Kabut Menari Di Telaga Menjer

11.27
Telaga Menjer - Wonosobo
[taken with Canon EOS 7D FL.10 1/200s f/10.0 ISO 2000]

Assalamu'alaikum Wr Wb,

Mbak Opah istri Mas Ari, menemani saya mencari spot terbaik untuk memotret Telaga Menjer dari ketinggian. Mendaki bukit, melewati kebun sayur sawi, kubis dan labu siam yang lebat berbuah. Di sebuah saung, kami berpapasan dengan ibu petani yang menyapa dalam bahasa Jawa yang tidak sepenuhnya saya mengerti. Seperti koneksi internet yang sedang mengalami masalah kecepatan, saya mengalami loading sekian menit untuk paham bahwa si ibu ternyata menanyakan asal dan tujuan kami.

Sekitar 2 km berjalan kaki, hampir separuh telaga telah dikelilingi. Namun tak juga ada tempat yang bebas dari penghalang pandangan. Meski tak tercapai apa yang saya inginkan, tapi saya puas. Puas menjadi satu-satunya dari 35 peserta trip yang berhasil kabur dari rombongan :))

Dalam rasa puas itu, terurai secuil cerita tentang Gunung Kembang (disebut-sebut sebagai anak Gunung Sindoro) yang muncul di hadapan saya. Cerita mistik dan klenik. Tempat pesugihan! 

Cuaca cerah namun suhu udara tidak panas. Sementara kabut tebal menyelimuti puncak-puncak bukit di sekeliling danau. Menyisakan pemandangan separuh bukit. 


Ketika angin berhembus kencang dan terus berulang, kabut pun bergerak terbawa angin, turun membelah pohon-pohon pinus. Gerakannya seperti tarian. Tarian bidadari yang turun ke bumi. Dan kabut mungkin hendak menyapa (sambil memeletkan lidah) pada saya yang tidak sempat menyaksikan pemandangan sekitar danau dari atas perahu! :))

Tapi saya bersyukur, andai saya berperahu, mungkin tak bisa menikmati indahnya view Telaga Menjer dari atas bukit.


Kebun sayur ini di atas bukit, di sisi Telaga Menjer

Makan siang di saung Telaga Menjer

Masakan mbak Musyarofah enak :D


Kabut menutupi puncak-puncak bukit di seberang telaga

 seusai naik perahu keliling danau

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
24 Oktober 2014 10.11 delete

bulan depan rencana mendaki ke gunung kembang klo ga ada halangan :D

Reply
avatar
25 Oktober 2014 07.13 delete

Aiiih...mau pesugihan ya? haha. Konon, gunung itu sarat cerita mistik dan klenik. Coba buktikan saat di sana nanti ya Pay. Jangan lupa bagi-bagi ceritanya. Aku tunggu ;)

Reply
avatar
Anonim
28 Oktober 2014 15.01 delete

Kesannya tenang dan damai, Mbak Rien. ira

Reply
avatar
2 November 2014 06.04 delete

Iya, mbak Ira. Udaranya juga sejuk, bawaannya jadi pingin tidur :D Tempat yang cocok buat menyegarkan mata dan pikiran :)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon