5 Cara Memperoleh Tiket Kereta Api Murah

22.20
Travelerien.com

Memperoleh tiket pesawat dengan harga yang murah memang tak sulit, namun tidak demikian dengan mendapatkan tiket kereta api. Harga tiket pesawat pun dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti situasi dan kondisi yang ada, tiket pesawat pada hari Senin saja bisa berbeda dengan harga tiket pada hari Minggu. 

Kereta Api sedang melintas di Stasiun Blambangan Umpu, Way Kanan
 
Berbeda dengan tiket kereta api yang harganya cenderung tetap pada hari apa saja. Selain itu, tiket KA juga seringkali habis bahkan dari jauh-jauh hari menjelang masa high season seperti lebaran maupun natal dan tahun baru. Namun Anda tak perlu khawatir sebab masih ada cara untuk bisa memperoleh tiket kereta api murah seperti di bawah ini:

1.  Pesan tiket dari jauh-jauh hari
Sama halnya jika Anda ingin mendapatkan tiket pesawat yang murah, cara memperoleh tiket KA yang murah juga dengan memesannya dari jauh-jauh hari. Bahkan saat ini, pemesanan tiket kereta api dapat dimulai dari 120 hari sebelum rencana keberangkatan atau sekitar 3 bulan sebelum berangkat. Biasanya pada situs pemesanan tiket kereta api, akan tersedia beberapa pilihan kereta sekaligus harga tiket yang berbeda-beda tergantung kelasnya. Misalkan pada kereta api Argo Lawu, ada beberapa pilihan harga tiket mulai dari 300.000, 310.000 hingga 320.000 misalnya.

2.  Memilih tiket kelas ekonomi
Jika memang anggaran sedang tidak memungkinkan atau memang tidak masalah dengan keterbatasan fasilitas yang ada pada gerbong kereta ekonomi maka mengapa tidak? Anda dapat memesan tiket kereta api kelas ekonomi. Jangan salah, meski harganya murah, setiap gerbong kereta api kelas ekonomi sudah dilengkapi dengan AC dan sudah tidak ada penumpang yang berdiri karena tidak kebagian tempat duduk, jadi Anda pun bisa lebih nyaman dalam perjalanan. Hanya saja kekurangannya terletak pada tempat duduk yang pastinya tidak senyaman di gerbong KA eksekutif.

3. Pesan lewat Call Center
Anda pun bisa memperoleh tiket kereta api murah jika melakukan pemesanan melalui Call Center yang tersedia. Karena biasanya Customer Service akan memberitahukan informasi mengenai promo yang tersedia. Mintalah CS atau operator untuk memilihkan harga tiket yang termurah. Selain itu, Anda juga dapat mengganti dengan tanggal lainnya asalkan bisa mendapatkan harga tiket yang paling murah. Tidak jauh berbeda dengan pemesanan tiket secara online hanya saja, jika Anda memiliki keterbatasan akses internet, Anda bisa memesannya melalui Call Center KAI.

4.  Berburu tiket promo di aplikasi mobile travel agent online
Cara selanjutnya untuk memperoleh tiket kereta api yang murah adalah dengan berburu tiket promo yang ditawarkan di beberapa agent travel online yang memiliki aplikasi mobile. Menjelang periode-periode tertentu, travel agent online akan mengadakan promo potongan harga atau diskon tiket kereta api. Begitu juga dengan pemesanan melalui minimarket konvensional yang menjadi rekanan PT. KAI dalam reservasi tiket KA. Manfaatkanlah promo yang ada ini untuk membeli tiket KA yang Anda inginkan.

5.  Manfaatkan kartu kredit
Masih dengan aplikasi mobile travel agent online, Anda pun dapat menggunakan cara lainnya untuk menikmati promo yang ditawarkan oleh travel agent online tersebut. Jika kebetulan sedang tidak ada promo untuk pembayaran melalui ATM, biasanya akan tetap ada promo potongan harga atau diskon tiket dengan pembayaran melalui kartu kredit bank tertentu. Jika kebetulan Anda memilikinya, maka lebih baik dimanfaatkan saja untuk memperoleh tiket kereta api murah.

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon