HappyFresh: Belanja Senang, Traveling Tenang

22.07

Jelang keberangkatan menuju Lampung untuk mengikuti kegiatan Festival Krakatau 2015 pada tgl 28-31 Agustus kemarin, saya dalam keadaan sedang banyak sekali urusan akhir bulan yang mesti diselesaikan. Panik? Ya, tentu. Apalagi ini terkait dengan tanggung jawab. Jadi, sebelum berangkat saya bertekat meyelesaikan semuanya. Biar hati tenang dan ngga jadi beban hutang selama bepergian.

Ngebut. Sibuk. Itulah yang terjadi. Sampai-sampai packing pun baru sempat dilakukan 2 jam sebelum berangkat. Tapi lega akhirnya semua bisa beres. Hanya saja, tersisa satu hal yang tak mampu dilaksanakan sebelum berangkat, yakni belanja mingguan.

Di akhir pekan, saya biasanya memang mengajak keluarga berbelanja, entah itu di pasar tradisional maupun di supermarket terdekat. Selalu ada yang harus dibeli, utamanya sih kebutuhan untuk makan. Kalau ke pasar biasanya kami nyari ikan, ayam, daging, telur, aneka sayur dan buah segar. Pokoknya yang segar-segar. Kalau ke supermarket biasanya buat beli aneka kebutuhan harian rumah yang bukan kategori fresh produce dan meat & sea food.

Saya berangkat ke Lampung Jumat sore. Pinginnya sih kalo bisa paginya belanja dulu. Tapi terus terang saat itu sikonnya benar-benar ngga memungkinkan. Mau minta tolong yang lain sedang pada ngga ada orang. Sementara stock susu, yoghurt, buah dan snack untuk anak sudah menipis. Ada mas, tapi mas kadang kalau belanja nggak kira-kira. Yang dibutuhkan apa, yang dibeli apa. Ngga mau nyalahin juga sih, lah memang bukan tugasnya dia juga hehe.

Nah, saya kan baru tahu nih tentang Happyfresh, yakni online grocery shopping yang memudahkan ibu-ibu rumah tangga berbelanja kebutuhan sehari-hari. Katanya, belanja melalui Happyfresh itu ngga pake ribet, ngga pake repot, dan ngga pake makan waktu. Beneran? Nggak tahu juga hehe. Makanya itu kemarin saya mau nyoba.

Setelah nyoba, ternyata iya beneran mudah. Yang bergerak cuma jemari tangan. Bukan kaki yang mesti jalan hilir mudik di dalam supermarket. Apalagi pakai ban mobil yang mesti mengantar dari rumah ke tempat belanja.

Cara berbelanja melalui HappyFresh


Begini, saya mencoba 2 cara. Lewat website dan juga lewat aplikasi Happyfresh yang tersedia gratis di PlayStore dan Apple App Store.

Saya mencoba lewat website karena saat itu sedang ‘bekerja’ di depan laptop. Daripada buka-buka HP lagi, kenapa nggak lewat laptop saja? Tinggal buka websitenya, daftar, login, dan mulai memesan barang yang dibutuhkan. Tapi sebelumnya saya mesti memilih kota dan daerah tempat tinggal dulu supaya bisa tahu apakah store yang bekerja sama dengan Happyfresh tersedia dalam jangkauan. Ternyata ada. Baru deh lanjut melakukan pemesanan yang prosesnya kurang dari 5 menit. 

Belanja lewat website HappyFresh


Kalau lewat aplikasi lebih mudah lagi. Sedang berada dimanapun bisa dilakukan. Ngga harus repot-repot buka laptop dulu. Caranya sama dengan pemesanan lewat website. Enaknya nih, katalog produk ditampilkan berdasarkan jenis dari masing-masing kategori, serta menggunakan gambar, sehingga memudahkan pencarian.

Setelah pesanan masuk ke dalam daftar belanja, langkah selanjutnya mengkonfirmasi alamat pengiriman, untuk kemudian lanjut memilih waktu pengantaran. Saya bisa tentukan sendiri mau diantar hari apa dan jam berapa. Terakhir memilih cara pembayaran, mau dengan kartu kredit atau Cash On Delivery (COD)
[Kategori 1] : Pilih kebutuhan yang akan dibeli berdasarkan kategori

[Kategori 2] : Adanya kategori produk ini mempermudah pencarian

[Kategori 3] : Banyak kategori produk

Tekan tanda plus untuk menambah jumlah pesanan yang diinginkan lalu klik "tambah ke keranjang belanja"

Jika sudah memilih barang yang ingin dibeli, pilih "Pengiriman"


Waktu pengiriman bisa dipilih sesuai keinginan

Setelah mengkonfirmasi waktu, lanjut ke verifikasi alamat dan no telp, lalu lanjut ke "Pembayaran"

2 cara pembayaran: Kartu Kredit atau COD
 
Konfirmasi pemesanan dikirim lewat email

Saat ini Happy Fresh bekerjasama dengan dua supermarket, yaitu Farmers Market dan Ranch Market yang memiliki 24 toko di Jabodetabek. Di BSD tempatku tinggal adanya Ranch Market yang berlokasi di The Breeze.

Sibuk ngga sibuk aplikasi ini sangat membantu. Suatu waktu pasti diperlukan. Kalau misal sedang pergi, trus orang rumah butuh ini itu, kita tinggal pesankan untuk mereka.

Apa saja yang bisa dipesan melalui aplikasi Happyfresh? 


Banyak!

Kategorinya antara lain: Fresh produce: buah, sayur, dan bumbu masak. Meat & sea food. Deli : keju, tahu. Bakery. Dairy: susu, keju, cream, yoghurt, puding, butter, dll. Dry & canned good. Pantry. Beverages. Snack. Frozen. Health & beauty. Babies. Pets. Household.

Selain di Indonesia, aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOs ini juga telah diluncurkan di Kuala Lumpur, Malaysia dan juga akan diperkenalkan ke kota-kota lain di penjuru Asia Tenggara.
 
Motor petugas pengantar belanjaan dilengkapi kotak penyimpanan *sumber www.mumsgather.blogspot.com*

Untuk belanja di atas Rp 500.000, biaya pengiriman gratis, di bawah Rp 500.000 biaya pengiriman Rp 25.000 dan di bawah Rp300.000 biaya pengiriman Rp 40.000,-

Akan tetapi, pengguna aplikasi HappyFresh juga bisa mendapatkan gratis biaya pengiriman selama 1 bulan meskipun jumlah belanja kurang dari Rp 500.000,- maupun kurang dari Rp 300.000,-. 

Caranya mudah. Gunakan referral kode yang saya punya (seperti yang tertera pada gambar di bawah ini) setiap kali melakukan pembelian di HappyFresh. 

Catat baik-baik kodenya: FqUe3





Kata orang rumah, pesanan diantarkan petugas Happy Fresh dengan motor. Di motornya itu ada kotak penyimpanan khusus. Barang belanjaan saya dimasukkan dalam kotak itu. Menurut keterangan yang saya dapat, kotak tersebut berlapis thermal dari Jerman yang berfungsi untuk menjaga kesegaran.
 
Saya tak melihat pengantar dan motornya, karena saat dia datang saya sudah berada di Lampung.

(*)

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

25 comments

Write comments
2 September 2015 04.55 delete

Saya juga suka riweuh orangnya. Entah apalah sibuk banget akhir-akhir ini, sampe isi kulkas kosong. Mau ke pasar nggak ada yang ngantar :D Klo urusan ke pasar saya agak manja soalnya ribet bawa barang-barang. Jadi harus ada yang nemanin. Coba ada abang-abang HappyFresh di Batam ya :D

Reply
avatar
2 September 2015 17.05 delete

Lengkap banget tulisannya mbak Rien. Jadi sangat terbantu dapetin gambaran HappyFresh itu seperti apa. Keren deh. Tulisannya baik, informasinya jelas plus dibantu dengan adanya foto/gambar yang menunjang. Keren! *setor 4 jempol untuk tulisan ini*

Reply
avatar
Evi
2 September 2015 18.50 delete

Happy Fresh sepertinya memanjakan kehidupan travel blogger deh hehehe...

Reply
avatar
2 September 2015 23.44 delete

saya juga mulai ketagihan belanja di sini. Udah 2x hehehe

Reply
avatar
3 September 2015 01.59 delete

Praktis banget, tinggal masuk web site, pesan dan langsung diantar
solusi bagi siapa saja yang tak punya waktu :D

Reply
avatar
3 September 2015 15.07 delete

Asyik banget, nih.... Aku juga di sini belanja beberapa bahan makanan ke orang yang langsung ke rumah. Tapinya yang ini khusus makanan beku. ira

Reply
avatar
3 September 2015 16.31 delete

Asyik juga, nggak perlu keluar rumah buat cari yang fresh, apalagi klo sudah duduk manis depan lepi, malesss klo harus keluar lagi :)

Reply
avatar
3 September 2015 17.15 delete

Semarang enggak ada ya? Enak nih kalau ada. Cocok banget buat aku yang suka mager :D

Reply
avatar
4 September 2015 11.09 delete

bagus ini jual fresh product juga, berarti membantu petani nyebarin hasil lahannya dengan bantuan IT :D

Reply
avatar
4 September 2015 13.15 delete

Sudden shift. Semua serba online sekarang :)

Reply
avatar
6 September 2015 01.33 delete

Baru di jabodetabek ya, mb Rien? Enak kayaknya pakai happy fresh. Tinggal pesan, bayar, langsung diantar.

Reply
avatar
7 September 2015 09.09 delete

Di pasar biasanya ada remaja-remaja yang menyewakan tenaga buat angka-angkat barang belanjaan. Jadi walau ditemani suami biasanya aku tetap pakai mereka :D Suami cuma buat jagaian aku, biar ga ilang atau diganggu orang.

Kalau sedang sibuk belanja online kayak gini jelas membantu banget mbak. Oh iya, belum ada ya di Batam. Moga suaut hari nanti Happyfresh menjangkau tempatmu ya mbak. Aamiin

Reply
avatar
7 September 2015 09.10 delete

Terima kasih kembali, Cek Yan :)

Reply
avatar
7 September 2015 09.11 delete

Jadi andalan saat blogger sedang traveling ya hihi

Reply
avatar
7 September 2015 09.12 delete

Kemudahannya yang bikin ketagihan ya. Bikin hemat waktu dan ongkos juga pastinya :)

Reply
avatar
7 September 2015 09.15 delete

Lumayan mbak Ira, setidaknya untuk keperluan makanan beku sudah ada yang antar :)

Reply
avatar
7 September 2015 09.21 delete

Di Tangerang juga ada mbak. Happyfresh kan bekerja sama dengan Ranch Market ya, nah selama supermarket itu ada di kota yang kita tinggali, ada happyfresh kayaknya. Di Surabaya juga ada Ranch Market. Tapi aku belum cek apa sudah kerjasama atau belum

Reply
avatar
7 September 2015 09.27 delete

haha iya mbak, kalo udah duduk depan lepi, ngerjain sesuatu, aku juga males keluar. Kecuali yang ngajakin keluar suami dan keluarnya untuk makan-makan berduaan :D

Reply
avatar
7 September 2015 09.29 delete

Belum ada Tar, baru ada di area jabodetabek saja. Sini pindah ke Jakarta biar bisa pesen lewat Happyfresh haha

Reply
avatar
7 September 2015 09.30 delete

Betul sekali, Priyo. Manfaatnya banyak ya :)

Reply
avatar
7 September 2015 09.31 delete

Manfaat baik dari internet :)

Reply
avatar
7 September 2015 09.31 delete

Iya betul Ila, baru di Jabodetabek :)

Reply
avatar
7 September 2015 10.10 delete

keren yaaa bisa kreatif dan mudah giniii...jadi pengen order juga....

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon