Rasa yang Tertinggal di Tegal

15.50
wisata tegal

Pantai Purwahamba Indah Tegal
Sumber foto : www.wisatategal.com

Tegal selain terkenal dengan warung Tegal-nya yang terdapat hampir di setiap kota dan setiap daerah ternyata memiliki keindahan pesona wisata yang nampaknya bakal membuat kamu memiliki rasa yang tertinggal ketika berkunjung ke sana. 

Terletak di jalur Pantai Utara atau yang dikenal dengan Pantura, Tegal adalah salah satu wilayah otonom di Provinsi Jawa Tengah. Tegal pernah menjadi cikal bakal berdirinya korps mariner seperti tercatat dalam pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers pada 15 november 1945.

Usut punya usut penggunaan nama Tegal mengacu kepada istilah Tegalan, Tetegil (lading), atau nama sebuah desa yang pada mulanya adalah merupakan bagian dari Kabupaten Pemalang yang setia kepada trah Kerajaan Pajang. 

Penasaran pesona wisata apa saja yang tersimpan di Tegal? Berikut daftarnya dan bisa kamu jadikan referensi untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kalau kamu dari luar kota, kamu bisa pesan hotel di traveloka dan menikmati berbagai tempat wisata di Tegal ini.


[Sudah baca ini belum?  Pesona Gili Nanggu dan Gili Sudak di Lombok Barat]
 

1.  Pemandian Air Panas Guci Tegal
Ini adalah salah satu tempat wisata favorit di Tegal, tempat Pemandian Air Panas Guci. Setiap akhir pekan dan hari libur nasional pasti ramai dikunjungi wisatawan. Tak heran jika kendaraan kamu sudah harus antri di pintu masuk Pemandian Air panas Guci. Letaknya di alan objek wisata Guci Sigedong Bumijawa Tegal. Tempat ini cukup unik karena suhu air berbeda-beda tergantung dari tingkatannya di mana ada 25 tingkatan. Sumber airnya berasal dari kaki Gunung Selamet. Belerang di sini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, namun jika ada yang memiliki riwayat penyakit jantung harap tidak berlama-lama saat mandi di Pemandian Air Panas Guci.

Untuk menempuh perjalanan ke pemandian air panas Guci Tegal, kamu harus menempuh jarak 30 KM dari Kota Tegal dan 40 KM dari Slawi. Di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup indah dan asri dan medan yang cukup terjal.

Di pemandian air panas Guci Tegal terdapat wahana berupa pemandian terbuka dan pemandian tertutup serta kolam renang dan juga penyewaan kuda.   

wisata tegal traveloka
Sumber foto : http://www.beritadaerah.co.id

2. Tirta Waduk Cacaban Tegal
Waduk Cacaban Tegal merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di Tegal. Suasana yang damai dan panorama yang menyejukkan mata memberi kesan rasa yang tertinggal bagi wisatawan yang mengunjunginya. Waduk ini sendiri dibangun pada tahun 1952 oleh Soekarno. 

Di waduk ini terdapat berbagai macam permainan seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata, dan lain-lain. Rasanya tak lengkap jika  kamu berkunjung ke Tegal tak mampir ke tempat wisata yang satu ini.

3. Pantai Wisata Purwahamba Indah Tegal
Tempat wisata alam di Tegal selanjutnya adalah Pantai Purwahamba Indah. Meskipun pantai ini tidak memiliki pasir yang putih tapi pemandangan di pantai ini boleh diadu dengan pantai lainnya. Lokasi pantai ini berada di Desa Purwahamba Kecamatan Surada atau sekitar 14 KM dari Kota Tegal. 

Unik nya dipantai ini kamu bukan hanya dapat menikmati liburan di pantai , tapi tersedia wahana lainnya seperti koolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo café, kebun binatang mini, area bermain anak dan masih banyak lagi.

[Baca ini juga yuk: Hal-Hal Menarik yang Terdapat di Pulau Maratua]

4. Curug Putri Tegal
Belum habis pesona wisata alam di Tegal, kali ini Wisata Alam Curug Putri Tegal akan membuatmu memiliki rasa yang tertinggal dengan kota yang terkenal dengan bahasa ngapaknya. Keindahan alam dan kesejukan air di curug ini membuat wisatawan ingin kembali mengunjungi. Curug ini hanya memiliki ketinggian 25 Meter. Lokasi curug terdapat di perbatasan dua kabupaten yaitu Tegal dan Brebes.

5. Bukit Cepu Tegal
Wisata alam yang terkenal selanjutnya di tegal adalah Bukit Cepu Bukit cepu menjadi terkenal setelah presiden SBY mengunjungi tempat ini. Letaknya berada di Dusun Krajan Desa Batumirah, Kecamatan Bumiwijaya, Kabupaten Tegal atau sekitar 24 KM ke selatan dari pusat Kabupaten Tegal.

Untuk menuju lokasi wisata ini kamu harus naik anak tangga berjumlah 950 buah. Setelah kita sampai di puncak, rasa lelah akan sirna seketika setelah kita melihat pemandangan yang luar biasa dari udara yang sejuk. Jika kamu membutuhkan ketenangan, tempat ini sangat cocok dan terlebih bagi yang mempunyai hobi fotografi, banyak objek yang dapat kamu abadikan dengan lensa kameramu dan yang pasti recommended!   

Sumber Foto : http://www.kompas.com

6.  Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal
Untuk urusan kuliner, tenang, Tegal tak ketinggalan dengan wisata kulinernya . Wahana Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal adalah tempat wisata kuliner di Tegal yang wajib di kunjungi. Tempat yang baru dibuka tahun 2013 lalu menjadi tempat para wisatawan mencicipi kuliner khas Tegal seperti soto tegal, tahu aci, rujak teplak, tahu pletok, dan lain-lain. Lokasi Taman Rakyat Slawi Ayu Tegal terdapat di depan terminal bus Slawi sehingga sangat mudah untuk di jangkau. Di tempat ini juga menjadi tempat interaksi masyarakat kabupaten Tegal dalam berbagai aktifitas seperti aktifitas social, pentas seni, olahraga, dan sebagainya.

7.  Wisata Budaya Konsorsium Rumah Wayang Tegal
Untuk wisata budaya, Tegal juga menyimpan pesonanya di Wisata Budaya Konsorsium Rumah Wayang Tegal. Lokasinya terdapat di dekat Jembatan Lemah Duwur Talang. Rumah wayang yang berukuran 4x4 M ini menyimpan ribuan wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi. Ada juga aksesories seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, senjata khas, foto-foto ki enthuse, gamelan dan masih banyak koleksi budaya lainnya.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Tegal yang bakal membuatmu menyimpan rasa yang tertinggal di daerah ini. Tunggu apa lagi, segera jadwalkan bersama keluarga dan orang-orang tercinta untuk berwisata ke Tegal. Untuk kamu yang ingin bermalam dan menginap di Tegal, untuk info lengkap dan hotel murah di Tegal silahkan klik Traveloka.

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

16 comments

Write comments
13 April 2016 16.15 delete

Aku yang paling ingat dengen Tegal itu dialeknya yang khas dan lucu wekekeke.

Reply
avatar
13 April 2016 16.22 delete

Guci juga bagus mba Rien. Kulinernya unik!

Reply
avatar
13 April 2016 16.22 delete

Wah kapan-kapan klo pas lewat Tegal, kayaknya seru nih nginep disana sekalian eksplor wisatanya

Reply
avatar
13 April 2016 20.41 delete

Penasaran sama Bukit Cepu Tegal, sepertinya asik buat motret2...
kapan2 kemari...

Reply
avatar
13 April 2016 22.08 delete

yang membuatku ingat tegal adalah logat bicaranya yang kental sekali.. dimana saja, pasti langsung ngeh klo itu logat tegal hehe

Reply
avatar
14 April 2016 05.59 delete

Khas lebih tepat ya, Wan. Kalau dianggap lucu sih mungkin setiap dialek di suatu daerah lucu. Karena pada dasarnya kita hanya tidak biasa mendengar dan menggunakannya. Aku pernah dengar dialek Tegal di warteg :)

Reply
avatar
14 April 2016 05.59 delete

Thanks mbak Ima. Mesti aku catat nih siapa tahu suatu hari ke Tegal :)

Reply
avatar
14 April 2016 06.00 delete

Silakan mbak Arni. Jadi nggak bingung nanti kalau di Tegal mau ke mana ya :)

Reply
avatar
14 April 2016 06.01 delete

Kalau fotografer lain ya, yang diincar tempat yang bisa jadi santapan empuk kamera hehe. Ikut ya mas kalo mau ke Bukit Cepu :D

Reply
avatar
14 April 2016 09.52 delete

Tegal cuma taunya logatnya yang medok.
Memang benar, setiap daerah di Indonesia menyimpan pesona keindahan sendiri cuma belum tereksplore.

Reply
avatar
14 April 2016 10.08 delete

Warungnya juga tahu kan? :D

Harus banyak keliling Indonesia hingga ke sudut2nya biar tereksplore semua.

Reply
avatar
15 April 2016 07.29 delete

Selama ini taunya cuma Pemandian Guci Tegal... Ternyata banyak juga ya tempat menarik di Tegal

Reply
avatar
17 April 2016 09.56 delete

pengeeennn ... saya pengen bisa ke Tegal :)

Reply
avatar
19 April 2016 10.59 delete

Air panas guci tegal tempatnya fresh benget mbak suka bnget liatnye hhee

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon