Tips Berbusana Muslim Sesuai Musim

10.16


Baju musim hujan? Musim kemarau? Bukan! Ini baju musim cinta! :p @Travelerien

Mencari, menemukan, dan menyesuaikan gaya berbusana muslim dengan lingkungan dan kondisi cuaca sekitar tidaklah sulit. Kini, busana muslim di Indonesia sudah tersedia dengan banyak pilihan model, warna dan bahan. Mulai dari koleksi desainer ternama, hingga koleksi busana muslim dari unit usaha kecil menengah. Tinggal pilih mana yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanpa harus meninggalkan karakter personal masing-masing. Untuk Indonesia yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan hujan, busana yang dikenakan tentunya perlu penyesuaian dengan kondisi cuaca yang ada. Lalu, apa sajakah cara berbusana yang tepat sesuai dengan musim tersebut? Here are some tips from me, just for you, Katerina lover! *ngomong ala artis wkwkwk*

JILBAB UNTUK MUSIM KEMARAU
Musim kemarau di Indonesia identik dengan udara panas dan terik matahari. Tentu keadaan ini membuat produksi keringat meningkat. Bagi seorang muslimah, keadaan ini akan semakin menyiksa karena harus mengenakan kerudung dan pakaian panjang. Untuk mengurangi rasa panas dan gerah, berikut tips yang bisa dicoba:

Kerudung Paris dan Katun
Kerudung dari kain paris cocok dikenakan di musim panas atau kemarau. Kain paris ini tipis dan dingin sehingga produksi keringat bisa ditekan. Selain itu, kain paris juga terbukti dapat menyerap keringat dengan baik. Kerudung dari kain katun menjadi pilihan kedua setelah kain paris. Beberapa muslimah kurang menyukai kain paris karena terlalu menerawang. Untuk itu, pilihan katun lebih baik. Kerudung musim kemarau dari katun ini juga dapat menyerap keringat.

Hindari Warna Gelap
Warna gelap bersifat menyerap panas sehingga suhu tubuh semakin meningkat bila mengenakannya di musim kemarau, apalagi bila kerudung yang dipakai berwarna hitam. Untuk itu pilihlah kerudung dengan warna-warna yang lebih cerah, minimal untuk siang hari.

Teknik Pemakaian
Angin bertiup kencang saat musim kemarau tiba, untuk itu perlu teknik khusus untuk mengenakan kerudung. Kerudung paris yang tipis tetap bisa dikenakan tanpa takut terbawa angin. Pertama, pasang kerudung dengan peniti di dagu. Setelah itu tarik salah satu sisi ke bagian atas kepala. Sisi yang lain tarik ke belakang bahu. Dengan begitu kerudung akan lebih melekat di kepala dan tidak mudah terbawa angin.

Kerudung pashmina juga bisa dijadikan pilihan. Cara mengenakannya adalah dengan memasang kerudung yang dikaitkan di dagu. Kemudian salah satu sisi yang panjang diputar hingga ke bagian yang lain. Sedangkan sisi pendeknya ditarik ke bahu lawan.

Pakaian
Bukan hanya kerudungnya saja yang harus menyerap keringat dan tipis, tapi juga busana yang dikenakan. Ketika musim kemarau tiba, pilihlah bahan katun yang terbukti menyerap keringat dengan baik. Kain katun yang kini banyak dipasarkan juga memberikan rasa dingin bagi penggunanya.

Pilihan lain adalah kain tisu yang tipis atau kain sutera. Sekarang sudah kain sutera semi sintetik yang harganya cukup terjangkau dan tidak membuat diri merasa gerah. Memadukan kerudung dengan baju berbahan dingin di musim kemarau akan membuat kita merasa nyaman berkerudung meskipun udaranya panas. Dengan begitu keluarnya keringat juga bisa ditekan.


JILBAB UNTUK MUSIM HUJAN
Saat musim hujan datang seperti saat ini, kita tentu mulai akrab lagi dengan jaket atau sweater tebal yang biasa digunakan untuk menahan dingin. Bagaimana kombinasi fashion yang pas dan tetap terlihat fashionable saat musim hujan? Berikut ini adalah model kombinasi kerudung dengan pakaian yang cocok dikenakan saat musim hujan.

Pakaian
Udara dingin yang berhembus saat musim hujan dapat ditahan dengan mengenakan cardigan, jaket tebal, sweater, atau jenis pakaian tebal lainnya. Bila ditambah long coat akan membuat tampilan terlihat chic dan stylish.

Celana dan Legging
Bawahan tentu juga harus diperhatikan untuk menahan suhu tubuh dari dingin, namun harus juga tetap nyaman dikenakan. Bisa juga dengan menggunakan celana jeans tebal namun tidak ketat. Penggunaan rok maxi juga bisa asalkan mengenakan legging sebagai inner. Pilih yang berbahan tebal, sehingga suhu dingin tidak sampai masuk.

Memilih Sepatu
Sepatu yang pas digunakan saat musim hujan adalah sepatu boots. Untuk menghindari basah saat berada di jalan yang berair lebih cocok jika memilih sepatu boots yang berbahan kulit. Saat ini sepatu boots mudah sekali didapat dan memiliki model-model yang sangat menarik.

Tambahan Syal
Bagi muslimah berkerudung, udara dingin saat musim hujan sebenarnya tidaklah terlalu menyengat karena bagian leher sudah tertutupi, namun untuk menambah kehangatan tidak ada salahnya menambahkan syal di leher. Selain menambah indah penampilan, syal juga bisa memberikan  kenyamanan saat dikenakan.

Demikian tips sederhana yang bisa saya bagikan di sini. Silakan dicoba barangkali cocok :D Oh ya, saya ini penganut konsep busana padu padan yang tak sekali pakai. Bagi saya konsep ini memudahkan dalam memenuhi kebutuhan untuk tampil sesuai pakem namun tetap gaya. Kalau kamu konsepnya apa?

Nah, bagi yang ingin melengkapi koleksi busana yang bisa disesuaikan dengan musim dan  mudah dipadu padan, coba deh intip-intip situs belanja online terkemuka seperti Zalora. Di sana ada koleksi baju muslim dan perlengkapannya yang akan dijual dengan diskon besar-besaran. Sudah tahu kan kualitas fashion di Zalora itu bagus? Mumpung ada hari belanja online nasional (harbolnas) yang jatuh tanggal 12 bulan 12, kamu bisa dapatkan koleksi bagus dengan harga bagus. Lihat promonya di sini

Ok, sekian dulu tips berbusana sesuai musim. Semoga bermanfaat. Selamat berbelanja :)))


***

Photo: Katerina @Travelerien



Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
8 Desember 2015 10.19 delete

Waaahh modelnyaaaa cantikkk.. Bener mba rien, kita yg berhijab penting banget tahu bahan yg dipakai biar tetap nyaman saat dipakai ya.. Intip promonya aaahh...

Reply
avatar
8 Desember 2015 10.53 delete

Hindari warna gelap.. #tutupmuka!

Reply
avatar
8 Desember 2015 10.58 delete

Aku hobinya pakai pashmina. Udah mulai jarang pakai yg kotak ;)

Terus kalau baju lebih suka yang dibawah lutut. Selain nyaman juga banget. Hihi. Gitu aja masih dilapisi kardigan. Maklom badan tipis rentan masuk angin :D

Nuhun tipsnya mbak. Eh dirimu ada kanji mau ngajarin aku soal fashion loh *nodong :p

Siap belanja kalau dpt info harbolnas gini :)))) *kekepin ATM*

Reply
avatar
8 Desember 2015 12.50 delete

pakai yang bikin nyaman dan ga nyeplak sih yang jelas

Reply
avatar
9 Desember 2015 03.45 delete

Kece banget sih Mba Rien potonyaaa. Reminder ah harbolnas mau cek2 Zalora kali aja ada yang menarik.

Reply
avatar
noe
11 Desember 2015 22.06 delete

Aaah zaloraaa... Kmren aku udh beli bbrp produk sale nya. Hihi

Reply
avatar
14 Desember 2015 20.03 delete

wah ini modelnya asyikkk dan tetep modis berbagai situasi

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon