Wujudkan Rumah Impian dengan 5 Tips Berikut Ini

08.58

Wujudkan Rumah Impian dengan 5 Tips Berikut ini (Pict: Pexels)


Memiliki rumah pribadi yang sesuai dengan impian merupakan cita-cita semua orang. Nah jika memiliki rencana untuk membangun sebuah rumah, maka harus menyiapkan segala hal dari jauh-jauh hari, salah satunya adalah anggaran keuangan untuk biaya konstruksinya. 

Tentunya menyiapkan uang untuk membangun sebuah rumah tidaklah mudah, seseorang harus bekerja keras hingga bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Membangun rumah memang dinilai lebih menguntungkan dibandingkan membeli rumah yang sudah jadi. Namun, dalam proses pembangunan diperlukan banyak persiapan yang matang agar tidak ada kesalahan saat bangunan tersebut selesai. 

Untuk menopang segala kebutuhan pembangunan tersebut diperlukan anggaran dana yang memadai, dengan demikian yuk simak bagaimana cara menabung yang efektif untuk membangun rumah berikut ini.

5 Cara Menabung Efektif untuk Membangun Rumah

Agar bisa membangun rumah yang nyaman, kokoh, dan tahan lama, kamu harus memiliki dana yang pas. Pastinya anggaran ini harus disediakan sejak dini dengan cara menabung, dan berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk mengumpulkan uang guna mencukupi kebutuhan pembangunan rumah yang nyaman.

1.Tentukan Jumlah Anggaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai menabung adalah menentukan jumlah anggaran yang akan ditargetkan. Sebelum itu, kamu harus melakukan survey terlebih dulu tentang berapa harga anggaran konstruksi bangunan secara umum, selanjutnya rencanakan anggaran kamu sendiri agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

2.Tetapkan Target Perbulan

Setelah mengetahui berapa jumlah anggaran yang akan dicapai, kini kamu sudah bisa menabung dengan menetapkan sejumlah target perbulannya. Pastikan target yang harus dipenuhi ini sesuai dengan penghasilan kamu setiap bulannya. Namun, usahakanlah untuk memenuhi segala kebutuhan pribadi terlebih dulu agar tidak kekurangan.

3.Melunasi Hutang

Agar nantinya kamu bisa menabung dengan tenang, maka sebaiknya lunasi terlebih dulu hutang yang dimiliki. kamu bisa membuat anggaran khusus untuk melunasi hutang tersebut. Pastikan dana yang disisihkan lebih besar agar hutang bisa cepat lunas.

4.Investasi

Selain melakukan ketiga tips sebelumnya, investasi menjadi salah satu jalan tepat yang bisa kamu lakukan. Investasi sendiri bertujuan agar nantinya kamu memiliki penghasilan passive untuk membantu dalam pembangunan rumah. Ada beberapa jenis investasi seperti saham, reksadana, dan lain sebagainya yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

5.Hidup Sederhana

Tips terakhir adalah hidup sederhana. Saat mengumpulkan uang untuk membangun rumah, sebaiknya kamu mengubah kebiasaan mewah menjadi lebih sederhana agar bisa menghemat pengeluaran dan target bisa cepat terkumpul.

Kelima tips di atas akan sempurna jika kamu juga menggunakan aplikasi Senyumku untuk merencanakan biaya agar rumah impianmu bisa terwujud. Senyumku-Buka Rekening Online adalah aplikasi finansial yang akan membantu kamu dalam merencanakan berbagai anggaran dengan segala fasilitas yang dimilikinya. 

Salah satu fitur yang akan membantu menabung anggaran rumah adalah Celengan Senyumku. Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk membuat daftar keinginan yang harus dipenuhi sehingga kamu pun dapat dengan mudah menyisihkan uang untuk membangun rumah. 

Selain itu, Senyumku juga memberikan tawaran menggiurkan lainnya seperti adanya bunga tabungan hingga 5.5 persen.

Senyumku sendiri merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 2019. Untuk menjadi bagian dari nasabah Senyumku, kamu bisa mulai dengan membuka rekening online pintar. 

Cara mendaftarnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi formulir, lalu siapkan foto KTP, dan juga swafoto. Bahkan kamu tidak perlu menyetorkan setoran awal.

Sebagai aplikasi catatan keuangan terbaik, Senyumku sangat cocok untuk membantu kamu dalam merealisasikan segala keinginan seperti membangun rumah. Dengan demikian, yuk segera unduh aplikasi Senyumku dan nikmati segala jenis penawaran lainnya. Bagaimana menurut kamu?

Share this

A mother of two who loves travel and enjoy to share my journey and valuable experiences

Related Posts

Previous
Next Post »

39 Comments

  1. Semua bisa menabung dengan mudah ya, Kam. Tanpa setoran awal. Btw tips untun mewujudkan rumah impiannya menarik, ada poin lunasi hutang sebagai salah satunya. Ini bener banget kak.

    BalasHapus
  2. Cobaan paling besar dinomor 5 😅, apalagi kalo terdesak karena kebutuhan 😄

    BalasHapus
  3. Memiliki rumah impian, memang sudah pasti menjadi cita-cita setiap orang. Apalagi ada informasi kemudahan untuk mewujudkannya.

    Apalagiiiiiiii kalau rumahnya seperti tampak pada gambar, bebas kabel dan tiang listriiiiiik...!! :)

    BalasHapus
  4. Dulu sempat dilanda galau antara memilih beli jadi atau membangun rumah dari awal. Sempat konsultasi, di daerah SUkabumi memang beli jadi cenderung lebih murah daripada membangun dari awal. Harga tanah dan rumah masih murah, soalnya belum terlalu tersentuh pembangunan.

    Akhinya beberapa tips yang disampaikan Mbak Rien, ada yang sudah aku lakukan, terutama lunasi hutang. ALhamdulillah nggak punya hutang. Dan mulai nabung dengan target tertentu.

    Seiring berjalannya waktu, ternyata lebih enak beli rumah orang yang sedang BU (Butuh Uang), harga lebih murah dan selisih uang bisa untuk renovasi. Yang sulit adalah menemukan yang lokasinya cocok dengan keinginan.

    BalasHapus
  5. Hallo Mba Rien, aku juga punya rumah impian bersama pasangan kelak. Targetku sebelum mantap menikah, kita harus punya rumah berdua untuk ditinggali. Semoga 3 tahun lagi tercapai.. sekarang kami lagi nabung-nabung dan ngerem pengeluaran..

    Aku pengen banget punya rumah tanpa buat hutang huhu,

    BalasHapus
  6. Kalau 5 tips di atas dilakukan dengan mantap maka bukan mimpi lagi dalam mewujudkan rumah impian. Soalnya memang kudu dikolaborasikan sih, karena misalnya cuma satu step aja yaitu lunaskan utang tapi hidup mewah ya sulit kan

    BalasHapus
  7. Wah terima kasih sharingnya mba Rien..sepertinya tips2 ini bisa kulakukan juga meski bukan untuk membeli rumah namun merenovasi rumah ya.. (mengingat harga2 sekarang melambuuung tinggi..hehe..)

    BalasHapus
  8. Setuju mba. Kalau mau nabung sebaiknya lunasi dulu hutang ya. Biar nabungnya tenang. Lagian kota ga tau umur kita sampai kapan ya.

    Ngomong-ngomong nama rekening tabungannya lucu ya "senyumku" Pas banget, kayaknya bisa bikin senyum para penggunanya. Apalagi banyak manfaatnya ya mba.

    BalasHapus
  9. Aku lagi proses nabung mau beli rumah sama pasangan nih mba Rien.. pengen banget punya rumah yang minimalis. Meski begitu tetep perlu budget yg lumayan mengingat harga tanah yg cenderung naik.. Selain nabung kita juga investasi di reksadana dan emas. Semoga 4 tahun lagi tercapai punya rumah baru, aminn

    BalasHapus
  10. Pengen banget punya rumah sendiri, emang pengelolaan finansial harus ditarget banget. Nabung ini kayaknya masalah banget buat milenial kayak saya hehe.

    Baru tau juga soal Senyumku, keren ada fitur buat nabung beli rumah.

    BalasHapus
  11. Hmm, baca artikel ini jadi tambah semanget kerja freelance biar bisa punya rumah sendiri 😁

    Tips No 3 valid banget sih ka, utang emang bikin pemasukan bulanan jadi minus, mending dilunasin dulu ya, sehabis itu baru nerapin plan No 1 dan 2. 😁

    BalasHapus
  12. Aku juga lagi mengusahakan untuk bisa punya rumah sendiri Kak, bener2 lagi hidup irit banget supaya dana cepet kekumpul. Kalau gak gitu bisa gatau berapa tahun lg nih bisa beli rumah. Makasih tipsnya yah Kak Rien 😊 semangat nabung ah yuk!

    BalasHapus
  13. Bank berlomba bikin bank digital. Selain murah di operasional, bank ini akan menargetkan banyak nasabah dengan mudah. Asal dengan sosialisasi dengan masif. Bagi nasabah juga diuntungkan krn tdk perlu datang ke cabang. Salut buat Senyumku. Ntar coba daftar ahh..

    BalasHapus
  14. Perencanaan financial memang penting ya kak rien. Kalau nabung dan investasi sdh dilakuin, cuma.kadang kalau butuh mendesak, jadi ke ambil lagi tabungannya.. Aplikasinya bagus, bisa jadi solusi untuk perencanaan keuangan masa depan

    BalasHapus
  15. Relate bgt kak tipsnya dgn diriku yg masih ngontrak, hehe. Kelima poinnya penting bgt bwt diterapin, krn klo g ada usahanya maka bakal susah jg bwt pny rumah impian.

    BalasHapus
  16. Memang susah untuk memulainya. Tips ini bagus banget. Tinggal kita nya yang harus kekeuh sama niat. Ya kalau mau punya rumah impian jangan hanya di dalam mimpi terus tapi harua diwujudkan dengan usaha

    BalasHapus
  17. tips yang bisa di mulai sejak awal ingin membangun rumah impian nih mba, harus konsisten dan fokus juga menjalankan semua tips di atas hingga keinginan membangun rumah impian tercapai

    BalasHapus
  18. Nah, iniii temen2 millenials wajib baca :D
    Karena sebenernya TIDAK MUSTAHIL kok mewujudkan rumah impian milik sendiri.
    Kalo memang ada greget buat punya rumah, yuk lahhh kita wujudkan :D
    Dengan app SENYUMKU pastinya bisa ngebantu bangettt, utamanya dalam hal financial planning ya.

    BalasHapus
  19. Aku dan suami kalau ada rezeki pengen gitu mba bangun rumah lagi. Tapi kayaknya mau nunggu cicilan rumah pertama lunas hahaha 😂. Rumah pertama aku ngerasa kurang streg. Makanya kepengen nabung lagi buat punya rumah lagi. Amin ya Allah semoga terkabul

    BalasHapus
  20. xixixi.. yang terakhir tipsnya bikin senyum2. Nggak bangun rumah kayaknya tips terakhir jadi gaya hidup sehari-hari deh, Mba.. hahaha

    BalasHapus
  21. Bunga tabungannya lumayan juga ya...Noted semua poinnya, kebetulan aku ama suami juga lagi nimbang buat bangun rumah sendiri beneran dari nol, bukan yang perumahan kayak sekarang. Biar lebih leluasa kalau mau dimacem2in.

    BalasHapus
  22. Mba, aku baru tahu ada fitur yang ngebantu buat wujudkan punya rumah. Mah ngabarin saudaraku ah biar dia bisa segera punya rumah. Makasih mba

    BalasHapus
  23. Poin beresin utang sama gaya hidup ini penting banget. Ada aja hal-hal tak terduga pas membangun rumah. Ini yang dialami sama mamaku waktu rehab rumah. Untungnya mamaku itu orangnyahemat dan banyak perhitungan. Alhamdulillah, aman dan lancar beresin rumah, ga ninggalin utang. Soal budget ga tau sih ya ga nanya, soalnya dulu ga kepikiran nanya budget. ga bisa bantu juga karena belum kerja (masih sma-kuliah) huehehe

    BalasHapus
  24. Siap dicoba. Yang pasti, utang-utang kudu lunas dulu. Terus budgetnya tetap bisa mencukupi kebutuhan dasar dan sehari-hari

    BalasHapus
  25. Hutang wajib lunas dan hidup sederhana nih. Baru bisa jalan untuk punya rumah. Moga tercapai keinginanku untuk punya rumah. Aamiin

    BalasHapus
  26. Mbak aku sama suami lagi mewujudkan rumah impian. Doakan ya meskipun jadinya harus ngutang dulu ke keluarga karena penjual maunya kpr atau cash. Dan kami ga mau KPR. Semoga setelah itu bisa lgsg lunasin hutang dan nabung lagi buat renov2 dikit. Tentunya pakai Senyumku

    BalasHapus
  27. Perkara membangun rumah ini memang harus dipersiapkan secara matang. Dana terutama. Karena berdasarkan pengalaman saat membangun rumah dulu, selalu ada hal tak terduga yang harus dicover dari harga bahan bangunan yang tiba-tiba naik, cara kerja tukang bangunannya jauh dari ekspektasi sehingga molor waktu dari target pengerjaan dan lain-lain.

    Untung ada aplikasi yang memudahkan seperti Senyumku ini ya. Bener-bener membantu dan bisa membuat tersenyum :)

    BalasHapus
  28. Kelima tips mewujudkan rumah impian dari mbak Rien ini memang mesti diterapkan sebaik2nya supaya tujuan tercapai ya. Sebeanrnya yang paling mudah menurutku adalah gaya hidup sederhana. Zaman sekarang kan kita mudah tergiur dengan segala penawaran, promo dll ya jadilah uang keluar padahal budgetnya untuk menabung, misalnya.

    Oh, jadi SENYUMKU ini memberikan kemudahan buat kita ya. Mau buka rekening aja begitu mudah, ga mesti ujug2 datang ke bank. Kita juga bisa bikin perencanaan keuangan alokasi buat punya rumah menggunakan Celengan SENYUMKU ini. Mantap deh, solusi tepat supaya terwujud memiliki rumah impian.

    BalasHapus
  29. kalau ditekuni dan dijalani dengan disiplin membeli rumah akan sangat mudah ya Mbak dengan menyisihkan penghasilan yang sudah ada dengan fitur Senyumku ini. Apalagi membeli rumah bagusnya memang cash jadi tidak rugi karena bunga yang selangit.

    BalasHapus
  30. 5 tips ini, sudah merangkum semua hal yang harus kita perhatikan saat ingin mewujudkan rumah impian. Menabung dan investasi nih, yang sering kita lupa karena borosnya kita

    BalasHapus
  31. Makasih mbak Rien tipsnya, ini benar-benar membantu sekali. Hidup sederhana ini wajib banget kalau mau nabung beli rumah khususnya, atau beli sesuatu yang butuh uang banyak gitu ahaha. Inget banget sebelum beli rumah di Gresik, ngempet beli ini itu. Pokoknya belanja bulanan juga aku jatah..satu hal lagi kurnagin jajan ato beli yang nggak perlu perlu amat

    BalasHapus
  32. jadi kayaknya sebaiknya urutannya melunasi utang dulu yah mak, jika ada lalu baru menabung atau berinvestasi yang uangnya nanti akan digunakan buat membangun atau memiliki rumah impian. meski bisa aja dibarengkan antara nabung dan bayar utang, tapi jelas uang akan terbagi yah

    BalasHapus
  33. Asyk nih tipsnya emang ya rumah impian itu jadi impian setiap keluargam rumah yang membawa ketenangan dan tentunya sebaiknya menabung dan investasi itu perlu ya

    BalasHapus
  34. saya sudah download aplikasi Senyumku ini mbak
    paling suka sama fitur wallet, sangat membantu mencatat transaksi keuangan harian

    BalasHapus
  35. Dengan bantuan aplikasi yang tepat, semoga rumah impian bisa segera terwujud yaa..
    Suamiku juga nih...pengen banget punya rumah design sendiri. Secara doi arsitek.
    Semoga bisa terwujud jika hidup dengan sederhana dan penuh kesadaran menahan diri dari godaan mamang ojek online makanan, terutama.
    ((hiiiks))

    BalasHapus
  36. Cita2 banget pengen punya rumah yang dibangun sendiri dari awal, sehingga desainnya nanti kyk apa benar2 menyesuaikan keinginan pribadi.
    Owalah Senyumku ini rekening online gtu ya mbak?
    Gampang ya cara bikinnya gak perlu ke banknya juga, tanpa setoran awal pula

    BalasHapus
  37. Suwun banget mba Rien buat tipsnya. Aku juga pengen punya hunian sendiri nggak ikut mertua biar merdeka heheheh. Semoga bisa ada rejeki punya rumah aamiin dengan senyumku mimpi perlahan dibangun dengan pasti.

    BalasHapus
  38. Wah ada bank baru ya. Bagus namanya bank Amar. Jadi tertarik nih buka fitur-fitur nya buat ngerencanain tabungan untuk anak-anak

    BalasHapus
  39. Poin terahir penting banget tuh kak...Harus hidup dengan cara sederhana...Gak sedikit yang kehidupannya emang banyak gaya..meskipun itu hak tapi gak baik untuk ditiru ya...

    BalasHapus

Leave your message here, I will reply it soon!