Satu Penginapan di Tiga Tempat di Pengalengan

11.39
Hotel Puri dan Hotel Citere di Pengalengan, Bandung Selatan, cukup populer. Kepada siapapun bertanya ketika di Pengalengan, hampir tak ada yang tak mengetahui tentang hotel ini. Bukan hanya tak asing bagi penduduk Pengalengan, tetapi juga bagi pendatang dari luar kota. Tak heran jika Hotel Puri selalu dipadati tamu. Jika tak memesan kamar dari jauh-jauh hari, bisa saja tak kebagian. Memang sih, ada hotel lain selain Hotel Puri dan Hotel Citere, tapi dari pengamatan beberapa hari dan beberapa kali di Pengalengan, Hotel Puri dan Hotel Citere sepertinya memang menjadi favorit para tamu yang akan menginap di Pengalengan. Jika kedua hotel ini penuh, orang-orang baru ke hotel lain.

Menurut karyawan hotel yang berbincang dengan saya pada suatu kesempatan, pemilik Hotel Puri dan Hotel Citere adalah orang yang sama. Hotel Citere sendiri ada 2 yakni Citere 1 dan Citere 2. Ketiga hotel tersebut terletak di tiga tempat yang berbeda. Hotel Puri terletak di pusat kecamatan, persis di depan gedung KBPS Pengalengan (KBPS ini sebuah koperasi yang bergerak dibidang peternakan yang konon anggotanya berjumlah ribuan). Nah, hotel Citere 2 berjarak sekitar 500meter dari Hotel Puri. Berada di ketinggian, di tepi jalan raya yang memiliki view Gunung Wayang dan Gunung Windu. Sedangkan Hotel Citere 1, terletak di lembah Wayang. Jaraknya sekitar 300 meter dari Citere 2.

Hotel Citere 2 sepertinya adalah hotel pertama yang dibangun oleh si pemilik. Bangunannya nampak sudah berumur. Keadaannya sederhana. Begitu juga dengan kamar-kamarnya. Biasanya yang menginap di sini adalah tamu-tamu yang sudah kehabisan kamar di Citere 1 dan Hotel Puri. Sesuai kondisinya, maka tarif kamar di Citere 2 ini berkisar dari 100ribuan hingga 200ribuan permalam. Tiap kamar memiliki pintu yang langsung keluar dari bangunan hotel. Tidak terdapat fasilitas outdoor kecuali tempat parkir. Tidak terlalu luas tapi cukup untuk 10 mobil. Tamu yang menginap di Citere 2 katanya diperbolehkan menggunakan fasilitas kolam renang yang terdapat di Citere 1. Kalau sedang ada motor, tamu-tamu biasanya akan diantarkan ke Citere 1 untuk berenang atau memancing.

Kalau membawa keluarga, menginap di Citere 1 lebih nyaman. Nuansa liburannya lebih terasa. Selain terdapat kamar dengan type standard, deluxe, super deluxe, dan junior suite, juga terdapat bungalow dengan berbagai pilihan. Fasilitas indoor dan outdoornya lengkap. Ada kolam renang dewasa, kolam renang anak, tempat memancing, play ground, tempat barbeque, juga restoran siap saji yang buka 24 jam. Tarif bungalownya 750ribuan. Terdapat 2 bed besar, kamar mandi dengan bathup dan hot water, juga tungku perapian yang digunakan untuk menghangatkan kamar. Asal tahu saja, suhu di Pengalengan ini sangat dingin. Katanya bisa mencapai 10 derajat. Terlebih di musim penghujan. Jadi, perapian yang disediakan tentu saja sangat berguna. Menurut informasi karyawan hotel, semua kamar dan bungalow di Citere 1 ini biasanya selalu penuh. Weekday atau weekend sama saja. 

Hotel Puri lebih terlihat sebagai hotel. Bangunannya masih terbilang baru. Interior kamarnya masih bagus. Bahkan, plastik pembungkus tempat tidurnya masih ada :D Gadis-gadis yang bekerja di hotel ini hampir semuanya mengenakan kerudung. Mereka juga ramah-ramah dan cepat tanggap. Tamu yang menginap di sini juga diperbolehkan menggunakan fasilitas kolam renang dan empang (untuk memancing) yang ada di Citere Resort. 

Ingin menginap di hotel yang mana itu terserah, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Yang penting, kalau mau menginap, pesanlah dari jauh-jauh hari. Sebab kamar-kamar di Hotel Puri maupun Hotel Citere selalu penuh. Bukan wisatawan yang bikin hotel-hotel ini penuh, tapi orang-orang yang terlibat bisnis dengan PLTP yang dikelola PT.Star Energy Geothermal yang membuat mereka banyak datang ke Pengalengan. Setiap kali ke Pengalengan, tamu-tamu yang saya jumpai di sana hampir semuanya sedang ada urusan dengan perusahaan pembangkit listrik itu.

Bukan hanya orang Indonesia lho yang menginap di sini, orang asing juga banyak. Urusannya kurang lebih sama. 

Gak ada urusan bisnis ke Pengalengan juga boleh kok datang ke Pengalengan. Ada beberapa tempat wisata menarik di tempat ini yang bisa dikunjungi, seperti Danau Cileunca, Pemandian Air Panas Cibolang, Gunung Wayang dan Gunung Windu, Kebun Teh (PTP VII), juga kebun kopi Malabar.

Barangkali berguna, ini nomor telp dan alamat Citere Resort Hotel:
Jl. Raya Pintu Pengalengan No. 589. Pengalengan BANDUNG
Telp: 022-5979423, 5979611 Fax: 022-5979611


HOTEL PURI
 Bangunannya masih baru

Reception

Masih dibungkus plastik :D

Bersih, rapi, dan fasilitasnya lumayan lengkap

Di depan hotel Puri
 Berhadapan dengan gedung KBPS Pengalengan


Sarapan pagi

CITERE RESORT HOTEL
 Bungalownya di lembah

Fishing pond
Gratis mancing, kalo dapat ikan baru bayar :D

 Kamar type standard, deluxe,super delux

 Kolam renang dewasa
Kolam renang anak
 
 Kamar di bungalow

Kamar mandi di bungalow

Perapian

Restoran
Sebelahnya ada meeting room 

 Restoran
 Berenang di air dingin, cuaca dingin, hujan pula...wow banget dah :D



HOTEL CITERE 1


Sederhana bukan? :D

Reception

Lobby 

View Gunung Wayang dan Gunung Windu dari Citere 1

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
6 April 2014 16.59 delete

Ulasan anda tentang hotel Citere sangat bagus dan lengkap tetapi yang sebenarnya Citere 1 hotel dengan fasilitas kamar, bungalow ,kolam renang ,pemancingan dll. Sedangkan Citere 2 hanya memiliki kamar saja.

Reply
avatar
7 April 2014 09.45 delete

Terima kasih Hotel Citere atas kunjungan dan komentarnya. Oh maaf, nama hotelnya tertukar ya. Ok saya perbaiki. Terima kasih atas masukkannya ^_^

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon