Cantiknya Bunga Mawar Pelangi

19.23

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mawar, siapa yang tidak tahu dengan bunga ini. Merupakan jenis bunga potong yang sangat cantik dan banyak digemari orang, termasuk saya. Setiap lapis kelopaknya, serta harum aromanya, selalu mempesona. Berduri namun cantik, dan juga sexy. Bagaimana saya tak tertarik untuk menanamnya di halaman samping?

Halaman samping hanya sebuah lahan mungil, saya menyebutnya taman minimalis. Sebenarnya, terlalu  keren disebut taman. Tapi tak apa ya, dijadikan doa supaya nanti benar-benar mirip taman. Meskipun kecil tapi asri. Saya berusaha membuatnya nyaman, bersih, dan rapi. Semua tanaman terawat walaupun saya bukanlah ahli tanaman, apalagi perawat tanaman profesional. Kalaupun saya bilang tanaman saya terawat, itu semata karena saya ingin bertanggung jawab atas apa yang saya tanam. Dan saya ingin, sekali membuat taman, harus indah! Harus bikin betah. Harus bisa membuat saya merindukannya dikala saya jauh dari rumah.

Memangnya bisa? Bisa kalau ada yang bantu :D

Jauh sebelum mawar menjadi focal point taman, deretan melati, nanas hias, bambu bunda belly, mimosa silver, bawang brojol, aglonema, lidah mertua, kenanga, lavender, bugenvil, lidah buaya, gelombang cinta, hingga jenis pakis-pakisan, sudah lebih dulu menghiasi halaman samping. Mawar hadir belakangan. Itu pun  setelah saya mulai menyadari ada sesuatu yang tidak lengkap dari taman minimalis yang saya ciptakan.
Ya, rasanya tidak lengkap sebuah taman tanpa mawar. Ada melati, mestinya ada mawar. Itu sih kata saya hehe.

Mawar jingga

Mawar yang saya tanam awalnya hanya mawar warna merah. Kemudian saya memilih jenis warna yang berbeda, untuk memberi kejutan, sebagai penarik perhatian, juga sebagai pembawa ritme di taman. Ragam warna ini ternyata bisa memberi penampilan yang berbeda, menjadi lebih menarik, dan tidak membosankan meski berulang-ulang dilihat.

Saat ini, bunga mawar yang saya tanam semata hanya sebagai tanaman hias. Tidak untuk dipotong lalu dimasukkan vas. Rasanya sayang jika dipetik. Saya memilih membiarkannya tetap berada ditangkainya, hingga kelopaknya menua, kering, dan akhirnya berguguran. Entah kenapa, melihat hidup sekuntum bunga mawar saya jadi sedih. Setelah cantik berseri, akhirnya terkulai dan mati. Orang-orang hanya menikmati kecantikannya saja, setelah layu dilupakan.

Habis cantik kuntum dibuang. Hiks.
Itu sebabnya saya membiarkan mawar tetap berada ditangkainya hingga mati. Masih memandanginya meski tak lagi cantik.

Bunga mawar sebenarnya memiliki banyak jenis. Namun, yang paling populer dan sering diperjual-belikan adalah jenis mawar semi holland. Rata-rata jenis bunga mawar memiliki bentuk dan warna bunga yang sangat cantik dan menarik, seperti Wild rose/mawar liar, Old garden Roses, Climbing Roses dll. Ragam bunga mawar ini tidak semuanya bisa ditemukan di daerah-daerah di Indonesia, karena pertumbuhan mawar tergantung ketinggian suatu tempat (dataran tinggi/rendah) dan kondisi iklim.

Mawar kuning
Mawar Putih

Saya sendiri saat ini baru punya 7 jenis mawar dengan 7 macam warna. Ada putih, merah marun, merah muda, kuning,  jingga, dan dua lagi warnanya campuran. Saya menyebutnya mawar candy, kelopaknya berwarna merah dan kuning. Satunya lagi campuran merah muda dan putih. Sampai saat ini ada satu warna yang sangat ingin saya miliki, yaitu mawar warna biru. Sayang sekali sampai saat ini saya belum juga mendapatkannya.

Melihat aneka warna mawar yang saya punya, bikin saya membayangkan seandainya semua warna mawar itu berkumpul dalam satu kuntum, alangkah cantiknya. Warnanya pasti akan serupa pelangi.

Apa ada mawar pelangi? Ternyata ada. Saya pernah melihatnya di internet. Orang menyebutnya Mawar Rainbow. Baru melihat lewat foto saja saya sudah terkesima. Gimana lihat aslinya ya? Benih mawar rainbow ini ternyata banyak lho dijual. Pingin nyoba nanem juga kapan-kapan. 

Semua tanaman mawarku, Alhamdulillah hidup semua. Pernah juga sih batangnya patah gara-gara diterjang kucing liar. Kucingnya mengeong kencang. Mungkin tertusuk durinya. Pernah juga patah gara-gara kena bola yang ditendang anak saya. Pokoknya kalo mawarnya binasa, penyebabnya bukan karena tidak dirawat, tapi karena faktor diluar kendali. Apa perlu mawar-mawar itu dijagain security ya? hehe

Selain dikenal sebagai tanaman hias yang indah dipandang mata, mawar juga sebagai penambah nilai estetik sebuah taman outdoor, dan untuk memperindah sebuah ruangan. Bunga mawar juga kerap dijadikan sebagai bunga tabur pada upacara kenegaraan atau tradisi ritual. Minyak mawar berguna sebagai bahan parfum atau obat-obatan (pada skala penelitian di Puslitbangtri) karena mengandung antidepresan, antiviral dan juga sumber dari vitamin C.

Mawar merah muda
Mawar Candy, merah dan kuning

Di Indonesia, jenis wild rose dan old garden roses paling banyak dijumpai. Old garden roses merupakan jenis bunga mawar terbaik yang bisa dipilih untuk mengisi kebun bunga. Mawar ini memiliki karakteristik yang sangat menarik. Old garden roses ini adalah hasil persilangan Hybird tea yang membuat bunga ini memiliki bau yang sangat harum. Sedangkan english rose merupakan jenis yang paling mudah ditanam untuk iklim Indonesia. English rose ini merupakan hasil persilangan antara bunga mawar old garden dengan mawar modern. Persilangan ini menjadikan bunga dengan jenis ini lebih memiliki bau yang harum dan bisa berbunga berulang-ulang.
 
Berikut ini adalah jenis mawar yang tumbuh di Indonesia. Saya salin dari berbagai sumber yang mengulas tentang mawar, sbb:
  • Wild rose/mawar liar,  mawar jenis ini  berbentuk sederhana,umumnya lebih cepat berkembang serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi dari hama penyakit dibanding mawar lainnya. Hal ini merupakan yang menjadi keunggulan mawar ini. Untuk itu Jenis mawar ini biasanya digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar. 
  • Old garden Roses, jenis  ini adalah hasil persilangan yang diperkenalkan oleh Hybrid Tea tahun 1867. Bentuk bunga mawar ini sangat unik dan berbau harum, untuk jenis jenis mawar old garden Roses sangat banyak sekali, diantaranya Alba, Gallica, Damask, Centifolia, moss, China, Portland, Bourbon, Hybrid Perpetual, Tea, Bermuda "Mysterious" Rose
  • Climbing Roses dikenal dengan mawar memanjat  artinya, mawar ini merambat dipagar atau dinding bangunan pagar.
  • Shrub Rose disebut dengan mawar semak jenis mawar ini adalah semi memanjat, merambat pada pagar dan bangunan, mawar jeni ini lebih mekar lama.
  • Modern Garden Roses merupakan mawar keturunan Old garden dan bentuknya sangat beragam.
  • Buck Roses, merupakan jenis mawar penemuan Seorang ilmuan Profesor Griffith Buch (ahli hortikultura dari lowe state University), bunga mawar ini tahan terhadap penyakit dan keganasan musim dingin.
  • English Rose merupakan mawar hasil persilangan  antara bunga mawar old garden dan mawar modern, bunga lebih  ini berbau harum dan mampu berbunga berulang-ulang.
Mawar Rainbow impian :D


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
Anonim
15 Januari 2015 14.42 delete

Cakep banget ya, Mawar Ranbow-nya. Btw, Aku juga mulai koleksi Mawar. Udah punya yang merah peninggalan pemilik rumah sebelumnya. Ukuran bunganya kecil. Trus aku beli yang pink, kuning ama pink ada semburat merahnya. Hiks, kemarin entah kenapa daunnya ada bercak-bercak item, trus rontok daunnya. Tanemannya gak mati sih, tapi sedih banget ngeliatnya.

ira
www.dbento.com

Reply
avatar
17 Januari 2015 13.22 delete

Waaaahhh mawar rainbow *mata lope-lope

Dulu sewaktu masih sekolah hobi banget nanem bunga. Sejak udah kuliah dan kerja udah nggak. Di rumah emak kagak bisa full ngurus. Moga-moga kelak kalau punya rumah sendiri bisa bertanam berbagai macam :)

Tarie
www.jejaksematawayang.com

Reply
avatar
17 Januari 2015 18.46 delete

Kasihan mawarnya. Kurang matahari mungkin ya mbak Ira. Oh kecil ya bunganya. Jenis apa ya mbak?

Reply
avatar
17 Januari 2015 18.49 delete

Hai Winny. Thanks ya udah mampir.
Iya Win, mawarnya indah. Melihatnya bikin makin takjub pada Allah yang menciptakannya :)

Reply
avatar
17 Januari 2015 18.55 delete

Menanam mawar memang mesti telaten merawatnya. Kalau enggak bisa mati.
Aku juga sering mengalami seperti itu :)

Aamiin. Moga tercapai cita-cita berkebun bunga.

Reply
avatar
19 Januari 2015 14.31 delete

mbak rien... mawarnya cantik2 kyk mb rien
sy intip2 blog-nya cari inspirasi menulis n nyontek design-nya xixixixi

Reply
avatar
19 Januari 2015 20.42 delete

Hai mbak Indri. Silakan mbak. Bikin blog baru ya?

Reply
avatar
21 Januari 2015 22.52 delete

iya mb rien. biar lebih fokus ga nulis sembarangan hehehe

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon