Agar Tak Salah Kostum di Musim Pancaroba

17.22
Cerah ceria di pantai Teluk Kiluan

Cuaca akhir-akhir ini boleh dibilang tidak menentu. Terkadang panas terik lantas bisa tiba-tiba saja hujan gerimis. Tak jarang hujan deras di pagi hari, begitu menginjak siang hari malah dibuat gerah dengan salah kostum sepanjang hari.

Berangkat dengan sweater tebal sebagai penghangat, kita pun dibuat mati gaya ketika hendak keluar makan siang dengan sinar matahari yang sangat menyengat.

Kejadian terbaru saya alami ketika sedang berlibur ke Teluk Kiluan Lampung akhir pekan lalu. Pagi hari gerimis cukup deras dan lama. Saya kenakan jaket yang sekaligus berfungsi sebagai mantel. Kebetulan memang mau beraktivitas di pantai untuk foto-foto. Selain untuk melindungi kamera DSLR, juga melindungi diri agar tidak basah. Setelah berpakaian lengkap penuh persiapan, hujannya berhenti, berganti cerah dan menjadi panas. Otomatis saya seperti salah kostum.
 
Jaketan karena sempat turun hujan

Dengan cuaca sulit diprediksi seperti sekarang, memang ada baiknya mulai berpikir untuk melakukan ‘transisi tren’ yang bisa digunakan saat hujan atau panas.

Untuk memudahkan padu padan, sebaiknya memilih sejumlah busana yang simpel, seperti celana panjang berwarna netral, kemeja, kardigan, hingga baju hangat yang trendi. Tidak ada salahnya menggunakan busana dengan corak bunga-bunga misalnya. Tapi, pastikan warnanya tetap sepadan dengan busana lain yang siap untuk dipadukan.

Kita bisa mengganti aneka busana wol menjadi padanan kostum lain yang juga tidak kalah menghangatkan, seperti overcoat yang lebih ringan namun tetap terlihat gaya.

Untuk ragam model jaket wanita, kamu bisa cek Mapemall.com. Beragam warna, ukuran, model, dan merk, bisa dijumpai di mall online tersebut. Kamu tinggal pilih mana yang bisa dipadu padankan dengan bawahan yang kita punya.
 
Ragam jaket wanita di Mapemall.com

Nah, untuk memudahkan melakukan padu padan busana, memilih memadukan pola bermotif dengan warna lembut atau gelap dianggap tepat. Padanan ini bisa mencerahkan hari dengan menggunakan aneka warna terang ketika cuaca hujan.

Suatu keharusan menggunakan sepatu yang nyaman dan pas untuk segala situasi ketika cuaca tak menentu. Wedges atau sepatu boot yang tidak terlalu tinggi bisa digunakan sebagai alas kaki.

Jangan anti memakai rok. Jika padu padannya pas, rok tetap oke dikenakan. Rok panjang cocok dipadukan dengan boot setinggi tumit. Kenakan overcoat warna netral. Ketika cuaca tiba-tiba panas, tinggal tanggalkan overcoatnya. Yang perlu diingat untuk menggunakan kemeja atau top berwarna senada dengan keseluruhan warna busana yang dikenakan hari itu.


Coat di Mapemall.com ini kece banget!

Padu padan menarik juga bisa menjadi alternatif bila kamu mengombinasikan antara busana ringan macam kaus berleher gulung yang dipadu dengan sepatu boot atau wedges kesayangan.

Bila terasa kurang hangat, pastikan tersedia kardigan tebal atau overcoat berwarna terang. Jika hari tiba-tiba cerah, kamu bisa lepaskan coat dan boot. Lalu berganti dengan busana ringan yang lebih nyaman digunakan.

Buat para hijabers, penggunaan pashmina sebagai hijab juga bisa menjadi alternatif yang nyaman tanpa harus berkeringat sepanjang hari ketika tiba-tiba matahari muncul.
 
Kalau panas jaket tinggal dilepas :)

So, ketika musim pancaroba seperti sekarang, tetap ada jurus untuk tampil gaya bukan?


*Foto by Katerina

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
7 Agustus 2016 07.16 delete

Mbak Katerina pake apa juga tetep gaya deh. Beneraaan :D

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon