[Tokopedia Roadshow Jakarta] "Ciptakan Peluangmu" dan Tokopedia BerAksi

13.39

Sabtu tgl. 10/10 Tokopedia resmi membuka rangkaian roadshow kuarter empat di Plaza Bapindo, Jakarta Selatan. Berbeda dengan dua roadshow sebelumnya, kali ini Tokopedia mengusung konsep baru yang lebih segar untuk 10 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, Medan, Malang, Solo, Yogyakarta, dan Banjarmasin. Roadshow kali ini terdiri dari sebuah talkshow interaktif bertajuk “Ciptakan Peluangmu” dan Tokopedia BerAksi.

Saya tertarik untuk mengikuti acara ini. Itu sebabnya ketika Tokopedia mengirimkan formulir pendaftaran online, saya langsung mendaftar. Alhamdulillah diterima dan diundang. Acaranya juga di hari libur, jadi bisa datang ditemani suami. Saya sempat ragu apa boleh bawa orang lain selain blogger. Boleh, kata Joko. Asal daftar dulu. Akhirnya saya daftarkan suami ke email event Tokopedia. Setelah ditunggu, tidak ada yang membalas. Wajar sih, sebab emailnya saya kirim dini hari Sabtu. Tepat di hari H. Pasti nggak ada lagi yang sempat buka emailnya ya. He he.

Jam 08.30 pagi kami sudah tiba di Plaza Bapindo. Naik ke lantai 10. Sewaktu keluar dari lift, langsung terlihat kerumunan orang berbaju hijau dengan gambar burung hantu di bagian depan. Itu logo Tokopedia! Kami disambut dan diarahkan ke meja registrasi. Meja registrasinya ada lima. Saya mendatangi salah satu, yang paling depan. Tapi disuruh ke meja paling ujung. Di sana ternyata ada Karinta. Saya sudah kenal Karinta.
Dia tim event Tokopedia. Setelah cipika cipiki, Karinta mengarahkan saya ke meja pertama. Karinta memberitahu rekannya bahwa nama saya sudah terdaftar, tinggal paraf kehadiran saja. Setelah dicari-cari di kertas dengan urutan huruf K, baru ketemu. Bagaimana dengan suami? Dia disuruh mengisi daftar baru sebagai tamu ‘dadakan’ hihi. Terserah apapun namanya, yang penting kami bisa masuk.

Saya tidak tahu apakah ada blogger yang saya kenal hadir juga dalam acara ini. Tidak ada obrolan tentang itu. Pun status-status di sosmed. Dari sekian banyak orang yang saya jumpai di sekitar meja pendaftaran, tak ada yang saya kenal. Sambil menunggu ruang acara dibuka, saya foto-foto di photo wall yang disediakan. Katanya, jika fotonya diupload ke Instagram dengan hastag #TopedJKT15 dan mention ke Tokopedia, nanti foto akan dicetak dan diberikan gratis. Hal ini mengingatkan saya saat hadir di acara ulang tahun Tokopedia pada 17 Agustus lalu.

Jam 9 pintu ruang acara dibuka. Assembly Hall lantai 10 ini tampak begitu luas dan megah. Mungkin berkapasitas 800-1000 orang. Awalnya baru terisi 2 baris saja. Saya mengajak suami duduk di baris ketiga dari depan. Setengah jam kemudian, bangku-bangku mulai terisi. Hampir tak ada bangku yang kosong. Sangat ramai. Adakah di antara sekian banyak orang itu teman blogger saya? Setelah melihat ke sana kemari, ternyata persis di depan saya ada Evrinasp. Akhirnya ketemu juga teman blogger yang saya kenal, meskipun sampai akhir acara hanya Evrina saja yang saya jumpai. Ada sih yang lain, seperti mas Febryan. Tapi bukan ketemu wajah. Melainkan ketemu nama di layar yang sedang menampilkan live tweet para undangan he he.

Talkshow interaktif bertajuk “Ciptakan Peluangmu” tidak hanya ditujukan bagi para pengguna Tokopedia. Tokopedia juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa, penjual-penjual offline, dan siapa saja yang ingin menciptakan peluang melalui bisnis online, untuk bergabung dalam acara. Itu sebabnya acara peserta yang hadir sangat ramai. Saya kira hanya untuk kategori seller, buyer, dan blogger saja. Rupanya ada juga yang lain.

Pembicara talkshow datang dari berbagai latar belakang profesi, seperti blogger, komedian, aktivis, dan mereka yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Tokopedia juga menghadirkan penjual-penjual sukses Tokopedia.

Hadir dalam acara CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Stand Up Comedian Arie Kriting, Penulis Buku Shitlicious Alitt Susanto dan Seller Tokopedia Rizki Auliadi (www.tokopedia.com/evrizsouvenir) mantan pengamen dan pemulung yang saat ini ia telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi banyak masyarakat di sekitarnya. Acara yang dipandu oleh Kemal Mochtar ini berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Ratusan peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara. Buat saya pribadi, Talkshow ini begitu menginspirasi, terutama dalam hal menciptakan peluang untuk diri sendiri maupun masyrakat di sekitar saya.

Selain menyelenggarakan talkshow, Tokopedia juga bekerja sama dengan beberapa seller untuk mengadakan aksi sosial bertajuk Tokopedia BerAksi. Tokopedia menggandeng beberapa seller untuk berkunjung ke panti asuhan, yayasan maupun sekolah kejuruan, lalu memberikan pelatihan keterampilan. Tidak hanya memberikan pelatihan, Tokopedia juga akan menyediakan seluruh bahan dan alat produksi yang dibutuhkan.

Tokopedia Roadshow dilaksanakan dengan harapan mampu mengedukasi peserta mengenai penggunaan internet sebagai platform bisnis, serta mendorong masyarakat Indonesia untuk menciptakan peluangnya sendiri demi kehidupan yang lebih baik.

Tokopedia Roadshow Jakarta didukung oleh JNE, Smartfren, Bank Mandiri, dan Bank BNI. 

Registrasi dulu

photo booth

Megah!

Kemal Mochtar : "Jangan pulang dulu sebelum acara selesai ya"

Acara belum mulai tapi Tokopedia sudah bagi-bagi hadiah voucher yang ditempel di bawah bangku

CEO JNE , Bpk Abdul Rahim Tahir memberikan sambutan & sedikit product knowledge mengenai JNE

Presentasi dari Bank Mandiri , Bpk Narullah Saptija, mengenai perencanaan keuangan

Yes, William sadar kamera saya :)))

Kami ingin sukses dengan cara membuat orang lain sukses ~William Tanuwijaya, CeO Tokopedia

Ariekriting : "Dulu saya tdk mau ditertawakan. Skrg saya butuh ditertawakan"

"Bermimpilah setinggi langit, andaipun jatuh, jatuhnya di atas bintang-bintang" ~Alitt (tengah) mengutip kata-kata Bung Karno

"Kompetisi menghasilkan inovasi" ~ Alitt Susanto (blogger, penulis buku)

Seller sukses Tokopedia, Rizki Auliadi

live twit competition

Para pembicara menerima plakat dari Tokopedia

Pemenang doorprize dapat hadiah HP Smartfren

Melissa (Vice President Tokopedia) bersama dua pemenang live twit dan pemenang doorprize

Makan siang untuk peserta

Makan siang di luar ruangan, enak banyak angin :D

Makan siang di dalam ruangan pake AC :))

Seseruan bareng mbak Evrina

Ada yang sedang mandangin fotonya

Bojoku dapat goodie bag juga hihihi
Tokopedia Roadshow Jakarta didukung oleh JNE, Smartfren, Bank Mandiri, dan Bank BNI.

Biar nggak hoax :))

[Kiri] Karinta, ketua tim event Tokopedia. [Kanan] Melissa, Vice President Tokopedia

Ciluuuuuuk Baaaaaaaaaa



*Semua foto dokumentasi Katerina

Share this

Indonesian Blogger | Travel Writer | Email: katerinasebelas@gmail.com |

Related Posts

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
14 Oktober 2015 15.00 delete

kok foto mas nya kepotong gitu? emang aslinya gitu mbak? perasaan engga deh, seru ya mbak acaranya, lebih seru lagi bisa ketemu dirimu, gak sia2 deh aku datang, waktu dateng aroma kemegahan sudah terasa, dan acaranya sarat makna

Reply
avatar
14 Oktober 2015 19.33 delete

Melihat fotonya saja sudah terbayang kemegahan acaranya, moga nanti di Malang bisa ikutan bersama keluarga. Boleh ajak anak kecil nggak sih? :D
Mesti deh foto mas bojonya dicrop? :P

Reply
avatar
14 Oktober 2015 19.33 delete

Melihat fotonya saja sudah terbayang kemegahan acaranya, moga nanti di Malang bisa ikutan bersama keluarga. Boleh ajak anak kecil nggak sih? :D
Mesti deh foto mas bojonya dicrop? :P

Reply
avatar
14 Oktober 2015 22.55 delete

blm perna belanja [ake tokopedia, coba ntar tenggok2 murah kagak hehehe

Reply
avatar
15 Oktober 2015 06.13 delete

Itu banyak angin utk bikin cepet kenyang ya??

Reply
avatar
15 Oktober 2015 08.56 delete

Rame acaranya ya, mba Rien. semoga bisa ikutan yang di kota Semarang atau Bandung :D

Reply
avatar
15 Oktober 2015 10.12 delete

Acaranya keren yaaa, foto2nya banyak banget mbak, ngiri dah liat Mbak yg langsing, hehehe.. Menanti roadshow di Jogja

Reply
avatar
22 Oktober 2015 20.09 delete

asiikkkk jogja bakalan kecipratan serunyaaa...

Reply
avatar

Leave your message here, I will reply it soon! EmoticonEmoticon