Dukung Promosi Pariwisata Indonesia Lewat Goesar Tourist Souvenir

13.18
Travelerien.com

Ketika melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah, seringkali kita mencari sesuatu sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Sesuatu yang disebut souvenir, untuk dijadikan kenang-kenangan dari tempat yang pernah kita kunjungi. Souvenir bukan hanya membuat ingatan kita bertahan lama, tetapi juga membuat kita jadi punya bahan untuk bercerita. Bahkan lebih dari itu, souvenir yang unik berupa ikon dari dari daerah tujuan wisata, dapat memberi andil dalam mendukung pariwisata.

Launching Goesar Tourist Souvenir

Launching Goesar

Hari Minggu tgl. 28 Mei 2017, saya bersama rekan-rekan blogger dan media diundang ke acara Launching Goesar Souvenir 2017 “Beautiful Culture of Indonesia”. Acara dimulai pukul 16.00 WIB, bertempat di Restaurant Rarampa, Jl. Mahakam 2 No. 1 Blok M, Jakarta. Acara launching dihadiri oleh Christman Desanto Goesar selaku pemilik perusahaan, serta Ibu Lina Patricia selaku Direktur Goesar Tourist Souvenir.

Bapak Christman Desanto Goesar memberikan welcome speech. Kemudian dilanjutkan presentasi produk Goesar oleh Ibu Lina Patricia. Di tengah acara, berlangsung sesi tanya jawab antara pihak Goesar dengan para blogger dan media. Acara ditutup dengan buka puasa bersama. Sejumlah souvenir dipamerkan di tempat acara, sehingga kami bisa melihat langsung contoh bentuk, bahan, dan model souvenir yang diproduksi oleh Goesar.

Goesar Tourist Souvenir

Goesar Untuk Pariwisata Indonesia

Peran aktif Goesar Trading Persada untuk mendukung program pemerintah yang mencanangkan kebangkitan Pariwisata Indonesia pada tahun 2017 dengan menetapkan 10 tujuan wisata unggulan Indonesia yaitu secara profesional mengembangkan produk souvenir yang unik, berkelas, dan kreatif sebagai bagian dari usaha mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah tujuan wisata.

Goesar Tourist Souvenir hadir untuk membangkitkan UKM pariwisata Indonesia melalui souvenir yang berkualitas, berkelanjutan dan berdaya saing. Ide pembuatan souvenir itu sendiri berasal dari kurangnya kualitas souvenir khas Indonesia. Oleh karena itu, Goesar berkonsentrasi memproduksi souvenir kualitas baik dengan desain wisata alam dan budaya Indonesia. 

Christman Desanto Goesar, owner Goesar Tourist Souvenir

Lina Patricia, Direktur Goesar Tourist Souvenir.
Produksi Souvenir 
 
Sebelum produk dibuat, Goesar mengirim tim research terlebih dulu ke daerah tujuan wisata. Baru setelah itu souvenir dirancang oleh tim desain. Tim desain Goesar adalah anak-anak muda yang kreatif dan inovatif, sehingga desain dari souvenir menonjolkan trend kekinian, namun tanpa meninggalkan keunikan dari tiap-tiap tujuan wisata. Tak heran jika produk yang dihasilkan mampu memberikan nuansa baru dalam industri souvenir yang selama ini umumnya dikelola sebagai industri rumahan dengan desain yang monoton.

Saat ini sudah ada 25 jenis souvenir yang diproduksi dan sudah dipasarkan oleh Goesar. Diantaranya dalam bentuk gantungan kunci, magnet, tumblr, pembuka botol, hingga kain. Tetapi, ikon wisata yang digunakan dalam souvenir baru dua propinsi yaitu Sumatera Utara dan  Belitung. 11 propinsi lainnya sedang dikembangkan sampai akhirnya nanti komplit menjadi 33 propinsi. 

Contoh desain souvenir

Harga Bersaing

Umumnya ada 4 hal yang menjadi alasan seorang wisatawan (termasuk saya) dalam membeli souvenir. Pertama, karena produknya menarik, unik, dan merupakan ikon daerah tujuan wisata. Kedua, kualitas. Ketiga, packaging-nya bagus menarik. Keempat adalah harga. Dari alasan tersebut, peminat souvenir cenderung tidak peduli dengan harga. Keunikan dan kualitas produk menjadi hal utama. Hal lain yang tak kalah penting adalah produk tidak berat sehingga mudah dibawa.

Dalam hal ini, di mana turis asing menjadi pangsa pasar utama Goesar Tourist Souvenir, maka produk souvenir dibuat mengikuti mutu standar internasional. Tidak hanya menggunakan material berkualitas baik dan lebih tebal, tapi kemasannya pun berbeda dari yang lain. Pada kemasan terdapat brief info  things to do dan where to go terkait daerah yang digambarkan dalam souvenir.

Bagaimana dengan harga? Harga Goesar Tourist Souvenir dibandrol mulai dari Rp. 30.000,- hingga Rp. 1.500.000,- per pcs.

Kemasan souvenir berisi brief info dalam bahasa Inggris





Tempat Penjualan

Untuk pemasaran, Goesar bekerjasama dengan Angkasa Pura, TMII, dan beberapa hotel. Jadi, bagi yang ingin mendapatkan Goesar Tourist Souvenir, bisa mencarinya di galeri souvenir bandara, di anjungan-anjungan yang ada di TMII, serta di galeri hotel-hotel yang bekerja sama.  Nantinya akan ada 15 outlet souvenir di TMII dan 14 bandara yang ada di Indonesia (termasuk bandara Soetta).

Untuk saat ini, Goesar Tourist Souvenir baru bisa didapatkan secara online melalui website www.touristsouvenirindonesia.co.id  Telp di 021-22844171. Nanti kalau sudah siap, baru bisa didapatkan di toko-toko souvenir partner-nya. Cek juga sosial media Goesar Tourist Souvenir di Instagram/Twitter/Facebook di : @Touristsouvenirindonesia

Share this

Indonesian Travel Blogger Email: katerinasebelas@gmail.com

Related Posts

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
30 Mei 2017 13.47 delete

Waaah langsung tandain. Magnet kulkasnya cakep2.. 😍😍

Reply
avatar
1 Juni 2017 07.31 delete

makasih infonya mbak, jadi siap-siap menunggu neh..

Reply
avatar
1 Juni 2017 10.25 delete

Pengen punya magnet kulkasnyaa. Lucu kali ya kalau sudah lengkap koleksi semua propinsi

Reply
avatar
1 Juni 2017 19.22 delete

Wahhh lucu - lucu bentuknya gak kalah dengan negara lain ya mbak

Reply
avatar
5 Juni 2017 00.34 delete

Wah ... mgnet kulkasnya lycu2 ya mbak.....

Reply
avatar
12 Juni 2017 07.58 delete

Penggemar magnet nih. Ayo pesen :D

Reply
avatar
12 Juni 2017 08.00 delete

Kemarin waktu acara nggak jadi beli kah?

Reply
avatar
12 Juni 2017 08.00 delete

kualitasnya juga oke punya :)

Reply
avatar
12 Juni 2017 08.01 delete

menarik untuk dijadikan buah tangan :)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon