado/karedok, ayam goreng, empal goreng, tahu/tempe goreng, Bakwan udang/perkedel/jagung, kerupuk, emping dan otak-otak.

Pilihan minuman berupa es jeruk, es teh manis, teh botol sosro/fruittea, minuman soda, air mineral, es the, es susu soda, es kelapa, dan es podeng. 

 Oseng Daging Campur Betawi

Soto Daging Betawi

Nasi bertabur bawang

Acar pelengkap soto

Es jeruk peras

Mas menyukai soto daging. Tiap makan di Soto Betawi, soto daging adalah favoritnya. Jika di warung H.Mukti biasanya bisa pakai kuah susu (kuah soto pakai susu), di H.Mamat hanya tersedia kuah santan. Untuk minuman, mas lebih suka teh tawar. Kata mas, mudah-mudahan teh tawar itu bisa meminimalisir santannya (emang bisa ya?). Maklum, dia takut kolesterolnya naik he he.

Saya sendiri memilih oseng daging. Menu ini sama saja dengan soto. Hanya saja daging dan kuahnya dipisah. Daging dioseng dengan irisan cabe rawit, mirip tumisan. Saya suka dagingnya dimasak seperti ini. Tercium aroma wangi. Rasanya pun lebih sedap. Cara makannya, oseng daging dimasukkan dalam piring nasi, lalu dikuahi dengan kuah soto (kuah santan).

Kedua menu ini sama enaknya. Kuahnya kaya rasa. Apalagi dimakan dengan tambahan acar, perasan air jeruk limo, kecap, dan tambahan sambal cabe. Makin sedap. Makin nikmat.

Harga satu porsi soto daging maupun oseng daging sama-sama Rp 30 ribu per porsi. Sedangkan teh tawar Rp 5 ribu. Untuk es jeruk peras yang saya pesan harganya Rp 15 ribu per gelas.
 


Kami makan di lantai dua. Dekat jendela dan balkon. Sama seperti di lantai dasar, lantai dua penuh pengunjung. Kami harus menunggu beberapa saat sampai ada meja kosong.

Seorang pelayan wanita melarang saya memotret ruangan. Kalau makanan yang saya pesan boleh difoto. Saya tanya kenapa, dia tak memberi alasan. Saat di kasir saya tanya, apa benar dilarang moto. Katanya ga masalah. Boleh-boleh saja.

Kasirnya bernama Harry. Masih muda. Dia cucu H.Mamat. Ibunya adalah anak dari H.Mamat. Neneknya saat itu ada di dekatnya. Saya mau dikenalkan. Tapi tidak jadi karena kemudian neneknya berbicara dengan pengunjung lain. 


Kata Harry, mereka malah senang kalau ada yang foto-foto untuk tujuan memberitahu orang lain lewat media sosial.

Harry, cucu pak H.Mamat

Sewaktu hendak membayar, saya baru sadar uang di dompet tersisa Rp 80 ribu saja. Astaga, saya lupa belum menarik uang dari ATM.  Kalau kurang, saya bisa malu. Sementara si mas sudah di luar warung. Untunglah di kasir sedia mesin debet BCA. Nggak jadi malu. 

Dulu, warung soto H.Mamat masih sederhana. Bangunan masih ngontrak, tak sedia mesin pembayaran, dan tempatnya kecil. Sekarang, pak H.Mamat telah sukses berkat jualan soto. Usaha kulinernya makin maju dan berjaya.

Kini soto Betawi H.Mamat punya enam cabang, yaitu di Rawa Buntu Taman Tekno, Ruko Boulevard Summarecon, Ruko Karawaci Pasar Modern, Ruko Tangerang City, The Breeze BSD, dan di food court AEON Mall.

Bagi yang ingin menikmati soto Betawi H.Mamat pada waktu weekdays, datanglah lebih awal. Sebab di jam makan siang, tempat ini sangat ramai. Minimnya tempat parkir bisa memancing rasa tak sabar. Belum lagi kalau meja sedang penuh, harus antri untuk dapat meja. Tapi percayalah, semua itu terjadi karena kelezatan Soto Betawi H.Mamat tak diragukan lagi. 

Meski ramai pengunjung, warung ini punya banyak pelayan. Kerjanya cepat. Jika pengunjung sudah dapat meja, pelayan langsung datang. Minuman dan makanan tidak perlu lama ditunggu, karena para pelayan tangkas bekerja.

Jadi, kalau ingin mencari tempat makan soto Betawi paling enak di Tangerang Selatan, gunakan OpenSnap untuk mencari referensi.


Sudah mencicipi Soto Betawi H.Mamat BSD? Jika belum, mampir dan cobalah nikmati kelezatannya. 

HALAL


SOTO BETAWI H.MAMAT
Jl. Raya Serpong, depan dealer Suzuki/Nissan
Serpong - Tangerang Selatan
Telp: 021-98266642 /0813-14476363

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
28 September 2015 07.54 delete

Waduh! Pagi-pagi buka ini.. Ngileeerr... Soto Betawinya keliatan enak bangeeeet...
Open Snap ini emang ngebantu banget ya, mbak...

Reply
avatar
28 September 2015 09.54 delete

haduuh, salah nih baca tulisan ini pagi-pagi gini~ biking ngiler sotonya XD

Reply
avatar
28 September 2015 13.24 delete

Makin banyak ya aplikasi yang membantu kita untuk memilih jenis resto :)

Reply
avatar
28 September 2015 20.43 delete

Soto Betawinya memang enak banget mbak. Itu sebabnya banyak diburu pencinta kuliner :)
Ayo mbak Dee instal aplikasinya.

Reply
avatar
28 September 2015 20.44 delete

Ke BSD yuk Fahmi. Ajak Putri makan Soto Betawi H.Mamat :)

Reply
avatar
28 September 2015 20.45 delete

Iya, Zahra. Berkat teknologi internet :)

Reply
avatar
28 September 2015 23.45 delete

Mbak mbak klo aku ke BSD minta traktir di sini boleh ya? Boleh lah boleh lah! "Ara mode on

Reply
avatar
29 September 2015 10.46 delete

Ini judul 'sinetron'nya adalah Tukang Soto Pindah Toko :D

Reply
avatar
29 September 2015 12.30 delete

Boleh bangeeeeet :D Aku tunggu ya kedatangannya di BSD City

Reply
avatar
29 September 2015 12.31 delete

hahaha cocok banget itu judulnya mbak :))

Reply
avatar
29 September 2015 20.53 delete

Abby nya Najin suka banget Soto Betawi, Tiap kali ke jakarta Pasti makan soto Betawi. Sekali makan 3 posri. Doyannnya kebngetan. Apalagi lihat postingan ini, hmmmm malah ngiler dia

Reply
avatar
30 September 2015 15.31 delete

huhuhuhuhu.... nasibku belom pernah makan soto betawi... ira

Reply
avatar
21 Januari 2016 22.07 delete

Ini soto enak banget, kalo laper kesini ajaaa recommended

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon