Oleh-Oleh Khas Lombok

17.47
 Cincin emas dengan mutiara asli Lombok
(cuma numpang motret :p )
MUTIARA
Mutiara adalah identitas Lombok. Katanya tak sah ke Lombok jika tak membawa pulang oleh-oleh mutiara. Ok, kami ke Sekarbela, sebuah areal yang dulunya adalah persawahan yang kemudian menjelma menjadi sentra kerajinan emas dan mutiara yang kini banyak dikunjungi wisatawan. Toko-toko perhiasan Sekarbela terdapat di sepanjang Jalan Sultan Kaharudin yang terletak di Kelurahan Karang Pule, sekitar 4 km dari kota Mataram.

Harga mutiara bervariasi, tergantung keasliannya. Semakin asli semakin mahal, bahkan harganya bisa mencapai puluhan juta. Yang super murah juga ada, tapi tiruan. Dan itu tidaklah indah. Siapa sih yang tidak ingin memiliki mutiara asli dengan grade unggulan? Semua pasti ingin ya, termasuk saya. Tapi ya itu tadi, mesti pandai-pandai melihat, menilik, dan meneliti agar terlihat perbedaannya. 

Design perhiasan mutiara khas Lombok biasanya sudah dikombinasikan dengan bahan dasar seperti emas kuning, emas putih, perak, atau sekedar berlapis emas, bahkan ada juga yang berbahan dasar stainless. Jenis mutiara dibedakan dari budidayanya, ada mutiara budidaya laut dan ada mutiara budidaya air tawar.  Untuk warna mutiara, ada putih, kuning keemasan, coklat, dan ada juga yang hitam. “South Sea Pearl” adalah sebutan untuk mutiara air laut yang dibudidayakan di Lombok. Selain memiliki tekstur yang berbeda dari mutiara air tawar, warnanya juga lebih creamy (keemasan). Sudah barang tentu mutiara air laut lebih mahal dari pada mutiara air tawar.


Aneka perhiasan mutiara
Courtesy of Andrie

Toko-toko perhiasan mutiara di Jalan Kaharudin


 Toko emas dan mutiara "Mutiara Lombok"

 Toko-toko perhiasan masih sepi

 Backpacker sosialita :D

KAIN TENUN
Disebutkan bahwa salah satu wilayah penghasil kerajinan Songket Sasak adalah Dusun Bun Mudrak di Desa Sukarara, Lombok Tengah. Namun kami tidak ke sana, melainkan ke Desa Sade. Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Desa Sade juga kaya akan hasil Songket Sasak. Ada yang berupa syal, pashmina, taplak meja, sejadah, sarung, kain panjang, dan bahan baju. Cantik-cantik dan menarik. Hasil kerajinan yang tak mudah, makanya harganya pun tak murah. Dari 300ribuan, hingga 4-5juta perhelainya. Bukan main.

Aneka songket Sasak


Wanita Suku Sasak sedang menenun


Sarung Songket Sasak

 Di Desa Sade, selain Songket Sasak

PHOENIX FOOD LOMBOK
Ya, ini sentra makanan khas lombok. Apa saja ada di sini. Saya yang mulanya hanya ingin membeli satu dan dua macam makanan khas saja, malah beli bermacam-macam. Hasilnya, barang belanjaan jadi satu kardus. Kalap belanja namanya. 

Aneka dodol, manisan, dan kacang-kacangan ada di Phoenix Food. Terasi bakar juga ada. Nah, soal terasi nih, rasanya beda dari terasi manapun yang pernah saya gunakan untuk membuat sambal. Terasi di Phoenix Food ini lebih enak. Dan katanya, sangat cocok untuk digunakan sebagai sambal pelecing. Benar saja, ketika saya bawa ke Jakarta, hanya terasi dari Phoenix ini yang bikin pelecing kangkung buatan saya jadi enak. Ohya, selain terasi, saya suka abon ikan marlinnya. Abonnya enak. Semua orang di rumah suka. Ini abon kedua yang saya suka setelah abon kepiting (bonting) khas Balikpapan.

Jika ke Lombok, mampir deh ke sini. Ga kan nyesel. Kata teman yang pernah belanja oleh-oleh di toko lain, harga di Phoenix lebih murah. Phoenix Food ada web-nya lho. Di sini --> Phoenix Food Lombok. Silahkan cek.

 Belanja belanji berkardus-kardus


Terasi Bakar Lombok


 Terasi Bakar 10.000


Hasil berburu oleh-oleh :D

SOUVENIR
Sekedar souvenir seperti gantungan kunci, kaos dengan gambar dan tulisan Lombok, gelang-gelangan, bahkan bros, tak sulit untuk didapatkan. Jika bepergian ke tempat-tempat wisata seperti pantai, penjual souvenir tersebut banyak lalu lalang, dan mereka agresif sekali mendekati. Jadi, tka usah meluangkan waktu khusus untuk mencari penjualnya. Di penginapan dan di warung-warung makan juga ada. Untuk perhiasan seperti bros dan cincin, memang bukan yang barang yang berkualitas bagus, tapi untuk sekedar memberi rejeki ke penjual, bolehlah dibeli. Lagipula masih cukup bagus untuk diberikan sebagai buah tangan :)

Gantungan Kunci @Pantai Kuta
Courtesy of Andrie

 Gelang @Pantai Kuta
Courtesy of Andrie

Kaos Lombok @Pantai Kuta 
Courtesy of Andrie

 Aneka cincin mutiara aspal 
@warung ayam Taliwang, Cakranegara


 Aneka bros mutiara aspal 
@warung ayam Taliwang, Cakranegara



-selesai-


19 Oktober 2013
Lombok - NTB Indonesia


Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon