Hidangan Istimewa Hotel Grand Zuri BSD Sambut Liburan dan Tahun Baru

01.55
Hotel Grand Zuri BSD City TANGSEL -  Hotel Grand Zuri BSD memperkenalkan 2 signature dish terbaru persembahan Chef Abdul Malik yaitu Nasi Campur Alachema dan King Prawn Angel Hair. Dua menu andalan tersebut akan hadir dalam sajian spesial tahun baru yang bisa dinikmati saat gala dinner hari Selasa malam (31/12/2018). Saya bersama keluarga dan rekan-rekan blogger berkesempatan untuk mencicipi citarasa dari menu istimewa tersebut. 
restoran cerenti grand zuri bsd
Signature dish Hotel Grand Zuri BSD City Persembahan Chef Abdul Malik

Makanan yang Dibuat dengan Cinta

“Makanan itu akan jadi enak bila dibuat dengan cinta.” Kata-kata itu diucapkan oleh Pak Anton Hartanto, GM Grand Zuri BSD Hotel, saat acara makan malam bersama blogger pada hari Minggu malam (23/12/2018) di Cerenti Restaurant. “Saat membuat makanan, kedua tangan sibuk mengolah bahan, jangan lupa sambil berdoa semoga makanan yang dibuat jadi enak dan disukai tamu-tamu,” lanjut Pak Anton.

Saya menggaris bawahi kata-kata Pak Anton, bahwa salah satu kunci sukses meraih apa yang kita harapkan dari apa yang kita kerjakan adalah menyertakan cinta dan doa. Dengan kedua hal tersebut, insha Allah hal baik akan datang dengan sendirinya, dengan cara yang Tuhan kehendaki. Seperti halnya menulis dengan hati, maka tulisan akan sampai ke hati. Begitu juga makanan yang bila dibuat dengan cinta dan doa, makanannya akan dicintai dan bukan tak mungkin pembuatnya akan didoakan baik-baik. 

Banyak orang tahu, Grand Zuri BSD City terkenal dengan makanan-makanannya yang enak. Komentar-komentar bagus kerap saya baca dari orang-orang yang saya kenal. Saya sendiri, sependek pernah bolak-balik makan dan menginap di Grand Zuri BSD sejak tahun 2015, punya catatan baik terhadap makanan-makanan yang pernah saya santap. Enaknya bukan saat dimakan pertama kali saja, tapi berulang kali ketika datang lagi.

Lantas, siapakah orang-orang di balik team kitchen Restoran Cerenti Hotel Grand Zuri BSD?  

Executive Chef Abdul Malik dengan 2 signature dish karyanya

Chef Abdul Malik Perkenalkan Signature Dish Grand Zuri BSD

Tak kenal maka tak sayang. Biar suka sama makanannya, kenalan dulu sama chefnya. Bila mau kenalan dengan chefnya, datang dulu dong ke Hotel Grand Zuri BSD 😂

Hari Minggu (23/12/2018), saya bersama 5 rekan blogger yaitu Evrina, Winda, April, Yesi, dan Miranti berkesempatan bertemu Chef Abdul Malik di Grand Zuri BSD City. Kami sengaja diundang oleh Grand Zuri BSD untuk mendapatkan langsung pengalaman mencicipi menu-menu buatan Chef Abdul Malik yang telah menjadi signature dish Hotel Grand Zuri BSD City. Kesempatan baik ini tentu tak kami sia-siakan. 

Chef Abdul Malik adalah sosok riang, ramah, dan humoris. Baru pertama bertemu kami bisa langsung akrab. Bukan sok akrab atau diakrab-akrabin lho ya. Semuanya natural. Pembawaan ceria Chef Abdul bikin siapapun yang sedang berada di dekatnya jadi terbawa suasana gembira. Karakter inilah yang membuat saya jadi mudah untuk ‘masuk’ ke dalam rasa dari menu yang diciptakannya. 

Ada 2 menu Chef Signature yang diperlihatkan kepada kami yaitu dari Nasi Campur Alachema dan King Prawn Angel Hair with Kecombrang. Dari penampakannya saja sudah mengundang selera, gimana bila mencicipinya? 

Chef Abdul Malik menjelaskan menu yang dibuatnya
Chef Abdul Malik bersama saya, Winda, Yesi, Evrina, April, dan Miranti

Nasi Campur Alachema

Nama Alachema merupakan singkatan dari Ala Chef Malik. Jadi, Nasi Campur Alachema adalah Nasi Campur Ala Chef Malik. Dibuat dengan resep asli dari Chef Malik. Yuk kenalan dengan nasi campur spesial ini.

Nasi Campur Alachema bukan nasi campur biasa, melainkan Nasi Tutug Roa yang mempunyai 4 komponen penting berupa bebek, ikan cakalang, sirloin, dan tuna.

Roa adalah ikan yang sudah dikeringkan/diasamkan. Ikannya sendiri adalah ikan khas Manado. Chef Malik mengkombinasikan roa dengan bawang putih, lalu dimasukkan ke dalam nasi panas. Nasi inilah yang kemudian disajikan menjadi nasi dalam menu Nasi Campur Alachema. Roa adalah kunci yang membuat nasi menjadi gurih.

Sate perkedel ubi terbuat dari ubi ungu dan kuning yang dikukus (tidak digoreng), dan ditusuk seperti sate. Berbentuk bulat padat dan mudah membuat kenyang. Ada pula sate cakalang dabu-dabu. Di daerah asalnya, Ikan cakalang memang dikenal paling cocok dimakan dengan sambal dabu-dabu. Keduanya tak terpisahkan. Kemudian ada Dendeng sirloin gulung isi bebek suir ketumbar. Dari luar gulungan, tak ada yang mengira kalau di dalam sirloin ada daging bebek. Double daging, enaknya juga pasti double. Selain daging bebek suir, ada pula telur bebek asin. Yang terakhir ada kacang panjang pecah yang diatasnya diberi sambal. Pelengkap makan Nasi Tutug Roa ada sambal ketumbar, sambal kecombrang, dan sambal roa.

Dari jumlah lauknya yang banyak, kita mungkin akan membayangkan harganya tidak murah. Padahal untuk 1 porsi Nasi Campur Alachema hanya dibandrol Rp99.000 net. 

Nasi Campur Alachema

King Prawn Angel Hair with Kecombrang

Menu satu ini basicnya adalah pasta halus yang bernama angel hair. Keunikan dari menu ini ada pada sambal matah yang menemani pasta. Udangnya sendiri adalah udang pancet yang digoreng. Kemudian ada opak buatan Cileungsi. Opak? Awalnya saya sudah percaya itu opak. Ternyata bukan. Chef Malik hanya mencandai kami 😂 Aslinya makanan berbentuk lingkaran tipis itu adalah parmesan cheese yang dipanggang.

Komponen King Prawn Angel Hair meliputi Angel Hair Pasta, Sambal Matah, King Prawn, Parmesan Tuile, dan Long Garlic Bread.

Menu yang satu ini ditata sedemikian rupa dengan udang, long garlic bread, dan parmesan tuile yang disusun berdiri tegak di atas pasta. Sambal matahnya diletakkan di atas pasta. Untuk garnish-nya terdiri dari tomato cherry, parsley, chopped parsley, green olive, black olive & paprika powder.

Harga King Prawn Angel Hair dibanderol Rp89.000 net 

King Prawn Angel Hair Sambal Matah

Makan Malam di Cerenti Restoran 

Setelah sesi perkenalan dengan chef dan 2 menu andalannya di Zuri Lounge, malamnya tiba waktu bagi kami untuk mencicipinya di Cerenti Restaurant. Jika saat perkenalan hanya kami para blogger saja yang hadir di hadapan Chef Malik, malamnya seluruh anggota keluarga ikut serta.

Grand Zuri BSD memang sengaja mengundang keluarga kami datang ke Hotel Grand Zuri BSD untuk bersama-sama menginap dan menikmati santap malam Nasi Campur Alachema dan King Prawn Angel Hair.

Menu-menu menggiurkan persembahan Chef Abdul Malik disajikan secara buffet sehingga komponen masing-masing menu dihidangkan secara terpisah. Nasi tutug diletakan dalam satu tempat sendiri, lauk-lauknya juga sendiri. Kita tinggal ambil dan susun sendiri dalam piring makan kita. Begitu juga dengan King Prawn.  

signature dish karya Chef Abdul Malik disuguhkan dalam menu dinner

Nasi Tutug Roa memiliki rasa pedas, kurang cocok untuk anak-anak yang belum tahan dengan rasa pedas. Dendeng gulung, bebek suir, dan sate cakalang juga pedas karena sudah diberi toping sambal. Karena rasa pedas itulah anak bungsu saya akhirnya memilih makan nasi putih dengan cah brokoli dan telur asin saja. Komponen yang ada dalam Nasi Campur Alachema dan King Prawn Angel Hair tak dapat dicicipinya karena sama-sama bercitarasa pedas. Kalau anak sulung saya yang laki-laki tidak masalah.

Ibu sama seperti saya, sangat menyukai nasi tutug roa. Rasanya gurih dan sangat enak. Tanpa dimakan dengan semua lauknya sudah enak. Saya sendiri cukup pakai udang dan cate cakalang sebagai lauknya. Ditemani sambal kecombrang, luar biasa mantap rasanya. Saya sampai nambah nasi,  kalau lauknya tidak. Satu tusuk sate cakalang itu ada 4 potong daging ikan yang diiris tebal. Buat saya itu besar dan banyak. Belum lagi udangnya. Makanya tidak perlu nambah lauk lagi. 

Kenikmatan makan malam di Cerenti menghadirkan kebahagiaan pada banyak orang, termasuk kami yang malam itu berkumpul bersama keluarga masing-masing. Makanan istimewa, di tempat istimewa, penyempurna kebersamaan dengan orang-orang istimewa. Bukankah demikian harapan dari sebuah suguhan? 

Makan malam bersama keluarga

Kumpul malam bersama teman-teman

Menu Tahun Baru di Cerenti Restaurant

Chef Abdul Malik memaparkan menu-menu yang disediakan Grand Zuri BSD City dalam Seasons Greeting kali ini. Untuk Natal dan tahun baru, hidangan istimewa ditawarkan satu paket dengan Paket Natal dan Paket Malam Tahun Baru.

Dalam keterangannya, Chef Abdul Malik menyebutkan ada 7 jenis menu yang akan dihidangkan meliputi appetizer, soup, main course, carving, live cooking, live dessert, dan dessert.

Berikut adalah rincian dari 7 jenis menu tersebut:

Appetizer: assorted salad bar with condiments and dressing, assorted terrine & pates, assorted sushi & sashimi, smoked salmon with condiments, deluxe cold cut with show piece, caesar salad station (prawn & chicken), italian beef salad, nicoise tuna salad, fres bread and butter. 

Soup: cappuccino of mushroom soup, asparagus soup with crab meat and egg.

Main course: sirloin steak with mushroom cognac sauce, pan fried red snapper fish with white butter sauce, spicy chicken Hongkong style, poached seafood with safron cream sauce, steam broccoli with almond, nasi goreng kambing, steam rice. 

Carving & grill item: prime beef rib with brawn juices, roasted duck hoisin sauce.

Live cooking: mongolian BBQ sauce, soto tangkar Batavia, lontong tengkleng, pasta live, choice of pasta and sauce

Live dessert: doughnut, waffle & mini pizza.

Dessert: seasonal fresh fruit sliced, whole fresh fruit display, assorted christmas cookies, pumpkin pudding, mix Indonesia pastry (jajanan pasar), assorted mini pastries, cream brule, cream caramel, white chocolate cake, cheese cake with whole berries, assorted pudding, es puter.

Green Snowing (Kiwi, Blueberry, Mix with Green Tea plus Whipped Cream)

Pineapple Sunshine (Nanas segar blend with Greenedine Syrup plus Soda) 

Grand Zuri BSD City Seasons Greeting

Dalam seasons greeting kali ini Grand Zury BSD City menawarkan berbagai promosi menarik lain yang juga dapat dinikmati bersama keluarga, teman atau kolega. Paket menginap di Natal atau untuk tamu yang akan tinggal di tanggal 22-25 Desember 2018 dapat memanfaatkan harga khusus Rp 699.000net/termasuk sarapan untuk 2 orang. Serta penawaran makan malam buffet di Cerenti 225.000net/orang dengan hidangan istimewa kali ini yaitu: “Roasted Turkey – Bread stuffing with cranberries sauce”.

Paket Malam Tahun Baru mulai dari harga Rp1,5juta/kamar sudah termasuk dengan sarapan 2 orang dan makan malam tahun baru buffet 2 orang.

Malam tahun baru buffet diadakan dengan hidangan khusus “Prime Beef Rib with Brown Juice” serta beragam hidangan traditional dan western lainnya. Tak ketinggalan live music yang akan menemani tamu makan malam. 

Jajanan Bakso dan gorengan di lantai 3 hotel Grand Zuri BSD
Afternoon tea di Zuri Lounge

Kopie Wamena dan Cappucino Hotel Grand Zuri BSD City

Afternoon tea di Zuri Lounge (Minggu 23/12/2018)

Selama liburan Natal dan Tahun baru, jajanan bakso dan gorengan di lantai 3 tetap diadakan. Jadi siapa saja yang sedang beraktivitas di area kolam renang, gym, dan di Zuri Terrace bisa singgah menikmati makanan-makanan tersebut.

Banyak makanan enak disuguhkan oleh Grand Zuri BSD City. Kita tinggal pilih mana yang paling kita sukai, lalu nikmati saja bersama orang-orang tercinta.

Buat kamu yang belum mempunyai rencana untuk menikmati malam tahun baru di mana, Hotel Grand Zuri BSD City bisa jadi pilihan yang menarik.

Kumpul seru blogger dan Grand Zuri BSD City

  
Hotel Grand Zuri BSD City
Jalan Pahlawan Seribu Kavling Ocean Walk Blok CBD Lot.6
BSD City Serpong Tangerang Selatan, BANTEN
Telp: 021- 29404955 Fax: 021-29404966
Email: reservation.bsd@grandzuri.com
Instagram: @grandzuri.bsd



Video kegiatan di Hotel Grand Zuri BSD:


Share this

Indonesian Travel Blogger 

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
26 Desember 2018 08.01 delete

Masakan Chef Abdul Malik memang enak deh, yg berkesan banget nasi Tutug Roa, tanpa lauk aja sudah enak, apalagi ditambah dengan menu lainnya. Pantes aja Grand Zuri terkenal dengan masakannya yg enak

Reply
avatar
27 Desember 2018 11.49 delete

Aku tadi nebak-nebak apa arti Alachema itu apa, sekilas kayak nama dari negeri antah berantah, eh ternyata Ala Chef Malik. Dari tampilannya menggoda lidah dan iman neh, moga next ada kesempatan untuk nyobain, aamiin.

Reply
avatar
28 Desember 2018 05.56 delete

Wew. Liat foto2nya aja sudah menyelerakan. Apalagi aslinya ya

Reply
avatar
29 Desember 2018 12.22 delete

Sungguh menu-menunya menggoda mbaak. Mudahan kalau ke Jakarta dn ada rezeki lebih bisa ngajak anak-anak staycation di sinii aamiin

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon