Resep Masakan Tradisional Padang, Rendang Daging Nikmat

17.00
Rendang Padang *Foto: resepdanmasakan.com*

Keberagaman budaya yang ada di Indonesia membuat kita bisa mencicipi berbagai macam makanan yang menggugah selera, memudahkan para ibu rumah tangga yang tentunya ingin menyajikan hidangan untuk keluarga tercinta. Mulai dari resep masakan tradisional hingga modern dapat dipelajari dengan mudah untuk menciptakan menu yang senantiasa bervariasi tiap harinya. 

Salah satu resep yang patut untuk dicoba sebenarnya adalah menu hidangan dari kawasan Sumatra yaitu Padang, tentunya sudah tak asing lagi bagi kita dengan aneka hidangan dari kawasan yang satu ini bukan?

Padang dikenal sebagai daerah yang menciptakan berbagai jenis hidangan penuh bumbu dengan rasa yang sangat nikmat. Salah satu menu makanannya bahkan termasuk sebagai salah satu hidangan terlezat yang ada di dunia yaitu rendang. Sehingga bukan hal yang sulit sebenarnya untuk kita jika ingin mencicipi menu makanan yang satu ini, karena hampir semua kawasan pasti memiliki salah satu rumah makan Padang.

Untuk mendapatkan rasa yang lezat tentunya tak hanya dengan cara memasak dan komposisi bahan yang tepat juga, kita juga harus pintar dalam memilih bahan yang akan digunakan untuk sajian utama tersebut, diantaranya adalah daging, berikut ini setidaknya beberapa tips dalam pemilihan daging sapi yang tepat, yaitu:
  1. Pilihlah yang segar, bagaimana cara mendapatkannya, dibandingkan dengan produk yang sudah dikemas tak ada salahnya kita datang secara langsung ke pasar tradisional, disini nantinya memungkinkan kita untuk memilih produk dengan melihat kondisinya langsung.
  2. Umumnya memiliki warna yang merah hati, warna yang segar umumnya adalah merah hati dengan serat yang putih halus.
  3. Mengeluarkan aroma yang khas, bukan bau busuk yang menyengat melainkan benar-benar segar.

Setelah mengetahui bagaimana tips pemilihan daging sapi yang segar, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui resep masakan tradisional yang satu ini, berikut setidaknya beberapa tips dalam pembuatan, yaitu:

Bahan-bahan:
  • 1 kg daging sapi yang masih segar,
  • 2 batang serai, memarkan,
  • 10 gelas santan dari 5 butir kelapa,
  • 1 biji asam kandis,
  • 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya,
  • Garam secukupnya.

Bumbu halus:
  • 4 buah kemiri,
  • 5 siung bawang putih,
  • 1 cm jahe,
  • 2 ons cabai merah, bisa ditambah sesuai dengan selera,
  • 1 ruas laos, geprek.

Cara membuat:
  1. Daging sapi yang sudah dibersihkan bisa langsung dipotong dalam ukuran setebal telapak tangan, lakukan hingga semua daging terpotong dengan rapi.
  2. Siapkan wadah baik itu wajan maupun panci kemudian masukkan santan ke dalamnya, rebus bersama dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Nantinya jika sudah mendidih bisa mulai memasukkan jeruk purut, asam kandis, serai dan juga potongan daging.
  3. Masak terus hingga santan agak berkurang kemudian aduk, dalam proses memasak ini sebaiknya gunakan api sedang agar hasilnya tak gosong. Aduk terus hingga tiap bagian matang sempurna.
  4. Kriteria rendang yang sudah matang adalah bagian bumbu dan santan mulai mengental nampak seperti saus. Kita bisa memasukkan garam disini agar rasa asin lebih tepat.
  5. Angkat dan sajikan.
Sangat mudah namun memang membutuhkan waktu yang lama untuk menikmati hidangan yang termasuk dalam makanan terenak di dunia ini. Kita bisa membaca buku panduan resep masakan tradisional rendang tersebut secara mudah, tersedia cukup banyak di book store atau tiap buku resep masakan.
 
Sudah pernah mencoba membuat rendang sendiri?

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
24 Mei 2016 10.13 delete

Daku nyontek ya Mbak mau dekat lebaran nih kudu bikin rendang.

Reply
avatar
24 Mei 2016 10.27 delete

Silakan mbak. Kalau udah bikin kabari ya mbak, aku minta dikirimi :D

Reply
avatar
24 Mei 2016 10.48 delete

Masakan padang ini jadi andalanku kalo ga ada ide mau makan apa, dulu pas tugas kantor selama dua minggu di jakarta aku bosen makan makanan hotel. nah pas jalan-jalan itu rasanya lega banget bisa makan masakan padang, lidaku langsung terpuaskan bangett.

Reply
avatar
25 Mei 2016 17.16 delete

Pernah bikin sama Ibu kalau pas Hari Raya di Indonesia. Suami suka banget soalnya. Aku juga dikirimi bumbu bubuk dari padang dari kakak Ipar, rasanya mantep!

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon