Tips Memilih Penginapan Yang Tepat

13.08
Villa di Gunung Mas Cisarua *doc pribadi*
Musim liburan sudah diambang pintu. Berbagai persiapan berlibur sudah dilakukan, mulai dari pemesanan tiket, belanja barang bawaan, hingga pemesanan penginapan.  Berhubung tidak semua tempat berlibur harus dijangkau dengan pesawat, melainkan ada juga yang bisa dicapai dengan mobil pribadi, maka pemeriksaan ‘kesehatan’ kendaraan juga tak ketinggalan.

Penginapan jadi hal paling penting untuk dipertimbangkan. Saya kerap harus mengecek sampai beberapa kali. Bukan soal bagus atau murahnya, tapi soal mana yang paling tepat. Liburan akan makin asyik dengan pilihan tempat menginap yang tepat. Nah, soal tepat inilah yang susah-susah gampang.

Untuk itulah, perlu sekali mengenali aneka jenis penginapan, serta mengetahui betul semua fasilitas yang ditawarkan sebuah penginapan. Jangan sampai terlanjur merepotkan diri sendiri sampai tidak bisa menikmati liburan hanya karena nggak ‘ngeh’ akan fasilitas yang ternyata tersedia di tempat menginap. 

Hotel Padma Bandung *doc pribadi*

Hotel
Ada berbagai jenis hotel yang bisa jadi pilihan, yaitu budget hotel, yang biasanya menawarkan harga yang lebih ekonomis dengan pelayanan standar berupa kamar untuk istirahat dan sarapan. Namun, budget hotel biasanya tidak menawarkan restoran yang buka setiap jam, layaknya premium hotel, yaitu hotel-hotel berbintang lima yang namanya sudah familiar di telinga. Selain kamar, biasanya ada layanan hiburan yang mendukung, seperti kolam renang, fitness center dan restoran. Hotel berbintang lima menawarkan ukuran kamar yang lebih beragam dari budget hotel.

Bed and Breakfast
Seperti namanya, tawaran hanya berlaku untuk tempat beristirahat dan sarapan. Bedanya dengan hotel, saat menginap di bed and breakfast, kita bisa berhubungan langsung dengan pemilik rumah. Bahkan, mereka ikut menyambut dengan hangat saat tiba di tempat.
 
Amaris Legian-Bali *doc pribadi*

Apartemen dan Condo Hotel (Condotel)
Penginapan seperti ini cocok buat keluarga dengan dua orang anak atau lebih, dan yang berencana membawa serta asisten rumah tangga atau pun pengasuh anak. Selain ukuran ruangan yang lebih besar, biasanya tersedia 2 kamar atau lebih dalam 1 unit, serta adanya dapur pribadi. Menyiapkan makan untuk keluarga dan anak-anak menjadi lebih mudah.

Yang perlu diperhatikan adalah memastikan adanya alat-alat rumah tangga yang mendukung, seperti mesin cuci, lemari es, dan peralatan masak ( kompor dan microwave). Bila perlu, sebelum memutuskan untuk memesan, cek terlebih dahulu apakah ada fasilitas kolam renang dan tempat bermain untuk anak.  

Villa di Tanjung Lesung *doc pribadi*

Villa
Penginapan ini cocok untuk yang ingin berlibur bersama keluarga besar karena villa merupakan bangunan seperti rumah dan biasanya terdiri dari dua kamar atau lebih. Fasilitas yang tersedia layaknya fasilitas di rumah. Kompor dan lemari es sudah pasti tersedia. Tak jarang sudah dilengkapi dengan private pool. Bagi keluarga dengan anak kecil seperti saya, memilih villa dengan lokasi dan lingkungan sekitar yang ramah anak tentu penting untuk dipertimbangkan.

Resor
Fasilitas yang tersedia layaknya hotel berbintang lima, begitu pula dengan pilihan ukuran kamar. Resor merupakan tempat menginap yang memang diperuntukkan bagi keluarga yang hanya ingin beristirahat dan menghabiskan waktunya di tempat tersebut.  Jadi, tak heran jika tempat menginap yang satu ini sangat lengkap dengan berbagai fasilitas, bahkan beberapa memiliki akses langsung ke pantai (private beach). Namun akan menjadi sulit saat punya rencana untuk jalan-jalan dan mengeksplor tempat-tempat lain, karena biasanya akses ke resor sendiri jauh dari pusat kota.  

Resor di Tanjung Lesung *doc pribadi*

Check these out!
 
Selain kamar, beberapa fasilitas berikut juga perlu ditanyakan:
  • Antar jemput dari dan ke bandara
  • Extra bed charge
  • Laundry. Beberapa hotel menggunakan jasa pihak ketiga sehingga tidak memungkinkan untuk express laundry, biasanya perlu menunggu minimal 1-2 hari
  • Kids club dan babysitter, biasanya tersedia di hotel dan resor.
  • fasilitas crib maupun stroller (bagi yang punya anak balita)
  • Sewa mobil atau motor terdekat
  • biaya parkir.

Selamat berlibur dan semoga menginap di penginapan yang tepat ^_^ 

(KS)


*Semua foto dokumentasi pribadi

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Noe
18 Juni 2015 13.39 delete

Seringnya aku klo soal penginapan adalah... Yg penting bisa tidur :D maklum, lbh bnyak explore di luar. Tp semenjak dpt gratis2 tdr si hotel bagus, jd kepikiran jg buat ajak klrg buat rasain tsr di penginapan dg fasilitas lgkap supaya nyaman

Reply
avatar
18 Juni 2015 13.48 delete

Menarik banget infonya, mbak Rien.. Dulu-dulu waktu belum punya anak, urusan hotel selalu go show. Sampe di kota tujuan, baru cari penginapan. Tapi sejak punya anak, seringnya booking penginapan sebelum pergi. Jadi bisa pilih-pilih dulu penginapan yang ramah anak, baik lingkungan juga fasilitas. Lebih bagus lagi kalo ada review tentang penginapan itu, bisa jadi bahan pertimbangan juga...

Reply
avatar
18 Juni 2015 15.37 delete

Kalau aku tergantung kegiatan hari itu. Kalau kebanyakan explore city, dalam artian perlu hotel untuk mandi dan leyeh2 biasanya saya memilih harga bershahabat dengan fasilitas minim. Tapi kalau memang pingin tidur cantik dan kebanyakan stay di hotel, kita sekeluarga pilih hotel dengan failitas lengkap. kalau solo trip atau sama teman teman, kebanyakan hotel murah dengan view maksimal, hehehe Alhamdullilah seringnya kita dapat.

Reply
avatar
18 Juni 2015 16.35 delete

Kalau pergi sendiri dan tujuannya untuk menjelajah, aku juga milih yang penting bisa tidur. Beda dengan saat bawa keluarga, terutama saat bawa anak kecil :)

Reply
avatar
18 Juni 2015 16.41 delete

Iya, mbak. Ada perbedaan ketika membawa anak dengan tanpa anak. Kalau bawa anak aku mesti mempertimbangkan banyak hal. Apalagi bojoku, dia lebih selektif lagi memilih tempat buat menginap. Nggak bawa anak saja dia banyak pilah pilihnya, apalagi bawa anak :)

Reply
avatar
18 Juni 2015 16.43 delete

Sepakat denganmu, mbak :)

Reply
avatar
18 Juni 2015 17.40 delete

Seminim2nya penginapan buat aku selama bisa milih itu tempatnya harus bersih, terutama sprei dan kamar mandi. Kecuali terpaksa, tak ada piliham atau pergi reramean.
Selebihnya tergantung banyak hal, seperti tujuan dan bersama siapa. Mirip2 jawaban Zulfa deh hehehe.

Reply
avatar
19 Juni 2015 10.27 delete

yang pasti kudu bawa banyak duit kang. mau yang gimana aja bisa.

Reply
avatar
29 Juni 2015 09.15 delete

Sama kayak aku mbak, kamar mandi dan sprei paling utama, mesti bersih.
Iya, setuju, tergantung banyak hal. Aku pun kalau tak ada pilihan lagi, tetap diusahakan untuk menerima yang ada.

Kalo yang aku sebutkan disini tips saat menginap dengan membawa anak kecil :)

Reply
avatar
29 Juni 2015 09.16 delete

Ya, betul, kalo ada duit apa saja bisa. Jadi tipsnya ini buat yang mau berlibur bawa anak dan mampu bayar apa aja yang dia mau :)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon