Galeri Indonesia WOW! Wadah Bagi Para Pelaku UKM

08.29



Hari Kamis tgl. 22/10/2015, Galeri Indonesia WOW (GIW) resmi beroperasi di gedung Smesco RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM) di kawasan SME Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. GIW merupakan rebranding UKM Gallery di gedung SME Tower lantai dasar dan lantai 2. GIW hadir dengan tujuan untuk mendampingi pertumbuhan UKM di Nusantara dan sebagai pusat promosi koperasi dan usaha kecil menengah. 

GIW sudah diluncurkan sejak bulan Desember tahun 2014 lalu dan baru dibuka pertama kalinya untuk umum pada hari Sabtu 24/10/2015. Saya tidak hadir dalam acara peresmiannya, tapi menurut sumber berita online yang saya baca, acara peresmian GIW dihadiri oleh ratusan undangan yang mayoritas pelaku bisnis dan instansi. Soft launching GIW dihadiri Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi bersama tim, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kemenkop dan UKM Emilia Suhaimi, serta Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM Setyo Heriyanto. Selain itu, CEO Markplus Inc Hermawan Kartajaya, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility, and Security PT Astra Internasional Tbk Pongki Pamungkas, perwakilan dari Bli-Bli.com, serta perusahaan-perusahaan dan para akademisi.

Hari Minggu (25/10/2015) saat saya datang ke Smesco, saya tidak langsung ngeh di mana letak GIW. Dari basement saya naik lift ke lantai 1. Keluar dari lift langsung belok kiri, ke arah galeri UKM. Lalu keluar menuju meja registrasi yang terletak di depan gedung paling kiri. Kalo dari gerbang masuk Smesco, gedungnya sebelah kanan paling ujung. Saya kira GIW ada di gedung itu. Ternyata bukan. Setelah registrasi, mbak-mbak di meja registrasi itu malah pindah. Meja-meja diangkat ke gedung yang berada persis di depan gerbang masuk Smesco. Sebelahan persis dengan sevel (seven eleven).
 



Sewaktu memasuki GIW, sisa-sisa peresmian masih terlihat di lantai dasar, seperti wall besar dan lebar bertuliskan Galeri Indonesia WOW, serta banner blibli.com. Di sebelah kiri dan kanan dari wall meriah dan penuh gambar itu, terlihat tenant-tenant yang begitu ekslusif berjejer hingga ke bagian belakang. Rapi,  menarik, dan tampak sangat ekslusif. Seperti galeri di mall bintang lima! Tata ruang dan rak-rak yang memajang aneka produk UKM tampak sangat bercita rasa. Membuat produk-produk etnik buatan lokal jadi tampak begitu spesial. Jujur, melihat itu semua saya jadi merasa bangga. Bangga karena GIW membuat pelaku UKM naik kelas. Kalau begitu, selamat buat para pelaku bisnis dan UKM karena kini punya galeri dengan konsep wow dan desain yang wow juga.
 
















Banner blibli yang saya lihat di lantai dasar membuat saya sempat mencari tahu ada hubungan apa antara GIW dengan blibli.com. Rupanya Smesco menjalin kemitraan dengan blibli.com dalam membantu memasarkan produk UKM. Jadi, buat yang pernah bertanya kepada saya apakah produk UKM di Smesco bisa didapatkan secara online, jawabannya bisa. Silakan cek sendiri ya.

Acara NetizenVaganza berlangsung di lantai 2 GIW. Hadir dalam acara tersebut Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM. Saya dan para blogger yang hadir, menyimak keterangan Pak Zabadi tentang Galeri Indonesia WOW yang baru diresmikan.
 

Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM

Dalam keterangannya, Ahmad Zabadi mengungkapkan bahwa pembangunan GIW juga merupakan hasil kemitraan antara LLP-KUKM Kemenkop dan UKM dengan Markplus Inc dengan PT Astra International.  Kemitraan tersebut bertujuan agar integrasi antara berbagai pihak dalam pemberdayaan KUKM dapat mengakselerasi bisnis KUKM untuk lebih maju dan berkembang. Renovasi Galeri Indonesia WOW dibantu oleh Astra dengan total biaya Rp 3,4 miliar.

GIW adalah bagian dari Gerakan Indonesia WOW yang dicanangkan Presiden Jokowi pada awal pemerintahan. Galeri ini menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh :
  • Para wirausaha baru
  • Para insan kreatif
  • Pelaku KUKM yang ingin naik kelas

Industri yang ada di Galeri Indonesia WOW meliputi pasar barang seni, seni kerajinan, desain, fashion,  video, film, fotografi, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, kuliner dan musik. Sedangkan fasilitas yang tersedia di GIW, antara lain:
  1. Co-Working space. Tempat ini bisa dimanfaatkan sebagai kantornya UKM di Indonesia. Wadah bagi para pelaku usaha untuk berinteraksi dengan sesama wirausaha. Adajuga ruang pertemuan berapasitas 10-30 orang yang bisa dijadikan  tempat bertemu dengan partner strategis atau venture capital. 36 meja co-working space sebagai tempat pembelajaran bagi UKM mem-branding produk yang dilengkapi creativity room serta productivity room yang juga berfungsi sebagai investor meeting place.
  2. Maker space. Ruang bagi UKM bereksperimen. Dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk. Ke depannya, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas produksi, seperti mesin jahit, mesin bubut, dan lainnya. Fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan oleh para market orang muda (youth), perempuan (women) dan pengguna internet (netizen).
  3. Creative stage. Ruangan berbentuk panggung ini dapat dimanfaatkan oleh para wirausaha baru dan pelaku KUKM untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Sebagai tempat untuk berkreasi dengan berbagai kreativitas, seperti pertunjukan musik dan seni lainnya.
  4. Pop-up Market. Display permanen dalam bentuk pop-up store ini adalah fasilitas untuk memamerkan berbagai produk karya UMKM.
  5. Curated Concept Store. Ini adalah fasilitas untuk display produk dengan konsep yang dikurasi dengan cermat oleh kurator berpengalaman. Tempat ini dapat dimanfaatkan untuk membangun brand bagi produk UKM.

Masih menurut Pak Zabadi, berbagai fasilitas yang diberikan oleh Smesco tersebut, merupakan upaya untuk mendukung UKM supaya tidak berjuang sendiri sehingga para pelaku usaha dan calon pelaku usaha bisa tumbuh dan berproses. Dan tentunya yang paling penting adalah, para pelaku usaha mau memanfaatkan fasilitas yang ada dengan semaksimal mungkin untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, serta penguatan merek produk dan perluasan akses pasar. Jika kualitas pelaku KUKM meningkat, otomatis bukan hanya akan menjadi KUKM yang menjadi kreatif, tapi juga produktif dan dapat bersaing di pasar international.

Sekali lagi, selamat buat Smesco. Semoga melalui Galeri Indonesia WOW, dapat memberi kontribusi yang lebih banyak untuk pertumbuhan UMKM di tanah air. Semoga Smesco Rumahku, Rumahnya Koperasi dan UKM.
















Kehadiran saya pada cara Smesco NetizenVaganza pada hari Minggu (22/10) lalu, tidak hanya membuat saya berbahagia karena memetik kemenangan dalam lomba blog Smesco Local Brand Lebih Keren, tetapi juga bangga karena keberadaan Galeri Indonesia Wow membuat pelaku UKM (beserta produk yang mereka buat) bisa naik kelas.

Saya nyaris tak bisa berhenti memandangi berbagai produk kain tradisional yang ada di lantai dasar. Mulai dari berbagai kain songket hingga kain batik. Dari perhiasaan berbahan batu hingga kayu. Dari tas, baju, hingga sepatu batik berbagai macam motif semua ada. Dari barang-barang pajangan hingga furniture rumah tangga. Semuanya etnik dan unik, kental dengan nuansa lokal khas Indonesia.  

Kemana lagi mencari produk lokal bermutu dari seluruh Nusantara kalau bukan di sini, di Smesco Indonesia.

Saya belanja kalung cantik ini

Juga belanja sepatu batik cantik ini :)


*Semua foto dokumentasi Katerina 





Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
8 November 2015 11.06 delete

Kaiiiinnn... Suka kain traditional.

Reply
avatar
9 November 2015 00.22 delete

mbak katerina nggak pernah bosen mampir kesini ya :D Awas kalap belanja mulu mbak~

Reply
avatar
2 Februari 2016 15.59 delete

Kapan-kapan harus mampir dan ubek2 galeri keren ini :D)

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon