Expose Pariwisata Banyumas

18.43


“Banyumas bukan hanya Baturraden.”

Sebuah kalimat pendek, tapi begitu melekat dalam ingatan saya. Diucapkan beberapa kali, seolah hendak mendobrak anggapan yang selama ini terlalu kuat menancap dalam pikiran saya, mungkin juga kebanyakan orang.

"Banyumas bukan hanya Baturraden, tetapi masih banyak objek wisata yang tidak kalah menarik," ucap Drs. Saptono Supriyanto, Kadisbudpar Banyumas pada awak media dan blogger.

Ya, hari itu Rabu 1 Maret 2017, saya menghadiri acara Expose Pariwisata dalam Rangka Promosi Pariwisata Nusantara di Rumah Makan Handayani, Matraman Jakarta Timur. Selain Bp. Saptono, hadir juga Djoko Haryanto Kepala UPT Pariwisata Baturraden, Eko Priyono Putro Kasi Pemasaran dan Promosi Pariwisata Banyumas, dan Anita Ekawati Staf Teknis Dinporabudpar sebagai pembicara. 


Undangan yang hadir di acara Expose Pariwisata bersama Pemkab Banyumas
 
“Selain Baturraden, Banyumas juga memiliki banyak wisata yang masih belum banyak diketahui. Di antaranya wisata air terjun yang jumlahnya ratusan, sehingga ada yang menyebut Banyumas negeri 1001 Curug (air terjun). Jadi tidak hanya Baturraden yang ada di Banyumas. Ada 1000 curug yang bisa dikunjungi, selain itu wisata sejarah dan wisata religi juga ada," lanjut Saptono.

Menarik bukan? Bagi saya iya. Apalagi saya memang penasaran dengan Pariwisata Banyumas. Nama Purwokerto sebagai ibukota Kabupaten Banyumas tidak asing buat saya. Sekitar 7 tahun lalu saya pernah singgah di kota tersebut saat dalam perjalanan dari Kebumen menuju Yogyakarta. Ada om dari suami yang tinggal di sana. Hanya mampir sesaat, belum jalan kemana-mana. Dan dari sana pula saya tahu tentang Baturraden, meski tidak sempat berkunjung.

Dari pengalaman pernah mampir di Purwokerto itulah muncul keinginan untuk mengenal wisata Banyumas. Nah, acara Expose Pariwisata dalam Rangka Promosi Pariwisata Nusantara ini memberi jalan bagi saya untuk mengenal wisata Banyumas lebih jauh. 



Banyumas Selayang Pandang

Wilayah Kabupaten Banyumas terletak di sebelah barat daya dan merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah. Luas wilayah Kabupaten Banyumas +/- 1.327,60 km2 atau 132.759,56 ha dengan keadaan wilayah antara daratan dan pegunungan, dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pekarangan dan pemukiman, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak di lereng Gunung Slamet sebelah selatan.

Wisata Baturraden - Sumber foto www.initempatwisata.com

Lokawisata Baturraden


Lokawisata Baturraden berada di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 640m di atas permukaan laut. Baturraden hanya berjarak 14km arah utara kota Purwokerto, memiliki suhu udara antara 18-25 derajat Celcius. Di sini wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Slamet, atraksi air terjun bebas anak-anak Baturraden di air terjun Gumawang dan wisatawan pun akan betah berlama-lama di sini karena Lokawisata Baturraden menyediakan berbagai fasilitas seperti : Kolam luncur di alam yang indah, rekreasi taman air dengan sepeda airnya di alam pegunungan yang sejuk dan nyaman membawa kesan tersendiri dan romantis bagi wisatawan, kereta mini, kolam renang air dingin yang dialiri dari mata air Gunung slamet, taman lalu lintas dengan fasilitas mobil genjot, sumber air panas Pancuran Tujuh yang mengandung belerang, cascade, theater alam, Telaga Sunyi, dan kios-kios bunga yang menyediakan beraneka ragam jenis bunga dan tanaman bonsai.

Pancoran Tujuh

Pancoran Tujuh berjarak sekitar 2,5km arah barat lokawisata Baturraden dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau kendaraan. Pancuran Pitu mempunyai tujuh buah pancuran yang terbentuk secara alami. Sumber air panas ini bersuhu sekitar 70 dc dan banyak mengandung belerang sangat baik untuk therapy pengobatan sakit tulang, rheumatik dan penyakit kulit.


Curug Gumawang - sumber : lihat.co.id

Banyumas Negeri 1001 Curug

Curug Gumawang. Air terjun ini terletak di dalam lokawisata Baturraden. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Airnya sangat jernih dan membentuk telaga kecil di bawahnya. Banyak anak-anak di sekitar Baturraden melakukan atraksi lompat dari puncak air terjun dan menyelam untuk mengambil uang logam yang dilempar oleh pengunjung.

Curug Cipendok. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter. Terletak 25 km arah barat kota Purwokerto tepatnya di kecamatan Cilongok dan dapat dicapai dengan kendaraan dalam waktu 30 menit.

Curug Ceheng. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter, terletak 11 km arah timur laut Purwokerto, berada di Kecamatan Sumbang.

Small World, Ketengger-Baturrraden
Taman Miniatur Dunia (Small World) berlokasi di jalan raya Ketenger, Baturraden. Small World akan mempunyai kurang lebih 150 miniatur bangunan bersejarah terkenal di seluruh dunia dengan luas lahan sekitar 4 hektar dan waktu 3 tahun sampai tahap penyelesaiannya. Miniatur-miniatur dunia ini dibuat pada skala 1:25, akan menjadi tempat wisata pedidikan, yang dapat membuka wawasan kita, khususnya bagi anak-anak.


Museum BRI - Sumber virustraveling.com

Wisata Museum

Museum BRI. Museum ini merupakan satu-satunya museum perbankan di Indonesia. Terletak di Jl. RA Wiriaatmadja Purwokerto. Didirikan oleh raden Aria Wiriaatmadja pada tahun 1895.

Museum Jend. Soedirman. Museum ini berisi foto-foto dan relief yang menggambarkan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dan sejarah bangsa Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945

Museum Wayang Sendang Mas. Terletak di Kecamatan Banyumas yang menyimpan berbagai koleksi wayang dan berbagai benda purbakala.

Masjid Saka Tunggal dan Taman Kera Wangon. Terletak di Kecamatan Wangon atau 30km arah barat daya Kota Purwokerto. Dibangun pada tahun 1872M/1288H dan hanya memiliki satu pilar utama. Di lokasi ini juga dihuni oleh kera-kera jinak yang dapat diajak bercengkrama.

Goa maria (Maria Cave). Wisata ziarah ini terletak di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor atau 13 km arah tenggara Kota Purwokerto. Prakarsa dan pembangunan tempat ziarah ini bermula dari beberapa aktivitas Umat Katolik Banyumas.
 

Batik Banyumas

Wisata Belanja


Batik Banyumas (Banyumas Batik Painting). Motif batik Banyumasan pembuatannya ada dua macam yakni: batik tulis dan batik cap. Batik Banyumasan mempunyai kekhasan, baik dilihat dari motif maupun pewarnaannya yang mempunyai warna pekat dan tandas. Beberapa motif Banyumasan yang terkenal diantaranya: motif lumbon, babon angrem pring sedapur, jahe serimpang, kanthil dan lain-lain. Bagi wisatawan yang ingin memperoleh dapat berkunjung sambil melihat proses pembuatannya yang terletak di Jl. Mruyung-Banyumas.

Makanan Khas Banyumas. Kabupaten Banyumas mempunyai banyak makanan khas seperti Nopia, getuk goreng dan soto sokaraja, kripik, medoan, jenang jaket, sate bebek, dan aneka jajanan lainnya. 

Salah satu kuliner Banyumas yang saya cicipi: Pia dan Keripik Tempe


Banyumas Event

Kirab hari jadi Kabupaten Banyumas
 
Prosesi Kirab Pusaka dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas setiap tanggal 22 Februari. Kegiatan prosesi ini diawali dengan ziarah ke makam Raden Joko Kaiman BUpati Banyumas petama di desa Dawuhan Kecamatan Banyumas. Kemudian dilanjutkan dengan syukuran dan ruwat (wayang kulit pada siang hari) di pendopo duplikat Si Panji. Hari berikutnya dilaksanakan prosesi kirab pusaka. Adapaun pusaka yang dikirab terdiri dari keris Kyai Gajah Endra, Keris Nyai Nalapraja, Tombak Kyai Genjring dan Kitab Stambul. Ditmapilkan dalam visualisasi dari Adipati Mrapat (julukan/gelar Raden Joko Kaiman Bupati Banyumas pertama) dengan keluarga dan subamanggala. Prosesi dari pendopo Wakil Bupati menuju pendopo Si Panji yang berjarak sekitar 1 kilometer. Setelah prosesi kirab selesai dilanjutkan pesta rakyat dengan menampilkan aneka kesenian Banyumas digelar di alun-alun Purwokerto. 

Kirab hari jadi Banyumas - Sumber www.banyumaskab.go.id


Festival Serayu Banyumas
Festival Serayu dilaksanakan pada bulan Juli setiap tahunnya. Ada dua acara yang diadakan yaitu Balapan Perahu Pasir dan Festival Perahu Hias. Balapan Perahu Pasir diikuti oleh para penambang pasir di wilayah Kabupaten Banyumas. Sedangkan Festival Perahu Hias diikuti oleh SKPD, BMUD dan Perbankan di Kabupaten Banyumas.

Banyumas Extravaganza
Banyumas Extravaganza merupakan event unggulan tahunan berupa Karnaval Seni dan Budaya Banyumas sebagai salah satu ajang promosi pariwisata dengan menampilkan berbagai jenis kesenian khas Banyumas serta produk kerajinan lokal. Peserta Karnaval terdiri dari para komunitas pelaku seni, sekolahan, BUMN/BUMD dan swasta.

Pemilihan Kakang dan Mbekayu Duta Wisata Banyumas. Dilaksanakan secara rutin oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas yang untuk selanjutnya para juara akan dilombakan ditingkat Propinsi Jawa Tengah.

Seni dan Budaya Banyumas

Tari Lengger & Calung Banyumasan. Tari ini dibawakan oleh dua orang wanita atau lebih dengan diiringi alat musik calung dan seorang sinden. Dahulu tarian ini dimainkan untuk menyambut datangnya masa panen tetapi sekarang lebih sering dipentaskan untuk menaymbut tamu agung sebagai tarian selamat datang. Calung adalah musik tradisional dengan perangkat terbuat dari bambu wulung. Perangkat musik calung terdiri dari gambang barung, gambang penerus, dhendhem, kenong, gong dan kendhang. 

Tari Lengger - Sumber www.antarayogya.com


Wayang Kulit Gragag Banyumasan. Jenis pertunjukkan wayang kulit yang bernafas Banyumas. Lakon-lakon yang disajikan dalam pementasan tidak berbeda dengan wayang kulit purwo, yaitu bersumber dari kitab Mahabrata dan Ramayana. Spesifikasi wayang kulit gragag Banyumasan adalah terletak pada tehnik pembawaannya yang sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya masyarakat Banyumas.

Kesenian Kenthongan. Disamping sebagai alat siskamling, kenthongan juga telah diekmas menjadi seni musik yang sangat artistik dan dinamis. Di Banyumas musik kenthongan telah menjadi festival tahunan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Ebeg/Kuda Lumping. Sebuah tarian yang dibawakan dengan menggunakan kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu diiringi alat musik gamelan dan dipimpin oleh seorang Penimbul/dalang ebeg. Pada puncak aktifitasnya para penari akan kesurupan sambil makan bunga, pecahan kaca, dan biji padi sambil dicambuk oleh sang penimbul.

Kirab Prosesi Pusaka Banyumas. Dilaksanakan dalam rangka hari jadi Kabupaten Banyumas setiap tanggal 22 Februari. Pusaka yang dikirab terdiri dari keris, tombak dan kitab stambul. Turut serta dalam prosesi ini adalah visualisasi dari Adipati Mrapat.

Prosesi Grebeg Suran (Ruwat). Dilaksanakan pada bulan sura setiap Selasa/Jumat Kliwon di lokawisata Baturraden. Prosesi ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Mesa atas limpahan karuniaNya berupa hasil panen. Acara ini diawali dengan kirab hasil bumi berupa Robyong yang berisi ketela pohon, padi, jagung, dilengkapi pula dengan tumpeng pancawarna.

Prosesi Jimat Kalisalak. Prosesi pencucian Jimat Kalisalak, Kecamatan Kebasen, dilaksanakan setiap tanggal 12-13 Rabiul Awal. Biasanya benda-benda pusaka yang dijamas berupa uang logam, peluru/pelor, daun lontar dan kendil.

Prosesi Jimat Kalibening. Prosesi penjamasan/pencucian pusaka yang ada di desa Kalibening Banyumas yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Maulid. Proses penjamasan pusaka ini menggunakan air yang diambil dari sumur pesucen.

Prosesi Unggah-Unggahan Jatilawang. Prosesi ini dilaksanakan di makam Bonokeling Desa Pekuncen – Jatiawang setiap bulan satu minggu sebelum datangnya bulan puasa. Peserta selamatan biasanya membawa binatang peliharaan seperti kambing atau sapi untuk dimasak secara masal yang disebut “Becek”.

Prosesi Jaro Rojab. Upacara Jaro Rojab adalah prosesi penggantian Jaro (Pagar) lama dengan jaro baru di komplek makam Kyai Tulih yang terletak di sekitar Masjid Saka Tunggal Wangon, dilaksanakan setiap tanggal 10 Rajab.

Dreamland Ajibarang - Sumber : radarbanyumas.co.id

Taman Rekreasi

Andang Pangrenan. Taman rekreasi ini terletak di Jl. Wahid Haasyim Purwokerto (eks. Terminal), selain sebagai tempat rekreasi keluarga juga sebagai tempat wisata budaya, olah raga dan pusat wisata kuliner yang terlengkap dan terbesar di Jawwa Tengah bagian barat daya. Di sini, wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas antara lain: Gedung Utama yang memiliki dua lantai. Lantai satu untuk ruang pameran dan souvenir sedangkan lantai dua untuk franchise dengan aneka kuliner yang berstandar internasional, serta didukung 13 unit tenda Pujasera, 6 unit kafe, sarana bermain anak, wisata therapi, serta panggung hiburan.

Balai Kemambang. Taman ini merupakan salah satu sarana rekreasi keluarga yang terletak di pusat Kota Purwokerto. Di sini wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas seperti : Taman Bunga, Telaga/Kolam dengan ikan mas, serta beraneka fasilitas mainan anak.

Dreamland Ajibarang. Merupakan kawasan wisata air yang terletak di Jalan Raya Pancasan Ajibarang. Banyak terdapat wahana rekreasi seperti Kolam Renang Anak, Kolam Renang Paud, Water Boom, Kolam Arus, Jet Sky, Sepeda Air, Gasebo, Taman Reptil, Play Ground, Mandi Bola, Arum Jeram, Taman Aquarium, Taman Bunga, Taman Batu, Flying Fox, dan lain-lain. Bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat wisata yang menyehatkan dan mendidik.

Sarana Wisata

Sebagai salah satu destinasi wisata propinsi Jawa Tengah, Kabupaten Banyumas dan Purwokerto sebagai ibu kota kabupaten telah memiliki berbagai sarana penunjang pariwisata seperti hotel berbintang, villa, restaurant & rumah makan, karaoke, dikotik, kafe, pusat perbelanjaan modern, pusat oleh-oleh khas Banyumas, terminal bus, stasiun kereta api, angkutan kota, taxi, dan taman-taman kota yang representatif.

Cara Menuju Banyumas

Untuk mencapai daerah Banyumas dapat menggunakan transportasi darat, yang dapat dilakukan dengan berbagai armada angkutan, baik bus antar propinsi maupun bus antar kota yang menghubungkan kota-kota di seluruh Pulau jawa, terutama tujuan Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Yogyakarta, maupun Semarang. Di samping melalui jasa bus juga dapat dicapai dengan alat transportasi Kereta Api dari berbagai arah di Pulau Jawa. 

Peta Kabupaten Banyumas

Ternyata benar ya Banyumas itu bukan tentang Baturraden saja. Kabupaten ini mempunyai banyak harta harun wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kita tinggal luangkan waktu dan siapkan dana saja untuk datang dan menikmati keindahannya. Apalagi fasilitas pendukung pariwisata Banyumas sudah mumpuni. Jumlah hotel berbintang saja kini sudah mencapai 14 hotel dan akan bertambah lagi. Sedang hotel nonbintang ada 600-an.

Seperti yang disampaikan oleh Bp. Saptono, yuk mari kita ekspose pariwasata Banyumas yang selama ini belum diketahui banyak wisatawan. Di Banyumas banyak lokasi menarik yang tidak kalah dengan daerah lain yang terdapat di Indonesia.
 
Kapan berkunjung ke Banyumas? ^_^

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
6 Maret 2017 10.19 delete

ini tetangga kabupaten, tapi aku terakhir kesana pas TK deh kayaknya.

Reply
avatar
6 Maret 2017 17.16 delete

mbak Katerine, terus kalo udah nulis (dan dipublish di blog) habis itu apa ada syarat lainnya? misal harus mention ke dinas atau gimana gitu maksudnya. untuk info lebih lanjut bisa didapatkan di mana ya? terima kasih :D

Reply
avatar
7 Maret 2017 07.36 delete

Kapan ke sana lagi mbak? Bareng yuk :D

Reply
avatar
7 Maret 2017 07.38 delete

Hi Mas Gallant. Mohon maaf lomba blog Expose Banyumas ini hanya untuk diikuti oleh blogger dan wartawan yang hadir saat acara Expose Banyumas di RM Handayani tgl. 1 Maret 2017 lalu.

Reply
avatar
7 Maret 2017 10.03 delete

Setuju bangett kalau Banyumas itu negeri 1001 curug. Akehe pool air terjun di sana ya, Mbak.

Reply
avatar
7 Maret 2017 10.20 delete

Jadi tambah yakin, betapa pentingnya mendapat informasi tentang tempat wisata yang akan dikunjungi ya. Biar maksimal dan optimal!

Reply
avatar
1 April 2017 10.40 delete

Keren dan informatif....

Reply
avatar
1 April 2017 12.25 delete

Semoga dengan reportase Lita ini, bisa mengundang banyak wisatawan domestik dan mancanegara datang berkunjung sesuai harapan dinas parisiwata setempat...

Reply
avatar
2 Mei 2017 20.45 delete

Yeayyy akhirnya sebentar lagi ke banyumas juga ya mbak..kita lihat Curug aslinya hahaha salam kenal ya mbak

Reply
avatar
2 Mei 2017 20.45 delete

Yeayyy akhirnya sebentar lagi ke banyumas juga ya mbak..kita lihat Curug aslinya hahaha salam kenal ya mbak

Reply
avatar
2 Mei 2017 23.18 delete

Salam kenal Mba. Suka sekali sama artikelnya saya belum pernah kesana. Selamat ya Mba terpilih jadi salah satu blogger yang menang dari lomba blognya. Selamat berlibur. Jaga kesehatan Mba. Sampai kita bertemu.

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon