Gathering & Live Writing Competition - Djie Sam Soe Mahakarya Indonesia 2015

20.49

"Lihatlah, sesuatu yang dimulai dari dalam. Tak akan runtuh terkikis waktu."
Kata-kata penuh makna itu, begitu melekat dalam benak saya setiap kali menyaksikan iklan rokok Dji Sam Soe di TV. Sungguh, saya bukanlah penikmat rokok dan tidak pula sedang kampanye rokok, hanya penikmat iklan yang sungguh mengagumi iklan tersebut. Sebuah iklan yang digarap begitu matang dan sempurna, dengan rasa sangat INDONESIA. Begitu bagus dalam detail dan visualisasi. Narasinya membuat merinding. Layaklah dua jempol ini saya acungkan pada copy writernya.

Kesukaan akan iklan inilah yang membuat saya nyantol di kuis #MahakaryaIndonesia yang dishare oleh akun twitter Mas Barry Kusuma. Dari kuis, lalu berlanjut ke undangan blogger gathering Dji Sam Soe Mahakarya Indonesia 2015. Tak mau ketinggalan, saya pun mendaftar ke panitia -mas Kian- via SMS. 

Tahu undangan ini dari Mas Amril dan Mas Barry. Thank you, mas!

GATHERING & LIVE COMPETITION
Dji Sam Soe kembali mempersembahkan Mahakarya Indonesia dengan tema Jiwa Indonesia dan mengundang rekan-rekan blogger untuk menghadiri Gathering & Live Competition pada Hari Rabu (29 /4/2015) di KOPICINI, Kartika Chandra, Jl.Jend Gatot Subroto Kav.18 – Jakarta.

Alhamdulillah diberikan keluangan untuk datang. Meski kendala macet (sejak dari Ratu Plaza hingga mendekati Hotel Kartika Chandra) bikin  telat setengah jam dari waktu yang ditentukan, tetapi ga bikin ketinggalan acara inti yang baru dimulai 1 jam kemudian. Soal makan-makan boleh ketinggalan, tapi acara talkshow sayang kalau sampai terlewatkan. Itu sih yang penting hehe 

Menurut Kian, undangannya untuk sekitar 70an blogger, yang datang separuhnya

Acara dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan acara makan bersama. Saat tiba, saya ketemu Kian. Ketika menyebutkan nama, eh dia langsung bilang “Hi, Katerina. Terima kasih sudah SMS-an dengan saya!” Sesaat saya bengong. Oh iya, dia yang menerima SMS RSVP dari saya :D 


Di antara kerumunan blogger, ada 2 orang yang saya kenali, Mas Cumi dan Mas Unggul. Yang lainnya banyak yang belum kenal, maka saatnya berkenalan. Ada Eji, mbak Ika, mbak Terry, Mbak Lolly, Inun dll.  

Siapa saja hayo? :D Mas Unggul, Cumilebay, Ika, Eji, Terry
Senyum Close Up "i'm bulletproof nothing to lose..." *nyanyi* :))

Acara gathering blogger tadi malam juga dihadiri mas Barry Kusuma, mas Amril Taufik Gobel, dan mbak Venus. Yang saya lakukan saat ketemu mas Barry adalah melanjutkan obrolan tentang kamera mirrorless (setelah sebelumnya ngobrol di Café Batavia dan inbox FB) *ga ada yang lain apa? :p. 


Saya memang sedang ngebet dengan LUMIX GM 1 seperti yang mas Barry pakai. Jadi, sebelum membeli, saya ingin tahu lebih banyak, dan saya merasa mas Barry lah orang yang tepat untuk saya korek-korek pengalamannya menggunakan GM1. Bukannya lelah dikorek-korek, malah ditawari lagi untuk lanjut diskusi soal GM1 haha.

Sebuah kesempatan berharga ketika bisa kenal, ketemu  dan ngobrol dengan mbak Venus. Mas Amril yang mengenalkan saya dengannya *Terima kasih, Mas Amril!* Mbak Venus ini juri lomba blog yang digelar oleh Dji Sam Soe. Dan sebelum datang ke acara gathering, saya sudah lebih dulu ‘menjelajahi’ blognya. Akhirnya saya jadi makin tahu siapa mbak Venus. Mulai sekarang jadi ingin sering-sering mengecek tulisan terbarunya di blog :D 

Mas Amril TG + Mas Barry Kusuma + Mbak Venus+ Yayan Ruhian

Tepat pukul 18.30, acara pun di mulai. Video iklan Mahakarya Indonesia 2015 menjadi pembuka acara. Inilah video dengan visualisasi sangat indah dengan narasi yang menggetarkan hati.

Indonesia…
bangsa yang rekat, walau ribuan pulau memisahkan
yang satu mimpi walau terbagi beribu suku
kita membuka telinga untuk semua teladan
kita akan senantiasa merunduk dan mengasah sebuah keaslian rasa
kita merendahkan hati
kita tak melompat atau terbang
kita melangkah mantap
satu, demi satu, demi satu

Setiap helai benang dan torehan
setiap tetes dan gerakan
untuk nikmati aroma keberhasilan

kita bersabar
kita menempa kualitas diri dan menjaganya agar tak pernah berubah
dan saat sesuatu berjalan selayaknya
kita setia, patuh pada tata cara
kita lupakan satu, sampingkan sendiri
lalu memupuk kesempurnaan bersama
karena kapal ini butuh semua tenaga
kita bergotongroyong

lihatlah, sesuatu yang dimulai dari dalam
tak akan runtuh terkikis waktu
inilah jiwa Indonesia
jiwa yang menciptakan mahakarya


Sebuah narasi dari ide yang yang tidak sederhana. Melahirkan ribuan tanya ke dalam jiwa, masihkah Kegigihan, Kerendahan Hati, Gotong royong, dan Kesabaran itu berdiri tegap menopang jiwa?

Semestinya masih dan menjadi sebuah keseharian selama menjalani kehidupan.

Saat pemutaran video berakhir, tepuk tangan pun memecah keheningan. Setelah itu, dilanjutkan talkshow dengan pembicara JJ Rizal (Sejarawan) dan Yayan Ruhiyan (Jawara Silat/Aktor). 

Talkshow bersama JJ Rizal & Yayan Ruhian

NILAI-NILAI LUHUR DALAM PENCAK SILAT
Sejarawan Indonesia JJ Rizal mengungkapkan bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa besar yang dibangun dan tumbuh dari beragam nilai luhur yang teramalkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain kerendahan hati, kesabaran, kegigihan dan gotong royong.

Nilai-nilai luhur yang tertanam kuat itu menjadi pedoman untuk mempertegas langkah bangsa Indonesia agar menjadi bangsa yang kuat di tengah arus dunia yang terus berubah. “Jiwa Indonesia menciptakan beragam Mahakarya Indonesia yang menjadi kekayaan dan kebanggaan bangsa Indonesia hingga saat ini.”

Silat bukan sekedar mengolah raga tapi juga mengolah budi. Berkaitan dengan karakter. Silat itu tentang peradaban budi. Budaya silat tentang kerendahan hati. Silat secara lahir dari rahim agama dan budaya, mengutamakan basis moral. Silat bukan hanya teknik bela diri, tetapi pembentukan kepribadian dan karakter. Bukan hanya olah raga tetapi juga olah karakter.

 “Warisan silat dapat menjawab krisis moral saat ini,” jelas JJ Rizal.

Master silat Indonesia, Yayan Ruhian mengungkapkan, ada 4 unsur dalam Pencak silat: 1) Beladiri 2) Olahraga  3) Seni  4) Mental spiritual.
 
Pertunjukan Silat dengan Kipas oleh Selly

Jeng...jeng...inilah pertarungan antara Selly dan Erik :))

Silat merupakan salah satu Mahakarya Indonesia yang menggambarkan Jiwa Indonesia yang masih dapat ditemukan hingga sekarang. “Silat mengusung nilai gotong royong dan kegigihan yang sangat kuat, bahkan terbawa saat saya memerankan sebuah sosok dalam film,” jelas Yayan.

Yayan: Persahabatan diawali dari sebuah perbedaan. Perbedaan yang melahirkan Kegigihan, Kerendahan Hati, Gotong royong, Kesabaran.

Yayan: “Kenapa saya memilih silat? Karena silat merupakan bela diri yang lengkap. Saya tidak mendapatkan hal lain di luar silat. Nilai-nilai luhur dalam pencak silat tidak hanya bela diri, tetapi juga membawa nilai-nilai bangsa, budaya, dan nilai-nilai pribadi bangsa itu sendiri yang memiliki semangat dan gotong royong dan memiliki motivasi untuk berkarya.”

“Mengalahkan musuh itu mudah, mengalahan diri sendiri itu yang susah.” Yayan.

NILAI-NILAI LUHUR DALAM WAYANG
Nanang Hape, Dalang Wayang Urban Indonesia, mengungkapkan : “Jiwa Indonesia yang digambarkan dengan nilai kesabaran dan kerendahan hati tercermin dalam wayang, baik mulai dari proses pembuatan hingga dari kisah-kisah wayang hingga sekarang.”
 
Nanang Hape menceritakan proses pembuatan wayang

Wayang, seperti silat bukan sekedar pertunjukan keindahan dari suatu produk budaya, Wayang lebih luas dari sekedar seni panggung dan kesusastraan. Tradisi Wayang adalah pertunjukan tentang kompleksitas moral. Wayang adalah hamparan nilai hidup, sebab itu sering disebut wewayangane ngaurip. Berlatar belakang itu wayang memiliki banyak fungsi, selain tentu saja hiburan, ada fungsi ritual (ruwatan, nadran), juga fungsi yang terutama, yaitu pendidikan, pengajaran nilai.

Wayang dianggap penting, karena: Menarik, Menghibur, Menguntungkan, Tidak ketinggalan jaman, Biayanya tidak mahal, dan lain-lain.

Karakter Wayang: Kesabaran dan Rendah Hati, baik dalam cerita maupun tokoh. Wayang sebagai alternatif sampaian, “jembatan”. 

CumiLebay sejenak melupakan ka**t  demi menjajal jadi dalang :))
Selama acara gathering berlangsung, panita menggelar ajang live writing competition Mahakarya Indonesia dengan hadiah kamera mirorrless dan GoPro. Selain itu ajang ini juga merupakan  launching  lomba blog Mahakarya Indonesia “Jiwa Indonesia.”

Acara berakhir pukul 10 malam. Ditutup dengan pengumuman pemenang lomba live blogging, penyerahan hadiah kuis, dan penyerahan hadiah lomba live blogging. Selamat buat para pemenang. 

Sebagai pemenang lomba blog Mahakarya Indonesia 2013,
Mas Amril berbagi pengalamannya saat ikut trip cultural ke Madura
Pemenang kuis #MahakaryaIndonesia berhadiah gadget: @Arievrahman & @umenumen

Pemenang live blogging  #MahakaryaIndonesia berhadiah kamera mirrorless & GoPro : @Astarianadya & @Giewahyudi

HADIAH 2 MINGGUAN : 1 BEST BLOGGER
(Periode 29 April – 3 Juli 2015)
Berupa gadget menarik
Pemenang akan diumumkan setiap hari Jumat
* Submit terakhir setiap hari Kamis pukul 14.00 di minggu kedua.

HADIAH UTAMA : 2 BEST BLOGGER
(Periode 29 April – 3 Juli 2015)
Berupa Mahakarya Indonesia Cultural Trip ke Destinasi Ekslusif Indonesia

Mekanisme:

  • “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia” menceritakan tentang nilai-nilai luhur yang membentuk Mahakarya Indonesia, diantaranya: Gotong Royong, Kegigihan, Kerendahan Hati, dan Kesabaran.
  • Menyebutkan Mahakarya Indonesia dalam karya tulis sebagai kata kunci.
  • Peserta kompetisi harus mendaftarkan karya tulisnya dengan mengisi formulir registrasi dan menyertakan link karya tulis di dalam blog-nya ke email: mahakaryaindonesia@imogenpr.com. Subject: “Mahakarya Indonesia – Jiwa Indonesia”
  • Formulir registrasi lomba bisa diminta ke email mahakaryaindonesia@imogenpr.com
  • Periode Writing Competition dimulai 29 April 2015 hingga 3 Juli 2015.
  • Setiap peserta diperbolehkan untuk mendaftarkan lebih dari satu karya tulis.
  • Pengumuman Writing Competition akan diumumkan pada 10 Juli 2015 melalui email resmi mahakaryaindonesia@imogenpr.com.
  • Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Writing Competition dapat menghubungi Uthie (0818 0513 1835/ uthie@imogenpr.com) atau Theo (0813 1397 9706/ theo@imogenpr.com

Bagi kamu yang ingin mengikuti lomba blog Mahakarya Dji Sam Soe , bisa mendaftar  melalui email: mahakaryaindonesia@imogenpr.com dengan mengikuti mekanisme yang sudah ditentukan, dengan hadiah utama sbb:
  • Juara 1: Voucher Belanja Rp 8.000.000,- + Cultural Trip ke Destinasi Ekslusif Indonesia
  • Juara 2: Voucher Belanja Rp 6.000.000,- + Cultural Trip ke Destinasi Ekslusif Indonesia
  • Juara 3: Voucher Belanja Rp 4.000.000,- + Cultural Trip ke Destinasi Ekslusif Indonesia

Ayo ikut lombanya, semoga menjadi salah satu pemenang dan mengunjungi destinasi eksotis Indonesia. 



(*)

Terima kasih DSS untuk acaranya yang seru!
Ditunggu event-event berikutnya. 

Salam Satu Indonesia!

~Jakarta, 29/4/2015

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

18 comments

Write comments
29 April 2015 23.26 delete

Ahaaakkk, aku tak bisa hadir Mba :(, sayang sekali ya

Reply
avatar
30 April 2015 13.40 delete

Emang Indonesia ini kaya banget budayanya, ya. Ayokk kita jaga dan lestarikan... Hidup Taro! hehe. ira

Reply
avatar
30 April 2015 13.45 delete

yang daftar via email itu bukan live blogging kan Mbak?

Reply
avatar
30 April 2015 13.57 delete

Alhamdulillah ada foto ku di tulisan ini, jadi makin kece aja numpang tenar disini hahahaha

Reply
avatar
30 April 2015 16.01 delete

Waaah seru.... Suka ama kalimat "mengalahkan musuh itu mudah, mengalahkan diri sendiri itu yang susah"

Reply
avatar
30 April 2015 19.33 delete

Aku juga tertarik sama Mirrorless, soalnya nggak segede yang itu, sipppp ditunggu postingan selanjutnya Mbak Rien

Reply
avatar
1 Mei 2015 09.52 delete

Salman kenapa nggak bisa hadir? Next time kumpul-kumpul lagi ya bareng mbak Ika dkk :)

Reply
avatar
1 Mei 2015 09.55 delete

Selama gathering berlangsung, email untuk live blogging competitionnya juga ke sana. Nah, untuk blog competition juga dikirim ke email yang sama. Tulis dulu artikelnya di blog, baru daftar dengan mengirim identitas dan URL tulisan.

Reply
avatar
1 Mei 2015 09.57 delete

Aku yang ketularan tenar dengan memasukan fotomu di sini haha.

Reply
avatar
1 Mei 2015 09.59 delete

Sama, mbak. Aku juga sama kalimat itu. Terkandung makna yang dalam. Bisa jadi tamparan buat yang nggak pernah bisa berdamai dengan dirinya sendiri, dan juga buat yang nggak pernah selesai dengan dirinya sendiri *kedipin mata* :)))))

Reply
avatar
1 Mei 2015 10.00 delete

Ringan dan kecil, tetapi punya potensi besar. Itulah mirrorless yang aku cari mbak :D Pake EOS 7D beraaaat. Bahu sampe pegel. GM 1 ini cocok banget buat perempuan traveler seperti kita :D

Ok mbak, nanti kalau sudah sempat aku tulis lagi buat nambahin info mekanisme lombanya ya :)

Reply
avatar
1 Mei 2015 21.37 delete

ada foto akuh disini, tapi bluurr bingits.
Disitu akuh sedih hahaha.
eeeh ralat akun twitternya dong tanteeee katerina hihi, twitter akoh @astarianadya hihihii
cheeers~ yuuuk pada submit tulisannya yaaaah.

Reply
avatar
5 Mei 2015 08.47 delete

Sebagai penggemar produknya jadi ngiler nih hehe...
Seru banget acaranya, sekaligus bisa mengenal blogger-blogger senior ya :D
Salam!

Reply
avatar
6 Mei 2015 10.10 delete

Haduuuh, pengeeen banget ikutan kontesnyaaaa... tapi, tapi, tapiiii... kenapa musti brand rokok sih, yang punya ide semenggelegarrrr eniiih???

*usap air mata*

Reply
avatar
8 Mei 2015 16.25 delete

seru yaaaa..waahh ada litaa....lollytha....

Reply
avatar
30 Mei 2015 23.36 delete

Keliatannya seru acara gatheringnya. Ngga ada link y ke youtube ya mba untuk iklannya.

Reply
avatar
3 Juli 2015 22.52 delete

Setelah baca postingan ini, sy langsung liat iklannya, beneran, narasinya keren banget. Dalem. Kukopas kata-kata narasi itu ya, jeng Rien?

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon