Belanja Kamera di FOCUS NUSANTARA

12.13

Focus Nusantara memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Tak hanya lengkap, profesional, dan unggul dalam hal after sales service, melainkan juga memberi banyak tambahan wawasan seputar dunia fotografi.

* * * * *

Ringan dan kecil adalah dua alasan paling kuat yang membuat saya ingin punya kamera mirrorless. Terus terang, kamera Canon EOS 7D yang biasa saya pakai menjadi beban tersendiri buat saya ketika membawa dan menggunakannya. Berat, besar, dan terlihat mencolok.

Hampir dua bulan saya mengumpulkan informasi tentang kamera mirrorless yang potensinya setidaknya sama dengan EOS 7D. Ada type dari merk Sonny dan Fuji yang sudah cocok. Namun sayangnya, harganya puluhan juta, terlalu mahal buat saya yang hanya punya bujet sekitar 17jutaan saja. Sementara, kamera mirrorless dengan bujet sejumlah itu, potensinya masih di bawah EOS 7D. Saya keberatan.  

CANON EOS 70D (doc usa.canon.com)

Setelah menimbang beberapa hal, akhirnya saya putuskan untuk tetap menggunakan DSLR Canon. Pilihan saya jatuh pada EOS 70D. Sekilas tak ada bedanya dengan EOS 7D yang sudah ada. Namun 70D punya kelebihan pada ukuran yang lebih kecil, body lebih ringan, bisa WIFI, LCD monitor touch screen dan vari angle.  

Mantap memilih 70D, saya mulai mencari toko yang nggak cuma menjual barang dan memberi harga bagus, tapi juga punya after sales service yang baik. Setelah melakukan konsultasi dengan Canon Indonesia (via Pages Canon di Facebook), serta bertanya pada Cepi (teman yang berprofesi sebagai photographer profesional), saya direkomendasikan untuk ke toko kamera Focus Nusantara.
 


Mendapat rekomendasi toko dari teman, bahkan langsung dari Canon Indonesia, tidak serta merta membuat saya langsung meluncur ke toko yang dimaksud. Saya mencoba gugling, mencari tahu, dan membandingkan harga kamera yang saya cari di beberapa toko rekanan Canon lainnya. Ternyata nggak ada bedanya. Harga sama, stock juga sama-sama ada. 

Lantas, kenapa tidak ke toko Canon yang ada di Summarecon Mall Serpong yang lebih dekat? Saya terpengaruh pada ucapan Cepi yang menyebutkan kalau Focus Nusantara punya service yang baik. Itu yang saya cari!




Di Jakarta, Focus Nusantara ada di tiga tempat, yaitu di Jl.KH.Hasyim Ashari, Jl.Panglima Polim, dan Jl. Tanah Abang. Yang terdekat adalah di Jl.Panglima Polim. Minggu pagi 14/6/2015, saya berangkat ke sana. Tempatnya mudah dicari. Dari Pondok Indah saya lewat Radio Dalam, lalu ke arah Blok M. Ketika sampai, tokonya baru buka. Sepertinya saya jadi pengunjung pertama.

Kesan pertama saat memasuki Focus Nusantara adalah toko besar, lengkap, dan punya setting toko yang sangat menarik. Deretan kamera untuk uji coba di pamerkan di bagian depan. Etalase sepanjang dinding penuh kamera berbagai merk, aksesoris, tas kamera, dan berbagai peralatan fotografi lainnya.  

Dari ruang ke ruang penuh barang. Sangat banyak pilihan. Meja dilengkapi kursi untuk tempat pengunjung duduk sambil berkonsultasi dengan para sales profesional. Makanan dan minuman tersedia di mini bar. Ada ruang bersantai dengan sofa nyaman dan dilengkapi TV, juga ada ruang seminar di lantai 2. 


 



Toko Focus Nusantara lebih besar dan lebih lengkap dari beberapa toko kamera (di Jakarta) yang pernah saya datangi. Bagaimana dengan pelayanannya? Mari kita lihat.

Alhamdulillah kamera yang saya cari ready stock. Andres, sales yang menerima kami (saya datang bersama keluarga), membantu menjelaskan produk dengan sangat baik. Banyak hal yang saya tanyakan, terjawab dengan tuntas dan memuaskan.
 
Andres

Jam berapa saya kelar belanja di toko ini? Jam 1 siang!
Lebih dari 2 jam Andres memberikan waktunya untuk meladeni kami. Selama itu dia tetap ramah, sabar, dan antusias menerangkan apapun yang saya tanyakan.  

Terus terang, di toko kamera lain yang pernah saya datangi, 5 menit tanya-tanya saja sudah dikasih tampang jutek dan dijudesi. Kadang pernah sampai ditanya begini sama sales tokonya: “Mbak jadi beli atau nanya-nanya doang, nih?” Saya, kalau ada sales seperti itu, biarpun niat banget mau beli, langsung nggak jadi beli dan memilih pergi!  

ruang seminar utk kegiatan fotografi
banyak pajangan foto karya pribadi



Buat saya, pelayanan yang memuaskan itu ketika hati merasa plong saat melakukan pembayaran. Saya nggak merasa ada yang kurang, nggak merasa ada yang kemahalan, nggak merasa ada yang janggal, nggak merasa ada yang mengganjal. Pokoknya nggak ada penyesalan.
After sales service sangat bagus.
Karena terkesan dengan pelayanannya, saat itu juga muncul ide untuk meliput Focus Nusantara. Rencananya akan saya tulis dan posting di blog. Harapannya supaya berguna bagi siapa saja yang mungkin butuh informasi toko kamera yang lengkap dan punya pelayanan bagus.

kemudahan cara pembayaran

Piagam perhargaan lomba foto Pak Hartono (owner Focus Nusantara)

Serba fotografi

Alhamdulillah atas ijin ibu Indrawati, manager toko Focus Nusantara, saya dapat mengambil gambar seluruh ruangan toko, baik di lantai dasar maupun lantai atas. Sambil menjajal kemampuan kamera baru, saya coba memotret isi toko. Dengan kamera baru itu pula saya menyempatkan foto bareng ibu Indrawati, Andres, dan beberapa staff lainnya.

Ibu Indrawati sangat baik. Beliau tak hanya mengijinkan saya memotret toko, tetapi juga memberikan 3 pilihan tas kamera gratis untuk saya. Ada model tas pinggang (yang juga bisa dipakai untuk selempang), model tas jinjing wanita, dan model backpack. Harganya mulai dari 300ribuan hingga 600ribuan.  

3 macam tas kamera gratis yang boleh dipilih sesuka hati ^_^


Antara malu tapi mau hehe. Saya malu, masa hanya dengan memposting tentang Focus Nusantara saja dapat hadiah sebagus itu? Tetapi saya mau karena pada dasarnya memang butuh tas buat kamera baru :D Akhirnya saya memilih tas kamera model backpack seharga 600ribuan.

Selain tas, saya juga mendapat free aksesoris, serta diskon harga untuk kamera yang saya beli. Alhamdulillah.  

Hadiah tas dari ibu Indrawati & pelayanan terbaik dari Andres


Harga resmi Canon Indonesia untuk EOS 70D Kit II with lens EF-S18-135 IS STM (Wifi) adalah Rp 17.495.000,- Barang bisa didapatkan di toko-toko yang ditunjuk oleh Canon, salah satunya Focus Nusantara yang saya datangi hari itu. Dari hasil nabung sedikit demi sedikit, saya anggap harga tersebut terjangkau untuk saya. Namun, di Focus Nusantara, saya membayar sejumlah Rp 17.075.000- saja dan mendapat beberapa barang yang terdiri dari :
  • Canon EOS 70D Kit II with lens EF-S18-135 IS STM (Wifi)
  • Canon lens EF 50mm F/1.8 II
  • Sandisk SDHC Ultra 16GB (40mbps) Class 10
  • Daisee 52mm UV Haze Pro DMC Slim
  • Daisee 57mm UV Haze Pro DMC Slim
  • Magic clear Screen Protector EOS 70D
  • Phottix Ultra Cleaning Kit 4 In 1
  • Canon EOS Backpack
Alhamdulillah. Saya pikir saya akan keluar uang hingga 20 juta untuk tambahan lensa, aksesori dan perlengkapan lainnya, ternyata totalnya tidak melebihi bujet ^_^

hasil dari nabung sedikit demi sedikit dan banyak berhemat
Terima kasih buat Andres atas waktu, informasi, serta ilmu-ilmu yang diberikan, buat ibu Indrawati yang telah mengijinkan tokonya untuk saya foto, juga atas hadiah yang diberikan.

Semoga berkah dan selalu jadi rujukan para konsumen untuk mencari berbagai peralatan fotografi.

Terima kasih juga buat tim survey dari Fuji yang telah mewawancarai saya. Oh ya, saya sempat mencoba menggunakan mirrorless Fuji XT-1. Luar biasa hasil fotonya! Tapi harganya juga luar biasa. Rp 21juta! Dompet saya pasti jebol ha ha.

Buat saya, pengalaman berbelanja di Focus Nusantara sangat menyenangkan. Besok-besok saya akan balik lagi ke toko ini ^_^ 

sedang diwawancara oleh tim marketing Fuji
hadiah dari Fuji; tubler dulu, besok-besok X-T1 nya yaaa :))

Konsultasi sepuasnya

toko ramah pengunjung
Barang-barang yang bisa didapatkan di Focus Nusantara:
Digital camera, camera bag, ballhead lenses, calibration tool, studio accessories, tripod monopod, smart phone, IP Camera GPS, Bluetooth headset, digital photo frame, printer, tablet, voice recorder, gadget notebook, gadget accesories, photo storage.

Website Focus Nusantara: http://www.focusnusantara.com/

Website Canon Indonesia: http://www.canon.co.id/


Produk Canon EOS 70D Kit II with lens EF-S18-135 IS STM (Wifi)


 
Focus Nusantara - Panglima Polim :
Jl. Panglima Polim IX No. 10
Jakarta 12160
GPS : S 06° 14` 59.21", E 106° 47` 56.20"
Tel. : +62 21 2930-7575
Fax : +62 21 724-7642
SMS / WhatsApp : 0857 1817 2414
Email : info@focusnusantara.com
Jam Buka
Senin - Jumat  : 10.00 - 19:30 WIB
Sabtu - Minggu: 09.30 - 17:00 WIB

Focus Nusantara - Kemakmuran :
Jl. KH. Hasyim Ashari No. 18
Jakarta 10130
GPS : S 06° 09` 53.80", E 106° 49` 01.80"
Tel. : +62 21 633-9002
Fax : +62 21 633-8881
SMS / WhatsApp : 0857 1818 1125
Email : info@focusnusantara.com
Jam Buka
Senin - Jumat: 09.30 - 19:00 WIB
Sabtu - Minggu: 09.30 - 17:00 WIB

Focus Nusantara - Tanah Abang II :
Jl. Tanah Abang II No. 77
Jakarta 10160
GPS : S 06° 10` 31.80", E 106° 48` 46.27"
Tel. : +62 21 380-8080
Fax : +62 21 345-4707
SMS / WhatsApp : 0856 9119 9002
Email : info@focusnusantara.com
Jam Buka
Senin - Jumat: 09.00 - 19:30 WIB
Sabtu - Minggu: 09.00 - 17:00 WIB
 

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
16 Juni 2015 15.59 delete

wohohohohoho... dah punya senjata baru, nih. Siap berburu objek lagi. Semoga barokah, Mbak Rien.... Nanti boleh motret aku sepuasnya, kok... hihihi. ira

Reply
avatar
16 Juni 2015 16.27 delete

Wah.. lengkap banget ulasannya, mbak. Trus itu backpack hadiah dari bu Indrawati juga manis banget.

Reply
avatar
noe
16 Juni 2015 20.06 delete

Waa... Itu mesin edc banyak banget, bs geseeekk! *umpetin kartu* wkwkwk... Bisa kalap kayaknya klo aku kesitu. Heuheuu

Reply
avatar
16 Juni 2015 23.51 delete

Aamiin. Mau banget moto mbak Ira sepuasnya nanti pas di Menjangan :)))

Reply
avatar
16 Juni 2015 23.52 delete

Terima kasih, Mbak Dian. eh, iya...belum lengkap nih infonya. Aku lupa cerita kalo toko Focus Nusantara ini juga melayani pemesanan online.

Reply
avatar
16 Juni 2015 23.54 delete

Haha....silakan kalap kalau buat senjata traveling, mbak :D

Reply
avatar
18 Juni 2015 15.46 delete

Senjata baru, rezeki Baru... Semoga berkah bertamba dengan kameran baru mbak Rien. Saya yang gede ini masih setia dengan poket lover tipisnya. Tapi tergoda juga buat beli yang kece kece gini. Monggo saya sudah siap mejeng di kamera sampeyan ini :))

Reply
avatar
19 Juni 2015 04.10 delete

Mbak Zulfa saja pakainya poket tipis, harusnya aku juga gitu, yang lebih kecil dan tipis lagi. Biar sama kayak badanku :))

Aamiin. Alhamdulillah. Semoga dapat kugunakan di jalan yang benar dan lurus *halah :p

Siap mbak, nanti aku fotoin ampe pegel hahaha

Reply
avatar
25 Februari 2016 20.33 delete

terima kasih ya infonya karena saya juga lagi hunting mirrorless nih and toko kamera yang profesional.. saya akan kesana deh

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon