Coba Kereta Api Lanjutan Jakarta – Jogja dan Rasakan Serunya Mampir Kota Transit

13.32
Coba Kereta Api Lanjutan Jakarta – Jogja dan Rasakan Serunya Mampir Kota Transit

Sumber: Antara Foto/Wahyu Putro A

Naik kereta api lanjutan bukan hanya alternatif pilihan ketika kehabisan tiket kereta api langsung atau tidak ada rute langsung ke kota tujuan. Tapi perjalanan ini juga seru buat dinikmati dengan tujuan mampir ke kota transit untuk jalan-jalan selama beberapa waktu. 

Seperti perjalanan dari Jakarta ke Jogja yang biasanya bisa ditempuh dengan kereta api langsung dengan pengalaman jalan-jalan hanya di Jogjanya saja. Pengalaman berbeda bakal kamu temukan kalau memilih untuk menggunakan kereta lanjutan dengan beberapa pilihan kota transit.

Jakarta – Jogja transit Bandung

Sumber: cavinteo.blogspot.co.id (Kartika Sari)
 
Pilihan pertama kereta lanjutan Jakarta – Jogja yang bisa kamu ambil adalah transit di Bandung. Rata-rata, lamanya waktu transit di Kota Kembang ini adalah 6 sampai 7 jam. Waktu yang cukup panjang buat jalan-jalan di Kota Bandung. 

Dengan rentang waktu sepanjang ini, kamu bisa puas menikmati indahnya jalan Braga, atau menambah wawasan di Museum Asia Afrika. Selain itu kamu juga bisa belanja di Kartika Sari, atau nongkrong seru di Chinese Town. 

Kalau kamu memilih Bandung sebagai kota transit, pastikan untuk selalu cek lalu lintas kendaraan di sana. Kota ini kerap kali mengalami macet, terlebih di akhir pekan. Agar tidak sampai ketinggalan kereta gara-gara macet, pastikan untuk mencari lokasi jalan-jalan yang berada di pusat kota Bandung saja, dan hindari kawasan wisata di luar kota Bandung yang jarak tempuhnya cukup lama. 

Jakarta – Jogja transit Cirebon 

Sumber: kompasiana.com/agungatv
 
Ada beberapa pilihan waktu transit kalau kamu memilih stasiun Cirebon sebagai pemberhentian utama. Kalau waktumu hanya tiga jam, sebaiknya jalan-jalan di lokasi sekitaran stasiun saja. Seperti berburu Empal Gentong, atau makanan khas Cirebon lainnya yang nggak bakal kamu dapatkan di kota lain. 

Kalau waktu transitmu lebih dari enam jam, jalan-jalan ke Keraton Cirebon bisa menjadi pilihan. Selain itu kamu juga bisa berburu batik khas Cirebon dan menikmati indahnya kota ini di sekitaran alun-alun sambil menunggu kereta lanjutan berangkat ke kota tujuan. 

Jakarta – Jogja transit Purwokerto 

Sumber: jateng.merdeka.com
 
Untuk rute Jakarta – Jogja, pilihan transit yang terbanyak adalah Purwokerto. Hampir semua kereta melewati kota ini, sehingga pilihan kereta lanjutannya pun lebih banyak dan dari berbagai kelas yang berbeda. 

Kalau kamu memilih Purwokerto sebagai kota transit, nggak ada salahnya untuk berburu batik asli kota ini yang kualitas dan motifnya sudah dikenal sampai ke manca Negara. Selain itu, Purwokerto juga memiliki makanan khas seperti Tempe Mendoan yang rasanya nggak bakal kamu temukan di tempat lain.
Mencicip tempe mendoan sambil nongkrong minum teh di alun-alun Purwokerto bisa jadi alternatif menghabiskan waktu transit di kota ini. Kamu juga bisa jalan-jalan ke tempat lain dengan tenang dan nyaman, karena Purwokerto tak semacet Bandung dan lebih sejuk dibandingkan dengan Cirebon yang tepat berada di tepi laut. 

Cara Pesan Tiketnya Mudah 

Nggak perlu pening dengan proses pemesanan kereta lanjutan, karena kamu bisa memesannya dengan mudah via Traveloka. Cukup tentukan kota keberangkatan dan tujuan, beberapa alternatif pilihan akan muncul di layar. 

Perhatikan waktu transit dari masing-masing pilihan kereta yang tertera di layar.
Sesuaikan dengan tujuan perjalanan kamu.

Pastikan juga untuk membuat itinerary singkat di kota transit agar acara jalan-jalan kamu tidak kebablasan. Segera akhiri waktu transitmu minimal satu jam sebelum kereta berangkat agar tidak terburu-buru menuju stasiun kereta api.


Share this

Indonesian Travel Blogger 

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon