Menu Buka Puasa "Ramadan Nusantara" di Fame Hotel Serpong

21.21
Travelerien.com

Fame Hotel Gading Serpong mengadakan “Cucurak Ramadan
pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017. “Cucurak” merupakan Bahasa Sunda (Bogor), yang artinya adalah tradisi makan bersama untuk menyambut datangnya bulan puasa. Acara bertempat di POPCORN Resto yang terletak di lantai dasar Fame Hotel. Selain blogger dan media, pihak hotel juga mengundang beberapa client corporate untuk bersilaturahmi, sekaligus turut menyaksikan peluncuran paket menu berbuka puasa yang dinamakan Ramadan Nusantara.

paket buka puasa fame hotel serpong
Menu khas Nusantara, menu buka puasa di Fame Hotel Serpong

Tradisi Menjelang Puasa

Ramadan sudah di depan mata. Umat muslim di seluruh dunia tinggal menghitung hari menuju bulan mulia tersebut, tak terkecuali saya dan keluarga. Segala persiapan sudah saya lakukan agar ibadah selama bulan puasa dapat berjalan dengan lancar. Utamanya persiapan badan agar selalu sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Sebagaimana tradisi keluarga kami, baik dari pihak keluarga saya maupun suami, ada acara kumpul bersama menjelang masuk puasa. Biasanya tempat berkumpul di rumah orang yang paling tua, dalam hal ini orang tua. 


Dalam tradisi keluarga saya di Palembang, kumpul bersama jelang puasa dinamakan “roa”, pelaksanaannya dinamakan “Meroai” (me-roa-i). Beberapa daerah di Sumsel punya acara yang sama tapi beda nama/sebutan. Selain untuk mempererat silaturahmi, acara roa juga bertujuan untuk melestarikan tradisi makan bersama. Dalam hidangan makan, biasanya ada menu khusus yang disajikan seperti burgo, bubur talam, serta beberapa masakan khas Palembang lainnya.

Cucurak Ramadan

Ramadan Nusantara

Cucurak Ramadan yang di adakan di Fame Hotel Serpong pun hampir serupa dengan “roa”. Acara Cucurak Ramadan diadakan sebagai bentuk rasa cinta akan tradisi nusantara dan untuk terus dilestarikan bersama-sama. Dalam kesempatan ini, pihak Fame Hotel Gading Serpong ingin bersilahturahmi, menjalin hubungan yang lebih erat lagi dan bertukar informasi.

Setelah sukses dengan menu khas nusantara rekomendasi Pak Bondan Winarno (Maknyus), kini POPCORN Resto menawarkan menu untuk berbuka puasa dengan tema “Ramadan Nusantara”. 

Chef Rismiantoro
 
Chef Rismiantoro, selaku Head Chef dari Fame Hotel Gading Serpong, mengutarakan “Menu yang kami sajikan khusunya pada bulan Ramadhan nanti adalah menu-menu yang tradisional yang selalu berbeda disetiap harinya. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik tamu dan pecinta kuliner. Dimana para tamu dapat menikmati sajian tersebut seperti di kampung halaman masing-masing”, ujarnya.  





Menu Tradisional

Acara  peluncuran menu Ramadhan yang diselenggarakan di POPCORN Resto menghadirkan berbagai menu khas Nusantara seperti: Ayam Tuturuga (Manado), Pindang Patin (Palembang), Ayam Bakar Bumbu Rujak (Jawa Timur), Daging Masak Tuha (Kalimantan), Rujak Cingur, Soto Lamongan, dan berbagai dessert tradisional lainnya. 

Sebagai orang Palembang, saya bangga masakan Pindang Patin jadi salah satu menu andalan dalam menu buka puasa di PopCorn Resto. Di rumah, suami adalah orang yang paling suka dengan pindang patin. Saking sukanya, hampir tiap 2 hari sekali minta dibuatkan pindang patin. Kadang saya yang bosan, tapi karena suami suka, bosannya disingkirkan dulu he he. Tiap belanja ke pasar, ikan patin pasti selalu masuk dalam daftar belanja. Entah itu untuk dimasak langsung, atau pun jadi stock untuk di masak pada hari berikutnya. Rasa sedikit pedas dan dominan asam menjadi alasan kenapa kuah pindang patin begitu disukai suami. Selain tentunya karena daging ikan patin memang gurih. Apalagi kalau banyak ‘gaji’nya, makan pindang patin sudah seperti menyeruput kopi :D

Untuk takjil, tersedia kue-kue tradisional seperti getuk lindri, kue lupis, kue lapis, nagasari, Kue Ku, kue bika ambon, es buah, kolak pisang, asinan, kurma, aneka buah, dan lainnya masih banyak lagi.

Kurma dan buah-buahan lainnya


Es buah


Aneka jajanan pasar


Aneka gorengan: Pisang Goreng, Bakwan Goreng, Tempe Goreng


Ayam Tuturuga Manado

Ayam Tuturuga merupakan masakan khas Manado yang berbeda dengan citarasa ayam pada umumnya. Tampilannya yang seperti opor ayam dipadukan dengan daun pandan membuat cita rasa menjadi unik. Biasanya hidangan ini juga disajikan saat hari raya lebaran Idul Fitri di Manado.

Ayam Tuturuga Manado

Daging Masak Tuha Kalimantan

Olahan makanan yang berbahan dasar daging sapi dicampur dengan parutan kelapa yang sudah melegenda. Seperti di Jawa, orang menyebutnya Srundeng. Konon asal usul nama Tuha dari Tua. Sampai saat ini belum ada yang bisa mengartikan maksud dari istilah tersebut. Terlepas dari nama ini, soal rasa tidak perlu diuji lagi kelezatannya.

Daging Masak Tuha Kalimantan

Ayam Bakar Bumbu Rujak Jawa Timur

Masakan Indonesia yang sangat khas, dan menjadi kekayaan kuliner Nusantara asal Jawa Timur. Cita rasa yang manis, asam, pedas, menjadi perpaduan yang lezat. Selain itu cita rasa khas rempah akan lebih keluar dan aroma saat dihidangkan akan lebih harum. Hidangan ini sering dijumpai di restaurant dan selalu menjadi andalan setiap penikmatnya.

Ayam Bakar Bumbu Rujak Jawa Timur

Pindang Patin Palembang

Pindang Patin adalah salah satu menu favorit dari Palembang. Selain pempek, menu khas ini juga tidak kalah segar. Ikan patin juga merupakan salah satu ikan yang mengandung nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan. Kuah kuning dan rasanya yang sedikit pedas, dan dominan asam. Perpaduan antara belimbing sayur, Bawang Merah, Bawang Putih, jahe, kunyit, dan serai menjadi sayur yang diminati banyak orang.

Pindang Patin Palembang

All You Can Eat

Paket menu buka puasa “Ramadan Nusantara” dibandrol dengan harga Rp 88.000 net / orang. Pesan untuk 10 orang dapat gratis 1 orang. Buat saya dan keluarga, untuk menu khas dengan cita rasa istimewa, harganya tersebut masih terjangkau. Tamu menginap atau tidak menginap, akan mendapatkan harga yang sama.

Paket yang pas buat sendiri, berdua pasangan, bersama keluarga, atau dengan grup. Suami pun berminat untuk ajak keluarga besar ke sini nantinya. Seperti biasanya dalam bulan puasa, keluarga suami suka bikin acara buka puasa bersama secara bergilir. Misal minggu ini di rumah kami, minggu depan di rumah saudarinya, minggu berikutnya di rumah saudarinya yang lainnya. Kadang seminggu sekali, kadang bisa tiap 4 hari sekali. Tergantung kesepakatan saja.

Nah, kalau sedang tidak masak, mengajak keluarga buka puasa bersama di resto kan lebih praktis. Tinggal pesan tempat lalu datang. Mengajak keluarga menikmati aneka makanan khas yang disajikan secara istimewa pasti akan menyenangkan. Moment buka puasa bersama keluarga besar tercinta jadi terasa indahnya. 







Tentang Fame Hotel Gading Serpong

Famehotel Paramount Serpong adalah “The First Smart Hotel in Tangerang “ yang dibangun di jantung CBD (Central Business District) Serpong untuk melayani kebutuhan pasar lokal di bidang konferensi dan perjalanan bisnis. Hotel Fame memiliki 144 kamar modern dan minimalis, 6 fasilitas ruang pertemuan yang variatif berkapasitas hingga 120 orang.

Lokasi yang strategis hanya 25 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta berada tepat disamping Super market, rumah sakit internasional, hingga komplek hiburan dan pusat perbelanjaan (mal) Serpong, membuat Famehotel Paramount Serpong dapat memenuhi kebutuhan. Sebagai Business Traveler yang Smart Famehotel menyediakan ruang pertemuan modern, dan mempunyai outlet F & B “Popcorn Resto” sebagai pilihan untuk Sarapan, Makan siang hingga makan malam dengan buffet atau menu a ala carte sesuai dengan selera.


Baca juga: Banyak Pilihan Menu Sarapan di Fame Hotel Serpong

Kamar tipe Deluxe - Fame Hotel Serpong

Fame Hotel Serpong tidak asing lagi bagi saya dan keluarga. Selain pernah menginap, suami pun pernah mengadakan acara di ruang pertemuannya. Pengalaman paling berkesan menjadi tamu Fame Hotel adalah menu sarapannya. Banyak variasinya sehingga banyak pilihan, dan selalu berganti di setiap hari. Hotel bintang dua ini punya sajian menu sarapan ala hotel bintang empat. Jadi, untuk menu sarapannya, sangat saya rekomendasikan.

Normalnya, harga kamar Rp 388.000,- / malam. Tapi selama ramadan, rate-nya spesial menjadi Rp 350.000 / malam.

Untuk menginap atau pun kulineran selama bulan ramadan, Fame Hotel Serpong merupakan pilihan yang menarik di Gading Serpong, Tangerang Selatan.



Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :
Public Relations Executive
FAMEHOTEL PARAMOUNT SERPONG
T.   (+62) 21 – 2930 333
E.   pr@famehotelserpong.com
W.  www.famehotelserpong.com

.
.

Share this

Indonesian Travel Blogger Email: katerinasebelas@gmail.com

Related Posts

Previous
Next Post »

22 comments

Write comments
23 Mei 2017 08.02 delete

Wuih harga per paketnya terjangkau ya, mupeng juga cucurak di hotel, biasanya di kebun raya hihi..

Reply
avatar
23 Mei 2017 08.58 delete

duuuhhh mbakkk...ngliat es nya itu ..langsung clegukkkkk....hihiihi....

Reply
avatar
23 Mei 2017 09.12 delete

Pilihan menunya banyaaaakkk, wah bau2nya sudah mau Ramadhan yaaaa. Makasih infonya mba Rien ^_^

Reply
avatar
23 Mei 2017 10.16 delete

Aih jd pengen masak pndang patin..itu pramusajinya masih ubyu2 keknya ya? Hihi

Reply
avatar
23 Mei 2017 10.32 delete

kasur di hotelnya luas... segituan rate brp sih mbak?

Reply
avatar
23 Mei 2017 10.37 delete

Menunya macam-macam... Tinggal pilih sukanya apa...tapi kalau aku kayanya suka semua deh hihihi...

Reply
avatar
23 Mei 2017 10.59 delete

Asyik juga di Kebun Raya, kumpul sambil piknik :D

Reply
avatar
23 Mei 2017 11.00 delete

Untung liatnya sekarang ya mbak. Kalau liatnya pas puasa bakal lebih cegluk lagi :D

Reply
avatar
23 Mei 2017 11.01 delete

Sama-sama Ima. Selamat menyambut ramadan di Jogja :)

Reply
avatar
23 Mei 2017 11.03 delete

Iya, mereka masih muda-muda dan manis :)

Diba di Palembang, enaknya di sana banyak rumah makan menyajikan pindang. Mudah dicari kalau sedang tidak sempat masak ya :)

Reply
avatar
23 Mei 2017 11.03 delete

Rp 388 ribu / malam. Selama bulan puasa Rp 350.000/malam.

Ai kau nih Ded, itu kan sudah ayuk tulis. haha...ketauan idak baco ye...

Reply
avatar
23 Mei 2017 11.05 delete

Toss mbak, aku juga suka semuanya. Tapi kalo disuruh mana yang paling aku suka, terutama dessertnya, aku pilih kue lupis :D

Reply
avatar
23 Mei 2017 17.06 delete

cukup




nggak mahal banget ya jadi pengen, menunya menggugah selera bangettt

Reply
avatar
23 Mei 2017 18.36 delete

Waaaah, bisa makan masakah nusantara cukup di sini, mau bangetttttt

Reply
avatar
24 Mei 2017 08.21 delete

Kulinernya lengkap ya mbak Rien, ada harga spesial lagi di bulan Ramadhan ya.

Reply
avatar
24 Mei 2017 11.08 delete

menu tradisional memang harus mulai dibawa dalam event2 modern ya mbak

Reply
avatar
26 Mei 2017 15.36 delete

Allah You Can Eat nya terjangkau sekaliii.. 88 ribu! pilihan menu tradisionalnya cocok buat lidah dan perut

Reply
avatar
26 Mei 2017 20.57 delete

Terjangkau namun istimewa :)

Reply
avatar
26 Mei 2017 20.58 delete

Tidak semua menu Nusantara tersedia, tapi dari yang ada sudah bervariasi, cukup mewakili beberapa daerah yang masakannya jadi favorit. Kalau sedang ke Serpong, coba mampir ke sini kang Ali :)

Reply
avatar
26 Mei 2017 21.05 delete

Iya mbak, Fame memanjakan tamunya dengan menu spesial yang dibandrol dengan harga spesial pula :)

Reply
avatar
26 Mei 2017 21.07 delete

Iya mbak, dengan cara itu masakan tradisional Nusantara dapat terus lestari dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Dapat dikenal juga oleh bangsa lain, lewat tamu-tamu hotel yang mungkin sedang menginap ya. Sekaligus merawat tradisi juga :)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon