Pengalaman Manis Berkunjung ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis

22.51
susu kental manis

SUSU BENDERA 

Ada empat hal yang terlintas dalam benak saya saat kata “Susu Bendera” disebut, yaitu susu kental manis, susu dalam kemasan kaleng, kaleng warna biru berlogo bendera, dan main telpon-telponan pakai kaleng susu bekas. Yang terakhir, main telpon-telponan, itu bagian dari kenangan masa kecil saya dengan susu bendera.

Nama susu bendera merupakan sapaan akrab dari susu kental manis yang diproduksi oleh Frisian Flag. Sebutan tersebut tidak hanya familiar dalam keluarga saya, tapi juga dalam keseharian masyarakat Indonesia. Bagi saya, susu kental manis adalah susu bendera. Sulit untuk memisahkan keduanya. Sejak kecil hingga kini lebih dari 35 tahun, nama itu tetap menempel dalam benak.

Ketika susu bendera disebut, ingatan pun tertuju pada nama besar pabrik pembuatnya: Frisian Flag.

Dalam sejarahnya, susuk kental manis dan produk susu Frisian Flag pertama kali diekspor oleh koperasi peternak susu Belanda “Cooperatieve Condensfabriek Friesland” ke Hindia Belanda termasuk Batavia, Indonesia, pada tahun 1922. Dengan kelezatan rasa yang dimilikinya, produk susu kental manis diterima dengan hangat oleh masyarakat Indonesia. Kala itu namanya populer sebagai “soesoe tjap bendera”. Nama yang kemudian menjadi begitu ikonik, lekat dalam keseharian masyarakat Indonesia sampai kini dengan sebutan “susu bendera”.
  


KUNJUNGAN KE PABRIK

Rabu (23/11/2016), saya dan kawan-kawan blogger diundang berkunjung ke pabrik Frisian Flag di Ciracas Jakarta Timur. Sebuah kesempatan berharga mendapatkan pengalaman baru, minum susu kental manis langsung di tempat pembuatannya. Tapi tentu tak hanya sebatas minum susu, melainkan juga melihat langsung proses produksi di pabrik, mengetahui sejarah Frisian Flag Susu Kental Manis, mengenali manfaat minum susu kental manis, serta belajar cara membuat ragam minuman dari susu kental manis.

Pabrik Frisian Flag terdapat di dua tempat, yakni Pasar Rebo dan Ciracas. Nah, karena kami diajak untuk mengenal lebih dekat dengan produk susu kental manis, kami diundang ke Ciracas Plant, tempat Frisian Flag Susu Kental Manis diproduksi. Kedua pabrik sama-sama memproduksi susu cair, susu kental, dan susu bubuk dengan merek Frisian Flag, Friso, dan Omela.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kami sudah berada di pabrik sejak pukul 09.00 WIB. Teman-teman blogger yang diundang tak hanya dari wilayah Jabodetabek, tapi juga dari luar daerah seperti Jogja, Bandung, dan Cianjur. Acara berlangsung di lantai 3. Saat tiba, sudah tersuguh kue-kue dalam kotak sebagai hidangan selamat datang. 



Santai, sarapan dulu, dikeliling susu-susu :D


Serius menyimak penjelasan sambil berbagi di medsos tentunya

Lantai 3 Ciracas Plant jadi tempat kami berkumpul. Suasana ruangannya terasa santai. Terdapat sofa-sofa empuk dengan tata letak yang tidak kaku. Nyaman bagai di rumah. Di dalam ruangan terdapat beberapa petak ruang yang didesain sedemikian rupa dinamakan Shopper Journey.

Shopper journey dimulai dari ibu hamil. Berikutnya saat anak sudah lahir hingga remaja. Untuk anak-anak, Frisian Flag Indonesia (FFI) bekerjasama dengan Walt Disney. Karena itu produk susu cair FF menggunakan kemasan bergambar kartun yang disukai anak anak. 


Next journey saat anak remaja dan beraktivitas serta punya hobi. Hal ini menggambarkan Frisian Flag memproduksi susu untuk kebutuhan berbagai tingkatan usia dalam sebuah keluarga. 
Shopper Journey : Baby


Shopper Journey: anak-anak


Shopper Journey: remaja *ya kali mami satu itu remaja :p
TENTANG FRISIAN FLAG 

Mengenal inovasi Susu Kental Manis dari Frisian Flag menjadi topik utama kami berkunjung ke Frisian Flag. Untuk itu, di antara kami hadir sebagai pembicara Bpk. Andrew F. Saputra, Corporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia, Bpk. Aryono B. Ardhyo, Corporate R&D Manager PT. Frisian Flag Indonesia, dan Ibu Tanti, Marketing Manager PT. Frisian Flag Indonesia.

PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah perusahaan susu nomor satu di Indonesia yang memproduksi susu khusus untuk anak-anak dan keluarga dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera. Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia sejak 1922.

Usia Frisian Flag hampir 95 tahun. Usia saya sendiri belum ada separuh usia Frisian Flag. Meski sudah cukup tua, tapi Frisian Flag selalu menjaga komitmentnya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi melalui produk-produk kaya gizi. 



Produk-produk Frisian Flag yang di pajang di lobi utama Plant Ciracas

Sebagai bagian dari FrieslandCampina, koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda, FFI mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.

Dari rumput menjadi susu. Rumput diolah alami di tubuh sapi hingga menjadi susu kaya nutrisi. Sapi yang sehat dan bahagia menghasilkan susu berkualitas tinggi. Dengan teknologi modern, sapi diobservasi untuk tahu saat yang tepat untuk pemerahan. Hasilnya, sapi tetap sehat dan memproduksi susu dengan optimal.

Susu segar diproses dengan modern dan higienis untuk menjaga kualitas gizi. Frisian flag memproduksi susu kaya nutrisi yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. 



Sejarah Frisian Flag Indonesia


Produk-produk Frisian Flag
FAKTA UNIK TENTANG SUSU 

Mother nature’s miracle
Keajaiban alam pada susu bermula dari rumput dan sapi. Sapi mencerna rumput yang kaya nutrisi hingga menjadi susu. Susu sapi mengandung banyak nutrisi alam yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Feed, fuel, foster.
Susu adalah makanan alami untuk menutrisi, memberi tenaga, dan membantu tumbuh kembang tubuh. Protein penting untuk membangun, mempertahankan otot dan tulang. Kalsium dan fosfor penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Protein, lemak dan laktosa memberi energi.

Good for you
Susu baik bagi manusia segala usia, 2-3 gelas susu tiap hari membantu diet sehat dan seimbang. Protein susu diserap tubuh untuk membangun sel, khususnya pada bayi dan anak-anak. Bagi orang dewasa, susu membantu regenerasi sel hingga tubuh menjadi lebih sehat, berfungsi baik, dan kuat.

One of the richest nutrients sources
Ada lebih dari 400 komponen nutrisi dalam susu. 2-3 gelas susu per hari adalah salah satu sumber makanan yang kaya dan bermanfaat bagi tubuh. Minum susu adalah cara mudah dan lezat untuk mendapat asupan gizi.

A glass of milk
Susu yang lezat, sehat, dan bergizi siap diminum. Minum susu Frisian Flag 2-3 gelas setiap hati memberikan manfaat kebaikan susu yang optimal. 



Sudah belanja susu hari ini?

INOVASI FRISIAN FLAG SUSU KENTAL MANIS 

Frisian Flag Susu Kental Manis tak hanya lezat, tapi juga membantu memenuhi gizi keluarga karena mengandung gizi makro (Karbohidrat, Protein, dan Lemak) dan mikro (9 vitamin dan 5 mineral) dan dianjurkan untuk diminum 2 gelas setiap hari. Dengan takaran saji yang tepat sesuai anjuran, satu kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu yang lezat dan bergizi. Teknologi produksi susu yang terdepan di kedua pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia, yakni di Ciracas dan Pasar Rebo Jakarta Timur, menghasilkan produk susu yang berkualitas dan tahan lama.

Mudahnya menyajikan adalah salah satu alasan Frisian Flag Susu Kental Manis disukai oleh keluarga Indonesia, baik sebagai minuman susu hangat atau dingin. Dengan 3 varian produk yakni Frisian Flag Kental Manis Gold, Frisian Flag Kental Manis Putih, dan Frisian Flag Kental Manis Coklat, Frisian Flag Susu Kental Manis dapat dinikmati keluarga Indonesia sebagai minuman, atau dengan makanan favorit mereka. Kemasan kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis yang kuat dan mudah disimpan membuat kandungan susu tetap terjaga. 





Dalam ulasan tentang susu kental manis yang disampaikan oleh Pak Aryo, ada beberapa hal penting yang saya catat. Di antaranya, susu kental manis membutuhkan proses pasteurisasi lebih lama agar mengental. Gula dalam susu berfungsi mengikat air, juga sebagai pengawet alami. Jadi jangan khawatir, selama sesuai takaran, tidak akan berdampak buruk pada tubuh. Mikroba tidak bisa hidup di susu kental manis. Mikroba akan diproses dalam pemanas sehingga akan mati. Susu kental manis awetnya hanya 1 tahun.

Tentang inovasi, dulunya permukaan kaleng susu kental manis polos/ rata. Jika jatuh mudah penyok. Sekarang, permukaan kaleng dibuat berulir, tidak mudah penyok jika terjatuh atau terkena benda keras.  Dulu, diameter kaleng bagian atas sama. Jika ditumpuk, susunan kaleng dalam rak mudah jatuh. Sekarang, bagian atas kaleng dibuat mengecil. Sehingga jika ditumpuk tidak rubuh.

Dulu, tutup kaleng bagian bawah maupun atas dibuat rata. jika hendak dibuka, perlu benda tajam seperti pisau. Kalau saya, dibuka dengan pisau saja tidak bisa terbuka. Pisaunya harus dipukul dengan palu. Tapi sekarang, tutup kaleng susu kental manis lebih mudah untuk dibuka. Tinggal klik, tarik, dan tuang. Bentuknya mirip tutup kaleng minuman bersoda. Ada semacam kait. 

Dulu, kemasan susu kental manis hanya berupa kaleng. Kini, ada kemasan pouch 220 gram. Kemasan produk Frisian Flag Susu kental manis saat ini terdiri dari SCM Can 375 gram (BKM), SCM Can 375 gram (Cokelat), SCM Can 375 gram (Full Cream GOLD), SCM Pouch 220 gram (Cokelat), SCM Pouch 220 gram (Full Cream GOLD).

Kecil kalengnya tapi isinya kaya manfaat

MELIHAT PABRIK SUSU KENTAL MANIS 

Sebelum makan siang, kami diajak masuk pabrik untuk melihat proses pembuatan kaleng susu kental manis, pengisian, hingga pelabelan. Sebelum memasuki pabrik, kami dilengkapi dengan kostum berupa baju, sepatu, kaus kaki, penutup kepala, earplug, dan masker. Semua harus dipakai. Jika tidak, dilarang masuk pabrik.

Standar seragam pabrik sudah disesuaikan untuk peruntukkannya. Kami diajarkan terlebih dahulu tentang cara pemakaian seragam. Ada mbak dan mas dari FF yang memperagakan, bak pramugari di dalam pesawat. Kamera dan HP tidak diperbolehkan dibawa masuk pabrik. Karena itu kami tidak punya dokumentasi di dalam pabrik. Hanya sempat foto-foto pakai kamera sendiri sebelum berangkat masuk pabrik. Yang boleh bawa kamera saat itu hanya fotografer FF. 



Pakai kostum pabrik. Kayak dokter ya, dokter bedah pabrik :D

Perjalanan kami di dalam pabrik tidak lama. Pintu pertama yang biasa dimasuki oleh siapapun yang akan masuk pabrik, termasuk karyawan dan tamu, adalah ruang cuci tangan. Namanya pabrik makanan/minuman ya, mesti higienis kapan pun dan di mana pun. Setelah itu baru kami keliling. Kami tidak menyebar, melainkan berjalan beriringan di jalur yang sudah disediakan. Jalur tersebut mengantar kami dari satu bagian produksi ke bagian produksi lainnya. Mulai dari tempat pembuatan kaleng, pengisian, pelabelan, hingga area pendistribusian.

Mesin-mesin canggih memenuhi seisi pabrik. Suara-suara mesin berpadu dengan conveyor yang berjalan meliuk-liuk, naik turun, membawa kaleng-kaleng kosong, kaleng berisi, hingga kaleng-kaleng yang sudah dimasukkan ke dalam dus-dus. Jumlah pekerja dalam pabrik tentu tidak sebanyak mesin-mesin. Mereka yang ada hanya bertugas menjadi operator mesin, pengawas mesin, dan entah apa lagi. Yang lainnya menggunakan forklift untuk memindahkan dus-dus yang sudah berisi kemasan susu. Jadi, proses pengemasan susu dalam pabrik steril dari tangan manusia.

Memang tidak terasa, tahu-tahu sudah diujung, perjalanan selesai. Bertemu dengan tumpukan dus-dus yang siap dikirim ke distributor. Begitu cepat. Wajar jika dalam sehari pabrik bisa menghasilkan ribuan susu kental maupun cair dalam kemasan.

Teknologi canggih membuat proses produksi berjalan dengan cepat. Pabrik beroperasi 365 hari tanpa libur. Setiap hari 200 ton susu akan diolah di pabrik. 



kaleng-kaleng susu kental manis dalam dus sedang 'jalan-jalan' naik turun conveyor *Foto: Frisian Flag*


Semua dikerjakan oleh mesin, keluar mesin sudah dalam dus *Foto: Frisian Flag*

 
MAKAN SIANG, GAMES, DAN DOORPRIZE 

Usai bareng-bareng melihat pabrik, tiba saatnya makan siang. Tumpukan makan siang (chicken teriyaki), salad sayur, salad buah, telah tersaji di meja disediakan khusus untuk blogger. Kami bersantap bareng. 


Acara selanjutnya menyaksikan cara pembuatan ragam minuman dari susu kental manis. Ada tiga minuman yang dibuat oleh barista, yaitu Frisian Chocorock, Frisian Chillhood Crumbs, dan Frisian Chocomint Mojito. Menarik? Tentu. Jadi tahu kalau susu kental manis nggak hanya diminum dengan dicampur air hangat atau dingin saja, tapi bisa dibuat ragam minuman lainnya. 

Setelah selesai belajar membuat minuman dari susu kental manis, kami pun dibuatkan satu persatu sesuai minuman apa yang kami suka. Tenyata Frisian Chocorock paling banyak digemari.


Makan siang dulu sebelum lanjut acara berikutnya
 
makan siang dalam suasana santai kayak di pantai :D

Lihat, catat, potret :D


Cara asik menikmati susu kental manis, dibuat jadi beragam minuman enak


Chocorock, Chillhood Crumbs, dan Chocomint Mojito

Nah berikutnya baru acara ‘kocok nama’ buat memenangkan doorprize.  

 
MC Tyas, yang sejak awal memandu jalannya acara, sukses bikin suasana jadi heboh. Ada saja caranya untuk bikin kami tertawa dan merasa gembira. Yang dapat doorprize ternyata banyak. Wajar, karena hadiah yang disediakan memang banyak. Dari barang-barang seperti termos, blender, mixer, wajan, spatula, hingga voucher belanja.

Yang belum beruntung dapat apa? Tenang, semua blogger yang hadir tetap kebagian hadiah. Nih saya sebutin ya. 1 set Wajan+teflon+spatula+spons cuci, blender, tupperware, termos, mug, susu kental manis kemasan pouch, susu kental manis kaleng, dan susu kental manis kemasan sachet. Yang menang doorprize dapatnya double ya. Selamat semuanya. 



Para pemenang doorprize


Saya dan Arie juga dapat dong :))
Silaturahmi yang menyenangkan, pulangnya bawa banyak hadiah bermanfaat ^_^

Hadiah lainnya yang tak kalah berharga tentunya silaturahmi dengan sesama blogger. Ya, adanya acara ini telah mempertemukan saya dengan banyak teman blogger yang seru-seru dan asik-asik. 


Bahkan ada teman dari Cianjur yang saya kenal di dunia maya (sesama blogger) sejak 2009 lalu, tapi baru di Frisian Flag kami bertemu. Saya juga dipertemukan dengan blogger Jogja, yang selama ini hanya berinteraksi di medsos. Banyak bertemu kawan blogger lainnya juga, seperti dari komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB) yang anggotanya jago-jago di bidang food dan food fotografi. 


Seru, senang, sehaaaaaat

Hari itu, Frisian Flag telah membuat kami bahagia.

Bahagia itu, katanya, sering mendatangkan efek sehat. Apalagi bila ditambah rajin minum susu. Manfaatnya banyak sekali untuk tubuh. Nah, ajak keluarga kita terus minum susu yuk. Biar badan sehat, hati pun bahagia. 







Untuk informasi lebih lanjut tentang Frisian Flag dan produk-produk terbaiknya, teman-teman bisa kunjungi alamat berikut ini:
- Website: www.frisianflag.com
- Facebook: frisian flag indonesia
- Twitter: susu_bendera
- Instagram: susu.frisianflag


Share this

Indonesian Travel Blogger Email: katerinasebelas@gmail.com

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
28 November 2016 00.13 delete

Seru ya acaranya...
Banyak hadiah pula.
Sepertinya akan semakin banyak nih penikmat dan peminum susu. Biar minum skm sekali, tapi manisnya bertahun-tahun gitu lho, siapa nolak coba? 😊

Reply
avatar
28 November 2016 02.12 delete

Senang banget bisa liat proses produksi susu favorit sejak kecil secara langsung :) Acaranya seru bertabur hadiah pulak :D

Reply
avatar
28 November 2016 08.36 delete

Wah seru bisa jalan2 ke pabrik frisian flag. Dapat pengalaman dapat oleh oleh juga.

Denger ceritanya aja udah seru pastinya disana lebih seru lagi.

Baru ngeh udah lama banget ngga konsumsi ini susu.. Dulu mah sering, sekarang banyakan ngopinya dari pada nyusunya..

Reply
avatar
28 November 2016 13.28 delete

Ya ampun itu aku ke-distract sama foto Uni duduk di bawah, hahaha. Btw, pas kecil aku juga main telepon-teleponan sama kaleng frisian flag. Oh ya, satu lagi. Kalengnya juga sering dipakai buat takaran beras.

Reply
avatar
28 November 2016 22.45 delete

Sekarang kemasan susunya sudah sangat praktis ya Mba.. Mudah dibawa kemana2 saat berpiknik gak takut tumpah..

Reply
avatar
29 November 2016 07.35 delete

ini susu kesukaan sejak kecil buat digadoin!! haha. senang banget bisa ke sini sama mbak dan teman lain. Jadi, kita kapan ke pabrik yang lain lain? :D

Reply
avatar
29 November 2016 10.43 delete

Mbak Rien suka baca di sini, aku seperti mengulang lagi acara kemaren. Baru kali itu aku masuk ke pabrik yang sangat higienis. Suka susunya hingga tetes terakhir.

Reply
avatar
29 November 2016 12.10 delete

Sayang kalau nolak minum SKM :)

Seru ya teh. Pengalaman bermanfaat. Hadiahnya juga bermanfaat :)

Reply
avatar
29 November 2016 12.11 delete

Aku sepertinya kelewat pas bagian filler. Pingin tahu sebelah mana mesinnya, berharap beruntung bisa lihat pas pengisian. Sayang ga lihat.

Reply
avatar
29 November 2016 12.13 delete

Minum susu lagi bang Kornelius. SKM sangat bermanfaat buat kesehatan kita semua ^_^

Reply
avatar
29 November 2016 12.14 delete

Postingan FF versi Adin pasti lebih keren nih.

Reply
avatar
29 November 2016 12.16 delete

Rasanya aku pernah lihat kaleng bekas SKM dijadikan buat takaran beras :D

Reply
avatar
29 November 2016 12.18 delete

Betul mbak Rita. Kemasan pouch-nya yang mudah dibawa-bawa. Tapi yang kemasan kaleng juga, karena atasnya sudah ada tutupnya.

Reply
avatar
29 November 2016 12.20 delete

Digadoinnya bukan langsung dituang ke mulut seperti kata mbak Tyas MC kan? hihi
Yuk yuk ke pabrik yang lain lagi...

Reply
avatar
29 November 2016 12.22 delete

Hal paling penting dari pabrik pembuat makanan/minuman memang faktor higienis-nya ya mbak. Dan kita senang dengan itu. Apalagi susunya memang lezat hingga tetes terakhir.

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon